Home � � Qashqavi: VOA, BBC Tuntun Kerusuhan di Iran

Qashqavi: VOA, BBC Tuntun Kerusuhan di Iran

Sunday 21 June 2009 13:07

Juru bicara Departemen Luar Negeri Iran Hassan Qashqavi menyalahkan media Amerika Serikat dan Inggris sebagai pemicu kerusuhan pasca pemilu di seluruh negeri.
Jubir Deplu Iran, Hasan Qahqavi




"Voice of America (VOA) dan British Broadcasting Corporation (BBC) adalah saluran didanai negara dan tidak berjalan secara swasta. Anggaran mereka akan diratifikasi di Kongres AS, serta Parliamen Inggris. Kedua saluran melayani sebagai "suara-mulut" masing-masing pemerintah, "Qashqavi menyatakan, hari Sabtu.

Dia mencatat bahwa siaran kedua saluran itu telah menghasut perpecahan etnis di Iran dengan harapan akan terjadinya disintegrasi negara ini.

"Setiap jenis kontak yang dilakukan pada saluran ini baik melalui e-mail atau telepon selalu menggabarkan penentangan terhadap kedaulatan nasional Iran dan ini dianggap sebagai tindakan permusuhan terhadap bangsa Iran. Saluran yang berfungsi sebagai ruang pengaturan perintah untuk menciptakan huru hara pasca pemilu," catat juru bicara Departemen Luar Iran .

Iran telah menyaksikan protes dan demonstrasi pasca pemilu sejak Sabtu ketika hasil pemilihan mengkonfirmasikan terpilih ulangnya Presiden Mahmoud Ahmadinejad.

Pendukung Reformis -calon presiden Mir-Hossein Mousavi dan Mehdi Karroubi - telah menolak pemungutan suara tersebut. Mereka menetapkan hasil pemilu sebagai penipuan, tidak validnya peghitungan suara serta menuntut untuk diadakannya pemilu ulang.

Pemimpin dari Revolusi Islam Ayatullah Sayyed Ali Khamenei menyatakan pada hari Jumat bahwa protes menentang hasil pemilu presiden harus diakhiri. Dia juga menggaris bawahi bahwa sistem Republik Islam telah dengan sangat hati-hati menjaga kebenaran pilihan rakyat. [IslamTimes/R]

Tags:

0 comments to "Qashqavi: VOA, BBC Tuntun Kerusuhan di Iran"

Leave a comment