Home , � Penerbangan Langsung Tehran-Kairo Buat Washington Gusar

Penerbangan Langsung Tehran-Kairo Buat Washington Gusar

Washington menyatakan kecewa atas pembukaan kembali jalur penerbangan Tehran-Kairo, dan mendesak Mesir untuk tidak menjalin kesepakatan apapun dengan Republik Islam Iran.

Mesir dan Iran sepakat untuk membuka kembali penerbangan langsung antardua ibukota itu Ahad (10/10) setelah membeku selama tiga dekade. Hubungan kedua negara meregang pasca kemenangan Revolusi Islam dan setelah Presiden Mesir, Anwar Sadat menerima mantan diktator Iran, Mohammad-Reza Pahlavi, untuk tinggal di negara itu.

Pengakuan Mesir terhadap rezim Zionis Israel bersama dengan Jordania memperlebar jurang perselisihan antarnegara-negara Muslim.

"Kami terus mendesak seluruh negara, termasuk Mesir, untuk tidak menjalin kerjasama baru dengan Iran sampai Tehran mematuhi ketentuan internasional," kata Jurubicara Kementerian Dalam Negeri Amerika, Mark Toner, Kamis (7/10/2010).

Ketika ditanya wartawan bahwa Gedung Putih tengah menarget maskapai penerbangan sipil Iran, Toner hanya menjawab bahwa kesepakatan tersebut memiliki implikasi dalam kerjasama bisnis dan juga implikasi ekonomi.

Amerika Serikat dan sekutunya menuding Iran mengacu tujuan militer dalam program nuklirnya. Berdasarkan tuduhan tersebut-yang ditepis oleh Tehran-Barat menolak menjual komponen dan onderdil untuk perawatan pesawat Iran Air.

Berdasarkan sanksi yang ditetapkan Amerika Serikat pada tahun 1995, seluruh perusahaan dunia dilarang menjual komponen dan onderdil pesawat terbang kepada Republik Islam Iran. (IRIB/MZ/SL/8/10/2010)

Tags: ,

0 comments to "Penerbangan Langsung Tehran-Kairo Buat Washington Gusar"

Leave a comment