Home � Indonesia Dukung Nuklir Iran

Indonesia Dukung Nuklir Iran



SBY di Harvard Univeristy

Indonesia mendukung program nuklir Iran yang ditujukan bagi ilmu pengetahuan. Namun jika program nuklir itu bertujuan militer, Indonesia tegas menolak.

Hal tersebut ditegaskan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ketika menjawab pertanyaan mahasiswa saat berpidato di Harvard Kennedy School, 79 John F Kennedy Street, Cambridge, Amerika Serikat, Selasa waktu setempat atau Rabu (30/9/2009) WIB.
"Sebagai penandatangan perjanjian internasional perlucutan dan pengurangan senjata nuklir, Indonesia tidak akan pernah mendukung pengembangan nuklir untuk senjata, tetapi Indonesia menghargai Iran untuk mengembangkan nuklir dalam rangka ilmu pengetahuan dan perdamaian," urai SBY.

Iran dengan tegas telah membantah proyek nuklirnya bertujuan untuk pembuatan senjata nuklir. Apalagi sebagai salah satu negara yang menandatangani traktat nonproliferasi nuklir (Non-Proliferation Treaty/NPT), Iran mendesak penghapusan seluruh senjata pemusnah massal dari muka Bumi.

Dalam pernyataannya, SBY menegaskan Indonesia meminta Iran bekerja sama dan transparan terhadap IAEA. "Kami meminta Iran transparan. Berikan informasi mengenai reaktor-reaktor nuklirnya, sehingga tidak menimbulkan kecurigaan," tegas SBY.

SBY juga berharap pertemuan P5+1 dengan Iran mencapai titik temu.[islammuhammadi/mt]

Tags:

0 comments to "Indonesia Dukung Nuklir Iran"

Leave a comment