Home � Doa sebelum & sesudah membaca Al-Qur'an

Doa sebelum & sesudah membaca Al-Qur'an

Doa Sebelum Membaca Al-Qur’an

Ketahuilah bahwa amalan yang paling utama di malam-malam bulan Ramadhan dan hari-harinya adalah membaca Al-Qur’an.

بسم الله الرحمن الرحيم

اللهم صل على محمد وآل محمد

اَللَّهُمَّ اِنِّي اَشْهَدُ اَنَّ هَذَا كِتَابُكَ الْمُنْزَلُ مِنْ عِنْدِكَ عَلَى رَسُولِكَ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِاللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ، وَكَلاَمُكَ النَّاطِقُ عَلَى لِسَانِ نَبِيِّكَ، جَعَلْتَهُ هَادِياً مِنْكَ اِلَى خَلْقِكَ، وَحَبْلاً مُتَّصِلاً فِيْمَا بَيْنَكَ وَبَيْنَ عِبَادِكَ، اَللَّهُمَّ اِنِّي نَشَرْتُ عَهْدَكَ وَكِتَابَكَ، اَللَّهُمَّ فَاجْعَلْ نَظَرِي فِيْهِ عِبَادَةً، وَقِرَاءَتِي فِيْهِ فِكْراً، وَفِكْرِي فِيْهِ اعْتِبَاراً، وَاجْعَلْنِي مِمَّنْ اتَّعَظَ بِبَيَانِ مَوَاعِظِكَ فِيْهِ، وَاجْتَنَبَ مَعَاصِيْكَ، وَلاَ تَطْبَعْ عِنْدَ قِرَاءَتِي عَلَى سَمْعِي، وَلاَ تَجْعَلْ عَلَى بَصَرِي غِشَاوَةً، وَلاَ تَجْعَلْ قِرَاءَتِي قِرَاءَةً لاَ تَدَبُّرَ فِيْهَا، بَلِ اجْعَلْنِي اَتَدَبَّرُ آيَاتِهِ وَاَحْكَامَهُ، آخِذاً بِشَرَائِعِ دِيْنِكَ، وَلاَ تَجْعَلْ نَظَرِي فِيْهِ غَفْلَةً، وَلاَ قِرَاءَتِي هَذَراً، اِنَّكَ اَنْتَ الرَّؤُوْفُ الرَّحِيْمُ.

Bismillâhir Rahmânir Rahîm

Allâhumma shalli ‘alâ Muhammad wa âli Muhammad

Allâhumma innî asyhadu anna hâdzâ kitâbukal munzalu min ‘indika ‘alâ rasûlika Muhammadibni ‘Abdillâh shallallâhu ‘alayhi wa âlihi, wa kalâmukan nâthiqu ‘alâ lisâni nabiyyika ja’altahu hâdiyan minka ilâ khalqika, wa hablan muttasilan fîmâ baynaka wa bayna ‘ibâdika. Allâhumma innî nasyartu ‘ahdaka wa kitâbaka. Allâhumma faj’al nazharî fîhi ‘ibâdatan, wa qirâ-atî fîhi fikran, wa fikrî fihi i’tibâran, waj’alnî mimmanit ta’azha bi-bayâni mawâ’izhika fîhi, wajtanaba ma’âshîka, walâ tathba’u ‘inda qirâ-atî ‘alâ sam’î, walâ taj’alu ‘alâ basharî ghisyâwah, walâ taj’alu qirâ-atî qirâ-atan lâ tadabbura fîhâ, balij’alnî atadabbaru âyâtihi wa ahkâmihi, âkhidzan bi-syarâi’i dînika, walâ taj’alu nazharî fîhi ghaflatan walâ qirâ-atî hadzaran, innaka Antar Raûfur Rahîmu.

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang

Ya Allah, sampaikan shalawat kepada Rasulullah dan keluarganya

Ya Allah, aku bersaksi, ini adalah kitab-Mu yang diturunkan dari sisi-Mu kepada Rasul-Mu Muhammad bin Abdillah (saw), firman-Mu yang berbicara melalui lisan Nabi-Mu; yang Kau jadikan sebagai petunjuk bagi makhluk-Mu, dan tali penghubung antara Engkau dan hamba-hamba-Mu. Yang Allah, telah kusebarkan janji-Mu dan kitab-Mu. Ya Allah, jadikan pandanganku terhadapnya sebagai ibadah, bacaanku terhadapnya sebagai pemikiran, pemikiranku tentangnya sebagai pelajaran. Jadikan aku orang yang sadar akan keterangan nasehat-Mu yang terdapat di dalamnya, yang menjauhi maksiat atas-Mu. Jangan tutupi pendengaranku terhadap bacaanku, jangan hijabi pandanganku terhadapnya, jangan jadikan bacaanku bacaan yang tidak memberi pelajaran; bahkan, jadikan aku orang yang dapat mengambil pelajaran dari ayat-ayat Al-Qur’an dan hukum-hukumnya, yang berpegang teguh pada syariat agama-Mu. Jangan jadikan pandanganku terhadapnya kelalaian, dan jangan jadikan bacaanku bacaan yang tak beraturan. Sesungguhnya Engkau Maha Penyantun dan Maha Penyayang.

(Mafâtihul Jinân: bab 2, pasal 3)

Doa Sesudah Membaca Al-Qur’an

بسم الله الرحمن الرحيم

اللهم صل على محمد وآل محمد

اَللَََّهُمَّ اِنِّي قَدْ قَرَأْتُ مَا قَضَيْتَ مِنْ كِتَابِكَ الَّذِي اَنْزَلْتَهُ عَلَى نَبِيِّكَ الصَّادِقِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ، فَلَكَ الْحَمْدُ رَبَّنَا، اَللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِمَّنْ يُحِلُّ حَلاَلَهُ، وَيُحَرِّمُ حَرَامَهُ، وَيُؤْمِنُ بِمُحْكَمِهِ وَمُتَشَابِهِهِ، وَاجْعَلْهُ لِي اُنْساً فِي قَبْرِي، وَاُنْسًا فِي حَشْرِي، وَاجْعَلْنِي مِمَّنْ تُرْقِيهِ بِكُلِّ آيَةٍ قَرَأهَا دَرَجَةً فِي اَعْلاَ عِلِّيِّيْنَ، آمِيْنَ رَبَّ الْعَالَمِيْنَ.

Bismillâhir Rahmânir Rahîm

Allâhumma shalli ‘alâ Muhammad wa âli Muhammad

Allâhumma innî qad qara’tu mâ qadhayta fî kitâbika alladzî anzaltahu ‘alâ nabiyyikash shâdiqi shallallâhu ‘alayhi wa âlihi, fa-lakal hamdu Rabbanâ. Allâhummaj’alnî mimman yuhillu halâlahu, wa yuharrimu haramahu, wa yu’minu bi-muhkamihi wa mutasyâbihi, waj’alhu-lî unsan fî qabrî, wa unsan fî hasyrî, waj’alnî mimman turqîhi bi-kulli âyatin qara-ahâ darajatan fî a’lâ ‘illiyyîn, âmin yâ Rabbal ‘âlamîn.

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang

Ya Allah, sampaikan shalawat kepada Rasulullah dan keluarganya

Ya Allah, aku telah membaca apa yang Kau tetapkan di dalam kitab-Mu, yang Kau turunkan pada Nabi-Mu yang benar (saw). Bagi-Mu segala puji wahai Tuhan kami. Ya Allah, jadikan aku orang yang menghalalkan apa yang dihalalkannya, mengharamkan apa yang diharamkannya, yang mempercayai ayat-ayatnya yang muhkamat dan yang mutasyabihat. Jadikan kitab-Mu bagiku kebahagiaan di kuburku, kebahagiaan di mahsyarku; jadikan aku tergolong kepada orang yang Engkau tinggikan derajatnya di tempat yang paling mulia berkat setiap ayat yang ia baca, amin ya Rabbal ‘alamin.

