Home , , , , � Nabi Muhammad di hina..............

Nabi Muhammad di hina..............


Kurt Westergaard, kartunis Denmark


Kasus Penyerangan Penghina Nabi Dirasakan Aneh
KOPENHAGEN--Dugaan serangan terhadap kartunis Denmark yang pernah menghina Nabi Muhammad SAW menimbulkan pertanyaan di kalangan masyarakat Muslim Denmark yang bingung dan terganggu oleh rincian yang muncul dalam ‘episode’ terbaru krisis kartun itu.

"Ada banyak pertanyaan dalam kasus ini," Bilal H Assaad, ketua Islamic Faith Society, mengatakan dalam komentarnya di situs Skandinavia Waqfs, badan Muslim utama Denmark Ahad (3/1) seperti dilansir Isalm online.

Pihak berwenang Denmark menuduh seorang pria Somalia yang mencoba untuk membunuh Kurt Westergaard, salah satu kartunis Denmark yang membuat gambar-gambar penghinaan Nabi Muhammad pada tahun 2005.

Menurut polisi, pencari suaka berusia 28 tahun yang namanya tidak pernah dirilis di bawah hukum Denmark itu ditembak dua kali oleh polisi pada hari Jumat malam ketika ia mencoba membobol rumah Westergaard bersenjatakan kapak dan pisau.

Badan intelijen mengatakan, Ahad (3/1), bahwa orang itu mempunyai link ke jaringan Alqaidah di Afrika Timur dan kelompok al-Shabaab di tanah airnya.

Menurut sumber-sumber intelijen, ia juga ditangkap atas serangan direncanakan terhadap Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton selama kunjungannya ke Afrika musim panas lalu, seperti dilaporkan surat kabar Denmark .

Peristiwa itu menimbulkan tanda tanya besar di antara komunitas Muslim yang mempertanyakan waktu dan rincian yang muncul. "Mengapa intelijen Denmark membiarkan pria seperti itu bebas meskipun mereka mengklaim dia memiliki hubungan dekat dengan 'pemimpin Alqaidah di Afrika'," kata Assaad. "Dan apakah itu adalah gaya Alqaidah bahwa seorang pria menargetkan masuk rumah yang dijaga ketat di tengah malam dengan pisau?"

Pria Somali itu dibawa ke pengadilan pada hari Sabtu (4/1) untuk menghadapi dua dakwaan percobaan pembunuhan, yang ia sangkal. Dia diperintahkan untuk ditahan selama empat minggu atas tuduhan awal upaya untuk membunuh kartunis itu.

Akan tetapi, Muslim Denmark mengutuk serangan yang dituduhkan itu dan sangat ingin menjauhkan diri dari itu. "Danish Muslim Union (Uni Muslim Denmark) sangat menjaga jarak dari serangan dan segala jenis ekstremisme yang mengarah ke perbuatan tersebut," kata sebuah organisasi payung Muslim di Denmark dalam sebuah pernyataan, Observer melaporkan.

Tapi Assaad percaya bahwa episode terbaru kontroversi kartun itu tidak akan menjadi yang terakhir di negara Skandinavia tersebut selama umat Islam diperlakukan dengan keliru. "Ini datang entah dari mana," katanya. "Pemerintah belum mampu memiliki kebijakan yang adil dalam memperlakukan minoritas Muslim.

"Bahkan orang-orang yang berusaha untuk menaiki tangga politik menyerang umat Islam untuk mendapatkan ketenaran dan diakui."

Muslim Denmark diperkirakan mencapai 180.000 atau sekitar tiga persen dari 5,4 juta penduduk Denmark. Islam adalah agama terbesar kedua Denmark setelah Gereja Protestan Lutheran, yang secara aktif diikuti oleh empat-perlima dari populasi di negara itu.

Ketika harian Jyllands-Posten memesan dan menerbitkan 12 gambar yang menghujat Islam pada tahun 2005, hal tersebut memicu badai protes di seluruh dunia Muslim dan menegangkan hubungan dengan negara-negara Muslim, tapi Muslim Denmark bersumpah untuk bereaksi dengan cerdas.

Akan tetapi, pada tahun 2008, 17 surat kabar mencetak ulang salah satu gambar itu, menyalakan kembali kontroversi. "Kami selalu menegaskan bahwa kita menolak kekerasan dengan segala macamnya," kata Assaad.

"Tapi selama ada beberapa yang berusaha keras untuk meminggirkan masyarakat Muslim dan menghubungkannya dengan kebodohan, kekerasan dan keterbelakangan, krisis kartun itu akan tetap menjadi urusan yang belum selesai selama bertahun-tahun yang akan datang."

Kejadian tersebut terjadi pada pukul 10.00 malam pada hari Jumat. Polisi mengatakan bahwa tersangka yang berusia 28 tahun menerobos ke rumah Kurt Westergaard dan berteriak dalam bahasa Inggris yang terpatah-patah bahwa dia ingin membunuhnya.

Ketika pria Somalia itu memaksa masuk ke rumah Kurt Westergaard di Viby dekat kota kedua Denmark, Aarhus di Jutlandia. Kartunis berusia 74 yang berada di dalam rumah bersama cucunya yang berumur lima tahun itu bergegas masuk ke kamar mengaktifkan alarm dari ruang yang dirancang khusus untuk berlindung.

Bersenjata dengan kapak dan pisau pria itu berteriak "Aku akan membunuhmu”, tetapi kemudian berlari keluar rumah begitu mendengar suara kedatangan kendaraan polisi dua menit kemudian. Ketika ia melemparkan kapak ke arah polisi, perwira lain menembaknya di lengan dan kaki.

Baik Westergaard, maupun cucu perempuannya, Stephanie, serta petugas yang bersangkutan tidak mengalami luka-luka dalam insiden tersebut. (republika online)

0 comments to "Nabi Muhammad di hina.............."

Leave a comment