Home , , , � Penyebab IPTN Bangkrut ternyata IMF..!!!!

Penyebab IPTN Bangkrut ternyata IMF..!!!!

Ternyata, IMF Penyebab IPTN Bangkrut

Direktur PT Dirgantara Indonesia (PT DI) menyebut Dana Moneter Internasional (IMF) menjadi pemicu bangkrutnya perusahaan Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN).

PT DI sempat divonis pailit oleh Pengadilan Tata Usaha Negara pada September 2007 dan merumahkan belasan ribu karyawannya.

Pada masa sulit itu, untuk bertahan hidup, IPTN terpaksa membuat alat pencetak panci yang menjadi bulan-bulanan banyak kalangan. Kini, perlahan tapi pasti, PT DI menapak bangkit.

Direktur PT DI, Budi Santoso dalam wawancara dengan wartawan Tempo mengatakan, "Pada 1990-an, kami mendesain N-250 dan terbang pertama kali pada 10 Agustus 1995. Pesawat ini mulai produksi pada 1998. Tapi sayangnya pada 1998 itu kita menghadapi krisis moneter dan IMF meminta agar proyek ini tidak diteruskan."

"Waktu itu program pembuatan pesawat sudah menghabiskan hampir US$ 1 miliar. Kami hanya butuh sekitar US$ 150-200 juta, sekitar 15-20 persen lagi untuk mendapatkan sertifikasi. Kami sudah menghabiskan hampir 85 persen, tinggal 15 persen lagi untuk mempertahankan semua,"ujar pria yang pernah dua kali mendapat penghargaan Styalancana Pembangunan itu.

Menurut sosok yang disebut-sebut berhasil membenahi PT Pindad ini, IPTN sudah menghabiskan investasi sangat besar, namun dibubarkan di tengah jalan padahal belum sampai menikmati hasilnya.

Doktor Robotika jebolan Katholieke Universiteit Leuven, Belgia ini menjelaskan, IPTN sudah menanam investasi sebesar US$ 1 miliar untuk pendidikan, tapi diputus di tengah jalan, setelah dapat pinjaman lunak dari IMF yang hanya sebesar US$ 3 miliar. Padahal, tutur alumni ITB ini, dana dari IMF itu adalah utang, bukan diberi cuma-cuma.

Di tangan Budi, PT.Dirgantara Indonesia mulai bangkit dari keterpurukannya selama ini. Pasalnya, awal Januari lalu, perusahaan plat merah yang berdiri 34 tahun lalu ini memenangi tender pengadaan empat pesawat penjaga pantai untuk Korea Selatan senilai US$ 94,5 juta.

Pada bulan yang sama, Eurocopter Group (anak perusahaan dari aliansi strategis industri kedirgantaraan Eropa, EADS) mempercayakan PT DI membuat komponen fuselage (badan utama) dan tailboom (bagian ekor) helikopter seri EC-225 Super Puma dan EC-725 Cougar. Total order 125 unit hingga 2020.

Pertengahan Juli lalu, PT DI menandatangani nota kesepahaman dengan Korea Selatan untuk memproduksi pesawat tempur KF-X. Jet tempur ini adalah generasi baru yang diklaim lebih andal ketimbang F-16, tapi masih di bawah F-35 buatan Lockheed Martin.

Anggaran untuk proyek strategis tersebut mencapai US$ 8 miliar dengan jangka
waktu kerja sama hingga 2020. PT DI akan menanggung 20 persen pembiayaan dan Indonesia menyanggupi membeli 50 dan 200 unit pesawat. tersebut.(IRIB/Batavias/Tempo/PH/7/10/2010)


2 comments to "Penyebab IPTN Bangkrut ternyata IMF..!!!!"

  1. saya sangat berterima kasih banyak MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan pesugihan dana ghaib nya kini kehidupan kami sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blok MBAH RAWA GUMPALA itu semuanya benar benar terbukti dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha yang dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekaran sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan beliau,saya tidak pernah menyangka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan kebaikan MBAH,,bagi anda yang ingin dibantu sama MBAH RAWA GUMPALA silahkan hubungi MBAH di 085 316 106 111 insya allah beliau akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok mbah PESUGIHAN DANA GHAIB TANPA TUMBAL

  2. Suka tidak Suka... Islam sekarang terbagi 3, yaitu Islam ala wahabi salafi takfiri kerajaan arab saudi pendukung teroris isis sang penebar kebencian sesama ummat manusia dan ummat islam (BENCI MAULID, HAUL,TAWASSUL dan ZIARAH KUBUR), Islam Sunni yang diwakili Islam Sunni Syafe'i ala Indonesia yang dianut mayoritas penduduk dan pemerintah Republik Indonesia (CINTA MAULID, HAUL,TAWASSUL dan ZIARAH KUBUR), kemudian Islam Syi'ah yang diwakili Islam Syi'ah 12 Imam / Mazhab Jakfari yang dianut mayoritas penduduk dan pemerintah Republik Islam Iran (CINTA MAULID, HAUL,TAWASSUL dan ZIARAH KUBUR)..... Jadi PILIH yang MANA ???? pilih pendukung teroris atau pendukung perdamaian seperti Republik Indonesia dan Republik Islam Iran ...?????!!!!

Leave a comment