Home , , � Mahasiswa Indonesia Pembuat Kamus Bahasa Indonesia-Jawa Berbasis Web

Mahasiswa Indonesia Pembuat Kamus Bahasa Indonesia-Jawa Berbasis Web






Sigit Pambudi: Mahasiswa Pembuat Kamus Bahasa Indonesia-Jawa Berbasis Web

Sigit Pambudi, mahasiswa jurusan Pendidikan Teknik Informatika di Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) angkatan 2007, berhasil menciptakan kamus bahasa Indonesia-Jawa berbasis web.

“Ide penciptaan perangkat lunak itu diilhami oleh keinginan untuk belajar bahasa Jawa,” kata Sigit di Yogyakarta (13/6).

Menurut dia, ide tersebut juga diilhami oleh sebagian masyarakat terutama generasi muda yang berasal dari rumpun suku Jawa tidak dapat menggunakan bahasa itu secara baik dan benar.

“Adanya tingkatan dalam penggunaan bahasa Jawa (unggah-ungguhing basa) juga merupakan salah satu faktor kerumitan dalam mempelajari bahasa tersebut,” katanya.

Ia mengatakan bahwa kamus itu memberikan informasi berupa terjemahan kata bahasa Indonesia-Jawa, Jawa-Indonesia, aksara (huruf) Jawa, dan tingkatan dalam penggunaan bahasa Jawa (Unggah-ungguhing basa Jawa). Setiap kata yang ditampilkan akan disertai dengan tingkatan penggunaannya dalam bahasa Jawa, yang menggunakan deteksi pembeda warna.

Untuk tingkatan bahasa Jawa “krama inggil” berwarna hijau tua, “krama andhap” (hijau), “krama lugu” (hijau muda), “krama madya” (jingga), “krama ngoko” (merah muda), “ngoko” (merah), dan “kawi” (cokelat).

Dalam penggunaannya, menurut dia pemakai harus memilih menu terlebih dulu, yakni menu Jawa-Indonesia yang berfungsi mengartikan kata dari bahasa Jawa ke arti kata Indonesia, atau sebaliknya Indonesia-Jawa.

Setiap menu termuat enam tombol, yakni tombol “home” yang berfungsi untuk beralih ke halaman “menu home”, tombol Jawa-Indonesia atau Indonesia-Jawa, tombol “petunjuk” sebagai bantuan untuk pengguna yang membutuhkan informasi tentang cara penggunaan program.

Selanjutnya, tombol “credit” sebagai bantuan untuk pengguna yang membutuhkan informasi tentang pembuat, tombol “cari” yang digunakan untuk eksekutor pencarian kata, dan tombol “tambah kata” yang digunakan untuk menambah data kata.

Saya masih terus berupaya mengembangkan kamus ini. Saya berencana menambahkan efek suara untuk pengucapan setiap kata dan contoh penggunaan kata ke dalam sebuah kalimat,” ujarnya.

Sumber: Antara, SuaraMerdeka

mainsource:http://indonesiaproud.wordpress.com/2011/06/15/sigit-pambudi-mahasiswa-pembuat-kamus-bahasa-indonesia-jawa-berbasis-web/

0 comments to "Mahasiswa Indonesia Pembuat Kamus Bahasa Indonesia-Jawa Berbasis Web"

Leave a comment