Home , , � Santai aja bicara tentang Wahabi.....

Santai aja bicara tentang Wahabi.....





Akidah Mazhab Wahabi dalam sorotan

oleh Agus Abubakar Arsal Alhabsyi pada 12 Juli 2010 jam 19:44

salam.... berikut ini tulisan dari seorang kawan tentang Akidah Mazhab Wahabi dalam sorotan. Mudah2an bermanfaat dan dapat didiskusikan lagi.

Wahhabi (bahasa Arab: Al-Wahhābīyya الوهابية) atau Wahhabisme adalah sebuah sekte Islam konservatif berdasarkan ajaran Muhammad bin Abd al-Wahhab, seorang ulama abad ke-18. Wahhabisme adalah bentuk dominan dari gerakan Islam yang tampak nyata di Arab Saudi, meskipun pendukung dan lawan-lawannya menolak sebutan seperti. Gerakan ini telah mengembangkan pengaruh yang cukup besar di dunia Islam melalui pendanaan ke berbagai mesjid, sekolah dan sarana lainnya.

Doktrin utama Wahhabi adalah Tauhid. Ibnu Abdul Wahhab jelas sekali dipengaruhi oleh tulisan-tulisan Ibnu Taimiyah dan mempertanyakan interpretasi abad pertengahan terhadap ajaran Islam yang memang saat itu tengah marak di Timur Tengah khususnya. Istilah "Wahhabi" (Wahhābīyah) sendiri pertama kali digunakan oleh para penentang Abdul Wahhab. Hal ini dianggap sebagai penghinaan.

Muhammad bin Abdul Wahab lahir di Najed tahun 1111 H / 1699 M. Asal mulanya dia adalah seorang pedagang yang sering berpindah dari satu negara ke negara lain dan di antara negara yang pernah disinggahinya adalah Baghdad, Iran, India dan Syam.

Kemudian pada tahun 1125 H / 1713 M, dia terpengaruh oleh seorang orientalis Inggris bernama Mr. Hempher yang bekerja sebagai mata-mata Inggris di Timur Tengah. Sejak itulah dia menjadi alat bagi Inggris untuk menyebarkan ajaran barunya. Inggris memang telah berhasil mendirikan sekte-sekte bahkan agama baru di tengah umat Islam seperti Ahmadiyah dan Baha’i. Bahkan Muhammad bin Abdul Wahab ini juga termasuk dalam target program kerja kaum kolonial dengan aliran Wahabinya.

Mulanya Muhammad bin Abdul Wahab hidup di lingkungan sunni pengikut madzhab Hanbali, bahkan ayahnya Syaikh Abdul Wahab adalah seorang sunni yang baik. Begitu pula guru-gurunya. Namun sejak semula ayah dan guru-gurunya mempunyai firasat yang kurang baik tentang dia bahwa dia akan sesat dan menyebarkan kesesatan. Bahkan mereka menyuruh orang-orang untuk berhati-hati terhadapnya.

Ternyata tidak berselang lama, firasat itu segera terbukti. Ayahnya pun menentang dan memberi peringatan khusus padanya. Bahkan kakak kandungnya, Sulaiman bin Abdul Wahab, ulama besar dari madzhab Hanbali, menulis buku bantahan kepadanya dengan judul As-Sawa’iqul Ilahiyah Fir Raddi Alal Wahabiyah.

Tidak ketinggalan pula salah satu gurunya di Madinah, Syekh Muhammad bin Sulaiman AI-Kurdi as-Syafi’i, menulis surat berisi nasihat. Sebagaimana diketahui bahwa madzhab Ahlus Sunah sampai hari ini adalah kelompok terbesar, dan salah satu dari ajaran yang diyakini oleh Muhammad bin Abdul Wahab, adalah mengkufurkan kaum muslim sunni yang mengamalkan tawassul, ziarah kubur, maulid nabi, dan lain-lain.

Berbagai dalil akurat yang disampaikan ahlussunnah wal jama’ah berkaitan dengan tawassul, ziarah kubur serta maulid, ditolak tanpa alasan yang dapat diterima. Bahkan lebih dari itu, justru berbalik mengkafirkan kaum muslimin sejak 600 tahun sebelumnya, termasuk guru-gurunya sendiri.

Sekalipun demikian Muhammad bin Abdul Wahab tidak menggubris nasihat ayahnya dan guru-gurunya itu. Dengan berdalihkan pemurnian ajaran Islam, dia terus menyebarkan ajarannya di sekitar wilayah Najed. Orang-orang yang pengetahuan agamanya minim banyak yang terpengaruh. Termasuk diantara pengikutnya adalah penguasa Dar’iyah, Muhammad bin Saud, pendiri dinasti Saudi, yang dikemudian hari menjadi mertuanya. Dia mendukung secara penuh dan memanfaatkannya untuk memperluas wilayah kekuasaannya.

Ibn Saud sendiri sangat patuh pada perintah Muhammad bin Abdul Wahab. Jika dia menyuruh untuk membunuh atau merampas harta seseorang, dia segera melaksanakannya dengan keyakinan bahwa kaum muslimin telah kafir dan syirik selama 600 tahun lebih, dan membunuh orang musyrik dijamin surga.

Sejak semula Muhammad bin Abdul Wahab sangat gemar mempelajari sejarah nabi-nabi palsu, seperti Musailamah Al-Kadzdzab, Aswad Al-Ansiy, Tulaihah Al-Asadiy dll. Agaknya dia punya keinginan mengaku nabi, ini tampak sekali ketika ia menyebut para pengikut dari daerahnya dengan julukan Al-Anshar, sedangkan pengikutnya dari luar daerah dijuluki Al-Muhajirin.

Kalau seseorang ingin menjadi pengikutnya, dia harus mengucapkan dua syahadat di hadapannya kemudian harus mengakui bahwa sebelum masuk Wahabi dirinya adalah musyrik, begitu pula kedua orang tuanya. Dia juga diharuskan mengakui bahwa para ulama besar sebelumnya telah mati kafir.

Muhammad bin Abdul Wahab juga sering merendahkan Nabi SAW dengan dalih pemurnian aqidah, dia juga membiarkan para pengikutnya melecehkan Nabi di hadapannya, sampai-sampai seorang pengikutnya berkata: “Tongkatku ini masih lebih baik daripada Muhammad, karena tongkat-ku masih bisa digunakan membunuh ular, sedangkan Muhammad telah mati dan tidak tersisa manfaatnya sama sekali!”

Pada 1802, mereka menyerang Karbala-Irak, tempat dikebumikan jasad cucu Nabi Muhammad SAW, Husein bin Ali bin Abi Thalib. Karena makam tersebut dianggap tempat munkar yang berpotensi syirik kepada Allah. Dua tahun kemudian, mereka menyerang Madinah, menghancurkan kubah yang ada di atas kuburan, menjarah hiasan-hiasan yang ada di Hujrah Nabi Muhammad.

Mereka terus menghancurkan masjid-masjid dan tempat-tempat kaum solihin sambil bersorak-sorai, menyanyi dan diiringi tabuhan kendang. Mereka juga mencaci-maki ahli kubur bahkan sebagian mereka kencing di kuburan kaum solihin tersebut

Keberhasilan menaklukkan Madinah berlanjut. Mereka masuk ke Mekkah pada 1806, dan merusak kiswah, kain penutup Ka'bah yang terbuat dari sutra. Kemudian merobohkan puluhan kubah di Ma'la, termasuk kubah tempat kelahiran Nabi SAW, tempat kelahiran Sayyidina Abu Bakar dan Sayyidina Ali, juga kubah Sayyidatuna Khadijah, masjid Abdullah bin Abbas. Mereka terus menghancurkan masjid-masjid dan tempat-tempat kaum solihin sambil bersorak-sorai, menyanyi dan diiringi tabuhan kendang. Mereka juga mencaci-maki ahli kubur bahkan sebagian mereka kencing di kubur kaum solihin tersebut. Gerakan kaum Wahabi ini membuat Sultan Mahmud II, penguasa Kerajaan Usmani, Istanbul-Turki, murka. Dikirimlah prajuritnya yang bermarkas di Mesir, di bawah pimpinan Muhammad Ali, untuk melumpuhkannya. Pada 1813, Madinah dan Mekkah bisa direbut kembali.

Gerakan Wahabi surut. Tapi, pada awal abad ke-20, Abdul Aziz bin Sa'ud bangkit kembali mengusung paham Wahabi. Tahun 1924, ia berhasil menduduki Mekkah, lalu ke Madinah dan Jeddah, memanfaatkan kelemahan Turki akibat kekalahannya dalam Perang Dunia I. Sejak itu, hingga kini, paham Wahabi mengendalikan pemerintahan di Arab Saudi. Dewasa ini pengaruh gerakan Wahabi bersifat global. Riyadh mengeluarkan jutaan dolar AS setiap tahun untuk menyebarkan ideologi Wahabi. Sejak hadirnya Wahabi, dunia Islam tidak pernah tenang penuh dengan pergolakan pemikiran, sebab kelompok ekstrem itu selalu menghalau pemikiran dan pemahaman agama Sunni-Syafi'i yang sudah mapan.

Kekejaman dan kejahilan Wahabi lainnya adalah meruntuhkan kubah-kubah di atas makam sahabat-sahabat Nabi SAW yang berada di Ma'la (Mekkah), di Baqi’ dan Uhud (Madinah) semuanya diruntuhkan dan diratakan dengan tanah dengan mengunakan dinamit penghancur. Demikian juga kubah di atas tanah Nabi SAW dilahirkan, yaitu di Suq al Leil diratakan dengan tanah dengan menggunakan dinamit dan dijadikan tempat parkir onta, namun karena gencarnya desakan kaum Muslimin International maka dibangun perpustakaan.

Kaum Wahabi benar-benar tidak pernah menghargai peninggalan sejarah dan menghormati nilai-nilai luhur Islam. Semula AI-Qubbatul Khadra (kubah hijau) tempat Nabi Muhammad SAW dimakamkan juga akan dihancurkan dan diratakan dengan tanah tapi karena ancaman International maka orang-orang biadab itu menjadi takut dan mengurungkan niatnya. Begitu pula seluruh rangkaian yang menjadi manasik haji akan dimodifikasi termasuk maqom Ibrahim akan digeser tapi karena banyak yang menentangnya maka diurungkan.

Pengembangan kota suci Makkah dan Madinah akhir-akhir ini tidak mempedulikan situs-situs sejarah Islam. Makin habis saja bangunan yang menjadi saksi sejarah Rasulullah SAW dan sahabatnya. Bangunan itu dibongkar karena khawatir dijadikan tempat keramat. Bahkan sekarang, tempat kelahiran Nabi SAW terancam akan dibongkar untuk perluasan tempat parkir. Sebelumnya, rumah Rasulullah pun sudah lebih dulu digusur. Padahal, disitulah Rasulullah berulang-ulang menerima wahyu. Di tempat itu juga putra-putrinya dilahirkan serta Khadijah meninggal.

Islam dengan tafsiran kaku yang dipraktikkan wahabisme paling punya andil dalam pemusnahan ini. Kaum Wahabi memandang situs-situs sejarah itu bisa mengarah kepada pemujaan berhala baru. Pada bulan Juli yang lalu, Sami Angawi, pakar arsitektur Islam di wilayah tersebut mengatakan bahwa beberapa bangunan dari era Islam kuno terancam musnah. Pada lokasi bangunan berumur 1.400 tahun Itu akan dibangun jalan menuju menara tinggi yang menjadi tujuan ziarah jamaah haji dan umrah.

“Saat ini kita tengah menyaksikan saat-saat terakhir sejarah Makkah. Bagian bersejarahnya akan segera diratakan untuk dibangun tempat parkir,” katanya kepada Reuters. Angawi menyebut setidaknya 300 bangunan bersejarah di Makkah dan Madinah dimusnahkan selama 50 tahun terakhir. Bahkan sebagian besar bangunan bersejarah Islam telah punah semenjak Arab Saudi berdiri pada 1932. Hal tersebut berhubungan dengan maklumat yang dikeluarkan Dewan Keagamaan Senior Kerajaan pada tahun 1994. Dalam maklumat tersebut tertulis, 'Pelestarian bangunan bangunan bersejarah berpotensi menggiring umat Muslim pada penyembahan berhala'.

Nasib situs bersejarah Islam di Arab Saudi memang sangat menyedihkan. Mereka banyak menghancurkan peninggalan-peninggalan Islam sejak masa Ar-Rasul SAW. Semua jejak jerih payah Rasulullah itu habis oleh modernisasi ala Wahabi. Sebaliknya mereka malah mendatangkan para arkeolog (ahli purbakala) dari seluruh dunia dengan biaya ratusan juta dollar untuk menggali peninggalan- peninggalan sebelum Islam baik yang dari kaum jahiliyah maupun sebelumnya dengan dalih obyek wisata. Kemudian dengan bangga mereka menunjukkan bahwa zaman pra Islam telah menunjukkan kemajuan yang luar biasa, tidak diragukan lagi ini merupakan pelenyapan bukti sejarah yang akan menimbulkan suatu keraguan di kemudian hari.

Gerakan wahabi dimotori oleh para juru dakwah yang radikal dan ekstrim, mereka menebarkan kebencian permusuhan dan didukung oleh keuangan yang cukup besar. Mereka gemar menuduh golongan Islam yang tak sejalan dengan mereka dengan tuduhan kafir, syirik dan ahli bid'ah. Itulah ucapan yang selalu didengungkan di setiap kesempatan, mereka tak pernah mengakui jasa para ulama Islam manapun kecuali kelompok mereka sendiri. Di negeri kita ini mereka menaruh dendam dan kebencian mendalam kepada para Wali Songo yang menyebarkan dan meng-Islam-kan penduduk negeri ini.

Mereka mengatakan ajaran para wali itu masih kecampuran kemusyrikan Hindu dan Budha, padahal para Wali itu telah meng-Islam-kan 90 % penduduk negeri ini. Mampukah wahabi-wahabi itu meng-Islam-kan yang 10% sisanya? Mempertahankan yang 90 % dari terkaman orang kafir saja tak bakal mampu, apalagi mau menambah 10 % sisanya.

Justru mereka dengan mudahnya mengkafirkan orang-orang yang dengan nyata bertauhid kepada Allah SWT. Jika bukan karena Rahmat Allah yang mentakdirkan para Wali Songo untuk berdakwah ke negeri kita ini, tentu orang-orang yang menjadi corong kaum wahabi itu masih berada dalam kepercayaan animisme, penyembah berhala atau masih kafir. (Naudzu billah min dzalik).

Oleh karena itu janganlah dipercaya kalau mereka mengaku-aku sebagai faham yang hanya berpegang teguh pada Al-Qur’an dan As-Sunnah. Mereka berdalih mengikuti keteladanan kaum salaf apalagi mengaku sebagai golongan yang selamat dan sebagainya, itu semua omong kosong belaka. Mereka telah menorehkan catatan hitam dalam sejarah dengan membantai ribuan orang di Makkah dan Madinah serta daerah lain di wilayah Hijaz (yang sekarang dinamakan Saudi). Tidakkah anda ketahui bahwa yang terbantai waktu itu terdiri dari para ulama yang sholeh dan alim, bahkan anak-anak serta balita pun mereka bantai di hadapan ibunya. Tragedi berdarah ini terjadi sekitar tahun 1805. Semua itu mereka lakukan dengan dalih memberantas bid'ah, padahal bukankah nama Saudi sendiri adalah suatu nama bid'ah? Karena nama negeri Rasulullah SAW diganti dengan nama satu keluarga kerajaan pendukung faham wahabi yaitu As-Sa’ud. BERSAMBUNG (Sumber "SUARA HATI" milis grup)
· · · Bagikan

  • 50 dari 122
    • Agus Abubakar Arsal Alhabsyi ternyata artikel tsb pernah dimuat di rubrik Bayan, majalah bulanan Cahaya Nabawiy No. 33 TIL III Sya'ban 1426 H I September 2005 M.
      13 Juli jam 2:48 ·
    • Bun Bun Nuk Nuk Al-Jaatsiyah:006
      Itulah ayat-ayat Allah yang Kami membacakannya kepadamu dengan sebenarnya; maka dengan perkataan manakah lagi mereka akan beriman sesudah (kalam) Allah dan keterangan-keterangan-Nya.
      13 Juli jam 3:30 ·
    • Bun Bun Nuk Nuk
      Al-Ahqaaf:026
      Dan sesungguhnya Kami telah meneguhkan kedudukan mereka dalam hal-hal yang Kami belum pernah meneguhkan kedudukanmu dalam hal itu dan Kami telah memberikan kepada mereka pendengaran, penglihatan dan hati; tetapi pendengaran, ...penglihatan dan hati mereka itu tidak berguna sedikit juapun bagi mereka, karena mereka selalu mengingkari ayat-ayat Allah dan mereka telah diliputi oleh siksa yang dahulu selalu mereka memperolok-olokkannya.
      Lihat Selengkapnya
      13 Juli jam 3:32 ·
    • Bun Bun Nuk Nuk Al-Hadiid:009
      Dialah yang menurunkan kepada hamba-Nya ayat-ayat yang terang (Al-Quraan) supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya. Dan sesungguhnya Allah benar-benar Maha Penyantun lagi Maha Penyayang terhadapmu.
      13 Juli jam 3:38 ·
    • Bun Bun Nuk Nuk Yusuf:108
      Katakanlah: "Inilah jalan (agama) ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujjah yang nyata, Maha Suci Allah, dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik".
      13 Juli jam 3:46 ·
    • Bun Bun Nuk Nuk
      Ar-Ra`d:031
      Dan sekiranya ada suatu bacaan (kitab suci) yang dengan bacaan itu gunung-gunung dapat digoncangkan atau bumi jadi terbelah atau oleh karenanya orang-orang yang sudah mati dapat berbicara, (tentulah Al Quraan itulah dia) . Sebe...narnya segala urusan itu adalah kepunyaan Allah. Maka tidakkah orang-orang yang beriman itu mengetahui bahwa seandainya Allah menghendaki (semua manusia beriman), tentu Allah memberi petunjuk kepada manusia semuanya. Dan orang-orang yang kafir senantiasa ditimpa bencana disebabkan perbuatan mereka sendiri atau bencana itu terjadi dekat tempat kediaman mereka, sehingga datanglah janji Allah. Sesungguhnya Allah tidak menyalahi janji.
      Share
      Lihat Selengkapnya
      13 Juli jam 3:47 ·
    • Maman Suparman bucheri oh...bucheri....
      13 Juli jam 11:22 ·
    • Andi Setiawan buat apa mazhab wahabi di diskusikan ,sudah jelas coraknya .
      13 Juli jam 12:23 ·
    • Anwar R. Soediro ada2 aja ustaz, polemik klasik ini sudah lama dan membuat luka dalam pada ummat di negeri ini (era sukarno dan awal era suharto) ber istghfar ustaz supaya tidak terulang lagi atau klo mau buat pencerahan muat artikel2 yang berimbang
      13 Juli jam 14:30 ·
    • Agus Abubakar Arsal Alhabsyi
      Saya tunggu artikel sdr Anwar, sbgmn sdr Albani juga sdh mengirimkannya. saya heran dgn sdr2 yg mengritik bahkan menuduh tapi tdk memberi jawaban. Luka perpecahan ini masih berdarah2 krn msh ada yg meneruskan tradisi pembid'ahan, penyesatan... dan peng'kafir'an, dan menganggap hanya golongannya sendiri yg selamat. Selama kelompok ini terus menerus memecah belah umat, kami akan terus mengungkapkan kebenaran ttg siapa mereka dan sejarah mereka. Kami akan tegas terhadap mrk yg memecahbelah umat. AlhamduliLlaah Muhammadiyah dan NU telah secara rutin menyelenggarakan forum internasional utk dialog inter dan antar agama. Saya juga menghargai upaya Raja Abdullah dari Saudi Arabia yg juga menyelenggarakan Forum dialog internal Islam yg dihadiri oleh ulama2 dr mazhab Sunni dan Syi'ah di Mekkah al Mukarromah. Tapi saya juga menolak penghancuran situs2 bersejarah Islam di kedua kota suci umat Islam dunia tsb. Saya tunggu artikelnya. Salam damaiLihat Selengkapnya
      13 Juli jam 15:01 · · 2 orangMemuat...
    • Anwar R. Soediro Seluruh sekte akan klaim dirinya paling benar, dan bersemangat kaya ustaz untuk menakluk kan hujah2 lawan bahkan ada yang menggunakan kekerasan (tdk usah di luar negeri di dalam negeri ini juga banyak yang menggunakan kekerasan), apakah anda ingin ikut memecah belah? rasanya anwar tidak akan ikut ustaz jadi gak perlu kirim artikel (tapi klo ustaz pengen share dari anwar tentang artikel wahabi yang relatif tidak memihak boleh tapi via email aja ustaz)
      13 Juli jam 15:39 ·
    • Agus Abubakar Arsal Alhabsyi
      Al-Qur'an mengingatkan kita utk tdk merasa suci, merasa lebih baik (sbgmn Iblis). Para Mujtahid Mazhab Ahlus Sunnah wal Jama'ah dan Syi'ah Ahlul Bayt mengajarkan kita menyisihkan ruang bagi kemungkinan kebenaran di pihak lawan yg berbeda pe...ndapat. Dari sejak awal saya menyalin notes diatas sdh sy tuliskan: "..dapat didiskusikan lagi". Kalau anda tdk mau diskusi yaa tdk perlu kasih komentar apalagi menuduh.

      Saya merasa ada kontradiksi dlm respons sdr Anwar yg ingin menyatukan tp juga menyerang. Sy tdk tahu di pihak manakah sdr Anwar gerangan? Mereka yg membela para pemecahbelah adlh bgn dr mrk. Sy tdk mengafirkan Wahhabi, (Nabi bersabda bhw brgsiapa mengafirkan seorng muslim mk dia kafir) tp realitas sejarah yg ada perlu diketahui utk penyeimbang bagi sdr2ku yg termakan oleh propaganda mrk. Kita tdk perlu takut dg dialog. Dialog mengasah pikiran kita dan mengasah kebenaran. Saya hargai Jwbn sdr Al Bani (sy tdk hapus bukan?), silahkan dibandingkan dg menggunakan akal sehat dan hati nurani seraya mohon petunjuk kpd Allah. Al Qur'an menyuruh kita menyeru manusia dg hikmah dan nasehat yg baik tp juga tdk melarang kita utk berdebat asal dgn cara yg bijak. Saya masih menunggu artikel anda.

