Home , , , , , , , � Anggur dan Khasiatnya (Anggur Hitam buang Racun)....

Anggur dan Khasiatnya (Anggur Hitam buang Racun)....

 









 

 

Islam, Gizi dan Kesehatan; Mengenali Anggur dan Khasiatnya

Anggur adalah buah yang mudah ditemukan di seluruh dunia dan banyak orang yang terpesona oleh buah manis dan lezat ini. Anggur, termasuk buah yang tumbuh dari pohon yang merambat. Pada umumnya anggur terdiri dari tiga warna yaitu hijau, hitam dan merah.  Buah lezat yang kaya vitamin ini, 79 persen mengandung air dan sisanya gula, mineral serta kadar penting lainnya. Mengenai keutamaan buah anggur, Imam Baqir as berkata, "Empat buah surga yaitu anggur, kurma segar, delima dan apel."
 
Selama beberapa tahun terakhir, peneliti dari Universitas Wisconsin Amerika Serikat menemukan sebuah usur kimia dalam buah anggur yang memberikan khasiat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Mereka menyebutnya dengan nama Resveratrol yang berguna menjaga kesehatan jantung dari dampak buruk penuaan. Unsur kimia dalam anggur ini merupakan nutrisi  rendah kalori yang memperlambat penuaan tubuh.
 
Selain itu, anggur juga diperkaya oleh vitamin A,B,C dan zat besi, magnesium, manganese, sodium, zinc, fosfor dan potassium. Kadar gula yang terdapat dalam anggur termasuk gula yang baik dan mudah diserap tubuh serta tidak mengalami perubahan ketika masuki aliran darah.
 
Al-Quran menyebut kata anggur sebanyak 11 kali. Allah Swt menyebut anggur  sebagai buah surga yang baik bagi orang yang bertakwa. Dalam surat an-Naba ayat 31-32, Allah swt berfirman,"Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa mendapat kemenangan (yaitu) kebun-kebun dan buah anggur."
 
Mengenai gizi dan kesehatan, Rasulullah dan para imam mengemukakan poin-poin bernilai dan mendorong manusia untuk mengkonsumsi makanan dan buah tertentu. Contohnya mengenai anggur, Imam Ali as berkata,"Anggur adalah buah sekaligus makanan, selain itu manisan yang manis dan lezat." Berdasarkan perkataan ini, anggur bukan hanya buah yang bermanfaat, tapi juga merupakan makanan yang kaya gizi.
 
Kini, para pakar medis dan ahli gizi menyebut kurma dan anggur, bahkan kismis sebagai makanan yang kaya gizi yang memenuhi kebutuhan asupan gizi penting bagi tubuh. Mereka menilai buah tersebut setelah dikonsumsi dengan mudah diserap tubuh dan masuk ke alirah darah. Dengan demikian, orang yang mengkonsumsi sejumlah kecil anggur maupun kismis akan memperoleh energi yang besar bagi aktivitas fisik dan pemikiran.
 
Anggur memiliki berbagai khasiat. Anggur memberikan pengaruh psikis luar biasa bagi tubuh. Buah ini berpengaruh meredakan stres. Dalam berbagai riwayat disebutkan setelah peristiwa badai dan air surut, Nabi Nuh sangat sedih. Allah Swt mengirimkan anggur hitam untuk meredakan keresahan Nabi Nuh as.
 
Kini para pakar medis mengemukakan khasiat anggur hitam dalam meredakan stres. Menurut mereka, hal ini disebabkan adanya unsur potassium dalam anggur. Secara medis, kekacauan sistem detak jantung sebagai pemicu stres. Dengan demikian, keteraturan detak jantung akan mengurangi tekanan stres.
 
Ibnu Sina, filosof dan dokter muslim terkemuka juga mengungkapkan khasiat anggur bagi penyakit lambung. Buah ini mengeluarkan racun dalam tubuh dan membersihkan darah. Selain itu, anggur juga mengurangi rasa malas karena memiliki kemampuan memproduksi darah.
 
