Home , , , , , , , , � Hasil Konferensi Persaudaraan Muslim

Hasil Konferensi Persaudaraan Muslim



JAKARTA - Konferensi Persaudaraan Muslim yang digelar di Jakarta, merekomendasikan sejumlah solusi bagi persoalan umat Islam di berbagai belahan dunia. Salah satunya mendesak pembebasan Masjid Al Aqsa dan kemerdekaan Palestina.

Mufti Syiria Abdul Fattah Bazzam yang bertugas membacakan rekomendasi, menegaskan bahwa persatuan merupakan hal yang paling mendasar bagi umat Islam. Para ulama menyesalkan terjadinya perpecahan dan permusuhan yang terjadi di kalangan umat Islam akibat perbedahaan madzab. Untuk itu, umat diimbau mengadakan pendekatan dan bekerjasama dengan kelompok muslim lainnya.

Kelompok-kelompok dan madzhab-madzab di berbagai negara muslim diminta menyelesaikan berbagai perselisihan dengan cara berdialog.

Umat Muslim yang berbeda-beda kelompok dan madzab jangan sampai mengkafirkan yang lainnya, apalagi menghalalkan darah, tanah air, serta harta benda.

Rekomendasi lainnya, para ulama mengimbau umat Muslim seluruh dunia untuk menghormati Al-Qur’an dan Nabi Muhamad SAW. Salah satu bentuk penghormatan terhadap Nabi adalah tidak diperkenankan melukiskan atau memvisualkan sosok Nabi. Rekomendasi selanjutnya adalah menuntut pembebasan Al-Quds dan tanah Palestina.

Sekjen World Council of Proximity of Islamic School of Thoughts Iran, Ayatullah Muhammad Ali Tashkiri dalam kata penutupnya berharap beberapa rekomendasi yang dihasilkan dalam Konferensi Persaudaraan Muslim Dunia ini dapat bermanfaat bagi kemaslahatan umat islam di seluruh dunia.

Ali Tashkiri terutama menggarisbawahi pentingnya persatuan dikalangan umat Muslim. "Jika ulama berselisih baik dalam persoalan politik maupun madzhab mana mungkin bisa menyelesaikan berbahai persoalan yang dihadapi," katanya.

"Anda adalah saudara saya, meskipun berbeda madzab. Saya dan Anda bertanggungjawab pada umat semua. Kita semua bertanggungjawab mewujudkan kesejahteraan umat," tambahnya.

KH Hasyim Muzadi menambahkan, salah satu kunci persatuan umat Muslim seluruh dunia adalah menghindari prasangka positif terhadap kelompok Muslim lainnya, serta pendekatan dialog dalam menyelesaikan berbagai perselisihan.

"Semoga forum kali ini merupakan sinyal positif menciptakan persatuan umat Muslim. Berbagai langkah, dibidang ekonomi misalnya, tidak akan terwujud sebelum ada persatuan di antara kita," ujarnya

Sumber berita dan foto:http://news.okezone.com dan http://www.taghrib.ir/indonesia/index.php?option=com_content&view=article&id=142:hasil-konferensi-persaudaraan-muslim&catid=36:1388-06-21-07-28-38&Itemid=55

0 comments to "Hasil Konferensi Persaudaraan Muslim"

Leave a comment