      Salam damai.
      Lihat Selengkapnya
      13 Juli jam 16:31 · · 1 orangMemuat...
    • Usman Soekarno Arsal Alhabsyi
      Saya kerap kebingungan ketika menyimak komen-komen yg seolah-olah arif yg berisi imbauan-imbauan agar menjaga keseimbangan dlm mengetengahkan informasi. Sementara yg bersangkutan menempatkan diri sebagai hakim pemutus bahwa selain dirinya a...dalah penebar fitnah perpecahan. Saya sungguh bingung u/mengategorikan makhluk ini ke mana?
      Tampak bahwa ybs tidak paham substansi materi yg tengah didiskusikan. Benar2 asal nimbrung sj. Mungkin ini gejala awal Skizofrenia. Semoga kita selalu mampu berintrospeksi dan tahu diri.
      Lihat Selengkapnya
      13 Juli jam 16:50 melalui Facebook Seluler · · 1 orangMemuat...
    • Anwar R. Soediro
      Berdiskusi pake cara yang santun (kan sudah pada tahu ini perintah Alloh) gak perlu bawa binatang atau mengundang iblis, alasan saya sudah jelas 1. Dialog Wahabi Sudah lama jadi bukan barang baru semakin di diskusikan semakin terjadi luka d...i hat ummat 2. Fsacebook ini yang baca juga publik janganlah perpecahan yang kita tonjolkan (jadi fungsi saya mengingatkan) 3. Secara pribadi saya tidak akan ikut campur dalam diskusi yg meurut pribadi saya akan membawa perpecahan seperti tahun 60 - 70 an 4. klo kepingin ngotot anwar suruh bikin artikel ya lewat email aja jadi tdk dibaca publik (anwar_raja_jawa@yahoo.com)Lihat Selengkapnya
      13 Juli jam 18:05 ·
    • Bun Bun Nuk Nuk adayang ngasih tahu ke ana di bis waktu ngobrol ngobrol kata nya begini ,....dunia ini cermin dari pada akherat ,....maka kalo bicara neraka ya itu sijjin itu di otak kiri dan iliyyin di otak kanan .........saat ini saya belom bisa mengambil kesimpulan tapi bagai mana menurut anda ,... maaf saya hanya intermezo sedikit ,....
      13 Juli jam 18:20 ·
    • Bun Bun Nuk Nuk insya allah di sini kita bisa menilai dari setiap koment koment yang ada ,..allah maha tahu apa yang kita lahir dan apa yang kita sembunyikan ,..
      13 Juli jam 18:25 ·
    • Usman Soekarno Arsal Alhabsyi
      ‎@Anwar R. Soediro, Kang Mas, mendiskusikan sesuatu secara sehat, jangan khawatir akan menorehkan luka. Diskusi-diskusi mencerahkan perlu digalakkan. Hanya dengan demikian proses pendewasaan ummat dapat terus dikembangkan. Kita harus terus ...belajar untuk saling menghargai dalam perbedaan. Selain dialog atau debat internal, bahkan dialog lintas agama pun bukan sesuatu yg perlu ditabukan. Yg selalu menjadi keprihatinan kita, adalah sikap arogan dan fanatisme sempit dari sementara kalangan yg mengklaim habis kebenaran hanya ada pada diri mereka saja. Bukan cuma itu, kelompok ini dgn penuh jumawa memonopoli habis kapling-kapling surga bagi diri dan kelompoknya. Bagi selain mereka, silakan puas sebagai santapan api neraka yg menyala-nyala. Padahal agama mengajarkan kita menjaga kesetimbangan antara harap dan cemas. Harap akan surga-Nya karena yakin akan kemurahan-Nya. Cemas akan siksa-Nya karena sadar tak layak untuk mencicipi ni'mat surga-Nya. Jika sikap ini pada masing2 kita, mana berani kita mengambil-alih otoritas Tuhan untuk memvonis si A pasti neraka atau si B pasti surga. Boro-boro ngurusin orang lain, diri kita sendiri saja tak kuasa kita jamin. Mari camkan bersama firman-Nya: "Ud'uu ilaa sabili rabbika bilhikmah walmau'izatilhasanah wa jaadilhum billatii hiya ahsan, inna rabbaka huwa a'lamu biman dhalla 'an sabiilih wa huwa a'lamu bilmuhtadiin." Lihat Selengkapnya
      13 Juli jam 19:24 · · 1 orangMemuat...
    • Agus Abubakar Arsal Alhabsyi Benar sdr BBNN dari komentar yg dilontarkan nilai seseorg tercermin. Semoga Allah melindungi kita dr perbuatan memecahbelah umat dan menganggap diri suci dan benar sendiri. Saya perlu mengingatkan diri saya sendiri ucapan Imam Ali: "Diam terkadang adlh sebaik-baik jawaban". Salam damai.
      13 Juli jam 19:25 · · 1 orangMemuat...
    • Agus Abubakar Arsal Alhabsyi Ya Allah ampuni kami, kedua orgtua kami, guru2 kami, semua yg mempunyai hak atas kami dan seluruh saudara kami kaum Muslimin-Muslimat, Mukminin-Mukminat yg masih hidup mau pun yg telah wafat. AstaghfiruLlah al-'azhiim wa atuubu ilayhi
      13 Juli jam 19:29 · · 1 orangMemuat...
    • Usman Soekarno Arsal Alhabsyi ‎@Bun Bun Nuk Nuk; terima ksh atas intermezonya. Semoga tak ada yg menggugat Anda telah mengetengahkan pemikiran yg bernuansa "bid'ah". Hehehe... Jika ada pun, mengapa harus repot?
      13 Juli jam 19:33 ·
    • Anwar R. Soediro
      Wah bagus juga komen2 di akhir ini, dulu saya ngelihat sendiri debat terbuka, di kampung2 masalah seperti ini (bid'ah) yang pro dan kontra (saya tidak mau sebut kelompoknya), hasilnya terjadi anti pati antara kelompok yang satu dengan yang ...lainnya selama berpuluh2 th, jadi saya mohon maaf bukan saya sombong jadi dari semenjak mahasiswa saya sudah sering diskusi masalah ini bahkan diskusi antar agama pun saya sudah lakukan. maka dulu saya mengajak temen untuk diskusi semacam ini dibahas secara akademik aja agar lebih kena sasaran daripada "gak keno iwake malah butek banyune" istilah jawa itu gak dapat ikannya malah keruh airnya.Lihat Selengkapnya
      13 Juli jam 22:21 ·
    • Bun Bun Nuk Nuk
      untuk mas anwar , barang kali nggak keberatan , bagai mana penjelasan anda satu ayat ini ..Al-A`raaf:178
      Barangsiapa yang diberi petunjuk oleh Allah, maka
      dialah yang mendapat petunjuk; dan barangsiapa yang disesatkan Allah ,
      maka merekalah... orang-orang yang merugi.Lihat Selengkapnya
      13 Juli jam 22:28 ·
    • Anwar R. Soediro
      ‎1).QS 7:178 ada penjelasannya di QS 2:26, yang disesatkan karena enggan memahami perumpamaan yang sepele (lalat) dalam hal ini, ya bahasa gampangnya menyepelekan, banyak hal sih seperti karena menganggap orang bodoh, atau karena tidak men...gutip ayat dsb.
      2). Kalo saya tidak merasa dipojokkan dan memojokkan, mungkin karena saya orang bisnis jadi terbiasa dengan bagaimana mengambil peluang , itu kan bagaimana menyeraskan logika bayani, logika irfani, dan logika burhani.
      3). Saya penganut baik dan buruk itu keluar dari hati dan fikiran yang sama, sama dengan laki dan perempuan gak perlu di lawankan tapi bersintesa untuk fastabiqul khoirot
      Lihat Selengkapnya
      13 Juli jam 23:37 ·
    • Bun Bun Nuk Nuk lantas apa bagai mana adakah hubungan nya dengan bidah ,... karna kata nya bidah itu kan sesat ,......bisa minta penjelasan nya
      13 Juli jam 23:40 ·
    • Anwar R. Soediro
      Waduh nawar sapeyan dah malem mau tidur, Manusia ini kan kerjaannya mengada ada (bid'ah) secara nature-nya, bahasa kerennya membuat budaya atau membuat sejarah baru, nah orang akan melihat dengan hati dan pikiran yang satu wah budaya itu ba...gus dan sekaligus bilang tapi ada kejelekannya juga ya. Contoh Kongkrit KH Ahmad Dahlan dan KH Hasyim Asy'ari, itu berguru dengan orang yang sama syeh moh. Khotib di Makah, tapi pulang di Indonesia yang satu melestarikan bid'ah (budaya tahlilan) dan yang satu membersihkan bid'ah. Kalo ke 2 nya Fastabikul khoirot kan Good2 ajaLihat Selengkapnya
      13 Juli jam 23:53 ·
    • Bun Bun Nuk Nuk ‎@anwar yang saya tanya kan hubungan nya dengan ayat tadi gimana >????...... kok jadi bawa bawa yang lain ..........
      14 Juli jam 1:44 ·
    • Ali Agung Arsal Alhabsyi
      QS 2:148, Dan setiap ummat mempunyai kiblat yang dia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu dalam kebaikan. Di mana saja kamu berada, pasti Allah akan mengumpulkan kamu semuanya. Sungguh, Allah Mahakuasa atas segala-galanya.

      dan sa...ya yakin bahwa diskusi ini adalah perbuatan baik untuk saling menambah ilmu atau membiasakan diri menerima perbedaan (tentunya hati kita yang menjadi ukuran sebenarnya)Lihat Selengkapnya
      14 Juli jam 3:39 ·
    • Firman Putrajaya Moeslim Taher
      ‎@ ArS : Seluruh sekte akan klaim dirinya paling benar, dan bersemangat kaya ustaz untuk menakluk kan hujah2 lawan bahkan ada yang menggunakan kekerasan (tdk usah di luar negeri di dalam negeri ini juga banyak yang menggunakan kekerasan)...... Anda menuduh Ustad agus menuai perpecahan, tapi apakah anda tdk membaca tulisan anda, yg jelas sgt emosionil... Memang hampir semua mazhab merasa mereka yg plg benar dan wajar, logikanya "kalau ada yg no.1 masa anda mau memilih yg no.2... Kalau spt itu, tandanya tdk wajar"... Cuma yg dilakukan oleh kaum wahabi sgtlah ekstremLihat Selengkapnya
      14 Juli jam 8:48 melalui Facebook Seluler ·
    • Anwar R. Soediro ‎@ firman: Sudah di Closing sama habib Ali Agung; baca Lagi aja runtutan dialog, Logika nya kaya Kecap semua nomor satu (ngutip closing habib ali hati masing2 yang menjadi ukurannya)
      14 Juli jam 11:33 ·
    • Bun Bun Nuk Nuk anwar ente udahan ???...
      14 Juli jam 16:34 ·
    • Anwar R. Soediro klo diskusi tidak menghujat kelompok aliran, monggo dilanjud
      14 Juli jam 16:58 ·
    • Agus Abubakar Arsal Alhabsyi
      banyak kelompok yg semakin dihujat semakin merasa benar. Krn menurut mrk para nabi pun mengalami hujatan, permusuhan bahkan pembunuhan oleh umatnya. Silahkan baca sejarah Muhammad Ibn Abdul Wahhab menurut versi mrk sendiri di Wikipedia. lal...u lakukan studi banding dg kenyataan setelah mrk berkuasa dan kondisi kekinian. Apa yg dituliskan dlm notes yg saya kutip di atas adalah ringkasan dr tulisan Mufti besar dan Imam Mesjid al Haram Sayyid Ahmad Zaini Dahlan yg hidup pada zaman fitnah tsb. Beliau adlh guru dr banyak ulama NU terkemuka. Saya bersangka baik kpd beliau dan saya percaya bhw tulisan beliau adlh tulus utk memperingati umat akan bahaya aliran pemikiran yg memaksakan pendapat dan memonopoli kebenaran. Itu semua bisa terjadi pada diri kita masing2. Saya mhn agar Allah meengilhamkan kpd saya petunjukNya dan melindungi saya dr keburukan diri saya, dari merasa benar sendiri, dari merasa suci dan dari menolak kebenaran dan meremehkan org lain.Lihat Selengkapnya
      14 Juli jam 17:47 melalui Facebook Seluler · · 4 orangMemuat...
    • Firman Putrajaya Moeslim Taher
      Bpk Ars : coba dibuka di FB ini statemen atau topik2 dr kalangan wahabi/salafi. Betapa mereka tanpa hentinya menyerang dan terus mengkafirkan org/kelompok yg tdk sepaham.
      Btw wajar memilihnya spt memilih kecap, cuma kalau kecap dirasa oleh l...idah, kalau akidah dirasakan oleh hati, akal dan fikiran. Sy sgt sepaham dgn note ustad Agus.
      Kalau bapak tdk sepaham, sebelum mengkritik note ini coba bapak kritik note/group/diskusi dr kalangan wahabi di FB
      Sukran.
      Lihat Selengkapnya
      14 Juli jam 18:06 melalui Facebook Seluler ·
    • Anwar R. Soediro Kalo dihujat semakin merasa benar, ya gak usah dihujat biar gak merasa benar sendiri bib
      14 Juli jam 18:07 ·
    • Anwar R. Soediro
      Gusdur ketika open house di ciganjur, seorang jamaah bertanya, gus di Masjid IAIN Ciputat itu kan banyak warga nahdhiyin tapi kok sholat tarawihnya 11 rakaat, jawab Gusdur:kalo pengin 23 rakaat ya sholat sendiri dirumah, warga tersebut men...yanggah tapi kan di masjid itu banyak warga nahdhiyin Gus, Gusdur nah kalo gitu ya minta waktu untuk sholat sampai 23 rakaat setalah yang 8 rekaat selesai, warrga tersebut belum puas nanya lagi Gusdur gus jumlah warga kita lebih banyak kenapa kok tidak 23 rakaat aja, Jawab Gusdur kalo gitu kamu gak usah sholat tarawih aja, wong sholat tarawih itu sunat, sedang perdamaian dan persatuan itu wajib.
      Dalam kasus ini perdamaian dan persatuan itu wajib, lha hujat menghujat itu menurut bapak2, ustaz2 dan habib2 monggo....kerso....
      Lihat Selengkapnya
      14 Juli jam 19:00 ·
    • Agus Abubakar Arsal Alhabsyi
      nampaknya pertama2 kita harus menyamakan persepsi kita ttg makna menghujat, memaki, mencela dan membedakannya dr mengungkap kenyataan demi menghindari ketertipuan. Kita juga hrs waspada dg perasaan kita yg subjektif, mudah tersinggung, mer...asa dihujat (padahal tidak), merasa org lain sombong (padahal kitalah yg sombong), merasa dihina pdhal kita menilai diri terlalu tinggi (angkuh) dan berbagai penyakit yg oleh psikolog dinamai "mekanisme proyeksi". Ya Allah saya memohon perlindungan dariMu dari penyakit2 tsb diatas dgn segala variannya. Astaghfirullah al 'azhiim wa atuubu ilaihi.Lihat Selengkapnya
      14 Juli jam 19:56 melalui Facebook Seluler ·
    • Husein Ahmad ass..syukron bib udah di tag...
      14 Juli jam 20:17 ·
    • Agus Abubakar Arsal Alhabsyi
      contoh yg ditunjukkan oleh Gus Dur patut ditiru, hanya saja kecenderungan org2 baik yg toleran utk mengalah ini kmd disalahgunakan oleh mrk yg maunya menang sendiri utk memaksakan pendapat dan kehendak secara tdk patut. Ketika mrk berkuasa ...mrk samasekali tdk toleran. Mrk mengatakan bhw mrk menghormati mazhab2 tp kenyataannya di Mesjid Haram maupun Nabawi para ulama dr mazhab selain mrk tdk diberi kursi/tempat utk mengajar, semuanya didominasi oleh ulama klpk mrk. Kejadian yg sama terjadi di sejumlah mesjid di tanah air yg dikuasai mrk. Wajarkah??? Kmd ada yg bertanya apkh kita hrs diam berpangku tangan melihat semua ini?
      Alhamdulillah sy bersahabat dg Gus Dur. Dan bacalah kutipan pidato Gus Dur yg saya kutip cukup panjang pd saat diskusi peluncuran buku ttg wahabi terbitan Wahid Institut yg dikutip dr NU online.
      Lihat Selengkapnya
      14 Juli jam 20:19 melalui Facebook Seluler · · 2 orangMemuat...
    • Bun Bun Nuk Nuk anwar ente udah jawab pertanyaan gw belom .........
      14 Juli jam 20:54 ·
    • Ali Heyder kalopun terjadi hujatan akibat diskusi, itu ekses,mas. jangan karena anggur bisa jadi khamar lantasi anggurnya yg diharamkan. gimana nih mas anwar
      15 Juli jam 9:25 ·
    • Anwar R. Soediro
      ‎@BBNN: Bid'ah sdh saya jawab, Sesat dalam S Ala'raf sdh, konsep baik dan buruk juga sdh apa lagi pertanyaan ente? jangan paksa aku disuruh ikut ngomentari wahabi di forum ini (karena berpotensi utk menghujat atu mengutuk).
      @Ali Heyder: anw...ar terbuka untuk diskusi dengan siapa saja, silahkan (yang tidak mau diajak mengutuk menghujat dan yang berbau pertikaian dan perpecahan itu saja Bro)
      @habib Agus:Gusdur buka dialog dengan Simon Peres walau semua orang mengutuk, ente katanya deket Gusdur
      Lihat Selengkapnya
      15 Juli jam 10:49 ·
    • Agus Abubakar Arsal Alhabsyi
      sahabat tdk berarti semuanya sama, kami punya banyak persamaan dan juga ada perbedaan. Masalah Simon Peres, itu urusan pribadi beliau. Kalau semua org mengutuk, berarti termasuk Anda dan kel serta sahabatnya. Begitukah cara berpikir sdr Anw...ar. Dari semua dialog ini, maaf saya menyimpulkan sdr Anwar ini selalu merasa benar sendiri dan memaksakan persepsi sendiri. Tidak heran kalau sdr merasa tersinggung dgn tulisan ttg wahabi yg saya kutip, krn anda nampaknya memiliki cara berpikir yg krg lebih sama. Saya ikut berduka cita dan semoga Allah membimbing saya dan anda ke jalan yg lebih lurus.Lihat Selengkapnya
      15 Juli jam 11:45 melalui Facebook Seluler ·
    • Agus Abubakar Arsal Alhabsyi
      sy dpt kiriman puisi berikut account 'Kenapa takut bid'ah':

      ***DZIKIRAN MEREKA***
      Aku baca sirah dan maulid NABI
      Kata MEREKA, ITU BID'AH...
      ...Kupersiapkan diriku di bulan Rajab dan
      Sya'ban
      Kata MEREKA, ITU BID'AH
      Aku perbanyak salawat NABI
      Kata MEREKA, ITU BID'AH
      Aku cintai para wali
      Kata MEREKA, aku musyrik
      Aku berziarah kubur karena perintah NABI
      Kata MEREKA, aku musyrik
      Aku kirimkan doa ‘tuk orang mati
      Kata MEREKA, aku musyrik
      Aku katakan, Nabi pun mengajari tawassul
      Kata MEREKA, pokoknya aku musyrik
      Aku cium tangan para ulama
      Kata MEREKA, aku musyrik
      Aku hormati anak cucu Nabi
      Kata MEREKA, aku musyrik
      Aku hadiri majelis dzikir
      Kata MEREKA, aku musyrik
      Aku bersihkan hati ini
      Kata MEREKA, aku musyrik
      Ku katakan, Qur’an hadits tidak boleh
      ditafsiri sendiri
      Kata MEREKA, aku musyrik
      Aku tak tahu, siapa yang sebenarnya
      musyrik
      Kata MEREKA, musyrik adalah musyrik
      Aku kian bingung, apakah semua musyrik?
      Kata MEREKA, sekali musyrik tetap musyrik..
      Kukatakan lagi, jika wirid kami syirik.. apa
      gerangan wiridmu?
      Kata MEREKA, kami berwirid sepanjang hari
      Ku tanya, wirid apakah itu?..
      Kata MEREKA, kami berwirid setiap saat
      Ku tanya lagi, wirid yang mana?
      Kata MEREKA, wirid kami hanya satu
      Aduhai, kenapa bertele-tele… ajari kami
      wiridmu
      Kata MEREKA, bunyinya begini, “ini bid’ah
      itu syirik”..
      “ini bid’ah itu syirik”….. (minimal 100x tiap
      hari di facebook atau dunia maya lainnya)
      Jika Wali songo islamkan orang musyrik
      MEREKA bilang, selain MEREKA semua
      musyrik...
      SIAPAKAH MEREKA????
      MEREKA ADALAH ANAK BUAH DAJJAL;
      BERTUGAS MENYEBARKAN PROPAGANDA
      DAJJAL; MEMPERLANCAR DATANGNYA HURU-
      HARA AKHIR ZAMAN
      MEMBUAT SEOLAH-OLAH YANG BENAR JADI
      SALAH, DAN YANG SALAH JADI BENAR
      BISA JADI SAYA; ANDA; ATAU SIAPA SAJA
      PASTINYA YANG MARAH PADA TULISAN INI
      ^_^
      WASPADALAH..WASPADALAH....!!!!
      (Mohon maaf kepada pembuat awal
      tulisan ini
      saya gubah seperlunya supaya saya tidak
      samanya dengan kelakuan MEREKA)
      ^_^
      Lihat Selengkapnya
      15 Juli jam 12:01 melalui Facebook Seluler ·
    • Anwar R. Soediro
      ‎@Habib Agus: Husnudzan kpd Anwar Alhamdulillah, syu'udzan kpd anwar saya akan istighfar "mohon Ampun hambamu Ya Alloh". Dari pertama tulisan saya hanya menghimbau untuk tidak berdiskusi dengan menghujat. tidak pernah memaksa untuk ikut pen...dapat saya (lha wong saya belum berpendapat) berkaitan dengan substansi diskusi maaf kalo tidak salah substansi diskusi ini "faham wahabi".
      Nah sahabat sahabat ini mungkin pingin tahu posisi saya ada dimana (itu wajar menurut saya) sehingga minta saya untuk bikin artikel tapi mohon maaf saya tidak mau meberikan artikel lewat media publik seperti ini, namun ada sahabat klo tidak salah BBNN cerdik memancing saya dengan pertanyaan2 berkaitan dengan Bid'ah dan Sesat nah saya jawablah (lihat comment2 diatas). Makanya saya fikir sudah closed dsikusi (dg anwar) karena dengan jawaban saya itu sahabat2 sudah bisa mengira2 saya ada diposisi dimana.
      Kalo kata "semua orang" itu aku mengakui khilaf seharusnya "banyak orang" semoga Alloh memaafkan dan juga kami mohon maaf ke facebookers.
      Lihat Selengkapnya
      15 Juli jam 18:42 ·
    • Bun Bun Nuk Nuk anwar jawaban anda nggak nyambung .....
      15 Juli jam 18:53 · · 1 orangMemuat...
    • Bun Bun Nuk Nuk
      susah juga si , anda ngaku sebagai pembisnis tapi anda perotes dengan seorang ulama ,(meninyinggung nama nya di koment) ....dan satu hal algi pertanyaan saya bukann ya memancing tapi untuk memberi tahu anda , dimana posisi anda seharu...s nya dalam perkara ini ,... apakah anda suadh bisa seperti ulama yang memperingati umat nya tentang wahabi ini , seperti yang pak agus singgung tentang ulama yang ada di mekah sana ,...coba anda koreksi lagi sebetul kami ini apa di mata anda ,.. dan bagai mana anda di mata allah ,...setiap perbuatan memang ngak luput dari niat dan hati sei pembuat nya namun alah maha cepat hisab nya ,.....Lihat Selengkapnya
      15 Juli jam 18:57 ·
    • Bun Bun Nuk Nuk anwar andai nanti saya buat sebuah hujjah dari quran dan hadist untuk memperjelas ketidak stjuan kami dengan paham wahabi ini ....apa kah adna masih berkelit atau apa .....??
      15 Juli jam 19:00 ·
    • Anwar R. Soediro
      Wah ngajak joko sembung, sebelumnya ada yang bawa binatang dan ada yang nenteng iblis, kalo gak sehat seperti ini dengan rendah hati saya mohon pamit mohon maaf lahir batin untuk semuanya.
      Ketemu kembali kalau menggunakan logika bayani, log...ika burhani dan logika irfani. selain dengan ke 3 hal tersebut tidak akan saya layani
      Lihat Selengkapnya
      15 Juli jam 19:55 ·
    • Bun Bun Nuk Nuk ya kalo gitu maaf kan saya yah saudra anwar.....insyaallah kami akan instrospeksi .....barang kali benar apa yang anda bilang ke kami .....
      16 Juli jam 0:13 ·
    • Bun Bun Nuk Nuk ini kan mau bulan puasa , dan saya nggak tahu apa umur saya sampe atau nggak ..............maaf kan saya untuk semua yang ada di facebook ini khusus nya dan untuk para ulama dan para habib yang ada disana juga kepada pak agus ......semoga allah mengmpuni kita ....kita sambut dulu bulan suci ini ....salam ...
      • Abu Albani Smoga ALLAH menyelamatkan kita dari kebodohan dan berbicara tanpa ilmu sehingga tidak dijadikan agama ini hanya seperti orang yg kenyang tapi tidak tahu yg di makan...teliti dan pelajari wahai kaum muslimin mana pembicaraan dan perbuatan yg benar sebelum kita tau apakah sudah shahih sanad dan matan pembicaraan seseorang.
        12 Juli jam 20:59 ·
      • Usman Soekarno Arsal Alhabsyi
        Menyusun kalimat yang tampak luarnya indah memang mudah. Tetapi mengemas pesan kebenaran secara bijak hanya mungkin terjadi dari jiwa-jiwa yg tercerahkan. Jiwa-jiwa yg jauh dari klaim-klaim kebenaran bagi dirinya sendiri. Mereka tahu bahwa ...pemahaman mereka terhadap agama tidak identik dengan agama itu sendiri. Mereka tak mungkin terjerumus dalam menuhankan pemahaman dan pendapat selain dari sang pemilik otoritas yg tersucikan. Keshahihan sebuah sanad tidak secara otomatis memastikan keshahihan isi pesannya. Kritis terhadap silsilah sanad, perlu. Tapi tak kalah pentingnya, kritis terhadap substansi pesan. Sesuaikah ia dgn spririt al-Quran? Sesuaikah ia dgn akal sehat anugrah Ilahi? Jika tidak, maka kita harus menolaknya. Karena pastilah itu dusta yg diada-adakan mengatasnamakan Kanjeng Rasul saw.Lihat Selengkapnya
        12 Juli jam 21:16 ·
      • Denny Kurniawan addin ya,ni ilm iman wa amal laisa mujadalah
        12 Juli jam 21:22 ·
      • Firman Putrajaya Moeslim Taher
        ‎@ibnu muhammad dan abu albani: kalau kita mau membuka mata dan "mata hati" kita, bukti2 nyata sangatlah terlihat jelas. Bagaimana kaum wahabi dgn mudah mengkafirkan saudara muslim yg lain, seperti kaum wahabi dan "pion2" di dunia maya sela...lu menyerang umat islam yg berbeda mazhab. Kaum wahabi terus menghancurkan dan memusnahkan saksi bisu dr sejarah islam, karena takut akan ditemukannya kebenaran yg hakiki. Dgn dalih apapun kaum wahabi akan berusaha mengkultuskan bahwa merekalah yg paling benar dan suci serta selalu menyesatkan org2 yg berbeda. Lihat Selengkapnya
        12 Juli jam 21:51 melalui Facebook Seluler ·
      • Firman Putrajaya Moeslim Taher ‎@abu albani: coba anda nasehati juga ibnu muhammad, yg tiap hari dlm statusnya hanya menebar fitnah dan perpecahan. Jgn karena sesama penganut wahabi antum tdk mengingatkannya. Sukran.
        12 Juli jam 21:55 melalui Facebook Seluler ·
      • Bun Bun Nuk Nuk Rasul saw bersabda : "Dan aku demi Allah tidak merisaukan kalian akan
        musyrik setelah aku wafat, tapi yg kutakutkan adalah keluasan duniawi
        atas kalian" (Bukhari Muslim)
        12 Juli jam 22:20 ·
      • Ato Hartoyo Yakher tulisan, u ingatkan kita. Hanya saja blm ada upaya sistimatis dari kita yg sunni teruatama di indonesia u mencegah upaya penyebaran wahabi. Ada masjid yg awalnya NU banget jumatan azan dua kali dst kini menjadi milik wahabi. Mari bangkit secara kolektip cegah wahabi.
        12 Juli jam 22:55 melalui Facebook Seluler · · 1 orangMemuat...
      • Bun Bun Nuk Nuk saya brharap para habaib dan ulama nu untuk lebih merapat ,.........namun seeblom itu semua alangkah baik nya dengan diskusi diskusi yang sehat tentu nya dengan ilmu ........ilmu manusia bila dengan ilmu allah seperti jarum yang di celupkan di laut ........jika tadi di atas aa yang menyinggung ilmu dan tauhid maka ilmu dan tauhid yang seperti apa ?????/
        12 Juli jam 22:58 ·
      • Abdurrahman Shahab izin share Ustadz...
        syukron....
        12 Juli jam 23:06 ·
      • Agus Abubakar Arsal Alhabsyi
        sdr Bun Bun: Sahih, bhw RasuluLlah tdk pernah khawatir bhw umatnya kan musyrik sepeninggal beliau. Minggu yg lalu di Mekkah ketika saya akan memasuki hotel di as Sofwah, saya dan jama'ah (dan juga lain2nya) dan ditanyai asal negara. Setela...h mereka tahu kami org Indonesia atau Malaysia maka mereka pun menyerahkan sejumlah buku kpd kami a.l. buku yg berjudul Benteng Tauhid. Setelah saya simak ternyata propaganda aliran mrk yg isinya pemurnian aqidah. Mereka sangat khawatir dg prilaku kaum muslimin yg dtg ke kuburan yg kmd, menurut mrk berdoa kpd ahli kubur. Di halaman 128 dst mereka menyerang kebiasaan memperingati puasa Rajab, Nisfu sya'bn, Isra Mi'raj, peringatan Maulid (h. 164) dll dan menyebutnya sbg Bid'ah. Mereka berulang2 mengutip hadist "sesungguhnya setiap hal yg diada-adakan adlh bid'ah, dan setiap bid'ah itu adalah sesat" (biasanya diteruskan dg kalimat "setiap yg sesat itu di neraka"). Dengan dmk dpt disimpulkan bhw seluruh Kaum Muslimin yg mengamalkan hal2 tsb sesat dan di neraka.. Naudzubillahi min dzaalik. Nampaknya kita perlu men'klir'kan makna dan pengertian bid'ah yg sesat tsb.Lihat Selengkapnya
        12 Juli jam 23:13 · · 1 orangMemuat...
      • Ato Hartoyo Sy pernah satu kereta dg seorang yg ngaku salafy, berjenggot celana diatas tumit, islami sekali ngikutin sunah Rasul. Tp maaf sama sekali tdk ramah, tdk ada senyum padahal ke sesama muslim. Sy pikir ini personality satu orang itu saja. Tp kemudian ketemu lg orang lain dipasar, wajahnya tanpa senyum. Kalau banyak orang seperti itu gimana Islam akan berkembang. Maaf ini naif bukan generalisasi, tp patut dicermati.
        12 Juli jam 23:21 melalui Facebook Seluler ·
      • Ato Hartoyo
        Satu lagi, percuma dan akan sia-2 kita untuk mengklirkan hal2 bid'ah , sedangkan bid'ah itu dolaalah dan dolalah fin nar (menurut mereka, dan ini mencari ciri mudah kalau kita jumatan dan khatib mengutip seperti itu). atau hadist ini yang ...diulang2 Abdullaah ibn Mas'ood radiallaahu 'anhu, said: "Follow and do not innovate, for you have been given that which is sufficient (the Sunnah) and every innovation is misguidance."

