Home � � oh pasar tunggingku......

oh pasar tunggingku......


BANJARMASIN, SENIN - Pemerintah Kota Banjarmasin telah merencanakan pemindahan Pasar Tungging. Akan tetapi, selama menunggu proses pemindahan itu, pedagang yang menggelar dagangan makin banyak.

Hal itu dinilai cukup mengkhawatirkan, karena akan mempersulit Pemko Banjarmasin dalam proses pemindahan pedagang Pasar Tungging nantinya.

Kekhawatiran itu dikemukakan Ketua DPRD Kota Banjarmasin, Taufik Hidayat SH. "Kita bisa lihat sekarang ini pedagang Tungging terus bertambah sampai ke depan eks Hotel Iranugraha yang sekarang bangunannya direncanakan jadi rumah sakit. Sepertinya, dibiarkan," ungkap Taufik, Minggu (28/6).

Menurut dia, mestinya pedagang yang ada tetap dipertahankan agar jumlahnya tidak membengkak. Sangat mungkin, bila jumlahnya bertambah, lahan penampungan yang disediakan tidak mencukupi.

"Kita minta ini ditertibkan supaya tidak bertambah terus. Kalau tidak, akan mempersulit pemko pada saat melakukan proses pemindahan," tegasnya.

Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Banjarmasin, Drs Nazamuddin, menepis anggapan bahwa jumlah pedagang Pasar Tungging bertambah.

Menurutnya, mereka yang menggelar dagangan hingga depan eks Hotel Iranugraha adalah pedagang yang itu-itu juga. Tetapi, mereka tidak termasuk dalam pendataan awal.

"Sesuai pendataan awal, pedagang yang akan dipindah ke penampungan adalah yang berdagang sampai batas jembatan atau depan masjid. Di luar itu, tidak termasuk data yang kita miliki," katanya.

Untuk menertibkan pedagang, katanya, saat ini belum tepat waktunya. Karena, pemindahan pedagang sangat sensitif sehingga bila ditertibkan sebelum jadwal akan menguras waktu dan tenaga Satpol sehingga dikhawatirkan mengganggu tugas-tugas yang lebih besar.

Meski demikian, lanjut dia, saat lahan penampungan siap untuk ditempati, pihaknya langsung melakukan penertiban. Pedagang tungging, yang masuk pendataan awal akan di pindahkan ke penampungan, sedangkan di luar itu langsung ditertibkan.

"Insya Allah pemindahan sesuai jadwal. Kami terus memantau jumlahnya tidak bertambah. Dari dulu jumlahnya itu-itu saja," katanya.

(wid)

Fakta Pasar Tungging
---------------------
- Data sementara jumlah pendagang: 418 orang
- Lokasi yang ditempati: Jalan Belitung Darat, dari depan Masjid Al Muhajirin sampai Kantor BRI.
- Jenis dagangan: Pakaian, makanan, minuman, barang pecah belah, barang elektronik, mainan anak-anak, dll.

Tags:

0 comments to "oh pasar tunggingku......"

Leave a comment