Home , , � Warga Yahudi di Sulawesi Utara Aman Dengan "Menorah" / Simbol suci ummat Yahudi ??? di Palestina muslim dibantai Yahudi Zionis Israel????!!!!

Warga Yahudi di Sulawesi Utara Aman Dengan "Menorah" / Simbol suci ummat Yahudi ??? di Palestina muslim dibantai Yahudi Zionis Israel????!!!!

Indonesia tidak memiliki hubungan dengan Israel namun di Sulawesi Utara masyarakat Yahudi bisa hidup dengan tentram dan damai.

Bahkan di kaki gunung Klabat di kabupaten Minahasa Utara berdiri simbol suci, Menorah yang merupakan menara tertinggi yahudi sedunia. Menara itu lebih tinggi dibanding yang ada di depan gedung dewan Knesset di Israel. Ikuti wawancara Inneke Lumentut dari Radio Montini, mitra Radio Nederland di Manado, Sulawesi Utara.

Simbol suci bagi warga yahudi itu tepatnya berada di kabupaten Minahasa Utara. Menara itu selain sebagai lambang suci agama yahudi juga memilki fungsi untuk menarik para wisatawan ke Sulawesi Utara.

Menara Menorah yang dibuat dengan ketinggian kurang lebih 19 meter tersebut dibuat dengan biaya sebesar 1,5 milyar rupiah. Bentuknya merupakan yang paling tinggi di dunia. Lebih tinggi dari Menorah yang ada di depan gedung dewan Knesset di Israel.

Ini merupakan suatu bentuk kebebasan beragama untuk komunitas yahudi yang berada di Sulawesi Utara, selain tentu juga ada sinagoga yang ada Tondano. Warga Sulawesi Utara sudah terbiasa dengan kerukunan beragama dan warga yahudi di Manado tidak segan-segan untuk menampakkan jati diri mereka.

Masyarakat yahudi di Sulawesi Utara tidak takut dengan ancaman-ancaman dari luar. Masalahnya Sulawesi Utara yang mayoritas beragama kristen, telah terbiasa dengan kerukunan beragama. Misalnya saja dalam perayaan hari besar islam yang menjaga keamanan adalah pemuda kristen dan sebaliknya.

Sampai saat ini tidak pernah terdengar gangguan dari manapun terhadap masyarakat yahudi dan tidak ada sikap antipati dari masyarakat. Masyarakat yahudi sangat terbuka. Mereka bahkan sangat terbuka kalau diulas oleh pers.

Klik di sini untuk dengarkan wawancara:

Unduh

Sumber : NRW/Red : Enoz Trapfosi/alqoimkaltim