        yang perlu kita lakukan tidak melawan frontal, tapi justru bersenyum kepada mereka, tunjukkan ahlakul karimah kita... saya sering bingung ada orang muslim yang akan menghancurkan orang muslim sendiri, coba ada orang islam (mudah2n bukan orang Islam ) membuat grup di facebook KAMI WAHHABI PEMBASMI SYIRIK dan BID'AH MUSUH dari DAJJAL GUS DUR dan HABIB.

        Padahal kalau disimak, peran habaaib di Indonesia dari sabang sampai meruake dalam mensyiarkan Islam dan para habaaib udah menyatu dengan orng Indonesia. Kalau orang Islam maka mereka justru akan berbahu membahu dengan habaaib untuk menjaga ke islam an kita atau masyarakat kita. saking menyatunya habib di Indonesia, bupati di Kaimana pun (Papua) adalah seorang habib, belum lagi yang lain. Ini contoh saja, kenapa? karena habib membawa Islam dengan senyum, bukan dengan sungut (muka serem).

        Jadi baik yang ahlu sunnah syafi'iyah (mayoritas Indonesia), maupun yg ngaku wahabi, tirulah cara dakwah habib dulu yg dengan senyum berhasil menyatu dan mengislamkan masyarakat Indonesia, nusantara dsri sabang sampai merauke. bukan dengan mengkafirkan orang islam sendiri.
        Lihat Selengkapnya
        12 Juli jam 23:48 ·
      • Ato Hartoyo
        Ya habib Arsal, antum ga perlu takut, dengan buku2 yg mereka terbitkan dalam pelbagai bahasa itu. ana juga pernah dapat waktu keluar dari masjid Bir Ali madinah. akan sia2 saja , karena Allah swt pasti membela umatnya yang benar dalam arti ...berahlakul karimah. Yang jelas di dalam masjid Haram, sampai sekerang faham ahlusunnah waljamaah masih dipegang teguh, azan Jumat dua kali, solat tarawih 20 rakaat, khotbah jumat menyebut semua khulafaar rasjidiin.di depan kabaah semua islam masih menyatu. bulan rajaab dan sya'ban banyak orang iran di masijdil haraam dan nabawi yg beribadah dengan caranya sendiri, semuanya Islami ...oprang afrika beribadah dengan caranya sendiri, orang turki dengan pelbagai cara nya sendiri...semuanya islam kok dan menyatu lebur di depan kabaah...

        Allah bersama kita....
        Lihat Selengkapnya
        12 Juli jam 23:59 ·
      • Bun Bun Nuk Nuk pak agus , ijinkan ana main ketempat antum .... tolong kirim alamt nya ke inbox ,....insya allah saya ke tempat pak agus hari kamis minggu ini ,......subhanallah ... tak ada daya dan upaya saya pak
        13 Juli jam 0:05 ·
      • Bun Bun Nuk Nuk
        antara ilmu allah dengan imajinasi itu berbeda ......menurut sejarah yan di di rawi kan sebelom ada nya praktek sholat secara syareat ..rosulullah SAW ,...menggembleng para sahabat tiga belas tahun lama nya ,.. sehingga pada suatu... ketika sahabat mengeluhkan sesuatu dan mengutarakan nya kepada rosulullah ,...''ya rosulullah bagai mana kami mau ke wc sementara kami merasa di lihat oleh allah''...pernyataan sahabat di tersebuut menurut saya menunjukan kalo derajat mereka telah samapai pada ikhsan ...........Lihat Selengkapnya
        13 Juli jam 0:09 ·
      • Bun Bun Nuk Nuk yang saya maksud di atas , jika kita berbicara megenai tauhid tentu nya kita akan berbicara tentang tasawuf =qalam ....karna hal itu adadalah sarana untuk benar nya tauhid kita kepada allah ,,....begitu juga berkenaan dengan ALLAH dengan sifat sifat nya , tentu sifat dua puluh itu telah banyak para ulama ulama terrdahulu yang mengkaji nya dalam arena tasawuf ......
        13 Juli jam 0:12 ·
      • Bun Bun Nuk Nuk rosulullah bersabda ,..kurang lebih ..'' jangan lah kalian melakukan perbuatan yang kalian tidak ketahui ilmu nya '' .......
        13 Juli jam 0:13 ·
      • Yuddi Masaling Batam
        ‎@Albani: Uraian antum memang terdengar indah dan bersahaja.. tapi maaf, baik dan indah menurut pandangan antum, belum tentu demikian halnya di"mata" Allah dan Rosulnya.

        Tak ada jaminan kebenaran dari Allah maupun Rosul SAWW atas orang2 yg a...nda sebutkan. Itu semata (menurut saya) hanyalah ulah pribadi tokoh wahabi yg mencoba membuat dirinya merasa benar.

        Padahal sudah sangat jelas dalam banyak hadits sunni bahwa secara sistematis sesuai aturan Allah, didalam Rosul SAWW menyampaikan risalahnya, sedemikian rupa (sesuai ketentuan Allah) untuk diteruskan oleh manusia-manusia pilihan yakni melalui Ahlul Baytnya yg telah disucikan. Sehingga segala apa yg diucapkan dan dilakukan oleh Rosul terjamin keabsahannya/kemurniannya melalui mereka.

        Bukannya melalui orang yg mengklaim bahwa diri mereka sendiri adalah suci dan benar. Mari kita semua agar tidak terbuai dgn keindahan semu, itu semata hanyalah tipu daya syeitan yg dgn segala cara membuai kita dalam kesesatan. Na'udzubillah tsumma na'udzubillahi min dzaalik..

        Allahumma sholli 'alaa Muhammad wa aali Muhammad..
        Lihat Selengkapnya
        13 Juli jam 0:17 ·
      • Bun Bun Nuk Nuk berangkat dari sudut pandang ini saya melihat nya ..namun hal ini cukup panjang ,...juga dari ilmu periwayatan saya sangat minim ,....tapi inysa allah dari apa yang saya pahami kalo alquran itu adalah tauhid ,...
        13 Juli jam 0:22 ·
      • Bin Ali Ali izin share ustadz.....syukran
        13 Juli jam 0:23 ·
      • Bun Bun Nuk Nuk Al-An`aam:144 dan sepasang dari unta dan sepasang dari lembu. Katakanlah: "Apakah dua yang jantan yang diharamkan ataukah dua yang betina, ataukah yang ada dalam kandungan dua betinanya? Apakah kamu menyaksikan di waktu Allah menetapkan ini bagimu? Maka siapakah yang lebih zalim daripada orang-orang yang membuat-buat dusta terhadap Allah untuk menyesatkan manusia tanpa pengetahuan ?" Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim.
        13 Juli jam 0:33 ·
      • Pencerah Hati Wahabi Ajaran Bathil berkedok Tauhid, Nggak aneh kalau wahabi punya tradisi mengkafirkan golongan muslim yg berbeda mazhab dengannya karena pondasi pengkafiran itu sendiri sudah mereka didirkan dengan sangat kokohnya yaitu Menghukumi kafir Orang tua NabiAllah Ibrahim As, Menghukumi Kafir kedua Orang Tua Nabi Saaw, dan menghukumi kafir paman tercinta Nabi Saaw Sayyidina Abu Thalib....jadi kesimpulannya bukan wahabi kalau nggak ahli fitnah dan kedustaan...
        13 Juli jam 0:34 ·
      • Ato Hartoyo
        kita ini yang alhamdulillah udah Islam masih mendiskusikan tentang Islam, ribut2 tentang Islam, apa ga malu ama orang muallaf yg belajar Islam dan akhirnya masuk Islam dengan kesadaran dan hidayah Allah, betapa akan sedihnyamereka lihat kit...a masih mempertanyakan tentang Islam.

        Coba lihat sejarah mereka yg masuk ke Islam
        http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_converts_to_Islam

        Coba baca buku2 Jeffrey Lang, gimana dia akhirnya menemukan Islam. udah ada kok bahasa Indonesia.
        Lihat Selengkapnya
        13 Juli jam 0:36 ·
      • Bun Bun Nuk Nuk ato hartoyo apa ente udah benar benar membuka mata ente sehingga ente tau yang sebenar nya terjadi ,.......di tambah lagi udah banyak hadist kalo nanti memanga akan ada peperangn ....ente mau mengingkari hadist itu ???..
        13 Juli jam 0:39 ·
      • Bun Bun Nuk Nuk ato hartoyo , ente lihat nih link ini juga ,,http://www.facebook.com/?ref=home#!/video/video.php?v=111887292193642&ref=mf
        13 Juli jam 0:39 ·
      • Pencerah Hati to All : WAHABISME ADALAH AJARAN BATHIL BERKEDOK TAUHID....SIAPA YANG MAU BANTAH ?????????
        13 Juli jam 0:42 ·
      • Bun Bun Nuk Nuk
        Al-Hajj:071
        Dan mereka menyembah selain Allah, apa yang Allah tidak menurunkan keterangan tentang itu, dan apa yang mereka sendiri tiada mempunyai pengetahuan terhadapnya. Dan bagi orang-orang yang zalim sekali-kali tidak ada seorang penol...ongpun.
        Lihat Selengkapnya
        13 Juli jam 0:42 ·
      • Bun Bun Nuk Nuk An-Naml:066
        Sebenarnya pengetahuan mereka tentang akhirat tidak sampai (kesana) malahan mereka ragu-ragu tentang akhirat itu, lebih-lebih lagi mereka buta daripadanya.
        13 Juli jam 0:43 ·
      • Bun Bun Nuk Nuk Ar-Ruum:029 Tetapi orang-orang yang zalim, mengikuti hawa nafsunya tanpa ilmu pengetahuan; maka siapakah yang akan menunjuki orang yang telah disesatkan Allah? Dan tiadalah bagi mereka seorang penolongpun.
        13 Juli jam 0:44 ·
      • Bun Bun Nuk Nuk
        Luqman:020
        Tidakkah kamu perhatikan sesungguhnya Allah telah menundukkan untuk (kepentingan)mu apa yang di langit dan apa yang di bumi dan menyempurnakan untukmu ni`mat-Nya lahir dan batin. Dan di antara manusia ada yang membantah tentang ...(keesaan) Allah tanpa ilmu pengetahuan atau petunjuk dan tanpa Kitab yang memberi penerangan.
        Lihat Selengkapnya
        13 Juli jam 0:45 ·
      • Bin Ali Ali
        ‎@abu albani : sy msh bingung dg ucapan anda : kepada seluruh saudaraku yg dirahmati ALLAH AZA WA JALA jgn lah menulis berita dusta apalagi tanpa bukti hukumnya haram ,mari berdiskusi dgn ilmu dan jgnlah adu domba atau fitnah..ittaqillah ya... akhi, mari kita perdalam ilmu agama dan perkuat aqidah ,agar kita terhindar dari kebodohan dan kedustaan.
        ======================================

        kejadian beberp wktu lalu yg menimpa umat muslim indonesia terjadinya pengeboman di wilayah indonesia,smua mayoritas yg meninggal adalah saodara muslim yg di berkati ALLAH AZZA WA JALLA yg sdg berjihad mencari nafkah,menuntut ilmu. Knapa para WAHABI tdk menjadikan mrk sodara....?????????
        Lihat Selengkapnya
        13 Juli jam 0:48 ·
      • Pencerah Hati ‎1000 tahun ibadah nggak ada artinya kalau menyakitkan hati RAsulullah Saaw seperti kaum WAHABI ini...mengkafirkan Orang Tua Nabi Saaw itulah buah pemurnian agama syikhul nejed ibnu abdul wahab....
        13 Juli jam 0:50 ·
      • Pencerah Hati ‎1000 tahun ibadah nggak ada artinya kalau menyakitkan hati Rasulullah Saaw dengan menghukumi Orang Tuan Nabi Saaw Kafir...itulah buah pemurnian agama syaikhul nejed ibnu abdul wahab.....
        13 Juli jam 0:51 ·
      • Bun Bun Nuk Nuk sabar sabar saudara ,...insya allah dengan hujjah dulu ,....bagi yang memiliki ilmu dan juga tentang periwayatan maka tuangkan lah disini ......maka nanti lihat hasil nya ,...
        13 Juli jam 0:51 ·
      • Bun Bun Nuk Nuk An-Najm:030
        Itulah sejauh-jauh pengetahuan mereka. Sesungguhnya Tuhanmu, Dialah yang paling mengetahui siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dia pulalah yang paling mengetahui siapa yang mendapat petunjuk.
        13 Juli jam 0:52 ·
      • Ato Hartoyo syukron ya akhi bbnn, yakher video... gimana ya cara save video tsb..kalau akses langsung lama euy, link ana lambat sekali.
        13 Juli jam 0:58 ·
      • Pencerah Hati itulah wahabi orang yg paling rendah diri di tengah pergaulan muslim dunia biasanya bid'ah ini sesat itu kafir ini kafir itu....payah...
        13 Juli jam 0:58 ·
      • Bun Bun Nuk Nuk itu pun saya dapet di wall nya temen saya ,....nama nya asfi abu dzukruf ,...saya juga belom lihat semua nya masalah nya , internet nya lambat tapi saya lhat sepintas dan mirip dengan tulisan pada notes ini ...
        13 Juli jam 1:01 ·
      • Bun Bun Nuk Nuk saya lagi nyari ayat yang kurang lebih tentang alquran itu di dalam kitab induk lauhul ma`fuz dan juga ayat yang satu nya lagi jika jin danmanusia di kumpulkan untuk membuat ayat yang semisal ,........kalo ada yang tahu tolong di pos kan ....pada koment notes ini ...
        13 Juli jam 1:06 ·
      • Bun Bun Nuk Nuk
        Al-Baqarah:030

        Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerus...akan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui

        Al anbiya 21;10 ... See More
        Sesungguhnya telah Kami turunkan kepada kamu sebuah kitab yang di dalamnya terdapat sebab-sebab kemuliaan bagimu. Maka apakah kamu tiada memahaminya?

        Ali-`Imraan:108

        Itulah ayat-ayat Allah. Kami bacakan ayat-ayat itu kepadamu dengan benar; dan tiadalah Allah berkehendak untuk menganiaya hamba-hamba-Nya.

        Al-Qiyaamah:017

        Sesungguhnya atas tanggungan Kamilah mengumpulkannya (di dadamu)
        dan (membuatmu pandai) membacanya.
        ... See More
        Al-Insyiraah:001
        Bukankah Kami telah melapangkan untukmu dadamu?,

        An-Naas:005
        yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia,

        Al-Mu`min:056

        Sesungguhhnya orang-orang yang memperdebatkan tentang ayat-ayat Allah tanpa alasan yang sampai kepada mereka tidak ada dalam dada mereka melainkan hanyalah (keinginan
        Lihat Selengkapnya
        13 Juli jam 1:23 ·
      • Bun Bun Nuk Nuk yang di maksud hukum allah adalah berkenaan dengan tauhid dan dan alquran adalah referensi akan tauhid itu sendiri .........yang mendasar dari hukum allah adalah qada dan qadar ....TAKDIR ........DIMANA YANG BERIMAN AKAN DI UJI .......subhanallah panjang juga nih ...
        13 Juli jam 1:24 ·
      • Bun Bun Nuk Nuk apa yang saya ungkap kan di atas berdasar kan beberapa hadist rosulullah di antara nya ....''islam akan rusak oleh umat nya ''......llantas ...''amanah bukan pada ahli nya '' ....
        13 Juli jam 1:27 ·
      • Agus Abubakar Arsal Alhabsyi
        Mari menjaga hati dan kata-kata kita. Bacaan, guru, sahabat dan lingkungan yg berbeda melahirkan sudut pandang yg berbeda. Perbedaan itu sendiri adlh sesuatu yg tak terhindarkan dan kita diuji bgmn akhlaq kita menyikapi perbedaan. Allah men...yebutkan hendaknya kita berlomba2 berbuat kebajikan (sgl sst yg membawa maslahat bg umat, yi. amal saleh), bukan saling mengklaim apalagi menganggap sesat yg lain secara sepihak. Bukankah nabi menyebutkan yg maknanya k.l.: Janganlah hendaknya kita berkata2 atau berbuat hal yg kita sendiri tidak suka jika diperlakukan seperti itu. Jika anda tdk suka dianggap sesat/bid'ah maka janganlah menyesatkan atau membid'ahkan org lain secara serampangan. Mari berdoa dan berharap yg terbaik utk seluruh umat Nabi Muhammad. Apa yg tdk kita sukai dlm prilaku kelompok yg kita kritik jangan sampai tercermin dalam prilaku kita.

        Tulisan yg saya share diatas tdk semuanya saya sepakati, tapi saya juga melihat sejumlah fakta yg tak terbantahkan yg mana bisa diverifikasi dlm sejumlah buku yg membahas ttg Wahabi spt karya ulama terkenal (dimasa lalu, tentu saja) spt Sayyid Ahmad Zaini Dahlan (Imam Mesjid al Haram dan Mufti Syafi'ie di Mekkah al-Mukarromah yg menulis bantahn trhdp Wahhabi, beliau hidup di zaman awal fitnah Wahhabi dan menulis buku: Ad Durarus Saniyah Firradi ‘alal Wahabiyah dan Fitnatul Wahabiyah), Hamid Algar (Wahabisme: Sebuah Tinjauan Kritis. Penerbit : Paramadina), Syaikh Jakfar Subhani (“Studi Kritis Faham Wahabi: Tauhid Dan Syirik”, Penerbit, Mizan), dll.

        Ternyata setelah saya usut lebih jauh sumber tulisan di atas adalah karya Sayyid Ahmad Zaini Dahlan yg berjudul: al-Futuhat al-Islamiyah, Vol. 2, h.357.

        `Abbas Mahmud al-`Aqqad al-Misri mengatakan: Orang yang paling
        kuat menentang adalah saudaranya sendiri (Muhammad ibn Abd Wahhab) yaitu , al-Syaikh Sulayman, penulis kitab al-Sawa`iq al-Ilahiyyah. Beliau tidak mengakui saudaranya itu mencapai kedudukan berijtihad dan mampu memahami al-Kitab dan al-Sunnah. Al-Syaikh Sulayman berpendapat bahwa para Imam yang lalu, generasi demi generasi tidak pernah mengkafirkan ashab bid`ah, dalam hal ini tidak pernah timbul persoalan kufur sehingga timbulnya ketetapan mewajibkan mereka memisahkan diri daripadanya
        dan sehingga diharuskan pula memeranginya kerana alasan tersebut.
        Lihat Selengkapnya
        13 Juli jam 1:31 · · 2 orangMemuat...
      • Bun Bun Nuk Nuk ada ayat yang kurang lebih bahwa ilmu allah meliputi segala sesuatu ,.....hal ini menjelaskan apa yang sering mereka anggap bid`ah ,...karna jika di sambung dengan hadist tadi yang kurang lebih jangan lah melakukan sesuatu yang kalian tidak ketahui ilmu nya .........
        13 Juli jam 1:46 ·
      • Agus Abubakar Arsal Alhabsyi
        sdr BBNN: kata Lauh al Mahfudz terdpt dlm ayat 21-22 surat Al Buruuj. Dan albaqarah 2:23. Dan jika kamu (tetap) dalam keraguan tentang Al Quran yang Kami wahyukan kepada hamba Kami (Muhammad), buatlah[31] satu surat (saja) yang semisal Al Q...uran itu dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar.
        Lihat Selengkapnya
        13 Juli jam 1:46 · · 1 orangMemuat...
      • Bun Bun Nuk Nuk yukron bib .,,,,,

        aduh uang saya kayak nya nggak bisa lama di warnet nih ,....

        insya allah nanti saya sambung lagi deh
        13 Juli jam 1:52 ·
      • Bun Bun Nuk Nuk atapi siapa yang mau erangkai nya silah kan di rangkai ,.....karnamemang seperti yang saya ungkap kan di atas bahwa referensi tauhid itu adalah alquran ......silahkan
        13 Juli jam 1:55 ·
      • Agus Abubakar Arsal Alhabsyi
        NU online
        http://forum.nu.or.id/viewtopic.php?t=28&f=5

        Presiden Republik Indonesia ke-4 KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dengan tegas menyatakan, kaum Wahabi menjadi keras dan merasa benar sendiri, tak lain karena pengaruh kerja samanya dengan... Dinasti Saudi. "Kaum Wahabi keras, itu karena kerja sama dengan Dinasti Saudi. Itu yang penting. Penting sekali. Dinasti Saudi ini mengidap rasa rendah diri. Kenapa? Karena mereka keturunan Musailamah al-Kadzab."
        Demikian disampaikan Mantan Ketua PBNU itu pada diskusi buku karya Stephen Sulaiman Schwartz berjudul Dua Wajah Islam: Moderatisme Vs Fundamentalisme dalam Wacana Global, di Auditorium Nurcholish Madjid Universitas Paramadina Jl. Gatot Subroto, Kav. 96-97, Mampang Prapatan Jakarta Selatan, Rabu, (31/10/2007) malam. Buku ini
        berjudul asli The Two Faces of Islam: The House of Saud from Tradition to Terror (2002) yang diterjemahkan dan diterbitkan kembali oleh the WAHID Institute pada September, 2007.

