Home , , � Mbah Maridjan..oh Mbah Maridjan...!!!

Mbah Maridjan..oh Mbah Maridjan...!!!



Inilah Sosok Mbah Maridjan

example2
Foto:tribunnews.com/ismanto
Mbah Marijan, juru kunci gunung Merapi saat berkumpul bersama anak dan cucu-cucunya di Desa Kinahrejo saat Merapi meletus tahun 2006

JAKARTA - Sejak peritiwa Gunung Merapi batuk dan hendak meletus tahun 2006, nama Mbah Maridjan semakin terkenal. Lalu, siapakah sebenarnya sosok Mbah Maridjan, mungkin banyak kalangan belum mengetahui tokoh fenomenal ini.

Mbah Maridjan memiliki nama asli Mas Penewu Suraksohargo. Pria yang menjadi bintang iklan sebuah produk minuman berenergi ini lahir di Dukuh Kinahrejo, Desa Umbulharjo, Cangkringan, Sleman pada tahun 1927.

Ia merupakan seorang juru kunci Gunung Merapi. Amanah sebagai juru kunci ini diperoleh dari Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Setiap Gunung Merapi akan meletus, warga setempat selalu menunggu komando dari beliau untuk mengungsi.

Sebelumnya, ia mulai menjabat sebagai wakil juru kunci pada tahun 1970. Jabatan sebagai juru kunci, ia sandang sejak tahun 1982.

Mbah Maridjan mempunyai tiga anak di antaranya, Mbah Ajungan, Raden Ayu Surjuna, dan Raden Ayu Murjana. Anak pertama Mbah Maridjan, Mbah Ajungan menjadi penasihat presiden Sukarno tahun 1968-1969, kemudian menjadi wali Mangkunagara VIII tahun 1974-1987. (berbagai sumber/Banjarmasinpost.co.id - Rabu, 27 Oktober 2010)


Mbah marijan wafat dalam keadaan bersujud di masjid kinaharjo

"Mbah Maridjan diduga terjebak di Masjid Kinahrejo, yang terletak di samping rumahnya," kata Agus, asisten Mbah Maridjan, saat dihubungi VIVAnews.com pukul 20.30 WIB, Selasa, 26 Oktober 2010.

Diceritakan Agus, saat sirine berbunyi tanda gunung meletus, ia dan keluarga Mbah Mardijan dan beberapa orang yang terakhir bertahan di rumah juru kunci tersebut memutuskan turun dengan mengendarai dua mobil sampai ke tempat aman.

Sampai di tempat evakuasi, dua orang yakni Tutur dari PMI Bantul, Yogyakarta dan Yuniawan Nugroho (Wawan), wartawan VIVAnews.com,berinisiatif untuk menjemput paksa Mbah Maridjan yang masih berdoa di masjid.

"Mereka berdua naik mobil ke atas menjemput Mbah Maridjan. Namun, saat ini kami kehilangan kontak dengan mereka. Kami duga mereka terjebak, karena awan panas sudah sampai ke kediaman Mbah Maridjan," katanya. (kd/oleh Hisam Sulaiman pada 27 Oktober 2010 jam 7:29)

Kalau benar Mbah Maridjan alias Mas Penewu Suraksohargo telah meninggal dunia, kami dari team banjarkuumaibungasnya.blogspot.com mengucapkan turut berbela sungkawa kepada beliau dan keluarganya mudahan tetap tabah menghadapinya. Semoga semua amal perbuatan beliau didunia menjadi amal yang diterima oleh Allah Swt..Amin Ya Rabbal 'alamin......


Tags: , ,

0 comments to "Mbah Maridjan..oh Mbah Maridjan...!!!"

Leave a comment