Home , , � Indonesia Juara Olimpiade Sains Asia Tingkat Sekolah Dasar 2013

Indonesia Juara Olimpiade Sains Asia Tingkat Sekolah Dasar 2013


ASMOPS 2013 di indonesiaproud wordpress com
Tim siswa-siswi sekolah dasar Indonesia kembali menuai prestasi membanggakan di tingkat Asia dengan berhasil memborong 7 medali emas dan menjadi juara dalam ajang The 3rd Asian Science and Mathematics Olympiad for Primary Schools (ASMOPS) yang diselenggarakan pada 9-13 November 2013 di Grand Royal Panghegar, Bandung.
Di bidang matematika teori, tim Indonesia memborong 5 medali emas, 3 medali perak, 4 medali perunggu, serta Top Scorer Matematika sedangkan di bidang sains teori, 2 medali emas, 7 medali perak, dan 4 medali perunggu, serta Top Scorer Sains berhasil dimenangkan.
Di kategori eksplorasi (berisi soal-soal gabungan matematika dan sains), dua tim Indonesia sukses meraih peringkat Runner Up kedua dan 3 tim menyabet peringkat Runner Up pertama.

Kategori Best Team dimenangkan oleh E-MOS, tim dari Malaysia, yang masing-masing anggota timnya secara individu juga meraih medali perunggu di kategori Sains dan Matematika. Adapun penghargaan khusus sebagai tim dengan perjuangan luar biasa, “Team with the Strongest Fighting Spirit”, diberikan kepada tim Nigeria.
ASMOPS dinilai oleh juri-juri berpengalaman pada lomba tingkat internasional. Mereka antara lain berasal dari Institut Teknologi Bandung, Universitas Parahyangan, Universitas Pendidikan Indonesia, Surya University, dan Center for Matematika GASING SU.
Perwakilan juri Sigit P. Santosa mengatakan tim juri sangat terkesan dengan tingkat pemikiran para siswa. Menurut mereka, kapasitas logika berpikir para peserta sangat kuat sehingga mampu menyelesaikan berbagai tantangan yang diberikan oleh tim pembuat soal.
Berikut nama siswa-siswi Indonesia yang meraih medali emas:
Kategori Sains
1. Sandrina Nadiva Awuy (SDN Jember Lor 03, Jember, Jawa Tengah).
2. Andrea Aurielle Adimiharja (SDSN 010 Pondok Kelapa, Jakarta).
Top Scorer Sains (medali emas Sains dengan nilai tertinggi) diraih Sandrina Nadiva Awuy (SDN Jember Lor 03, Jember, Jawa Timur).
Kategori Matematika
1. Rivaldo Billy Sebastian (SD Kristen Petra 9, Surabaya, Jawa Timur).
2. Timothy Ellison Janong (SDK 6 Penabur Kelapa Gading, Jakarta).
3. Vittorio Alison (SDS Sutomo 1, Medan, Sumatera Utara).
4. Aaron Alvaradi Kristanto Julistiono (SD Kristen Petra 9, Surabaya, Jawa Timur).
5. Kensias Kristanto (SD Kristen Petra 9, Surabaya, Jawa Timur).
Top Scorer Matematika (medali emas Matematika dengan nilai tertinggi) diraih Rivaldo Billy Sebastian dari SD Kristen Petra 9, Surabaya, Jawa Timur.
Sumber: tempo.co (16/11/13)
http://indonesiaproud.wordpress.com/2013/11/16/indonesia-juara-olimpiade-sains-asia-tingkat-sekolah-dasar-2013/

0 comments to "Indonesia Juara Olimpiade Sains Asia Tingkat Sekolah Dasar 2013"

Leave a comment