(Mafâtihul Jinân: bab 2, pasal 3)

Yang ingin Amalan praktis dan doa2 pilihan, silahkan download di:

http://www.tokoku99.com/product-islami/e-book.html

Wassalam

Syamsuri Rifai

http://id.alfusalam.web.id

http://shalatdoa.blogspot.com

http://syamsuri149.wordpress.com


Doa sebelum Pergi shalat Idul Fitri

Pergi untuk shalat ‘Idul Fitri hendaknya sesudah terbit matahari. Dan sebelum pergi shalat ‘Id hendaknya membaca doa berikut:

بسم الله الرحمن الرحيم

اللهم صل على محمد وآل محمد

Bismillâhir Rahmânir Rahîm

Allâhumma shalli ‘alâ Muhammad wa âli Muhammad

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang

Ya Allah, sampaikan shalawat kepada Rasulullah dan keluarganya

اَللّهُمَّ مَنْ تَهَيَّأَ فِي هَذَا الْيَوْمِ اَوْ تَعَبَّأَ اَوْ اَعَدَّ وَاسْتَعَدَّ لِوِفَادَةِ اِلَى مَخْلُوقٍ رَجَاءَ رِفْدِهِ وَنَوَافِلِهِ وَفَوَاضِلِهِ وَعَطَايَاهُ، فَاِنَّ اِلَيْكَ يَا سَيِّدِي تَهْيِِئَتِي وَتَعْبِئَتِي وَاِعْدَادِي وَاسْتِعْدَادِي رَجَاءَ رِفْدِكَ وَجَوَائِزِكَ وَنَوَافِلِكَ وَفَوَاضِلِكَ وَفَضَائِلِكَ وَعَطَايَاكَ

وَقَدْ غَدَوْتُ اِلَى عِيْدٍ مِنْ اَعْيادِ اُمَّةِ نَبيِّكَ مُحَمَّدٍ صَلَوَاتُ اللهِ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ، وَلَمْ اَفِدْ اِلَيْكَ الْيَوْمَ بِعَمَل صَالِحٍ اَثِقُ بِهِ قَدَّمْتُهُ، وَلاَ تَوَجَّهْتُ بِمَخْلُوقٍ اَمَّلْتُهُ، وَلكِنْ اَتَيْتُكَ خَاضِعًا مُقِرّاً بِذُنُوبِي وَاِسَاءَتِي اِلَى نَفْسِي

فَيَا عَظِيمُ يَا عَظِيمُ يَا عَظِيمُ اِغْفِرْ لِيَ الْعَظِيمَ مِنْ ذُنُوبِي، فَاِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ الْعِظَامَ إلاَّ اَنْتَ يَا لاَ اِلَهَ إلاَّ اَنْتَ، يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allâhumma Man tahayya-a fî hâdzal yawmi aw ta’abba-a aw a’adda wasta’adâda liwifâdatin ilâ makhlûqin rajâa rifdihi wa nawâfilihi wa fawâdhilihi wa ‘athâyâh. Fa-inna ilayka yâ Sayyidî tahyiatî wa ta’biatî wa i’dâdî wasti’dâdî, rajâa rifdika wa jawâizika, wa nawâfilika, wa fawâdhilika, wa fadhâilika, wa ‘athâyâka.

Wa qad ghadawtu ilâ ‘îdin min a’yâdi ummati Nabiyyika Muhammadin shalawâtuka ‘alayhi wa ‘alâ âlihi, wa lam afid ilaykal yawma bi-’amalin shâlihin atsiqa bihi qaddamtuhu, walâ tawajjahtu bi-makhlûqin ammaltuhu, wa lakin ataytuka khâdhi’an muqirran bi-dzunûbî wa isâatî ilâ nafsî.

Fayâ ‘Azhîmu yâ ‘Azhîmu yâ ‘Azhîm ighfir liyal ‘azhîm min dzunûbî, fainnahu lâ yaghfirudz dzunûbal ‘izhâma illâ Anta, yâ lâilâha illâ Anta yâ Arhamar râhimîn(a).

Ya Allah, wahai Dia yang pada hari ini menyiapkan dan menyediakan pemberian kepada manusia yang mengharap pemberian-Nya, karunia dan anugrah-Nya. Ya Sayyidi, wahai Junjunganku, kepada-Mu kupersiapkan diku untuk mengharap pemberian-Mu, karunia, dan anugrah-Mu.

Kini, aku telah memasuki pagi hari dari hari raya ummat Nabi-Mu Muhammad (saw), sementara aku belum mempersiapkan amal saleh yang menguatkan kakiku untuk melangkah menuju-Mu, dan menghadap kepada kekasihmu. Namun demikian, aku memberanikan diri untuk datang kepada-Mu dengan merunduk sambil mengakui dosa-dosaku dan kezalimanku pada diriku.

Wahai Yang Maha Agung, wahai Yang Maha Agung, ampuni dosa-dosa besarku, tidak akan ada yang mengampuni dosa yang besar kecuali Engkau Ya Lailaha illa Anta Ya Arhamar rahimin, wahai Yang Tiada Tuhan kecuali Engkau, wahai Yang Maha Pengasih dari semua yang mengasihi.

(Mafâtihul Jinân: bab 2, pasal 4, amalan bulan Syawal)

Selama Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1431 H

September 2010

Wassalam

Syamsuri Rifai

http://shalatdoa.blogspot.com

http://id.alfusalam.web.id

http://syamsuri149.wordpress.com

Keutamaan Malam dan Hari-Hari Ramadhan

Keutamaan hari-hari dan malam-malam Ramadhan berikut ini saya terjemahkan dari kitab “Fadhâil Al-Asyhur Ats-Tsalâtsah”. Kitab yang berisi tentang keutamaan bulan Rajab, Sya’ban dan Ramadhan. Penulisnya seorang ulama besar ahli hadis dari kalangan mazhab Ahlul bait Nabi saw, yaitu Allamah Syeikh Muhammad bin Ali bin Husein bin Musa bin Babawayh Al-Qumi (Syeikh Shaduq). Beliau meriwayatkan hadis-hadis Rasulullah saw tentangnya yang bersumber dari para Imam Ahlul bait (sa) dan sahabat Nabi saw, juga hadis-hadis dari mereka. Jadi, hadis-hadis dalam kitab ini keshahihannya tidak perlu diragukan lagi karena, selain penyusunnya ulama besar ahli hadis, ia telah ditahqiq (diteliti) oleh ulama ahli hadis berikutnya, misalnya Allamah Mirza Ar-Ridha Irfaniyan.

Tentang keutamaan bulan Ramadhan secara detail dari hari ke hari, beliau mengutip hadis Rasulullah saw sebagai berikut:

Ibnu Abbas berkata bahwa Rasulullah saw bersabda: “Sekiranya kalian mengetahui apa yang akan kamu dapatkan di bulan Ramadhan, niscaya kamu akan menambah rasa syukur kalian kepada Allah swt.

Pada malam pertama Ramadhan: Allah swt mengampuni semua dosa yang tersembunyi dan yang terang-terangan, meninggikan beribu-ribu derajat, membangunkan untuk kalian lima puluh ribu kota di surga.

Pada hari kedua:

Allah swt mencatat setiap ibadah kalian seperti ibadah satu tahun dan pahalanya seperti pahala seorang nabi, mencatat puasa kalian seperti puasa satu tahun.

Pada hari ketiga:

Allah swt memberi kalian setiap rambut di tubuh kalian taman permata yang indah di surga Firdaus, di atasnya dua belas ribu rumah dari cahaya, di bawahnya dua belas ribu tempat tidur dan di setiap tempat tidur ada bidadari, setiap hari seribu malaikat berkunjung dan setiap malaikat membawa hadiah untuk

kalian.