        Pada jaman Nabi Muhammad SAW, Musailamah al-Kadzab (Sang Penipu) pernah mengaku menjadi nabi. Dia dulu tinggal di Yalamlam, daerah antara Jedah dan Yaman. Dan, kata Gus Dur, Dinasti Saudi dulu menamai istananya dengan Istana Yalamlam. "Ketika Faishal menjadi raja, nama itu diubah menjadi Istana Riyadh. Soal ini kita harus tahu persis sejarahnya, biar kita tidak berat sebelah", pinta Gus Dur. "Jadi, sikap rendah diri itu lalu ditutupi dengan sikap seolah paling benar sendiri. Wahabi dijadikan alat untuk menutupi masa lalu Dinasti Saud saja,"tegas Gus Dur. "Saya tahu ini dari informasi-informasi yang masuk. Saya bicara apa adanya. Obyektifitas itu penting dan menuntut sikap yang betul-betul mendalam tanpa pikiran macam-macam", imbuhnya.
        Lihat Selengkapnya
        13 Juli jam 2:13 · · 2 orang2 orang menyukai ini.
      • Agus Abubakar Arsal Alhabsyi Bagi yg ingin membaca kelanjutan notes yg saya kutip di atas silahkan buka:
        http://forum.detik.com/showthread.php?p=2950919#post2950919
        13 Juli jam 2:32 ·
      • Agus Abubakar Arsal Alhabsyi atau silahkan telusuri:
        http://archive.kaskus.us/thread/1609463/300
        13 Juli jam 2:33 ·
      • Agus Abubakar Arsal Alhabsyi ternyata artikel tsb pernah dimuat di rubrik Bayan, majalah bulanan Cahaya Nabawiy No. 33 TIL III Sya'ban 1426 H I September 2005 M.
        13 Juli jam 2:48 ·
      • Bun Bun Nuk Nuk Al-Jaatsiyah:006
        Itulah ayat-ayat Allah yang Kami membacakannya kepadamu dengan sebenarnya; maka dengan perkataan manakah lagi mereka akan beriman sesudah (kalam) Allah dan keterangan-keterangan-Nya.
        13 Juli jam 3:30 ·
      • Bun Bun Nuk Nuk
        Al-Ahqaaf:026
        Dan sesungguhnya Kami telah meneguhkan kedudukan mereka dalam hal-hal yang Kami belum pernah meneguhkan kedudukanmu dalam hal itu dan Kami telah memberikan kepada mereka pendengaran, penglihatan dan hati; tetapi pendengaran, ...penglihatan dan hati mereka itu tidak berguna sedikit juapun bagi mereka, karena mereka selalu mengingkari ayat-ayat Allah dan mereka telah diliputi oleh siksa yang dahulu selalu mereka memperolok-olokkannya.
        Lihat Selengkapnya
        13 Juli jam 3:32 ·
      • Bun Bun Nuk Nuk Al-Hadiid:009
        Dialah yang menurunkan kepada hamba-Nya ayat-ayat yang terang (Al-Quraan) supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya. Dan sesungguhnya Allah benar-benar Maha Penyantun lagi Maha Penyayang terhadapmu.
        13 Juli jam 3:38 ·
      • Bun Bun Nuk Nuk Yusuf:108
        Katakanlah: "Inilah jalan (agama) ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujjah yang nyata, Maha Suci Allah, dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik".
        13 Juli jam 3:46 ·
      • Bun Bun Nuk Nuk
        Ar-Ra`d:031
        Dan sekiranya ada suatu bacaan (kitab suci) yang dengan bacaan itu gunung-gunung dapat digoncangkan atau bumi jadi terbelah atau oleh karenanya orang-orang yang sudah mati dapat berbicara, (tentulah Al Quraan itulah dia) . Sebe...narnya segala urusan itu adalah kepunyaan Allah. Maka tidakkah orang-orang yang beriman itu mengetahui bahwa seandainya Allah menghendaki (semua manusia beriman), tentu Allah memberi petunjuk kepada manusia semuanya. Dan orang-orang yang kafir senantiasa ditimpa bencana disebabkan perbuatan mereka sendiri atau bencana itu terjadi dekat tempat kediaman mereka, sehingga datanglah janji Allah. Sesungguhnya Allah tidak menyalahi janji.
        Share
        Lihat Selengkapnya
        13 Juli jam 3:47 ·
      • Maman Suparman bucheri oh...bucheri....
        13 Juli jam 11:22 ·
      • Andi Setiawan buat apa mazhab wahabi di diskusikan ,sudah jelas coraknya .
        13 Juli jam 12:23 ·
      • Anwar R. Soediro ada2 aja ustaz, polemik klasik ini sudah lama dan membuat luka dalam pada ummat di negeri ini (era sukarno dan awal era suharto) ber istghfar ustaz supaya tidak terulang lagi atau klo mau buat pencerahan muat artikel2 yang berimbang
        13 Juli jam 14:30 ·
      • Agus Abubakar Arsal Alhabsyi
        Saya tunggu artikel sdr Anwar, sbgmn sdr Albani juga sdh mengirimkannya. saya heran dgn sdr2 yg mengritik bahkan menuduh tapi tdk memberi jawaban. Luka perpecahan ini masih berdarah2 krn msh ada yg meneruskan tradisi pembid'ahan, penyesatan... dan peng'kafir'an, dan menganggap hanya golongannya sendiri yg selamat. Selama kelompok ini terus menerus memecah belah umat, kami akan terus mengungkapkan kebenaran ttg siapa mereka dan sejarah mereka. Kami akan tegas terhadap mrk yg memecahbelah umat. AlhamduliLlaah Muhammadiyah dan NU telah secara rutin menyelenggarakan forum internasional utk dialog inter dan antar agama. Saya juga menghargai upaya Raja Abdullah dari Saudi Arabia yg juga menyelenggarakan Forum dialog internal Islam yg dihadiri oleh ulama2 dr mazhab Sunni dan Syi'ah di Mekkah al Mukarromah. Tapi saya juga menolak penghancuran situs2 bersejarah Islam di kedua kota suci umat Islam dunia tsb. Saya tunggu artikelnya. Salam damaiLihat Selengkapnya
        13 Juli jam 15:01 · · 2 orangMemuat...
      • Anwar R. Soediro Seluruh sekte akan klaim dirinya paling benar, dan bersemangat kaya ustaz untuk menakluk kan hujah2 lawan bahkan ada yang menggunakan kekerasan (tdk usah di luar negeri di dalam negeri ini juga banyak yang menggunakan kekerasan), apakah anda ingin ikut memecah belah? rasanya anwar tidak akan ikut ustaz jadi gak perlu kirim artikel (tapi klo ustaz pengen share dari anwar tentang artikel wahabi yang relatif tidak memihak boleh tapi via email aja ustaz)
        13 Juli jam 15:39 ·
      • Agus Abubakar Arsal Alhabsyi
        Al-Qur'an mengingatkan kita utk tdk merasa suci, merasa lebih baik (sbgmn Iblis). Para Mujtahid Mazhab Ahlus Sunnah wal Jama'ah dan Syi'ah Ahlul Bayt mengajarkan kita menyisihkan ruang bagi kemungkinan kebenaran di pihak lawan yg berbeda pe...ndapat. Dari sejak awal saya menyalin notes diatas sdh sy tuliskan: "..dapat didiskusikan lagi". Kalau anda tdk mau diskusi yaa tdk perlu kasih komentar apalagi menuduh.

        Saya merasa ada kontradiksi dlm respons sdr Anwar yg ingin menyatukan tp juga menyerang. Sy tdk tahu di pihak manakah sdr Anwar gerangan? Mereka yg membela para pemecahbelah adlh bgn dr mrk. Sy tdk mengafirkan Wahhabi, (Nabi bersabda bhw brgsiapa mengafirkan seorng muslim mk dia kafir) tp realitas sejarah yg ada perlu diketahui utk penyeimbang bagi sdr2ku yg termakan oleh propaganda mrk. Kita tdk perlu takut dg dialog. Dialog mengasah pikiran kita dan mengasah kebenaran. Saya hargai Jwbn sdr Al Bani (sy tdk hapus bukan?), silahkan dibandingkan dg menggunakan akal sehat dan hati nurani seraya mohon petunjuk kpd Allah. Al Qur'an menyuruh kita menyeru manusia dg hikmah dan nasehat yg baik tp juga tdk melarang kita utk berdebat asal dgn cara yg bijak. Saya masih menunggu artikel anda.

        Salam damai.
        Lihat Selengkapnya
        13 Juli jam 16:31 · · 1 orangMemuat...
      • Usman Soekarno Arsal Alhabsyi
        Saya kerap kebingungan ketika menyimak komen-komen yg seolah-olah arif yg berisi imbauan-imbauan agar menjaga keseimbangan dlm mengetengahkan informasi. Sementara yg bersangkutan menempatkan diri sebagai hakim pemutus bahwa selain dirinya a...dalah penebar fitnah perpecahan. Saya sungguh bingung u/mengategorikan makhluk ini ke mana?
        Tampak bahwa ybs tidak paham substansi materi yg tengah didiskusikan. Benar2 asal nimbrung sj. Mungkin ini gejala awal Skizofrenia. Semoga kita selalu mampu berintrospeksi dan tahu diri.
        Lihat Selengkapnya
        13 Juli jam 16:50 melalui Facebook Seluler · · 1 orangMemuat...
      • Anwar R. Soediro
        Berdiskusi pake cara yang santun (kan sudah pada tahu ini perintah Alloh) gak perlu bawa binatang atau mengundang iblis, alasan saya sudah jelas 1. Dialog Wahabi Sudah lama jadi bukan barang baru semakin di diskusikan semakin terjadi luka d...i hat ummat 2. Fsacebook ini yang baca juga publik janganlah perpecahan yang kita tonjolkan (jadi fungsi saya mengingatkan) 3. Secara pribadi saya tidak akan ikut campur dalam diskusi yg meurut pribadi saya akan membawa perpecahan seperti tahun 60 - 70 an 4. klo kepingin ngotot anwar suruh bikin artikel ya lewat email aja jadi tdk dibaca publik (anwar_raja_jawa@yahoo.com)Lihat Selengkapnya
        13 Juli jam 18:05 ·
      • Bun Bun Nuk Nuk adayang ngasih tahu ke ana di bis waktu ngobrol ngobrol kata nya begini ,....dunia ini cermin dari pada akherat ,....maka kalo bicara neraka ya itu sijjin itu di otak kiri dan iliyyin di otak kanan .........saat ini saya belom bisa mengambil kesimpulan tapi bagai mana menurut anda ,... maaf saya hanya intermezo sedikit ,....
        13 Juli jam 18:20 ·
      • Bun Bun Nuk Nuk insya allah di sini kita bisa menilai dari setiap koment koment yang ada ,..allah maha tahu apa yang kita lahir dan apa yang kita sembunyikan ,..
        13 Juli jam 18:25 ·
      • Usman Soekarno Arsal Alhabsyi
        ‎@Anwar R. Soediro, Kang Mas, mendiskusikan sesuatu secara sehat, jangan khawatir akan menorehkan luka. Diskusi-diskusi mencerahkan perlu digalakkan. Hanya dengan demikian proses pendewasaan ummat dapat terus dikembangkan. Kita harus terus ...belajar untuk saling menghargai dalam perbedaan. Selain dialog atau debat internal, bahkan dialog lintas agama pun bukan sesuatu yg perlu ditabukan. Yg selalu menjadi keprihatinan kita, adalah sikap arogan dan fanatisme sempit dari sementara kalangan yg mengklaim habis kebenaran hanya ada pada diri mereka saja. Bukan cuma itu, kelompok ini dgn penuh jumawa memonopoli habis kapling-kapling surga bagi diri dan kelompoknya. Bagi selain mereka, silakan puas sebagai santapan api neraka yg menyala-nyala. Padahal agama mengajarkan kita menjaga kesetimbangan antara harap dan cemas. Harap akan surga-Nya karena yakin akan kemurahan-Nya. Cemas akan siksa-Nya karena sadar tak layak untuk mencicipi ni'mat surga-Nya. Jika sikap ini pada masing2 kita, mana berani kita mengambil-alih otoritas Tuhan untuk memvonis si A pasti neraka atau si B pasti surga. Boro-boro ngurusin orang lain, diri kita sendiri saja tak kuasa kita jamin. Mari camkan bersama firman-Nya: "Ud'uu ilaa sabili rabbika bilhikmah walmau'izatilhasanah wa jaadilhum billatii hiya ahsan, inna rabbaka huwa a'lamu biman dhalla 'an sabiilih wa huwa a'lamu bilmuhtadiin." Lihat Selengkapnya
        13 Juli jam 19:24 · · 1 orangMemuat...
      • Agus Abubakar Arsal Alhabsyi Benar sdr BBNN dari komentar yg dilontarkan nilai seseorg tercermin. Semoga Allah melindungi kita dr perbuatan memecahbelah umat dan menganggap diri suci dan benar sendiri. Saya perlu mengingatkan diri saya sendiri ucapan Imam Ali: "Diam terkadang adlh sebaik-baik jawaban". Salam damai.
        13 Juli jam 19:25 · · 1 orangMemuat...
      • Agus Abubakar Arsal Alhabsyi Ya Allah ampuni kami, kedua orgtua kami, guru2 kami, semua yg mempunyai hak atas kami dan seluruh saudara kami kaum Muslimin-Muslimat, Mukminin-Mukminat yg masih hidup mau pun yg telah wafat. AstaghfiruLlah al-'azhiim wa atuubu ilayhi
        13 Juli jam 19:29 · · 1 orangMemuat...
      • Usman Soekarno Arsal Alhabsyi ‎@Bun Bun Nuk Nuk; terima ksh atas intermezonya. Semoga tak ada yg menggugat Anda telah mengetengahkan pemikiran yg bernuansa "bid'ah". Hehehe... Jika ada pun, mengapa harus repot?
        13 Juli jam 19:33 ·
      • Anwar R. Soediro
        Wah bagus juga komen2 di akhir ini, dulu saya ngelihat sendiri debat terbuka, di kampung2 masalah seperti ini (bid'ah) yang pro dan kontra (saya tidak mau sebut kelompoknya), hasilnya terjadi anti pati antara kelompok yang satu dengan yang ...lainnya selama berpuluh2 th, jadi saya mohon maaf bukan saya sombong jadi dari semenjak mahasiswa saya sudah sering diskusi masalah ini bahkan diskusi antar agama pun saya sudah lakukan. maka dulu saya mengajak temen untuk diskusi semacam ini dibahas secara akademik aja agar lebih kena sasaran daripada "gak keno iwake malah butek banyune" istilah jawa itu gak dapat ikannya malah keruh airnya.Lihat Selengkapnya
        13 Juli jam 22:21 ·
      • Bun Bun Nuk Nuk
        untuk mas anwar , barang kali nggak keberatan , bagai mana penjelasan anda satu ayat ini ..Al-A`raaf:178
        Barangsiapa yang diberi petunjuk oleh Allah, maka
        dialah yang mendapat petunjuk; dan barangsiapa yang disesatkan Allah ,
        maka merekalah... orang-orang yang merugi.Lihat Selengkapnya
        13 Juli jam 22:28 ·
      • Anwar R. Soediro
        ‎1).QS 7:178 ada penjelasannya di QS 2:26, yang disesatkan karena enggan memahami perumpamaan yang sepele (lalat) dalam hal ini, ya bahasa gampangnya menyepelekan, banyak hal sih seperti karena menganggap orang bodoh, atau karena tidak men...gutip ayat dsb.
        2). Kalo saya tidak merasa dipojokkan dan memojokkan, mungkin karena saya orang bisnis jadi terbiasa dengan bagaimana mengambil peluang , itu kan bagaimana menyeraskan logika bayani, logika irfani, dan logika burhani.
        3). Saya penganut baik dan buruk itu keluar dari hati dan fikiran yang sama, sama dengan laki dan perempuan gak perlu di lawankan tapi bersintesa untuk fastabiqul khoirot
        Lihat Selengkapnya
        13 Juli jam 23:37 ·
      • Bun Bun Nuk Nuk lantas apa bagai mana adakah hubungan nya dengan bidah ,... karna kata nya bidah itu kan sesat ,......bisa minta penjelasan nya
        13 Juli jam 23:40 ·
      • Anwar R. Soediro
        Waduh nawar sapeyan dah malem mau tidur, Manusia ini kan kerjaannya mengada ada (bid'ah) secara nature-nya, bahasa kerennya membuat budaya atau membuat sejarah baru, nah orang akan melihat dengan hati dan pikiran yang satu wah budaya itu ba...gus dan sekaligus bilang tapi ada kejelekannya juga ya. Contoh Kongkrit KH Ahmad Dahlan dan KH Hasyim Asy'ari, itu berguru dengan orang yang sama syeh moh. Khotib di Makah, tapi pulang di Indonesia yang satu melestarikan bid'ah (budaya tahlilan) dan yang satu membersihkan bid'ah. Kalo ke 2 nya Fastabikul khoirot kan Good2 ajaLihat Selengkapnya
        13 Juli jam 23:53 ·
      • Bun Bun Nuk Nuk ‎@anwar yang saya tanya kan hubungan nya dengan ayat tadi gimana >????...... kok jadi bawa bawa yang lain ..........
        14 Juli jam 1:44 ·
      • Ali Agung Arsal Alhabsyi
        QS 2:148, Dan setiap ummat mempunyai kiblat yang dia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu dalam kebaikan. Di mana saja kamu berada, pasti Allah akan mengumpulkan kamu semuanya. Sungguh, Allah Mahakuasa atas segala-galanya.

        dan sa...ya yakin bahwa diskusi ini adalah perbuatan baik untuk saling menambah ilmu atau membiasakan diri menerima perbedaan (tentunya hati kita yang menjadi ukuran sebenarnya)Lihat Selengkapnya
        14 Juli jam 3:39 ·
      • Firman Putrajaya Moeslim Taher
        ‎@ ArS : Seluruh sekte akan klaim dirinya paling benar, dan bersemangat kaya ustaz untuk menakluk kan hujah2 lawan bahkan ada yang menggunakan kekerasan (tdk usah di luar negeri di dalam negeri ini juga banyak yang menggunakan kekerasan)...... Anda menuduh Ustad agus menuai perpecahan, tapi apakah anda tdk membaca tulisan anda, yg jelas sgt emosionil... Memang hampir semua mazhab merasa mereka yg plg benar dan wajar, logikanya "kalau ada yg no.1 masa anda mau memilih yg no.2... Kalau spt itu, tandanya tdk wajar"... Cuma yg dilakukan oleh kaum wahabi sgtlah ekstremLihat Selengkapnya
        14 Juli jam 8:48 melalui Facebook Seluler ·
      • Anwar R. Soediro ‎@ firman: Sudah di Closing sama habib Ali Agung; baca Lagi aja runtutan dialog, Logika nya kaya Kecap semua nomor satu (ngutip closing habib ali hati masing2 yang menjadi ukurannya)
        14 Juli jam 11:33 ·
      • Bun Bun Nuk Nuk anwar ente udahan ???...
        14 Juli jam 16:34 ·
      • Anwar R. Soediro klo diskusi tidak menghujat kelompok aliran, monggo dilanjud
        14 Juli jam 16:58 ·
      • Agus Abubakar Arsal Alhabsyi
        banyak kelompok yg semakin dihujat semakin merasa benar. Krn menurut mrk para nabi pun mengalami hujatan, permusuhan bahkan pembunuhan oleh umatnya. Silahkan baca sejarah Muhammad Ibn Abdul Wahhab menurut versi mrk sendiri di Wikipedia. lal...u lakukan studi banding dg kenyataan setelah mrk berkuasa dan kondisi kekinian. Apa yg dituliskan dlm notes yg saya kutip di atas adalah ringkasan dr tulisan Mufti besar dan Imam Mesjid al Haram Sayyid Ahmad Zaini Dahlan yg hidup pada zaman fitnah tsb. Beliau adlh guru dr banyak ulama NU terkemuka. Saya bersangka baik kpd beliau dan saya percaya bhw tulisan beliau adlh tulus utk memperingati umat akan bahaya aliran pemikiran yg memaksakan pendapat dan memonopoli kebenaran. Itu semua bisa terjadi pada diri kita masing2. Saya mhn agar Allah meengilhamkan kpd saya petunjukNya dan melindungi saya dr keburukan diri saya, dari merasa benar sendiri, dari merasa suci dan dari menolak kebenaran dan meremehkan org lain.Lihat Selengkapnya
        14 Juli jam 17:47 melalui Facebook Seluler · · 4 orangMemuat...
      • Firman Putrajaya Moeslim Taher
        Bpk Ars : coba dibuka di FB ini statemen atau topik2 dr kalangan wahabi/salafi. Betapa mereka tanpa hentinya menyerang dan terus mengkafirkan org/kelompok yg tdk sepaham.
        Btw wajar memilihnya spt memilih kecap, cuma kalau kecap dirasa oleh l...idah, kalau akidah dirasakan oleh hati, akal dan fikiran. Sy sgt sepaham dgn note ustad Agus.
        Kalau bapak tdk sepaham, sebelum mengkritik note ini coba bapak kritik note/group/diskusi dr kalangan wahabi di FB
        Sukran.
        Lihat Selengkapnya
        14 Juli jam 18:06 melalui Facebook Seluler ·
      • Anwar R. Soediro Kalo dihujat semakin merasa benar, ya gak usah dihujat biar gak merasa benar sendiri bib
        14 Juli jam 18:07 ·
      • Anwar R. Soediro
        Gusdur ketika open house di ciganjur, seorang jamaah bertanya, gus di Masjid IAIN Ciputat itu kan banyak warga nahdhiyin tapi kok sholat tarawihnya 11 rakaat, jawab Gusdur:kalo pengin 23 rakaat ya sholat sendiri dirumah, warga tersebut men...yanggah tapi kan di masjid itu banyak warga nahdhiyin Gus, Gusdur nah kalo gitu ya minta waktu untuk sholat sampai 23 rakaat setalah yang 8 rekaat selesai, warrga tersebut belum puas nanya lagi Gusdur gus jumlah warga kita lebih banyak kenapa kok tidak 23 rakaat aja, Jawab Gusdur kalo gitu kamu gak usah sholat tarawih aja, wong sholat tarawih itu sunat, sedang perdamaian dan persatuan itu wajib.
        Dalam kasus ini perdamaian dan persatuan itu wajib, lha hujat menghujat itu menurut bapak2, ustaz2 dan habib2 monggo....kerso....
        Lihat Selengkapnya
        14 Juli jam 19:00 ·
      • Agus Abubakar Arsal Alhabsyi
        nampaknya pertama2 kita harus menyamakan persepsi kita ttg makna menghujat, memaki, mencela dan membedakannya dr mengungkap kenyataan demi menghindari ketertipuan. Kita juga hrs waspada dg perasaan kita yg subjektif, mudah tersinggung, mer...asa dihujat (padahal tidak), merasa org lain sombong (padahal kitalah yg sombong), merasa dihina pdhal kita menilai diri terlalu tinggi (angkuh) dan berbagai penyakit yg oleh psikolog dinamai "mekanisme proyeksi". Ya Allah saya memohon perlindungan dariMu dari penyakit2 tsb diatas dgn segala variannya. Astaghfirullah al 'azhiim wa atuubu ilaihi.Lihat Selengkapnya
        14 Juli jam 19:56 melalui Facebook Seluler ·
      • Husein Ahmad ass..syukron bib udah di tag...
        14 Juli jam 20:17 ·
      • Agus Abubakar Arsal Alhabsyi
        contoh yg ditunjukkan oleh Gus Dur patut ditiru, hanya saja kecenderungan org2 baik yg toleran utk mengalah ini kmd disalahgunakan oleh mrk yg maunya menang sendiri utk memaksakan pendapat dan kehendak secara tdk patut. Ketika mrk berkuasa ...mrk samasekali tdk toleran. Mrk mengatakan bhw mrk menghormati mazhab2 tp kenyataannya di Mesjid Haram maupun Nabawi para ulama dr mazhab selain mrk tdk diberi kursi/tempat utk mengajar, semuanya didominasi oleh ulama klpk mrk. Kejadian yg sama terjadi di sejumlah mesjid di tanah air yg dikuasai mrk. Wajarkah??? Kmd ada yg bertanya apkh kita hrs diam berpangku tangan melihat semua ini?
        Alhamdulillah sy bersahabat dg Gus Dur. Dan bacalah kutipan pidato Gus Dur yg saya kutip cukup panjang pd saat diskusi peluncuran buku ttg wahabi terbitan Wahid Institut yg dikutip dr NU online.
        Lihat Selengkapnya
        14 Juli jam 20:19 melalui Facebook Seluler · · 2 orangMemuat...
      • Bun Bun Nuk Nuk anwar ente udah jawab pertanyaan gw belom .........
        14 Juli jam 20:54 ·
      • Ali Heyder kalopun terjadi hujatan akibat diskusi, itu ekses,mas. jangan karena anggur bisa jadi khamar lantasi anggurnya yg diharamkan. gimana nih mas anwar
        15 Juli jam 9:25 ·
      • Anwar R. Soediro
        ‎@BBNN: Bid'ah sdh saya jawab, Sesat dalam S Ala'raf sdh, konsep baik dan buruk juga sdh apa lagi pertanyaan ente? jangan paksa aku disuruh ikut ngomentari wahabi di forum ini (karena berpotensi utk menghujat atu mengutuk).
        @Ali Heyder: anw...ar terbuka untuk diskusi dengan siapa saja, silahkan (yang tidak mau diajak mengutuk menghujat dan yang berbau pertikaian dan perpecahan itu saja Bro)
        @habib Agus:Gusdur buka dialog dengan Simon Peres walau semua orang mengutuk, ente katanya deket Gusdur
        Lihat Selengkapnya
        15 Juli jam 10:49 ·
      • Agus Abubakar Arsal Alhabsyi
        sahabat tdk berarti semuanya sama, kami punya banyak persamaan dan juga ada perbedaan. Masalah Simon Peres, itu urusan pribadi beliau. Kalau semua org mengutuk, berarti termasuk Anda dan kel serta sahabatnya. Begitukah cara berpikir sdr Anw...ar. Dari semua dialog ini, maaf saya menyimpulkan sdr Anwar ini selalu merasa benar sendiri dan memaksakan persepsi sendiri. Tidak heran kalau sdr merasa tersinggung dgn tulisan ttg wahabi yg saya kutip, krn anda nampaknya memiliki cara berpikir yg krg lebih sama. Saya ikut berduka cita dan semoga Allah membimbing saya dan anda ke jalan yg lebih lurus.Lihat Selengkapnya
        15 Juli jam 11:45 melalui Facebook Seluler ·
      • Agus Abubakar Arsal Alhabsyi
        sy dpt kiriman puisi berikut account 'Kenapa takut bid'ah':

