Home � Obama Raih Nobel Perdamaian, Komite Nobel Didesak Mundur

Obama Raih Nobel Perdamaian, Komite Nobel Didesak Mundur



Thorbjoern Jagland

Keputusan komite nobel yang memberikan Nobel Perdamaian kepada Presiden Amerika Serikat Barrack Obama terus menuai polemik. Kali ini, ketua komite nobel, Thorbjoern Jagland dituntut mundur dari jabatan.

Desakan tersebut dikeluarkan oleh pemimpin oposisi Norwegia Siv Jensen. Ketua Partai Progress itu menilai Jaglan sebaiknya mengundurkan diri. Alasannya, jabatan Sekjen Dewan Eropa mensyaratkan independensi.
Seperti dilansir situs news.co.au, Minggu (11/10), pemimpin Partai Konservatif Hoejre, Erna Solberg juga mengkritik sikap Jagland yang tetap mempertahankan dua jabatan tersebut. Karena itu dirinya ikut mempertanyakan keputusan dianugerahinya Obama nobel perdamaian.

Jagland yang memimpin pemerintahan buruh di Norwegia juga merupakan menteri luar negeri. Ia terpilih sebagai Sekjen Dewan Eropa akhir september lalu. Jabatan itu disandang setelah dirinya beberapa bulan menjadi Ketua Komite Nobel.

Seperti diberitakan sebelumnya, nobel perdamaian 2009 diputuskan untuk diberikan pada Obama. Keputusan ini tak ayal mengundang kekagetan dan menyebabkan opini publik dunia terbelah. Sebagian menilai keputusan itu lebih berbau politis.[islammuhammadi/mt]

Tags:

0 comments to "Obama Raih Nobel Perdamaian, Komite Nobel Didesak Mundur"

Leave a comment