Pada hari keempat:

Allah memberi kalian di surga Khuld tujuh puluh ribu istana dan di setiap istana terdapat tujuh puluh ribu rumah, di setiap rumah terdapat lima puluh ribu tempat tidur dan di setiap tempat tidur terdapat bidadari dan setiapbidadari memiliki seribu perhiasan yang lebih baik dari dunia dan segala

isinya.

Pada hari kelima:

Allah swt memberi kalian di surga Al-Ma’wa beribu-ribu kota, setiap kota terdapat seribu rumah, di setiap rumah terdapat seribu meja makan, di atas setiap meja makan tujuh puluh ribu tempat makanan, di setiap tempat makanan tujuh puluh macam makanan yang tidak sama satu dengan yang lain.

Pada hari keenam:

Allah swt memberi kalian di surga Darus Salam seratus ribu kota, di setiap kota seratus perkampungan, di setiap perkampungan seratus ribu rumah, di setiap rumah seratus ribu tempat tidur dari emas yang panjang, setiap tempat tidur panjangnya seribu hasta, di atas tempat tidur terdapat bidadari sebagai

pasangan yang berhias dengan tiga puluh ribu perhiasan dari permata putih dan permata merah, dan setiap bidadari membawa seratus pelayan.

Hari ketujuh:

Allah swt memberi kalian di surga Na’im pahala seperti pahala seribu syuhada’ dan empat puluh ribu orang yang benar.

Hari kedelapan:

Allah swt memberi kalian pahala seperti pahala amal enam puluh ribu ahli ibadah dan orang enam puluh ribu orang yang zuhud.

Pada hari kesembilan:

Allah Azza wa Jalla memberi kalian apa yang diberikan kepada seribu ulama, seribu orang yang i’tikaf, dan seribu orang yang menyambung tali persaudaraan.

Pada hari kesepuluh:

Allah Azza wa Jalla memenuhi tujuh puluh ribu hajat, dan memohonkan ampunan untuk kalian matahari, bulan, bintang-bintang, binatang yang melata, burung, binatang buas, setiap bebatuan dan bongkahan tanah liat, setiap yang kering dan yang basah, setiap binatang di laut dan dedaunan di pepohonan.

Pada hari kesebelas:

Allah Azza wa Jalla mencatat untuk kalian pahala seperti pahala empat kali orang yang haji dan umrah, setiap yang haji bersama seorang Nabi, dan setiap yang umrah bersama orang yang benar dan yang syahid.

Pada hari kedua belas:

Allah Azza wa Jalla menjadikan bagi kalian keimanan yang dapat merubah keburukan-keburukan menjadi kebaikan-kebaikan yang berlipat-ganda, dan mencatat bagi kalian setiap kebaikan seribu kebaikan.

Pada hari ketiga belas:

Allah Azza wa Jalla mencatat bagi kalian pahala sepertipahala ibadah penduduk Mekkah dan Madinah, dan Allah memberi kalian syafaat sejumlah bebatuan dan bongkahan tanah liat yang ada di antara Mekkah dan Madinah.

Pada hari keempat belas:

Kalian seperti berjumpa dengan Nabi Adam, Nuh, Ibrahim, Musa, Dawud dan Sulaiman, dan seperti beribadah kepada Allah Azza wa Jalla bersama setiap Nabi selama dua ratus tahun.

Pada hari kelima belas:

Allah Azza wa Jalla menunaikan untuk kalian hajat-hajat dunia dan akhirat, memberi kalian apa yang diberikan kepada Nabi Ayyub; para malaikat pemikul Arasy memohonkan ampunan untuk kalian; dan pada hari kiamat Allah Azza wa Jalla akan memberi kalian empat puluh cahaya, sepuluh cahaya dari sebelah kanan kalian, sepuluh dari sebelah kiri kalian, sepuluh dari depan kalian, dan sepuluh cahaya dari belakang kalian.

Pada hari keenam belas:

Allah swt akan memberi kalian pada hari kalian dibangkitkan dari kubur enam puluh pakaian untuk kalian pakai, enam puluh onta untuk kalian kendarahi, dan Allah swt mengirimkan awan untuk menaungi kalian dari sengatan panas hari itu.

Pada hari ketujuh belas:

Allah Azza wa Jalla menyatakan: “sungguh Aku telah mengampuni mereka dan bapak-bapak mereka, Aku akan lindungi mereka dari azab hari kiamat.”

Pada hari kedelapan belas:

Allah Azza wa Jalla memerintahkan malaikat Jibril, Mikail, Israfil, malaikat pemikul Arasy dan Al-Karubin agar memohonkan ampunan untuk ummat Muhammad saw sampai tahun berikutnya, dan Allah Azza wa Jalla memberikan pada kalian pahala para syuhada’ Badar.

Pada hari kesembilan belas:

Semua malaikat langit dan bumi minta izin kepada Tuhannya untuk berziarah ke kuburan kalian setiap hari, dan setiap malaikat membawa hadiah dan minuman untuk kalian.

Pada hari kedua puluh:

Pada suatu hari Allah Azza wa Jalla mengutus kepada kalian tujuh puluh Malaikat untuk menjaga kalian dari setiap setan yang terkutuk; Allah Azza wa Jalla mencatat untuk kalian setiap hari kalian puasa seperti berpuasa seratus tahun; menjadikan parit antara kalian dan neraka; memberi kalian pahala orang yang termaktub dalam Taurat, Injil, Zabur dan Al-Qu’an; Allah Azza wa Jalla mencatat untuk kalian setiap pena Jibril (as) sebagai ibadah satu tahun; memberikan pada kalian pahala tasbih Arasy dan Kursi; dan memberi pasangan untuk kalian setiap ayat Al-Qur’an seribu bidadari.

Pada hari kedua puluh satu:

Allah swt meluaskan kuburan kalian seribu farsakh, menghilangkan dari kalian kegelapan dan kesepian, menjadikan kuburan kalian seperti kuburan para syuhada’, dan menjadikan wajah kalian seperti wajah Yusuf bin Ya’qub (as).

Pada hari kedua puluh dua:

Allah Azza wa Jalla akan mengutus kepada kalian malaikat maut seperti pada para Nabi saw, menyelamatkan kalian dari keganasan malaikat Munkar dan Nakir, dan menghilangkan dari kalian penderitaan dunia dan akhirat.

Pada hari kedua puluh tiga:

Kalian akan melintasi shirathal mustaqim bersama para Nabi, shiddiqin dan syuhada’, dan pahala kalian seperti memberi makanan kepada setiap anak yatim dari ummatku dan seperti memberi pakaian kepada setiap yang telanjang dari ummatku.

Pada hari kedua puluh empat:

Kalian tidak akan keluar dari dunia kecuali kalian melihat kedudukannya di surga; setiap kalian diberi pahala seribu orang yang sakit, seribu pahala orang yang merantau untuk mentaati Allah Azza wa Jalla; kalian diberi pahala seribu pembebasan dari keturunan nabi Ismail (as).

Pada hari kedua puluh lima:

Allah Azza wa Jalla membangunkan untuk kalian di bawah Arasy seribu menara hijau, di atas setiap menara terdapat kemah dari cahaya, dan Allah Tabaraka wa ta’ala berfirman: “Wahai ummat Muhammad, Aku adalah Tuhan dan kalian adalah hamba-Ku, bernaunglah kalian di bawah Arasy-Ku di menaramenara ini, makan dan minumlah sepuas kalian, jangan takut dan jangan sedih; wahai ummat Muhammad, demi kemuliaan dan keagungan-Ku, Aku akan mengirim kalian ke surga, kalian akan dibanggakan oleh orang-orang yang terdahulu dan yang terakhir, Aku akan memberikan pada setiap kalian seribu mahkota dari cahaya, kendaraan onta yang Kuciptakan dari cahaya, tali kendalinya dari cahaya dan pada tali kendali itu terdapat seribu lingkaran yang terbuat dari emas, dan pada setiap lingkaran berdiri malaikat, dan setiap malaikat memegang tongkat dari cahaya sehingga kalian memasuki surga tanpa dihisab.