Pakar gizi menilai buah ini sangat bermanfaat bagi orang yang menderita keracunan tubuh, tekanan darah tinggi dan kelainan kulit. Tidak hanya itu, sari anggur juga bermanfaat bagi kecantikan kulit. Karena sari pati anggur bisa menghilangkan kerutan kulit dan memberikan kesegaran bagi kulit.
 
Anggur bisa diolah menjadi berbagai makanan yang terdiri dari kismis, sari anggur, minyak anggur, cuka, anggur muda dan sari anggur muda. Kismis adalah anggur kering yang memiliki kadar gula sekitar 60 persen. Makanan ini memiliki unsur anti oksidan yang setara dengan peach atau apricot. Menariknya, semakin lama anggur dikeringkan, kandungan dalam kismis yang dikeringkan secara natural semakin besar dari pada yang dikeringkan secara industri.
 
Kismis memiliki berbagai manfaat. Makanan ini memproduksi energi lebih besar bagi tubuh. Kismis ini juga bermanfaat untuk mengobati gangguan pernafasan, paru-pari, ginjal dan kandung kemih. Dalam riwayat disebutkan manfaat kismis jenis mawiz. Jenis kismis ini diperoleh dari anggur hitam dan merah. Rasulullah bersabda, "Jangan lupa memakan kismis... karena bermanfaat menyehatkan badan. Mawiz mempercantik tubuh dan memperbaiki syaraf serta berefek menggemukkan." Dalam sebuah riwayat disebutkan, memakan 21 butir kismis pagi hari bisa mengurangi rasa gundah dan penyakit alzheimer.
 
Penelitian  medis terbaru membuktikan bahwa memakan kimis hitam bisa mencegah terjadinya penyakit alzheimer. Majalah kimia dan industri yang terbit di Inggris menyebutkan bahwa kismis hitam memiliki unsur yang bisa mencegah munculnya penyakit alzheimer. Riset yang dilakukan di laboratorium membuktikan bahwa kismis hitam mengandung antihistamine dan polyphenolic yang berfungsi memulihkan penyakit alzheimer. Unsur Omega 3 dan omega 6 serta vitamin E yang terdapat dalam mawiz juga memiliki khasiat besar.
 
Pakar medis Iran menempatkan kismis hitam sebagai obat anti kanker, bahkan obat sejumlah penyakit kanker dan jantung. Selain itu, kismis juga berguna untuk melenturkan saluran darah.
 
Selain menghasilkan kismis, olahan anggur juga menghasilkan cuka. Walaupun demikian cuka juga dibuat dari apel dan kurma. Di berbagai penjuru dunia, cuka banyak digunakan untuk salad. Penggunaan cuka bersama makanan lainnya bisa meringankan dan menghaluskan darah. Selain itu, cuka juga membantu membersihkan lemak dan menolak racun tubuh serta menurunkan kolesterol buruk di dalam tubuh. Dalam riwayat disebutkan bahwa cuka bisa meningkatkan akal dan membersihkan hati.
 
Citric acid yang terdapat dalam cuka memudahkan penyerapan kalsium dalam makanan dan pembakaran makanan. Selain itu cuka juga bermanfaat untuk menghilangkan bakteri buruk dalam sistem pencernaan. Dengan demikian cuka juga digunakan untuk meredakan penyakit sistem pencernaan seperti muntah-muntah.
 
Cuka juga bermanfaat menyeimbangkan acid lambung dan membantu menghilangkan flak gigi dan penyakit gusi. Namun perlu diingatkan bahwa konsumsi cuka tidak dianjurkan bagi orang yang menderita lemah syaraf, sakit tulang dan luka lambung.
 
Anggur juga menghasilkan minuman olahan yang dilarang dalam Islam yaitu minuman keras. Selain menimbulkan berbagai penyakit, minuman keras juga menyebabkan ganguan syaraf dan mental. Dalam pandangan Islam, peminum minuman keras bisa menyebabkan terjadinya berbagai perbuatan keji dan tindakan kriminal. Untuk itu Islam sangat keras melarangnya. (IRIB Indonesia)

0 comments to "Anggur dan Khasiatnya (Anggur Hitam buang Racun)...."

Leave a comment