Home � Retorika Baru Amerika ala Obama

Retorika Baru Amerika ala Obama



Barack Obama, Presiden Amerika menyampaikan pidato pertamanya di Majelis Umum PBB. Dalam pidatonya, Obama meminta agar negara-negara di dunia juga ikut bertanggung jawab menyelesaikan masalah-masalah dunia. Dengan tegas Obama menginginkan babak baru hubungan Amerika dengan dunia. Obama juga tidak lupa menyatakan akan mengubah kebijakan negaranya di hadapan PBB dan membandingkannya dengan periode kepresidenan George W. Bush.

Pernyataan yang disampaikan Obama ini disambut hangat kalangan politik dan media Barat. Selama 8 tahun lalu, bisik-bisik mengenai politik unilaterisme, militerisme, agresi dan ekspansi Gedung Putih terdengar di mana-mana. Oleh karenanya di masa kepresidenan George W. Bush, hubungan Amerika dan PBB berada dalam kondisi terburuknya. Hal ini dapat ditelusuri lewat ucapan mantan Sekjen PBB Kofi Annan yang menyebut agresi Amerika ke Irak tahun 2003 bertentangan dengan Piagam PBB.

Kini dengan lengsernya para neo Konservatif dari kekuasaan, masyarakat internasional mulai berharap Amerika melaksanakan kewajiban-kewajibannya di hadapan perdamaian dunia dan begitu juga masalah-masalah internasional seperti melawan pemanasan global. Namun setelah 9 bulan memegang kendali Gedung Putih, tampaknya Obama hanya melanjutkan kebijakan makro Amerika dengan sedikit perubahan dalam ucapan.

Semangat hegemoni dan imperialisme sudah menyatu dengan pemerintah Amerika. Obama sendiri sekalipun telah mengaku dirinya cinta perdamaian, namun tetap saja sikap haus perangnya tidak dapat ditutup-tutupi. Janji menarik pasukan Amerika dari Irak sejatinya tidak berangkat dari rasa cinta damai, tapi untuk memindahkan mereka ke Afganistan. Bahkan semua tahu betapa Obama secara transparan memerintahkan militer Amerika membombardir kawasan penduduk dengan alasan menyerang kelompok Taliban.

Dalam kondisi yang demikian, ucapan Obama yang ingin melakukan perubahan hubungan Amerika dengan masyarakat internasional adalah omong ksong belaka.[islammuhammadi/mt]

Tags:

0 comments to "Retorika Baru Amerika ala Obama"

Leave a comment