Pada hari kedua puluh enam:

Allah swt memandang kalian dengan kasih sayang-Nya, kemudian mengampuni semua dosa kalian kecuali sogokan dan hartanya; Allah swt mensucikan rumah kalian setiap hari tujuh puluh ribu kali dari ghibah dan dusta.

Pada hari kedua puluh tujuh:

Kalian seperti menolong setiap mukmin dan mukminah, memberi pakaian pada tujuh puluh ribu orang yang telanjang, membantu seribu orang yang menjalin tali persaudaraan; kalian seperti membaca semua kitab yang diturunkan oleh Allah Azza wa Jalla kepada para Nabi-Nya.

Pada hari kedua puluh delapan:

Allah Azza wa Jalla menjadikan bagi kalian di surga Al-Khuld seratus ribu kota dari cahaya, memberi kalian di surga Al-Ma’wa seratus ribu istana dari perak; memberi kalian di surga Al-Jalal tiga ratus ribu mimbar (tempat yang tinggi) yang terbuat dari misik, di setiap mimbar seribu rumah dari za’faran, di setiap rumah terdapat tempat tidur yang terbuat dari permata putih dan permata merah, dan di setiap tempat tidur disiapkan pasangan bidadari.

Pada hari kedua puluh sembilan:

Allah Azza wa Jalla memberi kalian beribu-ribu kediaman dan di setiap kediaman terdapat menara putih, di setiap menara terdapat tempat tidur dari kafur putih dilengkapi dengan seribu permadani dari sutera hijau, di setiap permadani disiapkan bidadari yang dihiasi dengan tujuh puluh ribu hiasan, di kepalanya seribu hiasan dari permata putih dan permata merah.

Pada hari ketiga puluh:

Allah Azza wa Jalla mencatat bagi kalian setiap hari sebelumnya pahala seribu suhada’ dan seribu orang yang benar; Allah Azza wa Jalla mencatat bagi kalian seperti beribadah lima puluh tahun; Allah Azza wa Jalla mencatat bagi kalian untuk setiap hari seperti puasa dua ribu hari, dan mengangkat derajat kalian setinggi derajat orang-orang yang mulia; Allah Azza wa Jalla mencatat bagi kalian keselamatan dari neraka dan melintasi shirath, dan keamanan dari azab. Di surga ada sebuah pintu yang tidak dibuka hingga hari kiamat, kemudian dibukakan untuk orang-orang yang puasa laki-laki dan perempuan dari ummat Muhammad saw; kemudian penjaga surga, malaikat Ridhwan memanggil: Wahai ummat Muhammad, kamarilah kalian ke pintu ini. Kemudian ummatku masuk ke pintu itu menuju ke surga. Barangsiapa yang tidak diampuni di bulan Ramadhan, maka bulan yang mana ia akan diampuni, tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah Yang Maha Mulia dan Maha Agung.”

Hadis ini diriwayatkan dari Muhammad bin Ibrahim, dari Ahmad bin Matuwiyah Al-Jurjani, dari Ahmad bin Abdullah, dari sofyan bin ‘Ayniyah, dari Muawiyah bin Abi Said, dari Said bin Jubair, dari Ibnu Abbas. (Fadhail Al-Asyhur Ats-Tsalatsah: 81-86)

Wassalam

Syamsuri Rifai

http://shalatdoa.blogspot.com

http://id.alfusalam.web.id

Keutamaan

Malam Laylatul Qadar dan Tanda-Tandanya

Keutamaan Laylatul Qadar (Malam Al-Qadar)

Malam Al-Qadar adalah malam yang paling utama, malam yang lebih baik dari seribu bulan, malam turunnya para malaikat dan cahaya Ilahi, malam puncak keutamaan, penganugerahan rahmat dan keberkahan, malam puncak pengampunan semua dosa kecuali dosa-dosa tertentu.

Bahkan dalam hadis-hadis yang shahih disebutkan: Malam Al-Qadar adalah awal tahun sekaligus akhir tahun, malam Al-Qadar adalah malam ditetapkannya takdir manusia dalam satu tahun: rizki dan umur, bahagia dan celaka, baik dan buruk, dan segala yang berkaitan dengan kehidupan manusia.

Dalam beberapa hadis disebutkan bahwa malam Al-Qadar terjadi pada malam ke 19, 21, dan malam ke 23.

Rasulullah saw bersabda kepada sahabatnya: “Percayalah kalian tentang malam Al-Qadar, sesungguhnya malam Al-Qadar itu sesudahku untuk Ali bin Abi Thalib dan sebelas keturunannya.” (Al-Kafi 1: 533)

Imam Ali bin Abi Thalib (as) berkata kepada Ibnu Abbas: “Sesungguhnya malam Al-Qadar itu terjadi setiap tahun. Pada malam Al-Qadar turunlah perkara tahunan, dan dalam perkara itu terdapat perkara para pemimpin sesudah Rasulullah saw.” Ibnu Abbas bertanya: Siapa mereka itu? Imam Ali (as) menjawab: “Aku dan sebelas orang dari keturunanku, para imam yang disebutkan dalam hadis.” (Al-Kafi 1: 532)

Imam Ja’far Ash-Shadiq (as) pernah ditanyai tentang: Mengapa malam Al-Qadar disebut lebih baik dari seribu bulan? Beliau menjawab: “Amal baik di dalamnya lebih baik dari amal seribu bulan yang tidak terdapat malam Al-Qadar.” (Al-Faqih 2: 158)

Imam Ja’far Ash-Shadiq (as) berkata: “Taurat diturunkan pada tanggal 6 Ramadhan, Injil diturunkan pada tanggal 12 Ramadhan, Zabur diturunkan pada tanggal 18 Ramadhan, dan Al-Qur’an diturunkan pada malam Al-Qadar.” (Al-Faqih 2: 159)

Humran bertanya kepada Imam Al-Baqir (sa) tentang firman Allah “Kami turunkan Al-Qur’an pada malam yang penuh berkah” (Ad-Dukhkhan/44: 3). Beliau menjawab: “Ya, malam itu adalah malam Al-Qadar dan terjadi setiap tahun pada bulan Ramadhan, sepuluh malam terakhir; dan Al-Qur’an tidak diturunkan kecuali pada malam Al-Qadar.” Ia bertanya lagi tentang firman Allah: “Pada malam itu diperjelas setiap persoalan yang bijaksana” (Qs. 44: 4). Beliau menjawab: “Pada malam itu, tahun itu hingga tahun berikutnya ditakdirkan setiap sesuatu dari sisi baik dan buruknnya, ketaataan dan kemaksiatan, kelahiran dan ajal atau rizki. Sehingga sesuatu yang ditakdirkan dan ditetapkan pada tahun itu adalah sesuatu yang mahtum (pasti); dan hanya Allah yang memiliki kehendak di dalamnya.” Ia bertanya lagi: Malam Al-Qadar lebih baik dari seribu bulan, apa maksudnya? Beliau menjawab: “Amal shaleh di dalamnya yakni shalat, zakat dan segala kebaikan lebih baik dari seribu bulan yang tidak terdapat malam Al-Qadar. Sekiranya Allah swt tidak melipatgandakan bagi kaum mukminin, niscaya mereka tidak akan mampu mencapainya, tetapi Allah melipatgandakan kebaikan mereka karena kecintaan kepada kami Ahlul bait.” (Al-Wasail 10: 351)

