Home , � Israel berupaya membujuk kelompok Palestina untuk berunding sementara di saat yang sama Tel Aviv menyatakan melanjutkan pembangunan pemukiman Zionis

Israel berupaya membujuk kelompok Palestina untuk berunding sementara di saat yang sama Tel Aviv menyatakan melanjutkan pembangunan pemukiman Zionis

Sekjen PBB, Ban Ki-moon bertemu dengan Perdana Menteri rezim Zionis Israel Benyamin Netanyahu dan mengungkapkan dukungannya terhadap upaya untuk melakukan perundingan langsung dengan Palestina. Ban Ki-moon Rabu (7/7/2010) bertemu dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan menilai perundingan langsung dengan Palestina sebagai langkah progresif dalam mewujudkan perdamaian di kawasan.

Sekjen PBB juga berterima kasih kepada Netanyahu atas pelonggaran blokade atas Jalur Gaza. Adapun Netanyahu menyatakan bahwa Israel siap mengambil resiko demi "perdamaian". Netanyahu menekankan bahwa segala kesepakatan mendatang harus menjamin penghentian serangan roket ke Israel.

Ban dan Netanyahu juga mendiskusikan kasus serangan militer Israel terhadap konvoi kapal bantuan untuk Gaza Freedom Flotilla dan juga implementasi resolusi Dewan Keamanan PBB nomor 1701 yang mengakhiri di Lebanon selatan.

Israel tidak pernah mematuhi ketentuan dan keputusan internasional. Resolusi 1701 dan keputusan Mahkamah Internasional Den Haag, termasuk di antara pelanggaran Israel atas ketentuan internasional. Resolusi DK nomor 1701 mewajibkan Israel dan Lebanon untuk tidak melakukan aksi-aksi provokatif. Namun setiap harinya, militer Israel melanggar zona udara Lebanon. Adapun Mahkamah Internasional Den Haag menyebut pembangunan tembok pemisah Zionis di wilayah Palestina ilegal dan Tel Aviv harus menghentikan serta menghancurkannya. Namun rezim Zionis Israel terus melanjutkan pembangunan tembok pemisah tersebut.

Israel tampak berupaya keras membujuk kelompok Palestina untuk berunding sementara di saat yang sama Tel Aviv menyatakan akan melanjutkan pembangunan permukiman Zionis di Tepi Barat pada September mendatang.

Di lain pihak, Gerakan Perlawanan Islam Palestina (Hamas), menyambut dingin upaya Israel untuk memulai perundingan dengan Palestina. Jurubicara Hamas, Sami Abu Zuhri, menilai pertemuan Obama-Netanyahu sebagai bukti bahwa tidak ada perubahan dalam kebijakan Amerika yang terus mendukung Israel.

Pejabat Hamas itu juga mengimbau pihak Otorita Ramallah di Tepi Barat untuk tidak memulai perundingan dengan Israsel. Menurutnya, kembali ke meja perundingan dengan pihak penjajah merupakan kejahatan nasional dan memberikan peluang bagi musuh untuk menutupi kejahatannya sambil terus melanjutkan kriminalitasnya terhadap Palestina.

Khawatirkan Iran

Sebelum bertemu Ban, Netanyahu terlebih dahulu bertemu dengan Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Robert Gates. Dalam pertemuan itu, Netanyahu 0mengungkapkan kekhawatiran Tel Aviv atas kebangkitan front anti-Israel di kawasan setelah Amerika menarik mundur pasukannya dari Irak.

Menurut Netanyahu, penarikan mundur pasukan Amerika Serikat dari Irak akan menggandakan kekuatan Iran yang akan membentuk front anti-Israel baru di kawasan.


0 comments to "Israel berupaya membujuk kelompok Palestina untuk berunding sementara di saat yang sama Tel Aviv menyatakan melanjutkan pembangunan pemukiman Zionis"

Leave a comment