        ***DZIKIRAN MEREKA***
        Aku baca sirah dan maulid NABI
        Kata MEREKA, ITU BID'AH...
        ...Kupersiapkan diriku di bulan Rajab dan
        Sya'ban
        Kata MEREKA, ITU BID'AH
        Aku perbanyak salawat NABI
        Kata MEREKA, ITU BID'AH
        Aku cintai para wali
        Kata MEREKA, aku musyrik
        Aku berziarah kubur karena perintah NABI
        Kata MEREKA, aku musyrik
        Aku kirimkan doa ‘tuk orang mati
        Kata MEREKA, aku musyrik
        Aku katakan, Nabi pun mengajari tawassul
        Kata MEREKA, pokoknya aku musyrik
        Aku cium tangan para ulama
        Kata MEREKA, aku musyrik
        Aku hormati anak cucu Nabi
        Kata MEREKA, aku musyrik
        Aku hadiri majelis dzikir
        Kata MEREKA, aku musyrik
        Aku bersihkan hati ini
        Kata MEREKA, aku musyrik
        Ku katakan, Qur’an hadits tidak boleh
        ditafsiri sendiri
        Kata MEREKA, aku musyrik
        Aku tak tahu, siapa yang sebenarnya
        musyrik
        Kata MEREKA, musyrik adalah musyrik
        Aku kian bingung, apakah semua musyrik?
        Kata MEREKA, sekali musyrik tetap musyrik..
        Kukatakan lagi, jika wirid kami syirik.. apa
        gerangan wiridmu?
        Kata MEREKA, kami berwirid sepanjang hari
        Ku tanya, wirid apakah itu?..
        Kata MEREKA, kami berwirid setiap saat
        Ku tanya lagi, wirid yang mana?
        Kata MEREKA, wirid kami hanya satu
        Aduhai, kenapa bertele-tele… ajari kami
        wiridmu
        Kata MEREKA, bunyinya begini, “ini bid’ah
        itu syirik”..
        “ini bid’ah itu syirik”….. (minimal 100x tiap
        hari di facebook atau dunia maya lainnya)
        Jika Wali songo islamkan orang musyrik
        MEREKA bilang, selain MEREKA semua
        musyrik...
        SIAPAKAH MEREKA????
        MEREKA ADALAH ANAK BUAH DAJJAL;
        BERTUGAS MENYEBARKAN PROPAGANDA
        DAJJAL; MEMPERLANCAR DATANGNYA HURU-
        HARA AKHIR ZAMAN
        MEMBUAT SEOLAH-OLAH YANG BENAR JADI
        SALAH, DAN YANG SALAH JADI BENAR
        BISA JADI SAYA; ANDA; ATAU SIAPA SAJA
        PASTINYA YANG MARAH PADA TULISAN INI
        ^_^
        WASPADALAH..WASPADALAH....!!!!
        (Mohon maaf kepada pembuat awal
        tulisan ini
        saya gubah seperlunya supaya saya tidak
        samanya dengan kelakuan MEREKA)
        ^_^
        Lihat Selengkapnya
        15 Juli jam 12:01 melalui Facebook Seluler ·
      • Anwar R. Soediro
        ‎@Habib Agus: Husnudzan kpd Anwar Alhamdulillah, syu'udzan kpd anwar saya akan istighfar "mohon Ampun hambamu Ya Alloh". Dari pertama tulisan saya hanya menghimbau untuk tidak berdiskusi dengan menghujat. tidak pernah memaksa untuk ikut pen...dapat saya (lha wong saya belum berpendapat) berkaitan dengan substansi diskusi maaf kalo tidak salah substansi diskusi ini "faham wahabi".
        Nah sahabat sahabat ini mungkin pingin tahu posisi saya ada dimana (itu wajar menurut saya) sehingga minta saya untuk bikin artikel tapi mohon maaf saya tidak mau meberikan artikel lewat media publik seperti ini, namun ada sahabat klo tidak salah BBNN cerdik memancing saya dengan pertanyaan2 berkaitan dengan Bid'ah dan Sesat nah saya jawablah (lihat comment2 diatas). Makanya saya fikir sudah closed dsikusi (dg anwar) karena dengan jawaban saya itu sahabat2 sudah bisa mengira2 saya ada diposisi dimana.
        Kalo kata "semua orang" itu aku mengakui khilaf seharusnya "banyak orang" semoga Alloh memaafkan dan juga kami mohon maaf ke facebookers.
        Lihat Selengkapnya
        15 Juli jam 18:42 ·
      • Bun Bun Nuk Nuk anwar jawaban anda nggak nyambung .....
        15 Juli jam 18:53 · · 1 orangAli Heyder menyukai ini.
      • Bun Bun Nuk Nuk
        susah juga si , anda ngaku sebagai pembisnis tapi anda perotes dengan seorang ulama ,(meninyinggung nama nya di koment) ....dan satu hal algi pertanyaan saya bukann ya memancing tapi untuk memberi tahu anda , dimana posisi anda seharu...s nya dalam perkara ini ,... apakah anda suadh bisa seperti ulama yang memperingati umat nya tentang wahabi ini , seperti yang pak agus singgung tentang ulama yang ada di mekah sana ,...coba anda koreksi lagi sebetul kami ini apa di mata anda ,.. dan bagai mana anda di mata allah ,...setiap perbuatan memang ngak luput dari niat dan hati sei pembuat nya namun alah maha cepat hisab nya ,.....Lihat Selengkapnya
        15 Juli jam 18:57 ·
      • Bun Bun Nuk Nuk anwar andai nanti saya buat sebuah hujjah dari quran dan hadist untuk memperjelas ketidak stjuan kami dengan paham wahabi ini ....apa kah adna masih berkelit atau apa .....??
        15 Juli jam 19:00 ·
      • Anwar R. Soediro
        Wah ngajak joko sembung, sebelumnya ada yang bawa binatang dan ada yang nenteng iblis, kalo gak sehat seperti ini dengan rendah hati saya mohon pamit mohon maaf lahir batin untuk semuanya.
        Ketemu kembali kalau menggunakan logika bayani, log...ika burhani dan logika irfani. selain dengan ke 3 hal tersebut tidak akan saya layani
        Lihat Selengkapnya
        15 Juli jam 19:55 ·
      • Bun Bun Nuk Nuk ya kalo gitu maaf kan saya yah saudra anwar.....insyaallah kami akan instrospeksi .....barang kali benar apa yang anda bilang ke kami .....
        16 Juli jam 0:13 ·
      • Bun Bun Nuk Nuk ini kan mau bulan puasa , dan saya nggak tahu apa umur saya sampe atau nggak ..............maaf kan saya untuk semua yang ada di facebook ini khusus nya dan untuk para ulama dan para habib yang ada disana juga kepada pak agus ......semoga allah mengmpuni kita ....kita sambut dulu bulan suci ini ....salam ...
          • Quito Riantori Terima kasih atas tagnya, Ustad...salam...
            12 Juli jam 16:18 ·
          • Yuddi Masaling Batam Jazakallah khoiron.. semoga ummat tidak terjebak kedalam aqidah yg semu/menyimpang.. Ustad izin copas...Syukron.. (& Ditunggu lanjutannya std)..

            Allahumma sholli 'alaa Muhammad wa aali Muhammad...
            12 Juli jam 17:19 ·
          • Bang Semch
            Jazakallah khairan katsir. Allahumma shalli alaa Muhammad wa alii Muhammad. Kaum wahabi menentang garis nasab, lantas membangun struktur sosial dengan kebencian thd Rasulullah Muhammad Saw dan mengambil untung atas Makkah dan Madinah. Denga...n menyatakan diri sebagai khadamul haramain. Note ini menguatkan keyakinan saya atas nilai hakiki ahlul baith Rasulullah SAWW. Saatnya kita bersama mengibarkan kembali elan perjuangan 'internasionalisasi Makkah - Madinah' karena ternyata mereka sdh merugikan begitu banyak kepentingan Islam yg sesungguhnya. Di negeri ini gerak itu secara sistemik menjual 'tauhid' dan 'perjuangan Islam' u kepentingan yg sangat sesaat. Partai Konspirasi Saudi adalah realitas di depan mata: apapun nama dan formatnya. Tapi, kita pun mesti waspada u tidak diprovokasi oleh yahuda !!!Lihat Selengkapnya
            12 Juli jam 17:40 melalui Facebook Seluler · · 2 orangMemuat...
          • Ibnu Muhammad Saya kira bapak adalah seorang terhormat; tapi kok senang nyebarin berita dusta....

            Tunjukkan bukti2 bapak dan saya akan buktikan kalau bapak itu senang menyebarkan berita dusta... Maaf Pak!
            12 Juli jam 18:54 ·
          • Agus Abubakar Arsal Alhabsyi
            AlhamduliLlaah sdr IM (yg maaf sy tdk kenal scr pribadi) mengira sy org terhormat tapi kmd langsung menuduh sy senang nyebarin berita dusta, astaghfiruLlaah. Apa yg tertulis diatas adlh meneruskan tulisan di milis yg sebutkan diujung bawah ...artikel tsb. Jika sdr IM menyatakannya Dusta silahkan sdr IM menuliskan sejarah Wahhabi yg sdr ketahui. Kami dg senang hati akan menyimaknya dan membandingkannya. Apa yg dituliskan di atas sudah lama sy dengar dari guru-guru saya yg terhormat dan sbgn darinya juga saya saksikan sendiri setiap sy berkunjung kesana. Saya heran dgn ketersinggungan sdr IM, apakah sdr IM punya hubungan khusus dg Wahhabi? Saya sdh sebutkan dlm pengantar bhw tulisan tsb di atas dpt didiskusikan lagi. Saya tunggu sejarah Wahhabi versi sdr IM. Salam atas mereka yg mengikuti petunjuk.Lihat Selengkapnya
            12 Juli jam 19:16 · · 1 orangMemuat...
          • Abu Albani saudaraku agus abu bakar janganlah anda memuat sesuatu yg anda tidak ketahui secara jelas dan janganlah anda seperti orang yg suka menggibah saudara sendiri, da'wah dibangun atas sunnah dan ilmu,tetaplah fokus pada tauhid dan aqidah yg haq...itu saran saya dari saudaramu abu albani.
            12 Juli jam 19:29 ·
          • Etika Maria Syukran atas ilmunya ustadz, sangat mencerahkan buat saya mengenai wahhabi..
            12 Juli jam 19:35 melalui Facebook Seluler ·
          • Agus Abubakar Arsal Alhabsyi Terimakasih sdrku Abu Albani. Saya bersangka baik kpd penulis artikel yg sy kutip di atas, saya kira kita perlu belajar sejarah dgn benar bukan utk ghibah tp utk tidak mengulangi kesalahan dan mengagungkan org yg salah. Bung Karno mengingatkan kita dg istilah JASMERAH yi JAngan Sekali-kali MElupakan sejaRAH. Jika ada info yg lebih sahih dr sdrku Abu Albani saya akan menyimaknya. Salam.
            12 Juli jam 19:38 ·
          • Agus Abubakar Arsal Alhabsyi Oh ya saya tambahkan. Dulu di kedua Mesjid yg dimuliakan Allah para Ulama dari semua Mazhab Sunni (Maliki, Hanafi, Syafi'i, Hambali dll) diberi tempat untuk mengajar, tapi sejak mrk berkuasa hal tsb dihapuskan. Bahkan Almarhum Dr Muhammad Alwi Al Maliki pernah diancam hukuman mati krn membela peringatan Maulid. Terakhir, dlm kunjungan saya pekan lalu, saya mendengar bahwa Majlis habib Zen bin Smith pun telah dilarang di Medinah. Jika ada yg punya info baru saya tunggu. Salam damai.
            12 Juli jam 19:54 ·
          • Ahmad Mudjiono Rayya Allahumma sholli ala Muhammad, wa ala alihi washohbihi, moga Allah SWT. memberikan kekuatan pada kaum SUNNI...dg ini mari kita bentengi keluarga & saudara2 kita sebangsa setanah air kaum muslimin dengAn akidah ASWAJA ala NU
            12 Juli jam 20:03 · · 2 orangMemuat...
          • Usman Soekarno Arsal Alhabsyi
            Apa yg terungkap tentang kebrutalan Wahabi pada note di atas, mungkin baru sebagian kecil saja. Karena hampir setiap kita yg sempat berinteraksi dgn pemikiran-pemikiran dan perilaku mereka akan memiliki kesan dan pengalaman yg traumatik. Sa...lah satu yg paling "memukul" umat Islam dan mengundang reaksi keras dari ulama2 tulus manca negara hingga detik ini adalah pernyataan mereka (Wahabi) bahwa ayah dan ibu Rasulullah saw adalah ahli neraka. Menurut hemat saya, cukup dari sini saja kita sudah dapat bersimpulan bahwa mereka sudah terlalu jauh melenceng dari substansi Islam yg "rahmatan lil'alamin".
            Semoga kita selalu terbimbing untuk dapat membedakan haq dan bathil.
            Lihat Selengkapnya
            12 Juli jam 20:08 ·
          • Abu Albani

            Orang-orang biasa menuduh "wahabi " kepada setiap orang yang melanggar tradisi, kepercayaan dan bid'ah mereka, sekalipun kepercayaan-kepercayaan mereka itu rusak, bertentangan dengan Al-Qur'anul Karim dan hadits-hadits shahih. Mereka menent...ang dakwah kepada tauhid dan enggan berdo'a (memohon) hanya kepada Allah semata.

            Suatu kali, di depan seorang syaikh penulis membacakan hadits riwayat Ibnu Abbas yang terdapat dalam kitab Al-Arba'in An-Nawa-wiyah. Hadits itu berbunyi.

            "Artinya : Jika engkau memohon maka mohonlah kepada Allah, dan jika engkau meminta pertolongan, maka mintalah pertolongan kepa-da Allah." [Hadits Riwayat At-Tirmidzi, ia berkata hadits hasan shahih]

            Penulis sungguh kagum terhadap keterangan Imam An-Nawawi ketika beliau mengatakan, "Kemudian jika kebutuhan yang dimintanya -menurut tradisi- di luar batas kemampuan manusia, seperti meminta hidayah (petunjuk), ilmu, kesembuhan dari sakit dan kesehatan maka hal-hal itu (mesti) memintanya hanya kepada Allah semata. Dan jika hal-hal di atas dimintanya kepada makhluk maka itu amat tercela."

            Lalu kepada syaikh tersebut penulis katakan, "Hadits ini berikut keterangannya menegaskan tidak dibolehkannya meminta pertolongan kepada selain Allah." Ia lalu menyergah, "Malah sebaliknya, hal itu dibolehkan!"

            Penulis lalu bertanya, "Apa dalil anda?" Syaikh itu ternyata marah sambil berkata dengan suara tinggi, "Sesungguhnya bibiku berkata, wahai Syaikh Sa'd![1]" dan Aku bertanya padanya, "Wahai bibiku, apakah Syaikh Sa'd dapat memberi manfaat kepadamu?" Ia menjawab, "Aku berdo'a (meminta) kepadanya, sehingga ia menyampaikannya kepada Allah, lalu Allah menyembuhkanku."

            Lalu penulis berkata, "Sesungguhnya engkau adalah seorang alim. Engkau banyak habiskan umurmu untuk membaca kitab-kitab. Tetapi sungguh mengherankan, engkau justru mengambil akidah dari bibimu yang bodoh itu."

            Ia lalu berkata, "Pola pikirmu adalah pola pikir wahabi. Engkau pergi berumrah lalu datang dengan membawa kitab-kitab wahabi."

            Padahal penulis tidak mengenal sedikitpun tentang wahabi kecuali sekedar penulis dengar dari para syaikh. Mereka berkata tentang wahabi, "Orang-orang wahabi adalah mereka yang melanggar tradisi orang kebanyakan. Mereka tidak percaya kepada para wali dan karamah-karamahnya, tidak mencintai Rasul dan berbagai tuduhan dusta lainnya."

            Jika orang-orang wahabi adalah mereka yang percaya hanya kepada pertolongan Allah semata, dan percaya yang menyembuhkan hanyalah Allah, maka aku wajib mengenal wahabi lebih jauh."

            Kemudian penulis tanyakan jama'ahnya, sehingga penulis mendapat informasi bahwa pada setiap Kamis sore mereka menyelenggarakan pertemuan untuk mengkaji pelajaran tafsir, hadits dan fiqih.

            Bersama anak-anak penulis dan sebagian pemuda intelektual, penulis mendatangi majelis mereka. Kami masuk ke sebuah ruangan yang besar. Sejenak kami menanti, sampai tiada berapa lama seorang syaikh yang sudah berusia masuk ruangan. Beliau memberi salam kepada kami dan menjabat tangan semua hadirin dimulai dari sebelah kanan, beliau lalu duduk di kursi dan tak seorang pun berdiri untuknya. Penulis berkata dalam hati, "Ini adalah seorang syaikh yang tawadhu' (rendah hati), tidak suka orang berdiri untuknya (dihormati)."

            Lalu syaikh membuka pelajaran dengan ucapan,

            "Artinya : Sesungguhnya segala puji adalah untuk Allah. Kepada Allah kami memuji, memohon pertolongan dan ampunan.", dan selanjutnya hingga selesai, sebagaimana Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam biasa membuka khutbah dan pelajarannya.

            Kemudian Syaikh itu memulai bicara dengan menggunakan bahasa Arab. Beliau menyampaikan hadits-hadits seraya menjelaskan derajat shahihnya dan para perawinya. Setiap kali menyebut nama Nabi, beliau mengucapkan shalawat atasnya. Di akhir pelajaran, beberapa soal tertulis diajukan kepadanya. Beliau menjawab soal-soal itu dengan dalil dari Al-Qur'anul Karim dan sunnah Nabi Shalallaahu alaihi wasalam . Beliau berdiskusi dengan hadirin dan tidak menolak setiap penanya. Di akhir pelajaran, beliau berkata, "Segala puji bagi Allah bahwa kita termasuk orang-orang Islam dan salaf.[2]. Sebagian orang menuduh kita orang-orang wahabi. Ini termasuk tanaabuzun bil alqaab (memanggil dengan panggilan-panggilan yang buruk). Allah melarang kita dari hal itu dengan firmanNya,

            "Artinya : Dan janganlah kamu panggil-memanggil dengan gelar-gelar yang buruk." [Al-Hujurat: 11]

            Dahulu, mereka menuduh Imam Syafi'i dengan rafidhah. Beliau lalu membantah mereka dengan mengatakan, "Jika rafidah (berarti) mencintai keluarga Muhammad. Maka hendaknya jin dan manusia menyaksikan bahwa sesungguhnya aku adalah rafidhah."

            Maka, kita juga membantah orang-orang yang menuduh kita wahabi, dengan ucapan salah seorang penyair, "Jika pengikut Ahmad adalah wahabi. Maka aku berikrar bahwa sesungguhnya aku wahabi."

            Ketika pelajaran usai, kami keluar bersama-sama sebagian para pemuda. Kami benar-benar dibuat kagum oleh ilmu dan kerendahan hatinya. Bahkan aku mendengar salah seorang mereka berkata, "Inilah syaikh yang sesungguhnya!"

            PENGERTIAN WAHABI
            Musuh-musuh tauhid memberi gelar wahabi kepada setiap muwahhid (yang mengesakan Allah), nisbat kepada Muhammad bin Abdul Wahab, Jika mereka jujur, mestinya mereka mengatakan Muhammadi nisbat kepada namanya yaitu Muhammad. Betapapun begitu, ternyata Allah menghendaki nama wahabi sebagai nisbat kepada Al-Wahhab (Yang Maha Pemberi), yaitu salah satu dari nama-nama Allah yang paling baik (Asmaa'ul Husnaa).

            Jika shufi menisbatkan namanya kepada jama'ah yang memakai shuf (kain wol) maka sesungguhnya wahabi menisbatkan diri mereka dengan Al-Wahhab (Yang Maha Pemberi), yaitu Allah yang memberikan tauhid dan meneguhkannya untuk berdakwah kepada tauhid.

            MUHAMMAD BIN ABDUL WAHAB
            Beliau dilahirkan di kota 'Uyainah, Nejed pada tahun 1115 H. Hafal Al-Qur'an sebelum berusia sepuluh tahun. Belajar kepada ayahandanya tentang fiqih Hambali, belajar hadits dan tafsir kepada para syaikh dari berbagai negeri, terutama di kota Madinah. Beliau memahami tauhid dari Al-Kitab dan As-Sunnah. Perasaan beliau tersentak setelah menyaksikan apa yang terjadi di negerinya Nejed dengan negeri-negeri lainnya yang beliau kunjungi berupa kesyirikan, khurafat dan bid'ah. Demikian juga soal menyucikan dan mengkultuskan kubur, suatu hal yang bertentangan dengan ajaran Islam yang benar.

            Ia mendengar banyak wanita di negerinya bertawassul dengan pohon kurma yang besar. Mereka berkata, "Wahai pohon kurma yang paling agung dan besar, aku menginginkan suami sebelum setahun ini."

            Di Hejaz, ia melihat pengkultusan kuburan para sahabat, keluarga Nabi (ahlul bait), serta kuburan Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam, hal yang sesungguhnya tidak boleh dilakukan kecuali hanya kepada Allah semata.

            Di Madinah, ia mendengar permohonan tolong (istighaatsah) kepada Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam, serta berdo'a (memohon) kepada selain Allah, hal yang sungguh bertentangan dengan Al-Qur'an dan sabda Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam . Al-Qur'an menegaskan:

            "Artinya : Dan janganlah kamu menyembah apa-apa yang tidak memberi manfa'at dan tidak (pula) memberi madharat kepadamu selain Allah, sebab jika kamu berbuat (yang demikian) itu, sesungguhnya kamu kalau begitu termasuk orang-orang yang zhalim." [Yunus : 106]

            Zhalim dalam ayat ini berarti syirik. Suatu kali, Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam berkata kepada anak pamannya, Abdullah bin Abbas:

            "Artinya : Jika engkau memohon, mohonlah kepada Allah, dan jika engkau meminta pertolongan mintalah pertolongan kepada Allah." [Hadits Riwayat At-Tirmidzi, ia berkata hasan shahih)

            Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab menyeru kaumnya kepada tauhid dan berdo'a (memohon) kepada Allah semata, sebab Dialah Yang Mahakuasa dan Yang Maha Menciptakan sedangkan selainNya adalah lemah dan tak kuasa menolak bahaya dari dirinya dan dari orang lain. Adapun mahabbah (cinta kepada orang-orang shalih), adalah dengan mengikuti amal shalihnya, tidak dengan menjadikannya sebagai perantara antara manusia dengan Allah, dan juga tidak
            Lihat Selengkapnya
            12 Juli jam 20:11 ·
          • Abu Albani

            Syeikh Muhammad bin 'Abdul Wahab
            (1115-1206H/1701-1793M)

            Indeks Islam | Indeks Artikel ISNET Homepage | MEDIA Homepage | Program Kerja | Koleksi | Anggota
            ...
            Nama Lengkapnya

            BELIAU adalah Syeikh al-Islam al-Imam Muhammad bin 'Abdul Wahab bin Sulaiman bin Ali bin Muhammad bin Ahmad bin Rasyid bin Barid bin Muhammad bin al-Masyarif at-Tamimi al-Hambali an-Najdi.
            Tempat dan Tarikh Lahirnya

            Syeikh Muhammad bin 'Abdul Wahab dilahirkan pada tahun 1115 H (1701 M) di kampung 'Uyainah (Najd), lebih kurang 70 km arah barat laut kota Riyadh, ibukota Arab Saudi sekarang.