Imam Ash-Shadiq (sa) pernah ditanyai tentang malam Al-Qadar. Beliau berkata: “Malam Al-Qadar adalah malam para malaikat dan malaikat pencatat turun ke langit dunia, lalu mereka mencatat persoalan tahunan dan musibah yang akan menimpa pada manusia dan segala persoalannya. Persoalan itu tergantung di sisi Allah swt, tergantung pada kehendak Allah, Allah mendahulukan apa yang dikehendaki-Nya dan menunda apa yang dikehendaki-Nya, menghapus dan menetapkan apa yang dikehendaki-Nya dan di sisi-Nya ada Ummul Kitab.” (Al-Wasail 10: 350)

Ishaq bin ‘Ammar berkata: ada sekelompok manusia bertanya kepada Imam Ash-Shadiq (sa): Rizki dibagikan pada malam Nishfu Sya’ban? Imam menjawab: “Tidak, demi Allah tidak demikian, tetapi Rizki itu dibagikan pada malam ke 19, 21 dan 23 Ramadhan. Karena pada malam

ke 19 Allah mempertemukan dua hal, pada malam ke 21 Allah memperjelas setiap persoalan yang bijaksana, dan pada malam 23 Allah mengesahkan apa yang dikehendaki-Nya, malam itu adalah malam Al-Qadar yang oleh Allah Azza wa Jalla dinyatakan lebih baik dari seribu bulan.” Ishaq bertanya: Apa yang dimaksud dengan pertemuan dua hal? Beliau menjawab: “Pada malam itu Allah menghimpun apa yang dikehendaki tentang sesuatu yang didahulukan dan yang ditunda, serta kehendak dan ketetapan-Nya.” Ishaq bertanya lagi: Apa yang dimaksud dengan Allah mengesahkan persoalan pada malam ke 23? Beliau menjawab: “Sesungguhnya Allah swt memperjelas dan memilah-milah persoalan itu pada malam ke 21, pada malam ini masih terdapat bada’ (perubahan), sedangkan pada malam ke 23 Allah swt mengesahkannya sehingga menjadi mahtum (pasti) yaitu Allah swt tidak melakukan perubahan di dalamnya.” (Al-Kafi 4: 158; Al-Bihar jld 94, hlm 19)

Imam Ash-Shadiq (sa) berkata kepada anak-anaknya: “Jika bulan Ramadhan telah datang, maka hendaknya kalian bersungguh-sungguh di dalamnya, karena di dalamnya dibagikan rizki, dan ditentukan rizki dan ajal. Para malaikat Allah ditugaskan untuk mencatat urusan itu, dan di dalamnya terdapat malam Al-Qadar, amal di dalamnya lebih baik dari seribu bulan.” (Al-Mustadrak 7: 436)

Imam Ash-Shadiq (sa) juga berkata: “Barangsiapa yang menghidupkan malam Al-Qadar, maka azab yang semestinya menimpa padanya akan ditunda pada tahun berikutnya.” (Al-Mustadrak 7: 456)

Tanda-Tanda Malam Al-Qadar

Dan cara mendapatkannya

Muhammad bin Muslim bertanya kepada Imam Al-Baqir (sa) tentang tanda-tanda malam Al-Qadar? Beliau menjawab: “Malam itu harum baunya, jika di musim dingin malam itu terasa panas, jika di musim panas terasa dingin, dan baunya harum.” (Al-Faqih 2: 159)

Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: “Malam Al-Qadar terjadi pada setiap tahun, dan harinya seperti malamnya.” (Al-Wasail 10: 359)

Seseorang bertanya kepada Imam Muhammad Al-Baqir (sa): Bagaimana cara mengetahui bahwa malam Al-Qadar itu terjadi setiap tahun? Beliau menjawab: “Jika bulan Ramadhan datang, hendaknya kamu membaca surat Ad-Dukhkhan (100 kali) setiap malam, maka pada malam ke 23 kamu akan melihat kebenaran apa yang kamu tanyakan.” (Al-Wasail 10:362)

Rasulullah saw bersabda: “Malam Al-Qadar terjadi pada bulan Ramadhan, maka hendaknya bersungguh-sungguh untuk mendapat-kannya pada malam ganjil dari sepuluh malam terakhir yaitu malam ke 21 atau ke 23 atau ke 25 atau ke 27 atau ke 29 atau malam terakhir dari bulan Ramadhan. Barangsiapa yang melakukan qiyamul layl pada malam itu, ia diampuni dosa-dosa yang lalu.” (Mustadrak Al-Wasail 7: 476)

Rasulullah saw bersabda: “Barangsiapa yang menghidupkan malam Al-Qadar dengan ibadah dan mengharap ampunan, ia diampuni dosa-dosanya yang lalu.” Rasulullah saw menghidupakan malam itu dan tidak menutupnya. (Al-Wasail 10: 358)

Imam Musa Al-Kazhim (sa) berkata: “Barangsiapa yang mandi sunnah pada malam Al-Qadar dan menghidupkannya hingga terbit fajar, ia akan keluar dari dosa-dosanya.” (Al-Wasail 10: 358)

Imam Muhammad Al-Baqir (sa) berkata: “Barangsiapa yang menghidupkan malam Al-Qadar, ia akan diampuni dosa-dosanya walaupun sebanyak bintang di langit, seberat gunung dan seluas samudera.”

(Al-Mustadrak 7: 457)

Rasulullah saw bersabda bahwa nabi Musa (as) berkata: “Ilahi, aku ingin dekat dengan-Mu.” Allah menjawab: “Aku dekat dengan orang yang menghidupkan malam Al-Qadar.” Nabi Musa (as) berkata: “Ilahi, aku ingin kasih sayang-Mu.” Allah swt menjawab: “Kasih sayang-Ku untuk orang yang menyayangi orang-orang miskin pada malam Al-Qadar.”

Nabi Musa (as) berkata: “Ilahi, aku ingin keselamatan dalam melintasi shirat.” Allah swt menjawab: “Keinginan-Mu itu untuk orang yang Besedekah pada malam Al-Qadar.” Nabi Musa (as) berkata: “Ilahi, aku ingin pohon di surga dan buahnya.” Allah swt menjawab: “Keinginanmu itu untuk orang yang bertasbih pada malam Al-Qadar.”

Nabi Musa (as) berkata: “Ilahi, aku ingin keselamatan dari neraka.” Allah swt menjawab: “Keinginanmu itu untuk orang memohon ampun pada malam Al-Qadar.” Selanjutnya Nabi Musa (as) berkata: “Ilahi, aku ingin ridha-Mu.” Allah Azza wa Jalla menjawab: “Keinginanmu itu untuk orang yang melaku-kan shalat dua rakaat pada malam Al-Qadar.” (Al-Mustadrak 7: 456)

Shaleh bin Muhammad pernah mengirim surat kepada Imam Abu Muhammad (sa), yang isinya bertanya tentang mandi sunnah di bulan Ramadhan. Kemudian beliau membalas suratnya: “Jika kamu mampu, hendaknya mandi sunnah pada malam ke 19, ke 21 dan ke 23, maka lakukan. Karena malam-malam itu diharapkan datangnya malam Al-Qadar. Jika kamu tidak mampu menghidupkan malam-malam itu, maka jangan lewatkan untuk menghidupkan malam ke 23 dengan shalat 100 rakaat, pada setiap rakaat setelah Fatihan membaca surat Al-Ikhlash (11 kali).” (Al-Wasail 10: 358)

