Home , � AWAS sasirangan PALSU!!!!!! Sasirangan Lokal banjar Jangan Kalah Bersaing dengan printing

AWAS sasirangan PALSU!!!!!! Sasirangan Lokal banjar Jangan Kalah Bersaing dengan printing



example2
Foto:BANJARMASINPOSTGROUP/HAMSIAH

BANJARMASIN - SOSIOLOG Universitas Lambung Mangkurat (Unlam), H Wahyu MS memiliki pendapat lain. Dia menilai beredarnya sasirangan printing adalah keniscayaan dalam mekanisme pasar. Semua tergantung selera konsumen. Merekalah yang memilih, menggunakan sasirangan asli atau aspal (asli tapi palsu).

"Laju perkembangan teknologi tidak bisa dibendung. Berbisnis kan sah-sah saja. Hanya saja bagaimana agar tetap menjaga nilainilai lokal bisa tetap eksis," katanya, kemarin.

Menurut Wahyu, untuk menjaga eksistensi nilai lokal perlu langkah dan strategi bisnis yang cepat dan tepat serta meningkatkan kualitas sehingga tidak kalah bersaing. Dengan mengacu itu, maka perdebatan lebih muncul lebih fokus kepada upaya peningkatan kinerja dan kualitas.

"Diperlukan strategi bisnis, bagaimana caranya agar lebih murah dan kualitas lebih bagus, sehingga menarik minat masyarakat. Di sisi lain perlu ditumbuhkan kesadaran menggunakan dan membeli sasirangan asli," tegasnya.

Pengamat ekonomi, H Gusti Mahfud juga menegaskan perdagangan bebas tidak bisa dibendung. "Tinggal bagaimana pemerintah bisa membatasi peredarannya di pasar. Namun sebenarnya, serbuan sasirangan printing itu bisa memacu inovasi dan kreativitas perajin. Juga perlu seringnya promosi," ujarnya.

Analis ekonomi, Syahrituah Siregar, sependapat. Dia menilai serbuan sasirangan printing tidak perlu disikapi dengan kepanikan. "Menghindari kehadiran teknologi bukan cara bertahan yang sehat, tetapi kita harus bisa menerima tantangan itu dengan cara meningkatkan kualitas," ujarnya.

(dea/has/dwi)

Sumber: banjarmasin post/red: Didik Trio Marsidi/Banjarmasinpost.co.id - Kamis, 2 Desember 2010

Tags: ,

0 comments to "AWAS sasirangan PALSU!!!!!! Sasirangan Lokal banjar Jangan Kalah Bersaing dengan printing"

Leave a comment