            Beliau meninggal dunia pada 29 Syawal 1206 H (1793 M) dalam usia 92 tahun, setelah mengabdikan diri selama lebih 46 tahun dalam memangku jabatan sebagai menteri penerangan Kerajaan Arab Saudi .
            Pendidikan dan Pengalamannya

            Syeikh Muhammad bin 'Abdul Wahab berkembang dan dibesarkan dalam kalangan keluarga terpelajar. Ayahnya adalah ketua jabatan agama setempat. Sedangkan datuknya adalah seorang qadhi (mufti besar), tempat di mana masyarakat Najd menanyakan segala sesuatu masalah yang bersangkutan dengan agama. Oleh kerana itu, kita tidaklah hairan apabila kelak beliau juga menjadi seorang ulama besar seperti datuknya.

            Sebagaimana lazimnya keluarga ulama, maka Syeikh Muhammad bin 'Abdul Wahab sejak masih kanak-kanak telah dididik dan ditempa jiwanya dengan pendidikan agama, yang diajar sendiri oleh ayahnya, Tuan Syeikh 'Abdul Wahab.

            Sejak kecil lagi Syeikh Muhammad bin 'Abdul Wahab sudah kelihatan tanda-tanda kecerdasannya. Beliau tidak suka membuang masa dengan sia-sia seperti kebiasaan tingkahlaku kebanyakan kanak-kanak lain yang sebaya dengannya.

            Berkat bimbingan kedua ibu bapanya, ditambah dengan kecerdasan otak dan kerajinannya, Syeikh Muhammad bin 'Abdul Wahab telah berjaya menghafaz al-Qur'an 30 juz sebelum berusia sepuluh tahun.

            Setelah beliau belajar pada ibu bapanya tentang beberapa bidang pengajian dasar yang meliputi bahasa dan agama, beliau diserahkan oleh ibu bapanya kepada para ulama setempat sebelum dikirim oleh ibu bapanya ke luar daerah.

            Tentang ketajaman fikirannya, saudaranya Sulaiman bin 'Abdul Wahab pernah menceritakan begini:




            "Bahwa ayah mereka, Syeikh 'Abdul Wahab merasa sangat kagum atas kecerdasan Muhammad, padahal ia masih di bawah umur. Beliau berkata: 'Sungguh aku telah banyak mengambil manfaat dari ilmu pengetahuan anakku Muhammad, terutama di bidang ilmu Fiqh.'"

            Syeikh Muhammad mempunyai daya kecerdasan dan ingatan yang kuat, sehingga apa saja yang dipelajarinya dapat difahaminya dengan cepat sekali, kemudian apa yang telah dihafalnya tidak mudah pula hilang dalam ingatannya.

            Demikianlah keadaannya, sehingga kawan-kawan sepersekolahannya kagum dan hairan kepadanya.
            Belajar di Makkah, Madinah dan Basrah

            Setelah mencapai usia dewasa, Syeikh Muhammad bin 'Abdul Wahab diajak oleh ayahnya untuk bersama-sama pergi ke tanah suci Mekah untuk menunaikan rukun Islam yang kelima - mengerjakan haji di Baitullah. Dan manakala telah selesai menunaikan ibadah haji, ayahnya terus kembali ke kampung halamannya. Adapun Muhammad, ia tidak pulang, tetapi terus tinggal di Mekah selama beberapa waktu, kemudian berpindah pula ke Madinah untuk melanjutkan pengajiannya di sana. Di Madinah, beliau berguru pada dua orang ulama besar dan termasyhur di waktu itu. Kedua-dua ulama tersebut sangat berjasa dalam membentuk pemikirannya, iaitu Syeikh Abdullah bin Ibrahim bin Saif an-Najdi dan Syeikh Muhammad Hayah al-Sindi.

            Selama berada di Madinah, beliau sangat prihatin menyaksikan ramai umat Islam tempatan maupun penziarah dari luar kota Madinah yang telah melakukan perbuatan-perbuatan tidak senonoh dan tidak sepatutnya dilakukan oleh orang yang mengaku dirinya Muslim. Beliau melihat ramai umat yang berziarah ke maqam Nabi maupun ke maqam-maqam lainnya untuk memohon syafaat, bahkan meminta sesuatu hajat pada kuburan maupun penghuninya, yang mana hal ini sama sekali tidak dibenarkan oleh agama Islam. Apa yang disaksikannya itu menurut Syeikh Muhammad adalah sangat bertentangan dengan ajaran Islam yang sebenarnya.

            Kesemua inilah yang semakin mendorong Syeikh Muhammad untuk lebih mendalami pengkajiannya tentang ilmu ketauhidan yang murni, yakni, aqidah salafiyah. Bersamaan dengan itu beliau berjanji pada dirinya sendiri, bahwa pada suatu ketika nanti, beliau akan mengadakan perbaikan (islah) dan pembaharuan (tajdid) dalam masalah yang berkaitan dengan ketauhidan, iaitu mengembalikan aqidah umat kepada sebersih-bersihnya tauhid yang jauh dari khurafat, tahyul dan bid'ah. Untuk itu, beliau mesti mendalami benar-benar tentang aqidah ini melalui kitab-kitab hasil karya ulama-ulama besar di abad-abad yang silam.

            Di antara karya-karya ulama terdahulu yang paling terkesan dalam jiwanya adalah karya-karya Syeikh al-Islam Ibnu Taimiyah. Beliau adalah mujaddid besar abad ke 7 Hijriyah yang sangat terkenal.

            Demikianlah meresapnya pengaruh dan gaya Ibnu Taimiyah dalam jiwanya, sehingga Syeikh Muhammad bin 'Abdul Wahab bagaikan duplikat(salinan) Ibnu Taimiyah. Khususnya dalam aspek ketauhidan, seakan-akan semua yang diidam-idamkan oleh Ibnu Taimiyah semasa hidupnya yang penuh ranjau dan tekanan dari pihak berkuasa, semuanya telah ditebus dengan kejayaan Ibnu 'Abdul Wahab yang hidup pada abad ke 12 Hijriyah itu.

            Setelah beberapa lama menetap di Mekah dan Madinah, kemudian beliau berpindah ke Basrah. Di sini beliau bermukim lebih lama, sehingga banyak ilmu-ilmu yang diperolehinya, terutaman di bidang hadith dan musthalahnya, fiqh dan usul fiqhnya, gramatika (ilmu qawa'id) dan tidak ketinggalan pula lughatnya semua.

            Lengkaplah sudah ilmu yang diperlukan oleh seorang yang pintar yang kemudian dikembangkan sendiri melalui self-study(belajar sendiri) sebagaimana lazimnya para ulama besar Islam mengembangkan ilmu-ilmunya. Di mana bimbingan guru hanyalah sebagai modal dasar yang selanjutnya untuk dapat dikembangkan dan digali sendiri oleh yang bersangkutan.
            Mulai Berdakwah

            Syeikh Muhammad bin 'Abdul Wahab memulai dakwahnya di Basrah, tempat di mana beliau bermukim untuk menuntut ilmu ketika itu. Akan tetapi dakwahnya di sana kurang berjaya, kerana menemui banyak rintangan dan halangan dari kalangan para ulama setempat.

            Di antara pendukung dakwahnya di kota Basrah ialah seorang ulama yang bernama Syeikh Muhammad al-Majmu'i. Tetapi Syeikh Muhammad bin 'Abdul Wahab bersama pendukungnya mendapat tekanan dan ancaman dari sebahagian ulama su', iaitu ulama jahat yang memusuhi dakwahnya di sana; kedua-dua mereka diancam akan dibunuh. Akhirnya beliau meninggalkan Basrah dan mengembara ke beberapa negeri Islam untuk memperluaskan ilmu dan pengalamannya.

            Di samping mempelajari keadaan negeri-negeri Islam yang berjiran, demi kepentingan dakwahnya di masa akan datang, dan setelah menjelajahi beberapa negeri Islam, beliau lalu kembali ke al-Ihsa menemui gurunya Syeikh Abdullah bin 'Abd Latif al-Ihsai untuk mendalami beberapa bidang pengajian tertentu yang selama ini belum sempat didalaminya.

            Di sana beliau bermukim untuk beberapa waktu, dan kemudian beliau kembali ke kampung asalnya Uyainah, tetapi tidak lama kemudian beliau menyusul orang tuanya yang merupakan bekas ketua jabatan urusan agama Uyainah ke Haryamla, iaitu suatu tempat di daerah Uyainah juga.

            Adalah dikatakan bahwa di antara orang tua Syeikh Muhammad dan pihak berkuasa Uyainah berlaku perselisihan pendapat, yang oleh kerana itulah orang tua Syeikh Muhammad terpaksa berhijrah ke Haryamla pada tahun 1139.

            Setelah perpindahan ayahnya ke Haryamla kira-kira setahun, barulah Syeikh Muhammad menyusulnya pada tahun 1140 H. Kemudian, beliau bersama bapanya itu mengembangkan ilmu dan mengajar serta berdakwah selama lebih kurang 13 tahun lamanya, sehingga bapanya meninggal dunia di sana pada tahun 1153.
            Lihat Selengkapnya
            12 Juli jam 20:14 ·
          • Ahmad Hidayat di dunia ini hanya ada dua negara yang menjadikan nama negara dengan nama kakek moyang mereka yaitu; Yahudi Israel dan Arab Sa'ud
            12 Juli jam 20:16 ·
          • Abu Albani kepada seluruh saudaraku yg dirahmati ALLAH AZA WA JALA jgn lah menulis berita dusta apalagi tanpa bukti hukumnya haram ,mari berdiskusi dgn ilmu dan jgnlah adu domba atau fitnah..ittaqillah ya akhi, mari kita perdalam ilmu agama dan perkuat aqidah ,agar kita terhindar dari kebodohan dan kedustaan.
            12 Juli jam 20:28 ·
          • Usman Soekarno Arsal Alhabsyi
            Yang saya alami di Haramain, para pengikut Wahabi dewasa ini enggan disebut Wahabi. Mungkin karena jatidiri negatif wahabi sdh mulai tersingkap. Makanya dalam banyak kesempatan dewasa ini mereka bersembunyi di balik pakaian "ahli sunnah wal...jamaah". Padahal mayoritas ahlusunnah adalah korban-korban mereka. Para pecinta Rasul saw yg cukup banyak mukim di sana sejak ribuan tahun lalu, memendam rindu saat-saat dimana mereka dapat mengekspresikan cinta mereka terhdp rasul dan ahlulbaitnya secara bebas yg pada beberapa puluh tahun terakhir terkerangkeng di bawah dominasi kaum wahabi.Lihat Selengkapnya
            12 Juli jam 20:35 · · 1 orangMemuat...
          • Abu Albani pakaian seorang munafik adalah dusta,maka hindarilah yg demikian,hindarilah perilaku seperti seorang munafik..apabila ada dihati kita kedustaan yg tidak terbukti itu namanya fitnah,apabila ada diantara saudaraku ingin berdiskusi secara ilmiah perihal wahabi silahkan menemui saya dan kita bahas secara menyeluruh dengan ilmu dan bukti yg disetujui oleh al qur'an dan sunnah serta pemahaman para salafus salih..abu albani
            12 Juli jam 20:43 ·
          • Agus Abubakar Arsal Alhabsyi
            IttaquLlaah haqqa tuqaatihi. AlhamduliLlaah yg telah menunjuki kami dgn Al Qur'an, Teladan KekasihNya Muhammad dan Ahlul Baytnya yang suci dan para sahabatnya yg setia, yang telah mengajarkan kami utk mencintai sesama (khususnya Nabi dan ke...luarganya sbgmn diwajibkan dlm bacaan shalawat dalam shalat, Allahumma shali 'ala Muhammad wa 'ala aali Muhammad kama Shallayta 'ala Ibrahim wa 'ala aali Ibrahim wa baarik 'ala Muhammad wa ;ala aali Muhammad kama barakta 'ala Ibrahim wa 'ala aali Ibrahim ), menghormati pluralitas/keragaman (kebebasan berpendapat, tdk ada paksaan dlm agama) dan menyeru kita utk Iqra (belajar seumur hidup) dan menggunakan akal pikiran (rasional logis). Lihat Selengkapnya
            12 Juli jam 20:44 · · 2 orangMemuat...
          • Ahmad Mudjiono Rayya banyak dari para dai muda yg kadang membid'ahkan sesama muslim merupakan dai-dai karbitan & instan, mereka ta pernah mau menimba ilmu pada ulama-guru kita aswaja ala NU. banyak dari mereka kurang pandai dalam ilmu agama tetapi tlah brani sembrono menggunakan dalil agama bagi kepentingan golongannya. inilah KESESATAN yang di yakini KEBENARANNYA
            12 Juli jam 20:47 ·
          • Agus Abubakar Arsal Alhabsyi Kepada yg berminat utk diskusi dan punya waktu tentunya, silahkan menemui sdr Abu Albani. Semoga Allah membimbing kita semua ke jalan yg lebih lurus.
            12 Juli jam 20:49 ·
          • Usman Soekarno Arsal Alhabsyi Saya kira undangan Sdr Abu Albani patut disambut. Kalau bisa, Habib Agus dapat menjadi fasilitatornya. Kalau boleh wakil-wakil dari Mazhab Syafi'i serta Universitas Al-Azhar Mesir dsb dapat dihadirkan pula agar tujuan diskusi dapat tercapai.
            12 Juli jam 20:56 ·
          • Usman Soekarno Arsal Alhabsyi Tambahan saran lagi. Lebih baik jika diskusi dapat divideokan agar ummat yg tak sempat hadir dapat pula menyimaknya nanti.
            12 Juli jam 20:57 ·
          • Abu Albani Smoga ALLAH menyelamatkan kita dari kebodohan dan berbicara tanpa ilmu sehingga tidak dijadikan agama ini hanya seperti orang yg kenyang tapi tidak tahu yg di makan...teliti dan pelajari wahai kaum muslimin mana pembicaraan dan perbuatan yg benar sebelum kita tau apakah sudah shahih sanad dan matan pembicaraan seseorang.
            12 Juli jam 20:59 ·
          • Usman Soekarno Arsal Alhabsyi
            Menyusun kalimat yang tampak luarnya indah memang mudah. Tetapi mengemas pesan kebenaran secara bijak hanya mungkin terjadi dari jiwa-jiwa yg tercerahkan. Jiwa-jiwa yg jauh dari klaim-klaim kebenaran bagi dirinya sendiri. Mereka tahu bahwa ...pemahaman mereka terhadap agama tidak identik dengan agama itu sendiri. Mereka tak mungkin terjerumus dalam menuhankan pemahaman dan pendapat selain dari sang pemilik otoritas yg tersucikan. Keshahihan sebuah sanad tidak secara otomatis memastikan keshahihan isi pesannya. Kritis terhadap silsilah sanad, perlu. Tapi tak kalah pentingnya, kritis terhadap substansi pesan. Sesuaikah ia dgn spririt al-Quran? Sesuaikah ia dgn akal sehat anugrah Ilahi? Jika tidak, maka kita harus menolaknya. Karena pastilah itu dusta yg diada-adakan mengatasnamakan Kanjeng Rasul saw.Lihat Selengkapnya
            12 Juli jam 21:16 ·
          • Denny Kurniawan addin ya,ni ilm iman wa amal laisa mujadalah
            12 Juli jam 21:22 ·
          • Firman Putrajaya Moeslim Taher
            ‎@ibnu muhammad dan abu albani: kalau kita mau membuka mata dan "mata hati" kita, bukti2 nyata sangatlah terlihat jelas. Bagaimana kaum wahabi dgn mudah mengkafirkan saudara muslim yg lain, seperti kaum wahabi dan "pion2" di dunia maya sela...lu menyerang umat islam yg berbeda mazhab. Kaum wahabi terus menghancurkan dan memusnahkan saksi bisu dr sejarah islam, karena takut akan ditemukannya kebenaran yg hakiki. Dgn dalih apapun kaum wahabi akan berusaha mengkultuskan bahwa merekalah yg paling benar dan suci serta selalu menyesatkan org2 yg berbeda. Lihat Selengkapnya
            12 Juli jam 21:51 melalui Facebook Seluler ·
          • Firman Putrajaya Moeslim Taher ‎@abu albani: coba anda nasehati juga ibnu muhammad, yg tiap hari dlm statusnya hanya menebar fitnah dan perpecahan. Jgn karena sesama penganut wahabi antum tdk mengingatkannya. Sukran.
            12 Juli jam 21:55 melalui Facebook Seluler ·
          • Bun Bun Nuk Nuk Rasul saw bersabda : "Dan aku demi Allah tidak merisaukan kalian akan
            musyrik setelah aku wafat, tapi yg kutakutkan adalah keluasan duniawi
            atas kalian" (Bukhari Muslim)
            12 Juli jam 22:20 ·
          • Ato Hartoyo Yakher tulisan, u ingatkan kita. Hanya saja blm ada upaya sistimatis dari kita yg sunni teruatama di indonesia u mencegah upaya penyebaran wahabi. Ada masjid yg awalnya NU banget jumatan azan dua kali dst kini menjadi milik wahabi. Mari bangkit secara kolektip cegah wahabi.
            12 Juli jam 22:55 melalui Facebook Seluler · · 1 orangMemuat...
          • Bun Bun Nuk Nuk saya brharap para habaib dan ulama nu untuk lebih merapat ,.........namun seeblom itu semua alangkah baik nya dengan diskusi diskusi yang sehat tentu nya dengan ilmu ........ilmu manusia bila dengan ilmu allah seperti jarum yang di celupkan di laut ........jika tadi di atas aa yang menyinggung ilmu dan tauhid maka ilmu dan tauhid yang seperti apa ?????/
            12 Juli jam 22:58 ·
          • Abdurrahman Shahab izin share Ustadz...
            syukron....
            12 Juli jam 23:06 ·
          • Agus Abubakar Arsal Alhabsyi
            sdr Bun Bun: Sahih, bhw RasuluLlah tdk pernah khawatir bhw umatnya kan musyrik sepeninggal beliau. Minggu yg lalu di Mekkah ketika saya akan memasuki hotel di as Sofwah, saya dan jama'ah (dan juga lain2nya) dan ditanyai asal negara. Setela...h mereka tahu kami org Indonesia atau Malaysia maka mereka pun menyerahkan sejumlah buku kpd kami a.l. buku yg berjudul Benteng Tauhid. Setelah saya simak ternyata propaganda aliran mrk yg isinya pemurnian aqidah. Mereka sangat khawatir dg prilaku kaum muslimin yg dtg ke kuburan yg kmd, menurut mrk berdoa kpd ahli kubur. Di halaman 128 dst mereka menyerang kebiasaan memperingati puasa Rajab, Nisfu sya'bn, Isra Mi'raj, peringatan Maulid (h. 164) dll dan menyebutnya sbg Bid'ah. Mereka berulang2 mengutip hadist "sesungguhnya setiap hal yg diada-adakan adlh bid'ah, dan setiap bid'ah itu adalah sesat" (biasanya diteruskan dg kalimat "setiap yg sesat itu di neraka"). Dengan dmk dpt disimpulkan bhw seluruh Kaum Muslimin yg mengamalkan hal2 tsb sesat dan di neraka.. Naudzubillahi min dzaalik. Nampaknya kita perlu men'klir'kan makna dan pengertian bid'ah yg sesat tsb.Lihat Selengkapnya
            12 Juli jam 23:13 · · 1 orangMemuat...
          • Ato Hartoyo Sy pernah satu kereta dg seorang yg ngaku salafy, berjenggot celana diatas tumit, islami sekali ngikutin sunah Rasul. Tp maaf sama sekali tdk ramah, tdk ada senyum padahal ke sesama muslim. Sy pikir ini personality satu orang itu saja. Tp kemudian ketemu lg orang lain dipasar, wajahnya tanpa senyum. Kalau banyak orang seperti itu gimana Islam akan berkembang. Maaf ini naif bukan generalisasi, tp patut dicermati.
            12 Juli jam 23:21 melalui Facebook Seluler ·
          • Ato Hartoyo
            Satu lagi, percuma dan akan sia-2 kita untuk mengklirkan hal2 bid'ah , sedangkan bid'ah itu dolaalah dan dolalah fin nar (menurut mereka, dan ini mencari ciri mudah kalau kita jumatan dan khatib mengutip seperti itu). atau hadist ini yang ...diulang2 Abdullaah ibn Mas'ood radiallaahu 'anhu, said: "Follow and do not innovate, for you have been given that which is sufficient (the Sunnah) and every innovation is misguidance."

            yang perlu kita lakukan tidak melawan frontal, tapi justru bersenyum kepada mereka, tunjukkan ahlakul karimah kita... saya sering bingung ada orang muslim yang akan menghancurkan orang muslim sendiri, coba ada orang islam (mudah2n bukan orang Islam ) membuat grup di facebook KAMI WAHHABI PEMBASMI SYIRIK dan BID'AH MUSUH dari DAJJAL GUS DUR dan HABIB.

            Padahal kalau disimak, peran habaaib di Indonesia dari sabang sampai meruake dalam mensyiarkan Islam dan para habaaib udah menyatu dengan orng Indonesia. Kalau orang Islam maka mereka justru akan berbahu membahu dengan habaaib untuk menjaga ke islam an kita atau masyarakat kita. saking menyatunya habib di Indonesia, bupati di Kaimana pun (Papua) adalah seorang habib, belum lagi yang lain. Ini contoh saja, kenapa? karena habib membawa Islam dengan senyum, bukan dengan sungut (muka serem).

            Jadi baik yang ahlu sunnah syafi'iyah (mayoritas Indonesia), maupun yg ngaku wahabi, tirulah cara dakwah habib dulu yg dengan senyum berhasil menyatu dan mengislamkan masyarakat Indonesia, nusantara dsri sabang sampai merauke. bukan dengan mengkafirkan orang islam sendiri.
            Lihat Selengkapnya
            12 Juli jam 23:48 ·
          • Ato Hartoyo
            Ya habib Arsal, antum ga perlu takut, dengan buku2 yg mereka terbitkan dalam pelbagai bahasa itu. ana juga pernah dapat waktu keluar dari masjid Bir Ali madinah. akan sia2 saja , karena Allah swt pasti membela umatnya yang benar dalam arti ...berahlakul karimah. Yang jelas di dalam masjid Haram, sampai sekerang faham ahlusunnah waljamaah masih dipegang teguh, azan Jumat dua kali, solat tarawih 20 rakaat, khotbah jumat menyebut semua khulafaar rasjidiin.di depan kabaah semua islam masih menyatu. bulan rajaab dan sya'ban banyak orang iran di masijdil haraam dan nabawi yg beribadah dengan caranya sendiri, semuanya Islami ...oprang afrika beribadah dengan caranya sendiri, orang turki dengan pelbagai cara nya sendiri...semuanya islam kok dan menyatu lebur di depan kabaah...

            Allah bersama kita....
            Lihat Selengkapnya
            12 Juli jam 23:59 ·
          • Bun Bun Nuk Nuk pak agus , ijinkan ana main ketempat antum .... tolong kirim alamt nya ke inbox ,....insya allah saya ke tempat pak agus hari kamis minggu ini ,......subhanallah ... tak ada daya dan upaya saya pak
            13 Juli jam 0:05 ·
          • Bun Bun Nuk Nuk
            antara ilmu allah dengan imajinasi itu berbeda ......menurut sejarah yan di di rawi kan sebelom ada nya praktek sholat secara syareat ..rosulullah SAW ,...menggembleng para sahabat tiga belas tahun lama nya ,.. sehingga pada suatu... ketika sahabat mengeluhkan sesuatu dan mengutarakan nya kepada rosulullah ,...''ya rosulullah bagai mana kami mau ke wc sementara kami merasa di lihat oleh allah''...pernyataan sahabat di tersebuut menurut saya menunjukan kalo derajat mereka telah samapai pada ikhsan ...........Lihat Selengkapnya
            13 Juli jam 0:09 ·
          • Bun Bun Nuk Nuk yang saya maksud di atas , jika kita berbicara megenai tauhid tentu nya kita akan berbicara tentang tasawuf =qalam ....karna hal itu adadalah sarana untuk benar nya tauhid kita kepada allah ,,....begitu juga berkenaan dengan ALLAH dengan sifat sifat nya , tentu sifat dua puluh itu telah banyak para ulama ulama terrdahulu yang mengkaji nya dalam arena tasawuf ......
            13 Juli jam 0:12 ·
          • Bun Bun Nuk Nuk rosulullah bersabda ,..kurang lebih ..'' jangan lah kalian melakukan perbuatan yang kalian tidak ketahui ilmu nya '' .......
            13 Juli jam 0:13 ·
          • Yuddi Masaling Batam
            ‎@Albani: Uraian antum memang terdengar indah dan bersahaja.. tapi maaf, baik dan indah menurut pandangan antum, belum tentu demikian halnya di"mata" Allah dan Rosulnya.