Dosa yang tidak diampuni

Rasulullah saw bersabda: “Sesungguhnya Allah membebaskan beribu-ribu manusia dari neraka setiap hari bulan Ramadhan pada saat berbuka. Khusus pada malam Jum’at dan hari Jum’at Allah swt membebaskan beribu-ribu manusia dari neraka setiap jam, yang semestinya mereka itu disiksa. Khusus pada hari terakhir bulan Ramadhan Allah swt membebaskan sejumlah manusia yang dibebaskan sejak awal bulan hingga hari terakhir. Khusus pada malam Al-Qadar Allah Azza wa Jalla memerintahkan malaikat Jibril turun ke bumi bersama para malaikat pencatat…Pada malam ini mereka mengucapkan salam kepada setiap manusia yang menghidupkan malam ini, ibadah, shalat dan berzikir. Para malaikat berja-batan tangan dengan mereka, mengaminkan doa mereka hingga terbit fajar. Ketika terbit fajar Jibril memanggil para malaikat: Wahai para malaikat, mari kita pergi. Para malaikat menjawab: Wahai Jibril, apa yang telah dibuat oleh Allah swt untuk hajat-hajat kaum mukminin dari umat Muhammad saw. Jibril menjawab: “Sungguh Allah swt telah memperhatikan mereka malam ini lalu memaafkan kesalahan mereka dan mengampuni dosa-dosa mereka kecuali empat orang.” Lalu Rasulullah saw bersabda kepada para sahabatnya: “Peminum khomer, orang yang durhaka kepada kedua orang tuanya, orang yang memutuskan silaturrahim, dan orang yang dengki. Ketika malam Idul fitri tiba, malam ini

dinamai malam jawaiz, Allah swt menganugerahkan pahala kepada orang-orang yang beramal baik tanpa perhitungan.” (Al-Mustadrak 7: 429)

Rasulullah saw bersabda: “Allah swt memerintahkan kepada malaikat untuk berseru setiap hari di bulan Ramadhan: “Berbahagialah wahai hamba-hamba-Ku, kalian telah diampuni dosa-dosa kalian yang lalu, dan Aku akan memberi pertolongan kepada sebagian kalian karena sebagian yang lain pada malam Al-Qadar kecuali orang yang berbuka karena mabuk atau dengki kepada saudaranya sesama muslim.” (Al-Mustadrak 7: 475)

Tanda-Tanda orang yang celaka

Imam Ali bin Abi Thalib (sa) berkata bahwa Rasulullah saw bersabda: “Ada empat tanda orang yang celaka: kedua mata keras (tak mampu menangis), sangat rakus dalam mencari dunia, dan mengulang-ulang dosa.” (Mustadrak Al-Wasail 11: 366)

Wassalam

http://id.alfusalam.web.id

http://shalatdoa.blogspot.com
http://syamsuri149.wordpress.com

Tawasul dengan Asma Allah di Malam Idul Fitri

Doa ini dibaca sesudah melakukan shalat sunnah dua rakaat pada malam Idul Fitri. Cara shalat sunnah ini lihat di bagian ke delapan Amalan dan Doa malam Idul Fitri. Shalat sunnah ini dilakukan bakdah shalat Maghrib dan shalat sunnah nafilah Maghrib:

بسم الله الرحمن الرحيم

اللهم صل على محمد وآل محمد

Bismillâhir Rahmânir Rahîm

Allâhumma shalli ‘alâ Muhammad wa âli Muhammad

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang

Ya Allah, sampaikan shalawat kepada Rasulullah dan keluarganya

يا اَللهُ يا اَللهُ يا اَللهُ، يا رَحْمنُ يا اَللهُ، يا رَحيمُ يا اَللهُ، يا مَلِكُ يا اَللهُ، يا قُدُّوسُ يا اَللهُ، يا سَلامُ يا اَللهُ، يا مؤْمِنُ يا اَللهُ يا مُهَيْمِنُ يا اَللهُ، يا عَزيزُ يا اَللهُ، يا جَبّارُ يا اَللهُ، يا مُتَكَبِّرُ يا اَللهُ، يا خالِقُ يا اَللهُ، يا بارِئُ يا اَللهُ، يا مُصَوِّرُ يا اَللهُ

Yâ Allâhu yâ Allâhu yâ Allâh, yâ Rahmânu yâ Allâh, yâ Rahîmu, yâ Maliku yâ Allâh, yâ Quddûsu yâ Allâh, yâ Salâmu yâ Allâh, yâ Mu’minu yâ Allâh, yâ Muhayminu yâ Allâh, yâ ‘Azîzu yâ Allâh, yâ Jabbâru yâ Allâh, yâ Mutakabbiru yâ Allâh, yâ Khâliqu yâ Allâh, yâ Bâriu yâ Allâh, yâ Mushawwiru yâ Allâh.

Ya Allah ya Allah ya Allah, wahai Yang Maha Pengasih ya Allah, wahai Yang Maha Penyayang ya Allah, wahai Maha Memiliki ya Allah, wahai Yang Maha Suci ya Allah, wahai Yang Maha Memberi keselamatan ya Allah, wahai Yang Maha Memberi keamanan ya Allah, wahai Yang Maha Menjaga ya Allah, wahai Yang Maha Mulia ya Allah, wahai Yang Maha Perkasa ya Allah, wahai Yang Maha Besar ya Allah, wahai Yang Maha Pencipta ya Allah, wahai Yang Maha Menjadikan ya Allah, wahai Yang Membuat bentuk ya Allah.

يا عالِمُ يا اَللهُ، يا عَظيمُ يا اَللهُ، يا عَليمُ يا اَللهُ، يا كَريمُ يا اَللهُ، يا حَليمُ يا اَللهُ، يا حَكيمُ يا اَللهُ، يا سَميعُ يا اَللهُ، يا بَصيرُ يا اَللهُ، يا قَريبُ يا اَللهُ، يا مُجيبُ يا اَللهُ، يا جَوادُ يا اَللهُ، يا ماجِدُ يا اَللهُ، يا مِليُّ يا اَللهُ، يا وَفِيُّ يا اَللهُ، يا مَوْلى يا اَللهُ

Yâ ‘Âlimu yâ Allâh, yâ ‘Azhîmu yâ Allâh, yâ ‘Alîmu yâ Allâh, yâ Karîmu yâ Allâh, yâ Halîmu yâ Allâh, yâ Hakîmu yâ Allâh, yâ Samî’u yâ Allâh, yâ Bashîru yâ Allâh, yâ Qarîbu yâ Allâh, yâ Mujîbu yâ Allâh, yâ Jawâdu yâ Allâh, yâ Mâjidu yâ Allâh, yâ Maliyyu yâ Allâh, yâ Wafiyyu yâ Allâh, yâ Mawlâ yâ Allâh.

Wahai Yang Maha Mengetahui ya Allah, wahai Yang Maha Agung ya Allah, wahai Yang Maha Mengetahui ya Allah, wahai Yang Maha Mulia ya Allah, wahai Yang Maha Santun ya Allah, wahai Yang Maha Bijaksana ya Allah, wahai Yang Maha Mendengar ya Allah, wahai Yang Maha Melihat ya Allah, wahai Yang Maha Dekat ya Allah, wahai Yang Maha Menjawab doa ya Allah, wahai Yang Maha Dermawan ya Allah, wahai Yang Maha Mulia ya Allah, wahai Yang Maha Memenuhi ya Allah, wahai Yang Maha Memenuhi janji ya Allah, wahai Mawla ya Allah.

