Home , � 16 Desa di Aluhaluh - Banjarmasin Terisolasi????

16 Desa di Aluhaluh - Banjarmasin Terisolasi????



example2
Foto:blogspot.com
Desa Sungai Musang Kecamatan Aluhaluh

MARTAPURA - Dekat dari Banjarmasin, bukan berarti desadesa di Kecamatan Aluhaluh, Kabupaten Banjar, Kalsel lebih maju dibanding desa di kabupaten lain.

Malah dari 19 desa di kabupaten yang mayoritas wilayahnya berada di muara Sungai Barito itu, hanya tiga desa yang terjangkau lewat jalur darat. Sisanya tergolong terisolasi.

Indikator itu berdasar rencana pengklasifikasian desa yang tidak termasuk terisolasi yaitu jalan berasapal dan bisa ditempuh roda empat.

Jika berdasar indikator itu, maka ada 54 desa di Kabupaten Banjar yang tergolong terisolasi.

Camat Aluhaluh Abdul Hamid mengatakan, di Aluhaluh sebagian besar desa dipisahkan sungai. Sehingga dari 19 desa di kecamatan itu sebagian besar tidak bisa ditembus melalui jalur darat.

Hanya tiga desa yang saat ini terkoneksi melalui jalur darat yaitu Aluhaluh Besar, Bunifah, dan Simpang Warga Dalam.

Menurut Hamid, warga di luar tiga desa itu, selama ini menempuh perjalanan dari desanya dengan menggunakan kelotok. setelah sampai di ibu kota kecamatan baru naik sepeda motor.

"Jadi, banyak warga kita yang memiliki sepeda motor sejak dibeli tidak pernah ditaruh di rumah. Mereka biasanya menitipkan di tempat penitipan di Desa Aluhaluh Besar," katanya.

Hamid mempertanyakan indikator yang digunakan untuk mengklasifikasi satu desa merupakan desa terisolasi. Di dalam Perda No 20/2008 tentang Desa Terisolasi disebutkan satu di antaranya jalan belum beraspal dan tidak bisa dilewati roda empat.

Bila indikator daerah terisolasi didasarkan pada sarana transportasi sebagian besar desa di Aluhaluh tergolong terisolasi.

Asisten II Bidang Ekobang Kesr, Hary Supriadi mengatakan, menindaklanjuti perda itu pihaknya saat ini tengah menyusun desa yang digolongkan terisolasi untuk dibuatkan peraturan bupati.

Kama, warga Sungai Musang, salah satu desa terisolasi di Aluhaluh mengatakan, sudah puluhan tahun warga di desanya mengandalkan angkutan sungai untuk bepergian.

"Yang susah itu kalau ada warga sakit, ternyata gelombang besar, terpaksa kita cari jalan lain yaitu menyisir sungai kecil untuk membawa orang sakit itu ke Aluhaluh atau Banjarmasin. Tapi risikonya memerlukan waktu yang lebih lama," katanya.


(wid)

Indikator Tak Terisolasi
- Jalan berasapal
- Bisa ditempuh roda empat
Perda No 20/2008

red: Didik Trio MarsidiSumber: banjarmasin post,Banjarmasinpost.co.id - Senin, 18 Oktober 2010

Tags: ,

0 comments to "16 Desa di Aluhaluh - Banjarmasin Terisolasi????"

Leave a comment