Home , � Gawat! Mbah Maridjan minta warga mengungsi dari gunung Merapi!!!!

Gawat! Mbah Maridjan minta warga mengungsi dari gunung Merapi!!!!


Ilustrasi (Foto: Daylife)

Bantuan di Posko Pengungsi Merapi Masih Minim

JAKARTA - Seluruh warga kaki Gunung Merapi yang berada di Kabupaten Magelang, Sleman, Klaten, dan Boyolali, diungsikan menyusul peningkatan status gunung teraktif di Indonesia itu. Para pengungsi pun masih mengeluhkan minimnya bantuan.

Menurut Kepala Posko Penyelematan Pengungsi Kabupaten Magelang, Heri Prawoto, sekira 700 warga kaki gunung Merapi sudah diungksikan ke tempat penampungan yang aman berkapasitas 1.000 orang.

”Saat ini yang paling dibutuhkan adalah Makanan, bantal, kasur busa, selimut dan obat-obatan,” katanya kepada okezone, Senin (25/10/2010) malam.

Meski masih kekurangan bahan makanan, lanjut Heri, petugas sudah membuat dapur umum di tempat ini. Selain itu, MCK darurat juga akan dibangun di lokasi penampungan.

“Bantuan logistik memang sudah mulai berdatangan. Petugas juga diharapkan dapat membangun sarana MCK dan sanitasi yang baik dan sehat bagi masyarakat,” jelas dia.

Seperti diketahui, mulai kemarin pukul 06.00 WIB, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) Yogyakarta menaikkan status Merapi dari siaga menjadi awas.

Keputusan status awas diambil berdasar data yang diperoleh melalui pengamatan seismik maupun visual terhadap puncak gunung yang menunjukkan gejala peningkatan aktivitas vulkanik. Gejala itu mengarah pada erupsi yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Ratusan warga yang tinggal di Kawasan Rawan Bencana di Kabupaten Magelang, Sleman, Kalten dan Boyolali, mulai diungsikan untuk mengantisipasi letusan gunung berapi yang rajin memuntahkan laharnya ini.
(ded/Fahmi Firdaus - Okezone/26/10/2010)

Gawat! Mbah Maridjan Minta Warga Sekitar Merapi Mengungsi

example2
Foto:wartakota.co.id
Juru kunci Gunung Merapi Ki Surakso Hargo atau lebih dikenal dengan nama Mbah Maridjan

BANJARMASINPOST.CO.ID, SLEMAN - Juru kunci Gunung Merapi Ki Surakso Hargo atau lebih dikenal dengan nama Mbah Maridjan, meminta masyarakat di sekitar lereng Gunung Merapi mematuhi instruksi pemerintah untuk segera mengungsi. Imbauan ini terkait peningkatan status Gunung Merapi dari Siaga menjadi Awas.

"Silakan warga mengungsi ke barak-barak yang sudah disiapkan pemerintah," kata Mbak Maridjan saat ditemui di rumahnya di Dusun Kinahrejo, Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman, Senin (25/10/2010).

Mbah Maridjan mengatakan, dia masih betah dan kerasan di rumahnya yang hanya berjarak sekitar tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi, sehingga dirinya belum akan mengungsi.

"Saya minta warga sebaiknya mengikuti saran pemerintah, karena pemerintah yang akan bertanggung jawab atas keselamatan warga," imbau Mbah Maridjan.

Ketika ditanya apakah Gunung Merapi akan meletus, Mbah Maridjan mengatakan bahwa dirinya tidak kuasa untuk mengetahuinya. "Saya kan tidak memiliki alat-alat seismograf seperti milik Badan Vulkanologi. Saya tak kuasa, yang kuasa itu Gusti Allah," jawab Mbah Maridjan.

Dirinya, lanjut Mbah Maridjan, tidak mau pergi mengungsi lebih karena khawatir nanti warga salah menanggapinya, sehingga mereka kecele. "Kalau saya pergi maka warga akan kecele dan kecewa," jelasnya.

Mbah Maridjan juga menuturkan, dia tidak ingin berbicara banyak terkait peningkatan aktivitas Gunung Merapi dan meminta semuanya untuk lebih meningkatkan doa.

"Kita berdoa bersama saja agar Merapi ini tidak batuk dan memohon keselamatan kepada Yang Maha Kuasa, agar tidak terjadi bencana yang tidak diinginkan kalau nantinya Gunung Merapi benar-benar meletus," ujar Mbak Maridjan.

Sementara, suasana di Desa Kepuharjo sendiri sampai Senin siang masih terlihat seperti biasa. Penduduk setempat terlihat masih beraktivitas mencari rumput untuk ternak-ternak mereka.

Menurut Sekretaris Desa Kepuharjo Tulus Budiwiratno di desa ini ada sekitar 3.600 warga yang harus diungsikan. "Barak Pengungsian Pagerjuang sudah siap untuk menampung pengungsi, tinggal membangun dapur umumnya. Di barak pengungsian, warga tak perlu khawatir karena mereka akan mendapatkan konsumsi secukupnya," katanya.

red: Didik Trio MarsidiSumber: tribunnews.com/Banjarmasinpost.co.id - Senin, 25 Oktober 2010

Tags: ,

0 comments to "Gawat! Mbah Maridjan minta warga mengungsi dari gunung Merapi!!!!"

Leave a comment