يا قاضي يا اَللهُ، يا سَريعُ يا اَللهُ، يا شَديدُ يا اَللهُ، يا رَؤوفُ يا اَللهُ، يا رَقيبُ يا اَللهُ، يا مَجيدُ يا اَللهُ، يا حَفيظُ يا اَللهُ، يا مُحيطُ يا اَللهُ، يا سَيِّدَ السّاداتِ يا اَللهُ، يا اَوَّلُ يا اَللهُ، يا اخِرُ يا اَللهُ يا ظاهِرُ يا اَللهُ، يا باطِنُ يا اَللهُ، يا فاخِرُ يا اَللهُ، يا قاهِرُ يا اَللهُ، يا رَبّاهُ يا اَللهُ يا رَبّاهُ يا اَللهُ يا رَبّاهُ يا اَللهُ

Yâ Qâdhiyu yâ Allâh, yâ Sarî’u yâ Allâh, yâ Syadîdu yâ Allâh, yâ Raûfu yâ Allâh, yâ Raqîbu yâ Allâh, yâ Majîdu yâ Allâh, yâ Hafîzhu yâ Allâh, yâ Muhîthu yâ Allâh, yâ Sayyidas sâdâtu yâ Allâh, yâ Âkhiru yâ Allâh, yâ Zhâhiru yâ Allâh, yâ Bâthinu yâ Allâh, yâ Fâkhiru yâ Allâh, yâ Qâhiru yâ Allâh, yâ Rabbâhu yâ Allâh, yâ Rabbâhu yâ Allâh,

yâ Rabbâhu yâ Allâh.

Wahai Yang Maha Memenuhi ya Allah, wahai Yang Maha Cepat ya Allah, wahai Yang Maha Berat siksa-Nya ya Allah, wahai Yang Maha Penyayang ya Allah, wahai Yang Maha Mengawasi ya Allah, wahai Yang Maha Mulia ya Allah, wahai Yang Maha Menjaga ya Allah, wahai Yang Maha Meliputi ya Allah, wahai Yang Maha Penghulu dari semua penghulu ya Allah, wahai Yang Maha Awal ya Allah, wahai Yang Maha Maha Akhir ya Allah, wahai Yang Maha wahai Maha Nampak ya Allah, Yang Maha wahai Yang Maha Tersembunyi ya Allah, wahai Yang Maha Besar ya Allah, Yang Maha Perkasa ya Allah, ya Rabbah (Maha Pengatur) ya Rabbah ya Rabbah ya Allah.

يا وَدُودُ يا اَللهُ، يا نُورُ يا اَللهُ، يا رافِعُ يا اَللهُ، يا مانِعُ يا اَللهُ، يا دافِعُ يا اَللهُ، يا فاتِحُ يا اَللهُ، يا نَفّاحُ يا اَللهُ، يا جَليلُ يا اَللهُ، يا جَميلُ يا اَللهُ، يا شَهيدُ يا اَللهُ، يا شاهِدُ يا اَللهُ، يا مُغيثُ يا اَللهُ، يا حَبيبُ يا اَللهُ، يا فاطِرُ يا اَللهُ، يا مُطَهِّرُ يا اَللهُ، يا مَلِكُ يا اَللهُ، يا مُقْتَدِرُ يا اَللهُ، يا قابِضُ يا اَللهُ، يا باسِطُ يا اَللهُ

Yâ Wadûdu yâ Allâh, yâ Nûru yâ Allâh, yâ Râfi’u yâ Allâh, yâ Mâni’u yâ Allâh, yâ Dâfi’u yâ Allâh, yâ Fâtihu yâ Allâh, yâ Naffâhu yâ Allâh, yâ Jalîlu yâ Allâh, yâ Jamîlu yâ Allâh, yâ Syahîdu yâ Allâh, yâ Syâhidu yâ Allâh, yâ Mughîtsu yâ Allâh, yâ Habîbu yâ Allâh, yâ Fâthiru yâ Allâh, yâ Muthahhiru yâ Allâh, yâ Maliku yâ Allâh, yâ Muqtadiru yâ Allâh, yâ Qabidhu yâ Allâh, yâ Basithu yâ Allâh.

Wahai Yang Maha Mencintai ya Allah, wahai Cahaya ya Allah, wahai Yang Maha Menghalangi ya Allah, wahai Yang Maha Menolak ya Allah, wahai Yang Maha Membuka ya Allah, wahai Yang Maha Memberi ya Allah, wahai Yang Maha Agung ya Allah, wahai Yang Maha Indah ya Allah, wahai Yang Maha Menyaksikan ya Allah,Yang Maha Maha Menyaksikan ya Allah, wahai Yang Maha Memberi perlindungan ya Allah, wahai Yang Maha Kekasih ya Allah, wahai Yang Maha Menciptakan ya Allah, wahai Yang Maha Mensucikan ya Allah, wahai Yang Maha Memiliki ya Allah, wahai Yang Maha Menentukan ya Allah, wahai Yang Maha Mencabut ya Allah, wahai Yang Maha Dermawan.

يا مُحْيِي يا اَللهُ، يا مُميتُ يا اَللهُ يا باعِثُ يا اَللهُ، يا وارِثُ يا اَللهُ، يا مُعطي يا اَللهُ، يا مُفْضِلُ يا اَللهُ، يا مُنْعِمُ يا اَللهُ، يا حَقُّ يا اَللهُ، يا مُبينُ يا اَللهُ، يا طَيِّبُ يا اَللهُ، يا مُحْسِنُ يا اَللهُ، يا مُجْمِلُ يا اَللهُ، يا مُبْدِئُ يا اَللهُ، يا مُعيدُ يا اَللهُ، يا بارِئُ يا اَللهُ، يا بَديعُ يا اَللهُ، يا هادي يا اَللهُ، يا كافي يا اَللهُ، يا شافي يا اَللهُ

Yâ Muhyiyu yâ Allâh, yâ Mumîtu yâ Allâh, yâ Bâ’itsu yâ Allâh, yâ Wâritsu yâ Allâh, yâ Mu’thî yâ Allâh, yâ Mufdhilu yâ Allâh, yâ Mun’imu yâ Allâh, yâ Haqqu yâ Allâh, yâ Mubînu yâ Allâh, yâ Thayyibu yâ Allâh, yâ Muhsinu yâ Allâh, yâ Mujmilu yâ Allâh, yâ Mubdiu yâ Allâh, yâ Mu’îdu yâ Allâh, yâ Bâriu yâ Allâh, yâ Badîu yâ Allâh, yâ Hâdî yâ Allâh, yâ Kâfî yâ Allâh, yâ Syâfî yâ Allâh.

Wahai Yang Menghidupkan ya Allah, wahai Yang Mematikan ya Allah, wahai Yang Membangkitkan ya Allah, wahai Yang Mewariskan ya Allah, wahai Yang Maha Memberi ya Allah, wahai Yang Maha Memberi karunia ya Allah, wahai Yang Maha Memberi nikmat ya Allah, wahai Yang Maha Benar ya Allah, wahai Yang Maha Jelas ya Allah, Yang Maha Baik ya Allah, wahai Yang Maha Memberi kebaikan ya Allah, wahai Yang Maha Memberi keindahan ya Allah, wahai Yang Maha Memulai ya Allah, wahai Yang Maha Mengembalikan ya Allah, wahai Yang Maha Menjadikan ya Allah, wahai Yang Maha Menciptakan ya Allah, wahai Yang Maha Memberi petunjuk ya Allah, wahai Yang Maha Mencukupi ya Allah, wahai Yang Maha Menyembuhkan ya Allah.

يا عَلِىُّ يا اَللهُ، يا عَظيمُ يا اَللهُ، يا حَنّانُ يا اَللهُ، يا مَنّانُ يا اَللهُ، يا ذَا الطَّوْلِ يا اَللهُ، يا مُتَعالي يا اَللهُ، يا عَدْلُ يا اَللهُ، يا ذَا الْمَعارِجِ يا اَللهُ، يا صادِقُ يا اَللهُ، يا صَدُوقُ يا اَللهُ، يا دَيّانُ يا اَللهُ، يا باقي يا اَللهُ، يا واقي يا اَللهُ، يا ذَا الْجَلالِ يا اَللهُ، يا ذَا الاِكْرامِ يا اَللهُ

Yâ ‘Aliyyu yâ Allâh, yâ ‘Azhîmu yâ Allâh, yâ Hannânu yâ Allâh, yâ Mannânu yâ Allâh, yâ Dzath thawli yâ Allâh, yâ Muta’âlî yâ Allâh, yâ ‘Adlu yâ Allâh, yâ Dzal Ma’âriju yâ Allâh, yâ Shâdiqu yâ Allâh, yâ Shadûqu yâ Allâh, yâ Dayyânu yâ Allâh, yâ Bâqiyu yâ Allâh, yâ Wâqiyu yâ Allâh, yâ Dzal jalâli yâ Allâh, yâ Dzal ikrâmu yâ Allâh.

