Home � Soal 'TERANG BULAN', Lokananta Bantah Akan Somasi Malaysia

Soal 'TERANG BULAN', Lokananta Bantah Akan Somasi Malaysia



[Soal 'TERANG BULAN', Lokananta Bantah Akan Somasi Malaysia] Soal 'TERANG BULAN', Lokananta Bantah Akan Somasi Malaysia

Pihak perusahaan rekaman, Lokananta, mengklarifikasi bahwa mereka tidak akan melakukan somasi terhadap Malaysia terkait dugaan penjiplakan lagu Terang Bulan pada lagu kebangsaan Malaysia, Negaraku.

"Isu mengenai kami yang akan melakukan somasi terhadap Malaysia adalah hal yang salah," kata Kepala Perum Lokananta Cabang Solo, Jawa Tengah, Ruktiningsih, di Solo, Senin (31/8).





Sebelumnya diberitakan bahwa lagu kebangsaan Malaysia, Negaraku, diduga jiplakan dari lagu Terang Bulan yang dinyanyikan sejak era 1930-an dan direkam oleh Lokananta yang berlokasi di Kota Solo.

"Terkait adanya dugaan tersebut, kami hanya melakukan klarifikasi saja. Pihak-pihak yang menyebutkan bahwa kami melakukan somasi adalah salah dan bukan menjadi tanggung jawab kami," katanya.

Klarifikasi yang dilakukan pihak Lokananta, lanjutnya, terkait intro dan aransemen lagu Terang Bulan yang terkesan sangat mirip dengan lagu kebangsaan Malaysia, Negaraku.

"Selain itu, kami juga menyampaikan mengenai tempo kedua lagu yang berbeda," katanya.

Berdasarkan dokumen di Lokananta, katanya, proses rekaman lagu Terang Bulan secara koor pada 1956 di Studio Radio Republik Indonesia (RRI) Jakarta dan dinyanyikan oleh Ansamble Bandung.

"Untuk keperluan bahan siaran RRI di seluruh Indonesia, maka lagu tersebut diperbanyak dengan menggunakan media piringan hitam pada 16 Maret 1965," katanya.

Sesuai dengan ketentuan yang berlaku, katanya, lagu Terang Bulan adalah karya Indonesia karena diproduksi oleh Lokananta.

"Untuk memakai lagu tersebut termasuk dengan mengubahnya, semua pihak perlu melalui tahap-tahap tertentu dan tidak bisa seenaknya mengubah lirik atau temponya," katanya.

Mengenai pengakuan pihak keluarga Saiful Bahri yang mengaku bahwa lagu Terang Bulan adalah ciptaan Saiful Bahri, katanya, pihaknya juga menyambut positif.

"Jika pihak keluarga meminta rekaman lagu tersebut, Lokananta siap memberikan kepada mereka," katanya.

Penyelesaian secara hukum menyangkut masalah dua lagu tersebut, katanya, pihak Lokananta menyerahkan sepenuhnya kepada pemerintah.(Kapanlagi.com)

Tags:

0 comments to "Soal 'TERANG BULAN', Lokananta Bantah Akan Somasi Malaysia"

Leave a comment