            Tak ada jaminan kebenaran dari Allah maupun Rosul SAWW atas orang2 yg a...nda sebutkan. Itu semata (menurut saya) hanyalah ulah pribadi tokoh wahabi yg mencoba membuat dirinya merasa benar.

            Padahal sudah sangat jelas dalam banyak hadits sunni bahwa secara sistematis sesuai aturan Allah, didalam Rosul SAWW menyampaikan risalahnya, sedemikian rupa (sesuai ketentuan Allah) untuk diteruskan oleh manusia-manusia pilihan yakni melalui Ahlul Baytnya yg telah disucikan. Sehingga segala apa yg diucapkan dan dilakukan oleh Rosul terjamin keabsahannya/kemurniannya melalui mereka.

            Bukannya melalui orang yg mengklaim bahwa diri mereka sendiri adalah suci dan benar. Mari kita semua agar tidak terbuai dgn keindahan semu, itu semata hanyalah tipu daya syeitan yg dgn segala cara membuai kita dalam kesesatan. Na'udzubillah tsumma na'udzubillahi min dzaalik..

            Allahumma sholli 'alaa Muhammad wa aali Muhammad..
            Lihat Selengkapnya
            13 Juli jam 0:17 ·
          • Bun Bun Nuk Nuk berangkat dari sudut pandang ini saya melihat nya ..namun hal ini cukup panjang ,...juga dari ilmu periwayatan saya sangat minim ,....tapi inysa allah dari apa yang saya pahami kalo alquran itu adalah tauhid ,...
            13 Juli jam 0:22 ·
          • Bin Ali Ali izin share ustadz.....syukran
            13 Juli jam 0:23 ·
          • Bun Bun Nuk Nuk Al-An`aam:144 dan sepasang dari unta dan sepasang dari lembu. Katakanlah: "Apakah dua yang jantan yang diharamkan ataukah dua yang betina, ataukah yang ada dalam kandungan dua betinanya? Apakah kamu menyaksikan di waktu Allah menetapkan ini bagimu? Maka siapakah yang lebih zalim daripada orang-orang yang membuat-buat dusta terhadap Allah untuk menyesatkan manusia tanpa pengetahuan ?" Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim.
            13 Juli jam 0:33 ·
          • Pencerah Hati Wahabi Ajaran Bathil berkedok Tauhid, Nggak aneh kalau wahabi punya tradisi mengkafirkan golongan muslim yg berbeda mazhab dengannya karena pondasi pengkafiran itu sendiri sudah mereka didirkan dengan sangat kokohnya yaitu Menghukumi kafir Orang tua NabiAllah Ibrahim As, Menghukumi Kafir kedua Orang Tua Nabi Saaw, dan menghukumi kafir paman tercinta Nabi Saaw Sayyidina Abu Thalib....jadi kesimpulannya bukan wahabi kalau nggak ahli fitnah dan kedustaan...
            13 Juli jam 0:34 ·
          • Ato Hartoyo
            kita ini yang alhamdulillah udah Islam masih mendiskusikan tentang Islam, ribut2 tentang Islam, apa ga malu ama orang muallaf yg belajar Islam dan akhirnya masuk Islam dengan kesadaran dan hidayah Allah, betapa akan sedihnyamereka lihat kit...a masih mempertanyakan tentang Islam.

            Coba lihat sejarah mereka yg masuk ke Islam
            http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_converts_to_Islam

            Coba baca buku2 Jeffrey Lang, gimana dia akhirnya menemukan Islam. udah ada kok bahasa Indonesia.
            Lihat Selengkapnya
            13 Juli jam 0:36 ·
          • Bun Bun Nuk Nuk ato hartoyo apa ente udah benar benar membuka mata ente sehingga ente tau yang sebenar nya terjadi ,.......di tambah lagi udah banyak hadist kalo nanti memanga akan ada peperangn ....ente mau mengingkari hadist itu ???..
            13 Juli jam 0:39 ·
          • Bun Bun Nuk Nuk ato hartoyo , ente lihat nih link ini juga ,,http://www.facebook.com/?ref=home#!/video/video.php?v=111887292193642&ref=mf
            13 Juli jam 0:39 ·
          • Pencerah Hati to All : WAHABISME ADALAH AJARAN BATHIL BERKEDOK TAUHID....SIAPA YANG MAU BANTAH ?????????
            13 Juli jam 0:42 ·
          • Bun Bun Nuk Nuk
            Al-Hajj:071
            Dan mereka menyembah selain Allah, apa yang Allah tidak menurunkan keterangan tentang itu, dan apa yang mereka sendiri tiada mempunyai pengetahuan terhadapnya. Dan bagi orang-orang yang zalim sekali-kali tidak ada seorang penol...ongpun.
            Lihat Selengkapnya
            13 Juli jam 0:42 ·
          • Bun Bun Nuk Nuk An-Naml:066
            Sebenarnya pengetahuan mereka tentang akhirat tidak sampai (kesana) malahan mereka ragu-ragu tentang akhirat itu, lebih-lebih lagi mereka buta daripadanya.
            13 Juli jam 0:43 ·
          • Bun Bun Nuk Nuk Ar-Ruum:029 Tetapi orang-orang yang zalim, mengikuti hawa nafsunya tanpa ilmu pengetahuan; maka siapakah yang akan menunjuki orang yang telah disesatkan Allah? Dan tiadalah bagi mereka seorang penolongpun.
            13 Juli jam 0:44 ·
          • Bun Bun Nuk Nuk
            Luqman:020
            Tidakkah kamu perhatikan sesungguhnya Allah telah menundukkan untuk (kepentingan)mu apa yang di langit dan apa yang di bumi dan menyempurnakan untukmu ni`mat-Nya lahir dan batin. Dan di antara manusia ada yang membantah tentang ...(keesaan) Allah tanpa ilmu pengetahuan atau petunjuk dan tanpa Kitab yang memberi penerangan.
            Lihat Selengkapnya
            13 Juli jam 0:45 ·
          • Bin Ali Ali
            ‎@abu albani : sy msh bingung dg ucapan anda : kepada seluruh saudaraku yg dirahmati ALLAH AZA WA JALA jgn lah menulis berita dusta apalagi tanpa bukti hukumnya haram ,mari berdiskusi dgn ilmu dan jgnlah adu domba atau fitnah..ittaqillah ya... akhi, mari kita perdalam ilmu agama dan perkuat aqidah ,agar kita terhindar dari kebodohan dan kedustaan.
            ======================================

            kejadian beberp wktu lalu yg menimpa umat muslim indonesia terjadinya pengeboman di wilayah indonesia,smua mayoritas yg meninggal adalah saodara muslim yg di berkati ALLAH AZZA WA JALLA yg sdg berjihad mencari nafkah,menuntut ilmu. Knapa para WAHABI tdk menjadikan mrk sodara....?????????
            Lihat Selengkapnya
            13 Juli jam 0:48 ·
          • Pencerah Hati ‎1000 tahun ibadah nggak ada artinya kalau menyakitkan hati RAsulullah Saaw seperti kaum WAHABI ini...mengkafirkan Orang Tua Nabi Saaw itulah buah pemurnian agama syikhul nejed ibnu abdul wahab....
            13 Juli jam 0:50 ·
          • Pencerah Hati ‎1000 tahun ibadah nggak ada artinya kalau menyakitkan hati Rasulullah Saaw dengan menghukumi Orang Tuan Nabi Saaw Kafir...itulah buah pemurnian agama syaikhul nejed ibnu abdul wahab.....
            13 Juli jam 0:51 ·
          • Bun Bun Nuk Nuk sabar sabar saudara ,...insya allah dengan hujjah dulu ,....bagi yang memiliki ilmu dan juga tentang periwayatan maka tuangkan lah disini ......maka nanti lihat hasil nya ,...
            13 Juli jam 0:51 ·
          • Bun Bun Nuk Nuk An-Najm:030
            Itulah sejauh-jauh pengetahuan mereka. Sesungguhnya Tuhanmu, Dialah yang paling mengetahui siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dia pulalah yang paling mengetahui siapa yang mendapat petunjuk.
            13 Juli jam 0:52 ·
          • Ato Hartoyo syukron ya akhi bbnn, yakher video... gimana ya cara save video tsb..kalau akses langsung lama euy, link ana lambat sekali.
            13 Juli jam 0:58 ·
          • Pencerah Hati itulah wahabi orang yg paling rendah diri di tengah pergaulan muslim dunia biasanya bid'ah ini sesat itu kafir ini kafir itu....payah...
            13 Juli jam 0:58 ·
          • Bun Bun Nuk Nuk itu pun saya dapet di wall nya temen saya ,....nama nya asfi abu dzukruf ,...saya juga belom lihat semua nya masalah nya , internet nya lambat tapi saya lhat sepintas dan mirip dengan tulisan pada notes ini ...
            13 Juli jam 1:01 ·
          • Bun Bun Nuk Nuk saya lagi nyari ayat yang kurang lebih tentang alquran itu di dalam kitab induk lauhul ma`fuz dan juga ayat yang satu nya lagi jika jin danmanusia di kumpulkan untuk membuat ayat yang semisal ,........kalo ada yang tahu tolong di pos kan ....pada koment notes ini ...
            13 Juli jam 1:06 ·
          • Bun Bun Nuk Nuk
            Al-Baqarah:030

            Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerus...akan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui

            Al anbiya 21;10 ... See More
            Sesungguhnya telah Kami turunkan kepada kamu sebuah kitab yang di dalamnya terdapat sebab-sebab kemuliaan bagimu. Maka apakah kamu tiada memahaminya?

            Ali-`Imraan:108

            Itulah ayat-ayat Allah. Kami bacakan ayat-ayat itu kepadamu dengan benar; dan tiadalah Allah berkehendak untuk menganiaya hamba-hamba-Nya.

            Al-Qiyaamah:017

            Sesungguhnya atas tanggungan Kamilah mengumpulkannya (di dadamu)
            dan (membuatmu pandai) membacanya.
            ... See More
            Al-Insyiraah:001
            Bukankah Kami telah melapangkan untukmu dadamu?,

            An-Naas:005
            yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia,

            Al-Mu`min:056

            Sesungguhhnya orang-orang yang memperdebatkan tentang ayat-ayat Allah tanpa alasan yang sampai kepada mereka tidak ada dalam dada mereka melainkan hanyalah (keinginan
            Lihat Selengkapnya
            13 Juli jam 1:23 ·
          • Bun Bun Nuk Nuk yang di maksud hukum allah adalah berkenaan dengan tauhid dan dan alquran adalah referensi akan tauhid itu sendiri .........yang mendasar dari hukum allah adalah qada dan qadar ....TAKDIR ........DIMANA YANG BERIMAN AKAN DI UJI .......subhanallah panjang juga nih ...
            13 Juli jam 1:24 ·
          • Bun Bun Nuk Nuk apa yang saya ungkap kan di atas berdasar kan beberapa hadist rosulullah di antara nya ....''islam akan rusak oleh umat nya ''......llantas ...''amanah bukan pada ahli nya '' ....
            13 Juli jam 1:27 ·
          • Agus Abubakar Arsal Alhabsyi
            Mari menjaga hati dan kata-kata kita. Bacaan, guru, sahabat dan lingkungan yg berbeda melahirkan sudut pandang yg berbeda. Perbedaan itu sendiri adlh sesuatu yg tak terhindarkan dan kita diuji bgmn akhlaq kita menyikapi perbedaan. Allah men...yebutkan hendaknya kita berlomba2 berbuat kebajikan (sgl sst yg membawa maslahat bg umat, yi. amal saleh), bukan saling mengklaim apalagi menganggap sesat yg lain secara sepihak. Bukankah nabi menyebutkan yg maknanya k.l.: Janganlah hendaknya kita berkata2 atau berbuat hal yg kita sendiri tidak suka jika diperlakukan seperti itu. Jika anda tdk suka dianggap sesat/bid'ah maka janganlah menyesatkan atau membid'ahkan org lain secara serampangan. Mari berdoa dan berharap yg terbaik utk seluruh umat Nabi Muhammad. Apa yg tdk kita sukai dlm prilaku kelompok yg kita kritik jangan sampai tercermin dalam prilaku kita.

            Tulisan yg saya share diatas tdk semuanya saya sepakati, tapi saya juga melihat sejumlah fakta yg tak terbantahkan yg mana bisa diverifikasi dlm sejumlah buku yg membahas ttg Wahabi spt karya ulama terkenal (dimasa lalu, tentu saja) spt Sayyid Ahmad Zaini Dahlan (Imam Mesjid al Haram dan Mufti Syafi'ie di Mekkah al-Mukarromah yg menulis bantahn trhdp Wahhabi, beliau hidup di zaman awal fitnah Wahhabi dan menulis buku: Ad Durarus Saniyah Firradi ‘alal Wahabiyah dan Fitnatul Wahabiyah), Hamid Algar (Wahabisme: Sebuah Tinjauan Kritis. Penerbit : Paramadina), Syaikh Jakfar Subhani (“Studi Kritis Faham Wahabi: Tauhid Dan Syirik”, Penerbit, Mizan), dll.

            Ternyata setelah saya usut lebih jauh sumber tulisan di atas adalah karya Sayyid Ahmad Zaini Dahlan yg berjudul: al-Futuhat al-Islamiyah, Vol. 2, h.357.

            `Abbas Mahmud al-`Aqqad al-Misri mengatakan: Orang yang paling
            kuat menentang adalah saudaranya sendiri (Muhammad ibn Abd Wahhab) yaitu , al-Syaikh Sulayman, penulis kitab al-Sawa`iq al-Ilahiyyah. Beliau tidak mengakui saudaranya itu mencapai kedudukan berijtihad dan mampu memahami al-Kitab dan al-Sunnah. Al-Syaikh Sulayman berpendapat bahwa para Imam yang lalu, generasi demi generasi tidak pernah mengkafirkan ashab bid`ah, dalam hal ini tidak pernah timbul persoalan kufur sehingga timbulnya ketetapan mewajibkan mereka memisahkan diri daripadanya
            dan sehingga diharuskan pula memeranginya kerana alasan tersebut.
            Lihat Selengkapnya
            13 Juli jam 1:31 · · 2 orangMemuat...
          • Bun Bun Nuk Nuk ada ayat yang kurang lebih bahwa ilmu allah meliputi segala sesuatu ,.....hal ini menjelaskan apa yang sering mereka anggap bid`ah ,...karna jika di sambung dengan hadist tadi yang kurang lebih jangan lah melakukan sesuatu yang kalian tidak ketahui ilmu nya .........
            13 Juli jam 1:46 ·
          • Agus Abubakar Arsal Alhabsyi
            sdr BBNN: kata Lauh al Mahfudz terdpt dlm ayat 21-22 surat Al Buruuj. Dan albaqarah 2:23. Dan jika kamu (tetap) dalam keraguan tentang Al Quran yang Kami wahyukan kepada hamba Kami (Muhammad), buatlah[31] satu surat (saja) yang semisal Al Q...uran itu dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar.
            Lihat Selengkapnya
            13 Juli jam 1:46 · · 1 orangMemuat...
          • Bun Bun Nuk Nuk yukron bib .,,,,,

            aduh uang saya kayak nya nggak bisa lama di warnet nih ,....

            insya allah nanti saya sambung lagi deh
            13 Juli jam 1:52 ·
          • Bun Bun Nuk Nuk atapi siapa yang mau erangkai nya silah kan di rangkai ,.....karnamemang seperti yang saya ungkap kan di atas bahwa referensi tauhid itu adalah alquran ......silahkan
            13 Juli jam 1:55 ·
          • Agus Abubakar Arsal Alhabsyi
            NU online
            http://forum.nu.or.id/viewtopic.php?t=28&f=5

            Presiden Republik Indonesia ke-4 KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dengan tegas menyatakan, kaum Wahabi menjadi keras dan merasa benar sendiri, tak lain karena pengaruh kerja samanya dengan... Dinasti Saudi. "Kaum Wahabi keras, itu karena kerja sama dengan Dinasti Saudi. Itu yang penting. Penting sekali. Dinasti Saudi ini mengidap rasa rendah diri. Kenapa? Karena mereka keturunan Musailamah al-Kadzab."
            Demikian disampaikan Mantan Ketua PBNU itu pada diskusi buku karya Stephen Sulaiman Schwartz berjudul Dua Wajah Islam: Moderatisme Vs Fundamentalisme dalam Wacana Global, di Auditorium Nurcholish Madjid Universitas Paramadina Jl. Gatot Subroto, Kav. 96-97, Mampang Prapatan Jakarta Selatan, Rabu, (31/10/2007) malam. Buku ini
            berjudul asli The Two Faces of Islam: The House of Saud from Tradition to Terror (2002) yang diterjemahkan dan diterbitkan kembali oleh the WAHID Institute pada September, 2007.

            Pada jaman Nabi Muhammad SAW, Musailamah al-Kadzab (Sang Penipu) pernah mengaku menjadi nabi. Dia dulu tinggal di Yalamlam, daerah antara Jedah dan Yaman. Dan, kata Gus Dur, Dinasti Saudi dulu menamai istananya dengan Istana Yalamlam. "Ketika Faishal menjadi raja, nama itu diubah menjadi Istana Riyadh. Soal ini kita harus tahu persis sejarahnya, biar kita tidak berat sebelah", pinta Gus Dur. "Jadi, sikap rendah diri itu lalu ditutupi dengan sikap seolah paling benar sendiri. Wahabi dijadikan alat untuk menutupi masa lalu Dinasti Saud saja,"tegas Gus Dur. "Saya tahu ini dari informasi-informasi yang masuk. Saya bicara apa adanya. Obyektifitas itu penting dan menuntut sikap yang betul-betul mendalam tanpa pikiran macam-macam", imbuhnya.
            Lihat Selengkapnya
            13 Juli jam 2:13 · · 2 orang2 orang menyukai ini.
          • Agus Abubakar Arsal Alhabsyi Bagi yg ingin membaca kelanjutan notes yg saya kutip di atas silahkan buka:
            http://forum.detik.com/showthread.php?p=2950919#post2950919
            13 Juli jam 2:32 ·
          • Agus Abubakar Arsal Alhabsyi atau silahkan telusuri:
            http://archive.kaskus.us/thread/1609463/300
            13 Juli jam 2:33 ·
          • Agus Abubakar Arsal Alhabsyi ternyata artikel tsb pernah dimuat di rubrik Bayan, majalah bulanan Cahaya Nabawiy No. 33 TIL III Sya'ban 1426 H I September 2005 M.
            13 Juli jam 2:48 ·
          • Bun Bun Nuk Nuk Al-Jaatsiyah:006
            Itulah ayat-ayat Allah yang Kami membacakannya kepadamu dengan sebenarnya; maka dengan perkataan manakah lagi mereka akan beriman sesudah (kalam) Allah dan keterangan-keterangan-Nya.
            13 Juli jam 3:30 ·
          • Bun Bun Nuk Nuk
            Al-Ahqaaf:026
            Dan sesungguhnya Kami telah meneguhkan kedudukan mereka dalam hal-hal yang Kami belum pernah meneguhkan kedudukanmu dalam hal itu dan Kami telah memberikan kepada mereka pendengaran, penglihatan dan hati; tetapi pendengaran, ...penglihatan dan hati mereka itu tidak berguna sedikit juapun bagi mereka, karena mereka selalu mengingkari ayat-ayat Allah dan mereka telah diliputi oleh siksa yang dahulu selalu mereka memperolok-olokkannya.
            Lihat Selengkapnya
            13 Juli jam 3:32 ·
          • Bun Bun Nuk Nuk Al-Hadiid:009
            Dialah yang menurunkan kepada hamba-Nya ayat-ayat yang terang (Al-Quraan) supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya. Dan sesungguhnya Allah benar-benar Maha Penyantun lagi Maha Penyayang terhadapmu.
            13 Juli jam 3:38 ·
          • Bun Bun Nuk Nuk Yusuf:108
            Katakanlah: "Inilah jalan (agama) ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujjah yang nyata, Maha Suci Allah, dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik".
            13 Juli jam 3:46 ·
          • Bun Bun Nuk Nuk
            Ar-Ra`d:031
            Dan sekiranya ada suatu bacaan (kitab suci) yang dengan bacaan itu gunung-gunung dapat digoncangkan atau bumi jadi terbelah atau oleh karenanya orang-orang yang sudah mati dapat berbicara, (tentulah Al Quraan itulah dia) . Sebe...narnya segala urusan itu adalah kepunyaan Allah. Maka tidakkah orang-orang yang beriman itu mengetahui bahwa seandainya Allah menghendaki (semua manusia beriman), tentu Allah memberi petunjuk kepada manusia semuanya. Dan orang-orang yang kafir senantiasa ditimpa bencana disebabkan perbuatan mereka sendiri atau bencana itu terjadi dekat tempat kediaman mereka, sehingga datanglah janji Allah. Sesungguhnya Allah tidak menyalahi janji.
            Share
            Lihat Selengkapnya
            13 Juli jam 3:47 ·
          • Maman Suparman bucheri oh...bucheri....
            13 Juli jam 11:22 ·
          • Andi Setiawan buat apa mazhab wahabi di diskusikan ,sudah jelas coraknya .
            13 Juli jam 12:23 ·
          • Anwar R. Soediro ada2 aja ustaz, polemik klasik ini sudah lama dan membuat luka dalam pada ummat di negeri ini (era sukarno dan awal era suharto) ber istghfar ustaz supaya tidak terulang lagi atau klo mau buat pencerahan muat artikel2 yang berimbang
            13 Juli jam 14:30 ·
          • Agus Abubakar Arsal Alhabsyi
            Saya tunggu artikel sdr Anwar, sbgmn sdr Albani juga sdh mengirimkannya. saya heran dgn sdr2 yg mengritik bahkan menuduh tapi tdk memberi jawaban. Luka perpecahan ini masih berdarah2 krn msh ada yg meneruskan tradisi pembid'ahan, penyesatan... dan peng'kafir'an, dan menganggap hanya golongannya sendiri yg selamat. Selama kelompok ini terus menerus memecah belah umat, kami akan terus mengungkapkan kebenaran ttg siapa mereka dan sejarah mereka. Kami akan tegas terhadap mrk yg memecahbelah umat. AlhamduliLlaah Muhammadiyah dan NU telah secara rutin menyelenggarakan forum internasional utk dialog inter dan antar agama. Saya juga menghargai upaya Raja Abdullah dari Saudi Arabia yg juga menyelenggarakan Forum dialog internal Islam yg dihadiri oleh ulama2 dr mazhab Sunni dan Syi'ah di Mekkah al Mukarromah. Tapi saya juga menolak penghancuran situs2 bersejarah Islam di kedua kota suci umat Islam dunia tsb. Saya tunggu artikelnya. Salam damaiLihat Selengkapnya
            13 Juli jam 15:01 · · 2 orangMemuat...
          • Anwar R. Soediro Seluruh sekte akan klaim dirinya paling benar, dan bersemangat kaya ustaz untuk menakluk kan hujah2 lawan bahkan ada yang menggunakan kekerasan (tdk usah di luar negeri di dalam negeri ini juga banyak yang menggunakan kekerasan), apakah anda ingin ikut memecah belah? rasanya anwar tidak akan ikut ustaz jadi gak perlu kirim artikel (tapi klo ustaz pengen share dari anwar tentang artikel wahabi yang relatif tidak memihak boleh tapi via email aja ustaz)
            13 Juli jam 15:39 ·
          • Agus Abubakar Arsal Alhabsyi
            Al-Qur'an mengingatkan kita utk tdk merasa suci, merasa lebih baik (sbgmn Iblis). Para Mujtahid Mazhab Ahlus Sunnah wal Jama'ah dan Syi'ah Ahlul Bayt mengajarkan kita menyisihkan ruang bagi kemungkinan kebenaran di pihak lawan yg berbeda pe...ndapat. Dari sejak awal saya menyalin notes diatas sdh sy tuliskan: "..dapat didiskusikan lagi". Kalau anda tdk mau diskusi yaa tdk perlu kasih komentar apalagi menuduh.

            Saya merasa ada kontradiksi dlm respons sdr Anwar yg ingin menyatukan tp juga menyerang. Sy tdk tahu di pihak manakah sdr Anwar gerangan? Mereka yg membela para pemecahbelah adlh bgn dr mrk. Sy tdk mengafirkan Wahhabi, (Nabi bersabda bhw brgsiapa mengafirkan seorng muslim mk dia kafir) tp realitas sejarah yg ada perlu diketahui utk penyeimbang bagi sdr2ku yg termakan oleh propaganda mrk. Kita tdk perlu takut dg dialog. Dialog mengasah pikiran kita dan mengasah kebenaran. Saya hargai Jwbn sdr Al Bani (sy tdk hapus bukan?), silahkan dibandingkan dg menggunakan akal sehat dan hati nurani seraya mohon petunjuk kpd Allah. Al Qur'an menyuruh kita menyeru manusia dg hikmah dan nasehat yg baik tp juga tdk melarang kita utk berdebat asal dgn cara yg bijak. Saya masih menunggu artikel anda.