Wahai Yang Maha Tinggi ya Allah, wahai Yang Maha Agung ya Allah, wahai Yang Maha Memberi karunia ya Allah, wahai Yang Maha Memberi anugrah ya Allah, wahai Yang Memiliki karunia ya Allah, wahai Yang Maha Mulia ya Allah, wahai Yang Maha Adil ya Allah, wahai Yang Memiliki kemuliaan ya Allah, wahai Yang Benar ya Allah, Yang Maha Benar ya Allah, wahai Yang Maha Perkasa ya Allah, wahai Yang Maha Kekal ya Allah, wahai Yang Maha Menjaga ya Allah, wahai Yang Memiliki keagungan ya Allah, wahai Yang Memiliki kemuliaan ya Allah.

يا مَحْمُودُ يا اَللهُ، يا مَعْبُودُ يا اَللهُ، يا صانِعُ يا اَللهُ، يا مُعينُ يا اَللهُ، يا مُكَوِّنُ يا اَللهُ، يا فَعّالُ يا اَللهُ، يا لَطيفُ يا اَللهُ، يا غَفُورُ يا اَللهُ، يا شَكُورُ يا اَللهُ، يا نُورُ يا اَللهُ، يا قَديرُ يا اَللهُ، يا رَبّاهُ يا اَللهُ يا رَبّاهُ يا اَللهُ يا رَبّاهُ يا اَللهُ يا رَبّاهُ يا اَللهُ يا رَبّاهُ يا اَللهُ يا رَبّاهُ يا اَللهُ يا رَبّاهُ يا اَللهُ يا رَبّاهُ يا اَللهُ يا رَبّاهُ يا اَللهُ يا رَبّاهُ

Yâ Mahmûdu yâ Allâh, yâ Ma’bûdu yâ Allâh, yâ Shâni’u yâ Allâh, yâ Mu’înu yâ Allâh, yâ Mukawwinu yâ Allâh, yâ Fa’’âlu yâ Allâh, yâ Lathîfu yâ Allâh, yâ Ghafûru yâ Allâh, yâ Syakûru yâ Allâh, yâ Nuru yâ Allâh, yâ Qadîru yâ Allâh.

Yâ Rabbâhu yâ Allâh (10 kali)

Wahai Yang Maha Dipuji ya Allah, wahai Yang Maha Disembah ya Allah, wahai Yang Maha Membuat ya Allah, wahai Yang Maha Memberi pertolongan ya Allah, wahai Yang Menjadikan ya Allah, wahai Yang Maha Lembut ya Allah,wahai Yang Maha Pengampun ya Allah, wahai Yang Maha Mensyukuri ya Allah, wahai Cahaya ya Allah, Yang Maha Kuasa ya Allah. Ya Rabbahu (Maha Mengatur) ya Allah (10 kali).

اَسْاَلُكَ اَنْ تُصَلِّيَ عَلى مُحَمَّد وَآلِ مُحَمَّد، وَتَمُنَّ عَلَيَّ بِرِضاكَ، وَتَعْفُوَ عَنّي بِحِلْمِكَ، وَتُوَسِّعَ عَلَيَّ مِنْ رِزْقِكَ الْحَلالِ الطَّيِّبِ، وَمِنْ حَيْثُ اَحْتَسِبُ وَمِنْ حَيْثُ لا اَحْتَسِبُ، فَاِنّي عَبْدُكَ لَيْسَ لي اَحَدٌ سِواكَ، وَلا اَحَدٌ اَسْأَلُهُ غَيْرُكَ يا اَرْحَمَ الرّاحِمينَ، ما شاءَ اللهُ لا قُوَّةَ إلاّ بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظيمِ

As-aluka an tushalliya ‘alâ Muhammadin wa âli Muhammad, wa tamunna ‘alayya biridhâka, wa ta’fuwa ‘annî bihilmika, wa tuwassi’a ‘alayya min rizqikal halâlith thayyibi, wa min haytsu ahtasibu wa min haytsu lâ ahtasib, fainnî ‘abduka laysalî ahadun siwâka, wa lâ ahadun as-aluhu ghayruka yâ Arhamar rahimîn, mâ syâallâhu lâ quwwata illâ billâhil ‘aliyyil ‘azhîm.

Kemudian sujud sambil membaca doa berikut:

يا اَللهُ يا اَللهُ يا اَللهُ، يا رَبُّ رَبُّ رَبُّ يا مُنْزِلَ الْبَرَكاتِ بِكَ تُنْزَلُ كُلُّ حاجَة، اَسْاَلُكَ بِكُلِّ اسْم في مَخْزُونِ الْغَيْبِ عِنْدَكَ، وَالاَْسْماءِ الْمَشْهُورةِ عِنْدَكَ، الْمَكْتُوبَةِ عَلى سُرادِقِ عَرْشِكَ، اَنْ تُصَلِّيَ عَلى مُحَمَّد وَآلِ مُحَمَّد، وَاَنْ تَقْبَلَ مِنّي شَهْرَ رَمَضانَ، وَتَكْتُبَني مِنَ الْوافِدينَ اِلى بَيْتِكَ الْحَرامِ، وَتَصْفَحَ لي عَنِ الذُّنُوبِ الْعِظامِ، وَتَسْتَخْرِجَ لي يا رَبِّ كُنُوزَكَ يا رَحْمنُ .

Yâ Allâhu yâ Allâhu yâ Allâh, yâ Rabbu yâ Rabbu yâ Rabb, yâ Munzilal barakât bika tunzilu kullu hâjatin. As-aluka bikulli ismin fî makhzûnil ghaybi ‘indaka, wal asmâil masyhûdi ‘indaka, al-maktûbati ‘alâ surâdiqi ‘arsyika, an tushalliya ‘alâ Muhammadin wa âli Muhammad, wa an taqbala minnî syahra ramadhân, wa taktubanî minal wâfidîna ilâ baytikal harâm, wa tashfahulî ‘anidz dzunûbil ‘izhâm, wa tastakhrijalî yâ Rabbi kunûzaka yâ Rahmân.

Ya Allah ya Allah ya Allah, ya Rabbi ya Rabbi ya Rabbi, duhai Yang Menurunkan keberkahan-keberkahan, karena-Mu diturunkan semua hajat. Aku memohon kepada-Mu dengan semua Asma-Mu yang tersimpan di alam ghaib di sisi-Mu, dengan semua asma-Mu yang disaksikan di sisi-Mu, yang tercatat di lembaran-lembaran Arasy-Mu: Sampaikan shalawat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad, terimalah amal dan ibadahku di bulan Ramadhan, catatlah aku bagian dari orang-orang yang melakukan haji ke rumah-Mu yang mulia, ampuni dosa-dosaku yang besar; dan keluarkan untukku, ya Rabbi, simpanan-simpanan-Mu yang berharga, duhai Yang Maha Pengasih.

(Mafâtihul Jinân: bab 2, pasal 4, amalan bulan Syawal)

Selama Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1430 H

September 2009

Wassalam

Syamsuri Rifai

http://shalatdoa.blogspot.com

http://id.alfusalam.web.id

http://syamsuri149.wordpress.com


Tags:

1 comments to "Doa sebelum & sesudah membaca Al-Qur'an"

  1. Doa-doa yang menarik dan mendidik...

Leave a comment