            Salam damai.
            Lihat Selengkapnya
            13 Juli jam 16:31 · · 1 orangMemuat...
          • Usman Soekarno Arsal Alhabsyi
            Saya kerap kebingungan ketika menyimak komen-komen yg seolah-olah arif yg berisi imbauan-imbauan agar menjaga keseimbangan dlm mengetengahkan informasi. Sementara yg bersangkutan menempatkan diri sebagai hakim pemutus bahwa selain dirinya a...dalah penebar fitnah perpecahan. Saya sungguh bingung u/mengategorikan makhluk ini ke mana?
            Tampak bahwa ybs tidak paham substansi materi yg tengah didiskusikan. Benar2 asal nimbrung sj. Mungkin ini gejala awal Skizofrenia. Semoga kita selalu mampu berintrospeksi dan tahu diri.
            Lihat Selengkapnya
            13 Juli jam 16:50 melalui Facebook Seluler · · 1 orangMemuat...
          • Anwar R. Soediro
            Berdiskusi pake cara yang santun (kan sudah pada tahu ini perintah Alloh) gak perlu bawa binatang atau mengundang iblis, alasan saya sudah jelas 1. Dialog Wahabi Sudah lama jadi bukan barang baru semakin di diskusikan semakin terjadi luka d...i hat ummat 2. Fsacebook ini yang baca juga publik janganlah perpecahan yang kita tonjolkan (jadi fungsi saya mengingatkan) 3. Secara pribadi saya tidak akan ikut campur dalam diskusi yg meurut pribadi saya akan membawa perpecahan seperti tahun 60 - 70 an 4. klo kepingin ngotot anwar suruh bikin artikel ya lewat email aja jadi tdk dibaca publik (anwar_raja_jawa@yahoo.com)Lihat Selengkapnya
            13 Juli jam 18:05 ·
          • Bun Bun Nuk Nuk adayang ngasih tahu ke ana di bis waktu ngobrol ngobrol kata nya begini ,....dunia ini cermin dari pada akherat ,....maka kalo bicara neraka ya itu sijjin itu di otak kiri dan iliyyin di otak kanan .........saat ini saya belom bisa mengambil kesimpulan tapi bagai mana menurut anda ,... maaf saya hanya intermezo sedikit ,....
            13 Juli jam 18:20 ·
          • Bun Bun Nuk Nuk insya allah di sini kita bisa menilai dari setiap koment koment yang ada ,..allah maha tahu apa yang kita lahir dan apa yang kita sembunyikan ,..
            13 Juli jam 18:25 ·
          • Usman Soekarno Arsal Alhabsyi
            ‎@Anwar R. Soediro, Kang Mas, mendiskusikan sesuatu secara sehat, jangan khawatir akan menorehkan luka. Diskusi-diskusi mencerahkan perlu digalakkan. Hanya dengan demikian proses pendewasaan ummat dapat terus dikembangkan. Kita harus terus ...belajar untuk saling menghargai dalam perbedaan. Selain dialog atau debat internal, bahkan dialog lintas agama pun bukan sesuatu yg perlu ditabukan. Yg selalu menjadi keprihatinan kita, adalah sikap arogan dan fanatisme sempit dari sementara kalangan yg mengklaim habis kebenaran hanya ada pada diri mereka saja. Bukan cuma itu, kelompok ini dgn penuh jumawa memonopoli habis kapling-kapling surga bagi diri dan kelompoknya. Bagi selain mereka, silakan puas sebagai santapan api neraka yg menyala-nyala. Padahal agama mengajarkan kita menjaga kesetimbangan antara harap dan cemas. Harap akan surga-Nya karena yakin akan kemurahan-Nya. Cemas akan siksa-Nya karena sadar tak layak untuk mencicipi ni'mat surga-Nya. Jika sikap ini pada masing2 kita, mana berani kita mengambil-alih otoritas Tuhan untuk memvonis si A pasti neraka atau si B pasti surga. Boro-boro ngurusin orang lain, diri kita sendiri saja tak kuasa kita jamin. Mari camkan bersama firman-Nya: "Ud'uu ilaa sabili rabbika bilhikmah walmau'izatilhasanah wa jaadilhum billatii hiya ahsan, inna rabbaka huwa a'lamu biman dhalla 'an sabiilih wa huwa a'lamu bilmuhtadiin." Lihat Selengkapnya
            13 Juli jam 19:24 · · 1 orangMemuat...
          • Agus Abubakar Arsal Alhabsyi Benar sdr BBNN dari komentar yg dilontarkan nilai seseorg tercermin. Semoga Allah melindungi kita dr perbuatan memecahbelah umat dan menganggap diri suci dan benar sendiri. Saya perlu mengingatkan diri saya sendiri ucapan Imam Ali: "Diam terkadang adlh sebaik-baik jawaban". Salam damai.
            13 Juli jam 19:25 · · 1 orangMemuat...
          • Agus Abubakar Arsal Alhabsyi Ya Allah ampuni kami, kedua orgtua kami, guru2 kami, semua yg mempunyai hak atas kami dan seluruh saudara kami kaum Muslimin-Muslimat, Mukminin-Mukminat yg masih hidup mau pun yg telah wafat. AstaghfiruLlah al-'azhiim wa atuubu ilayhi
            13 Juli jam 19:29 · · 1 orangMemuat...
          • Usman Soekarno Arsal Alhabsyi ‎@Bun Bun Nuk Nuk; terima ksh atas intermezonya. Semoga tak ada yg menggugat Anda telah mengetengahkan pemikiran yg bernuansa "bid'ah". Hehehe... Jika ada pun, mengapa harus repot?
            13 Juli jam 19:33 ·
          • Anwar R. Soediro
            Wah bagus juga komen2 di akhir ini, dulu saya ngelihat sendiri debat terbuka, di kampung2 masalah seperti ini (bid'ah) yang pro dan kontra (saya tidak mau sebut kelompoknya), hasilnya terjadi anti pati antara kelompok yang satu dengan yang ...lainnya selama berpuluh2 th, jadi saya mohon maaf bukan saya sombong jadi dari semenjak mahasiswa saya sudah sering diskusi masalah ini bahkan diskusi antar agama pun saya sudah lakukan. maka dulu saya mengajak temen untuk diskusi semacam ini dibahas secara akademik aja agar lebih kena sasaran daripada "gak keno iwake malah butek banyune" istilah jawa itu gak dapat ikannya malah keruh airnya.Lihat Selengkapnya
            13 Juli jam 22:21 ·
          • Bun Bun Nuk Nuk
            untuk mas anwar , barang kali nggak keberatan , bagai mana penjelasan anda satu ayat ini ..Al-A`raaf:178
            Barangsiapa yang diberi petunjuk oleh Allah, maka
            dialah yang mendapat petunjuk; dan barangsiapa yang disesatkan Allah ,
            maka merekalah... orang-orang yang merugi.Lihat Selengkapnya
            13 Juli jam 22:28 ·
          • Anwar R. Soediro
            ‎1).QS 7:178 ada penjelasannya di QS 2:26, yang disesatkan karena enggan memahami perumpamaan yang sepele (lalat) dalam hal ini, ya bahasa gampangnya menyepelekan, banyak hal sih seperti karena menganggap orang bodoh, atau karena tidak men...gutip ayat dsb.
            2). Kalo saya tidak merasa dipojokkan dan memojokkan, mungkin karena saya orang bisnis jadi terbiasa dengan bagaimana mengambil peluang , itu kan bagaimana menyeraskan logika bayani, logika irfani, dan logika burhani.
            3). Saya penganut baik dan buruk itu keluar dari hati dan fikiran yang sama, sama dengan laki dan perempuan gak perlu di lawankan tapi bersintesa untuk fastabiqul khoirot
            Lihat Selengkapnya
            13 Juli jam 23:37 ·
          • Bun Bun Nuk Nuk lantas apa bagai mana adakah hubungan nya dengan bidah ,... karna kata nya bidah itu kan sesat ,......bisa minta penjelasan nya
            13 Juli jam 23:40 ·
          • Anwar R. Soediro
            Waduh nawar sapeyan dah malem mau tidur, Manusia ini kan kerjaannya mengada ada (bid'ah) secara nature-nya, bahasa kerennya membuat budaya atau membuat sejarah baru, nah orang akan melihat dengan hati dan pikiran yang satu wah budaya itu ba...gus dan sekaligus bilang tapi ada kejelekannya juga ya. Contoh Kongkrit KH Ahmad Dahlan dan KH Hasyim Asy'ari, itu berguru dengan orang yang sama syeh moh. Khotib di Makah, tapi pulang di Indonesia yang satu melestarikan bid'ah (budaya tahlilan) dan yang satu membersihkan bid'ah. Kalo ke 2 nya Fastabikul khoirot kan Good2 ajaLihat Selengkapnya
            13 Juli jam 23:53 ·
          • Bun Bun Nuk Nuk ‎@anwar yang saya tanya kan hubungan nya dengan ayat tadi gimana >????...... kok jadi bawa bawa yang lain ..........
            14 Juli jam 1:44 ·
          • Ali Agung Arsal Alhabsyi
            QS 2:148, Dan setiap ummat mempunyai kiblat yang dia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu dalam kebaikan. Di mana saja kamu berada, pasti Allah akan mengumpulkan kamu semuanya. Sungguh, Allah Mahakuasa atas segala-galanya.

            dan sa...ya yakin bahwa diskusi ini adalah perbuatan baik untuk saling menambah ilmu atau membiasakan diri menerima perbedaan (tentunya hati kita yang menjadi ukuran sebenarnya)Lihat Selengkapnya
            14 Juli jam 3:39 ·
          • Firman Putrajaya Moeslim Taher
            ‎@ ArS : Seluruh sekte akan klaim dirinya paling benar, dan bersemangat kaya ustaz untuk menakluk kan hujah2 lawan bahkan ada yang menggunakan kekerasan (tdk usah di luar negeri di dalam negeri ini juga banyak yang menggunakan kekerasan)...... Anda menuduh Ustad agus menuai perpecahan, tapi apakah anda tdk membaca tulisan anda, yg jelas sgt emosionil... Memang hampir semua mazhab merasa mereka yg plg benar dan wajar, logikanya "kalau ada yg no.1 masa anda mau memilih yg no.2... Kalau spt itu, tandanya tdk wajar"... Cuma yg dilakukan oleh kaum wahabi sgtlah ekstremLihat Selengkapnya
            14 Juli jam 8:48 melalui Facebook Seluler ·
          • Anwar R. Soediro ‎@ firman: Sudah di Closing sama habib Ali Agung; baca Lagi aja runtutan dialog, Logika nya kaya Kecap semua nomor satu (ngutip closing habib ali hati masing2 yang menjadi ukurannya)
            14 Juli jam 11:33 ·
          • Bun Bun Nuk Nuk anwar ente udahan ???...
            14 Juli jam 16:34 ·
          • Anwar R. Soediro klo diskusi tidak menghujat kelompok aliran, monggo dilanjud
            14 Juli jam 16:58 ·
          • Agus Abubakar Arsal Alhabsyi
            banyak kelompok yg semakin dihujat semakin merasa benar. Krn menurut mrk para nabi pun mengalami hujatan, permusuhan bahkan pembunuhan oleh umatnya. Silahkan baca sejarah Muhammad Ibn Abdul Wahhab menurut versi mrk sendiri di Wikipedia. lal...u lakukan studi banding dg kenyataan setelah mrk berkuasa dan kondisi kekinian. Apa yg dituliskan dlm notes yg saya kutip di atas adalah ringkasan dr tulisan Mufti besar dan Imam Mesjid al Haram Sayyid Ahmad Zaini Dahlan yg hidup pada zaman fitnah tsb. Beliau adlh guru dr banyak ulama NU terkemuka. Saya bersangka baik kpd beliau dan saya percaya bhw tulisan beliau adlh tulus utk memperingati umat akan bahaya aliran pemikiran yg memaksakan pendapat dan memonopoli kebenaran. Itu semua bisa terjadi pada diri kita masing2. Saya mhn agar Allah meengilhamkan kpd saya petunjukNya dan melindungi saya dr keburukan diri saya, dari merasa benar sendiri, dari merasa suci dan dari menolak kebenaran dan meremehkan org lain.Lihat Selengkapnya
            14 Juli jam 17:47 melalui Facebook Seluler · · 4 orangMemuat...
          • Firman Putrajaya Moeslim Taher
            Bpk Ars : coba dibuka di FB ini statemen atau topik2 dr kalangan wahabi/salafi. Betapa mereka tanpa hentinya menyerang dan terus mengkafirkan org/kelompok yg tdk sepaham.
            Btw wajar memilihnya spt memilih kecap, cuma kalau kecap dirasa oleh l...idah, kalau akidah dirasakan oleh hati, akal dan fikiran. Sy sgt sepaham dgn note ustad Agus.
            Kalau bapak tdk sepaham, sebelum mengkritik note ini coba bapak kritik note/group/diskusi dr kalangan wahabi di FB
            Sukran.
            Lihat Selengkapnya
            14 Juli jam 18:06 melalui Facebook Seluler ·
          • Anwar R. Soediro Kalo dihujat semakin merasa benar, ya gak usah dihujat biar gak merasa benar sendiri bib
            14 Juli jam 18:07 ·
          • Anwar R. Soediro
            Gusdur ketika open house di ciganjur, seorang jamaah bertanya, gus di Masjid IAIN Ciputat itu kan banyak warga nahdhiyin tapi kok sholat tarawihnya 11 rakaat, jawab Gusdur:kalo pengin 23 rakaat ya sholat sendiri dirumah, warga tersebut men...yanggah tapi kan di masjid itu banyak warga nahdhiyin Gus, Gusdur nah kalo gitu ya minta waktu untuk sholat sampai 23 rakaat setalah yang 8 rekaat selesai, warrga tersebut belum puas nanya lagi Gusdur gus jumlah warga kita lebih banyak kenapa kok tidak 23 rakaat aja, Jawab Gusdur kalo gitu kamu gak usah sholat tarawih aja, wong sholat tarawih itu sunat, sedang perdamaian dan persatuan itu wajib.
            Dalam kasus ini perdamaian dan persatuan itu wajib, lha hujat menghujat itu menurut bapak2, ustaz2 dan habib2 monggo....kerso....
            Lihat Selengkapnya
            14 Juli jam 19:00 ·
          • Agus Abubakar Arsal Alhabsyi
            nampaknya pertama2 kita harus menyamakan persepsi kita ttg makna menghujat, memaki, mencela dan membedakannya dr mengungkap kenyataan demi menghindari ketertipuan. Kita juga hrs waspada dg perasaan kita yg subjektif, mudah tersinggung, mer...asa dihujat (padahal tidak), merasa org lain sombong (padahal kitalah yg sombong), merasa dihina pdhal kita menilai diri terlalu tinggi (angkuh) dan berbagai penyakit yg oleh psikolog dinamai "mekanisme proyeksi". Ya Allah saya memohon perlindungan dariMu dari penyakit2 tsb diatas dgn segala variannya. Astaghfirullah al 'azhiim wa atuubu ilaihi.Lihat Selengkapnya
            14 Juli jam 19:56 melalui Facebook Seluler ·
          • Husein Ahmad ass..syukron bib udah di tag...
            14 Juli jam 20:17 ·
          • Agus Abubakar Arsal Alhabsyi
            contoh yg ditunjukkan oleh Gus Dur patut ditiru, hanya saja kecenderungan org2 baik yg toleran utk mengalah ini kmd disalahgunakan oleh mrk yg maunya menang sendiri utk memaksakan pendapat dan kehendak secara tdk patut. Ketika mrk berkuasa ...mrk samasekali tdk toleran. Mrk mengatakan bhw mrk menghormati mazhab2 tp kenyataannya di Mesjid Haram maupun Nabawi para ulama dr mazhab selain mrk tdk diberi kursi/tempat utk mengajar, semuanya didominasi oleh ulama klpk mrk. Kejadian yg sama terjadi di sejumlah mesjid di tanah air yg dikuasai mrk. Wajarkah??? Kmd ada yg bertanya apkh kita hrs diam berpangku tangan melihat semua ini?
            Alhamdulillah sy bersahabat dg Gus Dur. Dan bacalah kutipan pidato Gus Dur yg saya kutip cukup panjang pd saat diskusi peluncuran buku ttg wahabi terbitan Wahid Institut yg dikutip dr NU online.
            Lihat Selengkapnya
            14 Juli jam 20:19 melalui Facebook Seluler · · 2 orangMemuat...
          • Bun Bun Nuk Nuk anwar ente udah jawab pertanyaan gw belom .........
            14 Juli jam 20:54 ·
          • Ali Heyder kalopun terjadi hujatan akibat diskusi, itu ekses,mas. jangan karena anggur bisa jadi khamar lantasi anggurnya yg diharamkan. gimana nih mas anwar
            15 Juli jam 9:25 ·
          • Anwar R. Soediro
            ‎@BBNN: Bid'ah sdh saya jawab, Sesat dalam S Ala'raf sdh, konsep baik dan buruk juga sdh apa lagi pertanyaan ente? jangan paksa aku disuruh ikut ngomentari wahabi di forum ini (karena berpotensi utk menghujat atu mengutuk).
            @Ali Heyder: anw...ar terbuka untuk diskusi dengan siapa saja, silahkan (yang tidak mau diajak mengutuk menghujat dan yang berbau pertikaian dan perpecahan itu saja Bro)
            @habib Agus:Gusdur buka dialog dengan Simon Peres walau semua orang mengutuk, ente katanya deket Gusdur
            Lihat Selengkapnya
            15 Juli jam 10:49 ·
          • Agus Abubakar Arsal Alhabsyi
            sahabat tdk berarti semuanya sama, kami punya banyak persamaan dan juga ada perbedaan. Masalah Simon Peres, itu urusan pribadi beliau. Kalau semua org mengutuk, berarti termasuk Anda dan kel serta sahabatnya. Begitukah cara berpikir sdr Anw...ar. Dari semua dialog ini, maaf saya menyimpulkan sdr Anwar ini selalu merasa benar sendiri dan memaksakan persepsi sendiri. Tidak heran kalau sdr merasa tersinggung dgn tulisan ttg wahabi yg saya kutip, krn anda nampaknya memiliki cara berpikir yg krg lebih sama. Saya ikut berduka cita dan semoga Allah membimbing saya dan anda ke jalan yg lebih lurus.Lihat Selengkapnya
            15 Juli jam 11:45 melalui Facebook Seluler ·
          • Agus Abubakar Arsal Alhabsyi
            sy dpt kiriman puisi berikut account 'Kenapa takut bid'ah':

            ***DZIKIRAN MEREKA***
            Aku baca sirah dan maulid NABI
            Kata MEREKA, ITU BID'AH...
            ...Kupersiapkan diriku di bulan Rajab dan
            Sya'ban
            Kata MEREKA, ITU BID'AH
            Aku perbanyak salawat NABI
            Kata MEREKA, ITU BID'AH
            Aku cintai para wali
            Kata MEREKA, aku musyrik
            Aku berziarah kubur karena perintah NABI
            Kata MEREKA, aku musyrik
            Aku kirimkan doa ‘tuk orang mati
            Kata MEREKA, aku musyrik
            Aku katakan, Nabi pun mengajari tawassul
            Kata MEREKA, pokoknya aku musyrik
            Aku cium tangan para ulama
            Kata MEREKA, aku musyrik
            Aku hormati anak cucu Nabi
            Kata MEREKA, aku musyrik
            Aku hadiri majelis dzikir
            Kata MEREKA, aku musyrik
            Aku bersihkan hati ini
            Kata MEREKA, aku musyrik
            Ku katakan, Qur’an hadits tidak boleh
            ditafsiri sendiri
            Kata MEREKA, aku musyrik
            Aku tak tahu, siapa yang sebenarnya
            musyrik
            Kata MEREKA, musyrik adalah musyrik
            Aku kian bingung, apakah semua musyrik?
            Kata MEREKA, sekali musyrik tetap musyrik..
            Kukatakan lagi, jika wirid kami syirik.. apa
            gerangan wiridmu?
            Kata MEREKA, kami berwirid sepanjang hari
            Ku tanya, wirid apakah itu?..
            Kata MEREKA, kami berwirid setiap saat
            Ku tanya lagi, wirid yang mana?
            Kata MEREKA, wirid kami hanya satu
            Aduhai, kenapa bertele-tele… ajari kami
            wiridmu
            Kata MEREKA, bunyinya begini, “ini bid’ah
            itu syirik”..
            “ini bid’ah itu syirik”….. (minimal 100x tiap
            hari di facebook atau dunia maya lainnya)
            Jika Wali songo islamkan orang musyrik
            MEREKA bilang, selain MEREKA semua
            musyrik...
            SIAPAKAH MEREKA????
            MEREKA ADALAH ANAK BUAH DAJJAL;
            BERTUGAS MENYEBARKAN PROPAGANDA
            DAJJAL; MEMPERLANCAR DATANGNYA HURU-
            HARA AKHIR ZAMAN
            MEMBUAT SEOLAH-OLAH YANG BENAR JADI
            SALAH, DAN YANG SALAH JADI BENAR
            BISA JADI SAYA; ANDA; ATAU SIAPA SAJA
            PASTINYA YANG MARAH PADA TULISAN INI
            ^_^
            WASPADALAH..WASPADALAH....!!!!
            (Mohon maaf kepada pembuat awal
            tulisan ini
            saya gubah seperlunya supaya saya tidak
            samanya dengan kelakuan MEREKA)
            ^_^
            Lihat Selengkapnya
            15 Juli jam 12:01 melalui Facebook Seluler ·
          • Anwar R. Soediro
            ‎@Habib Agus: Husnudzan kpd Anwar Alhamdulillah, syu'udzan kpd anwar saya akan istighfar "mohon Ampun hambamu Ya Alloh". Dari pertama tulisan saya hanya menghimbau untuk tidak berdiskusi dengan menghujat. tidak pernah memaksa untuk ikut pen...dapat saya (lha wong saya belum berpendapat) berkaitan dengan substansi diskusi maaf kalo tidak salah substansi diskusi ini "faham wahabi".
            Nah sahabat sahabat ini mungkin pingin tahu posisi saya ada dimana (itu wajar menurut saya) sehingga minta saya untuk bikin artikel tapi mohon maaf saya tidak mau meberikan artikel lewat media publik seperti ini, namun ada sahabat klo tidak salah BBNN cerdik memancing saya dengan pertanyaan2 berkaitan dengan Bid'ah dan Sesat nah saya jawablah (lihat comment2 diatas). Makanya saya fikir sudah closed dsikusi (dg anwar) karena dengan jawaban saya itu sahabat2 sudah bisa mengira2 saya ada diposisi dimana.
            Kalo kata "semua orang" itu aku mengakui khilaf seharusnya "banyak orang" semoga Alloh memaafkan dan juga kami mohon maaf ke facebookers.
            Lihat Selengkapnya
            15 Juli jam 18:42 ·
          • Bun Bun Nuk Nuk anwar jawaban anda nggak nyambung .....
            15 Juli jam 18:53 · · 1 orangAli Heyder menyukai ini.
          • Bun Bun Nuk Nuk
            susah juga si , anda ngaku sebagai pembisnis tapi anda perotes dengan seorang ulama ,(meninyinggung nama nya di koment) ....dan satu hal algi pertanyaan saya bukann ya memancing tapi untuk memberi tahu anda , dimana posisi anda seharu...s nya dalam perkara ini ,... apakah anda suadh bisa seperti ulama yang memperingati umat nya tentang wahabi ini , seperti yang pak agus singgung tentang ulama yang ada di mekah sana ,...coba anda koreksi lagi sebetul kami ini apa di mata anda ,.. dan bagai mana anda di mata allah ,...setiap perbuatan memang ngak luput dari niat dan hati sei pembuat nya namun alah maha cepat hisab nya ,.....Lihat Selengkapnya
            15 Juli jam 18:57 ·
          • Bun Bun Nuk Nuk anwar andai nanti saya buat sebuah hujjah dari quran dan hadist untuk memperjelas ketidak stjuan kami dengan paham wahabi ini ....apa kah adna masih berkelit atau apa .....??
            15 Juli jam 19:00 ·
          • Anwar R. Soediro
            Wah ngajak joko sembung, sebelumnya ada yang bawa binatang dan ada yang nenteng iblis, kalo gak sehat seperti ini dengan rendah hati saya mohon pamit mohon maaf lahir batin untuk semuanya.
            Ketemu kembali kalau menggunakan logika bayani, log...ika burhani dan logika irfani. selain dengan ke 3 hal tersebut tidak akan saya layani
            Lihat Selengkapnya
            15 Juli jam 19:55 ·
          • Bun Bun Nuk Nuk ya kalo gitu maaf kan saya yah saudra anwar.....insyaallah kami akan instrospeksi .....barang kali benar apa yang anda bilang ke kami .....
            16 Juli jam 0:13 ·
          • Bun Bun Nuk Nuk ini kan mau bulan puasa , dan saya nggak tahu apa umur saya sampe atau nggak ..............maaf kan saya untuk semua yang ada di facebook ini khusus nya dan untuk para ulama dan para habib yang ada disana juga kepada pak agus ......semoga allah mengmpuni kita ....kita sambut dulu bulan suci ini ....salam ...

Tags: , ,

0 comments to "Santai aja bicara tentang Wahabi....."

Leave a comment