Home , , � Ayo main Game !!!!!

Ayo main Game !!!!!





Garshasb, Alternatif Baru Game Komputer dari Iran- Dengan diproduksi dan diluncurkannya permainan game komputer Garshasb, Iran secara resmi telah memasuki ranah industri generasi baru game komputer. Dalam memproduksi game komputer yang mengangkat mitologi kepahlawanan Persia kuno itu para pakar pembuat game Iran berhasil membumikan teknologi pembuatan motor game yang terkenal sangat pelik dan kompleks.

Selama ini untuk membuat permainan komputer di dalam negeri, para produsen game Iran selalu mengandalkan motor game buatan luar negeri yang sangat mahal. Masuknya Iran ke dalam ranah industri generasi baru game ini merupakan langkah penting mengingat permainan komputer merupakan media yang paling berpengaruh dan memiliki peminat terbanyak. Menurut data, pada tahun 2007 perputaran uang di pasar game komputer dunia diperkirakan mencapai lebih dari 40 miliar USD. Sementara masyarakat Iran sendiri setiap tahunnya juga membelanjakan jutaan dolar untuk menikmati permainan game.

Di sisi lain, dengan perancangan dan produksi game yang berbasiskan budaya nasional akan membantu meningkatkan pengetahuan dan kesadaran generasi muda terhadap kekayaan budaya bangsanya. Garshasb merupakan game komputer pertama Iran yang seluruh tahapan produksinya bersandarkan pada teknologi lokal dan kemampuan para pakar pembuat game dalam negeri mulai dari motor game, desain grafis, hingga penulisan bahasa program.

Hingga kini minat konsumen luar negeri terhadap game-game buatan Iran terbilang cukup besar. Permintaan pengiriman Garshasb dari para pemburu game luar negeri asal Jerman, Perancis, Italia dan Rusia patut dijadikan acuan. Selama ini, Garshasb selalu mendapat sambuatan luas dalam setiap ajang pameran permainan komputer dunia seperti Games Com 2010 di Jerman.

Segmen konsumen Garshasb adalah remaja usia 15 tahun ke atas. Game asli buatan Iran ini menampilkan pertarungan antara kebenaran dan kebatilan yang diwakili tokoh legendaris Persia kuno, Garshasb melawan siluman-siluman Div. Game Garshasb dibagi dalam empat tahap dan setiap pemain harus melewati beragam tahapannya untuk menemukan gada asli milik marga Garshasb. Para perancang Garshasb sendiri sengaja menampilkan proses permainan game dengan pola yang mudah namun tetap menarik.

Lantas apa keunikan Garshasb yang membedakannya dengan game-game sejenis? Hal pertama yang kita saksikan dalam permainan Garshasb adalah rancangan ide-ide konsepsinya yang luhur dipadu dengan penciptaan tokoh-tokoh yang kuat dan atmosfer permainan yang sangat memukau. Bisa dikata, dari sisi artistik, Garshasb memiliki nilai seni yang sangat tinggi dan bisa dipadankan dengan game-game ternama dunia. Seluruh tampilan grafis, mulai dari penggambaran tokoh utama hingga desain latar permainan, setiap detailnya menyimpan nilai estetika khas Iran. Lewat Garshasb, untuk pertama kalinya, para gamer dunia akan disuguhkan tampilan visual tokoh-tokoh mitologi dan kepahlawanan Persia lewat perspektif asli budaya Iran. Karena itu game pertama buatan asli Iran ini bisa menjadi model bagi karya-karya berikutnya.

Lantas siapakah Garshasb? Garshasb adalah pahlawan kuno Iran dan terbilang sebagai tokoh yang paling banyak dihormati oleh masyarakat persia kuno di era pra-Islam. Namanya juga tercantum dalam Avesta, kitab suci agama Zoroaster. Menurut silsilah keturunan yang ditulis Asadi Tusi, Garshasb adalah keturunan Jamshid, pahlawan besar Persia Kuno lainnya. Kisah-kisah kepahlawanan dan gaya hidupnya mirip dengan Rostam, yang juga dikenal sebagai pahlawan persia kuno. Garshasb adalah seorang petualang dan gemar mengembara ke berbagai negeri. Suatu ketika ia pernah menjadi penguasa Kabul, sementara di masa yang lain, ia pernah diangkat sebagai raja di wilayah Mazandaran oleh Shah Iran. Ia juga pernah disebut-sebut sebagai raja di Sistan dan konon ia berasal dari India.

Dalam hikayat Garshasb-nameh versi Asadi Tusi, sebagai periwayatan kisah Garshasb yang paling lengkap, dituturkan bahwa Garshasb datang ke India setelah melewati beragam petualangan. Di sana ia berperang melawan raja yang menentang Shah Iran dan berhasil meraih kemenangan. Hikayat tersebut juga menceritakan petualangan Garshasb ke Sarandib (Sri Lanka) dan keajaiban pulau-pulau di Samudera Hindia serta perjalanannya ke negeri Roma di Barat.

Dalam kisah Garshasb diceritakan, pada mulanya ia pernah dikutuk dan menjadi tawanan siluman Bushasb sehingga tertidur untuk sekian waktu yang sangat lama. Namun setelah terbangun dari tidur lamanya dan ia bangkit membantu pejuangan Sang Juru Selamat Agama Zoroaster. Kisah kepahlawanan Garshasb itulah akhirnya menjadikan sebagai salah seorang tokoh pahlawan kebanggaan masyarakat Persia kuno. Dahulu kala, selain menceritakan kisah-kisah kepahlawanan Rostam, cerita epik Garshasb juga selalu dikisahkan. Dalam kisah kepahlawanan Garshasb kita juga bisa mengetahui bagaimana pemikiran dan keyakinan masyarakat Persia kuno di masa lalu dan pandangan mereka tentang pelbagai keajaiban, seperti kisah pemusnahan naga bertanduk dan burung raksasa, serta bagaimana upaya Garshasb menundukkan angin.

Garshasb memiliki banyak julukan seperti Sang Rambut Panjang, Pemilik Gada, Insan Sempurna. Sementara nama marga Garshasb adalah Sam yang berarti rambut hitam. Nama marga itu lantas juga dinisbatkan pada tokoh-tokoh kepahlawanan Iran lainnya dan dalam kisah Shahnameh, Sam disebut-sebut sebagai kakek moyang Rostam. Di masa lalu, kisah Garshasb sangat terkenal. Asadi Tusi, penyusun legenda Garshasbnameh hidup sezaman dengan Ferdowsi, pujangga besar Iran lainnya yang menulis Shahnameh, kisah epik Persia Kuno lainnya yang bisa dipadankan dengan kisah Ramayana atau Mahabharata dalam kebudayaan India.

Dalam permainan game Garshasb, kita saksikan bagaimana upaya perjuangan para ksatria dari negeri Sistan untuk menundukkan tentara kegelapan. Namun apa alasan sebenarnya sehingga mereka harus berperang melawan tentara kegelapan? Dikisahkan, ksatria jahat, Hitasb membunuh saudaranya Garshasb. Semenjak peristiwa itu, kisah petualangan dan pertarungan Garshasb dengan para siluman dan ksatria kegelapan pun dimulai.

Latar permainan game diawali dari landscape pegunungan yang sangat menawan. Kemudian berlanjut hingga ke benteng Hitasb. Dari sisi kekuatan grafis, Garshasb terbilang lebih unggul dibanding game-game lain buatan Iran. Ketua Lembaga Nasional Permainan Komputer Iran menuturkan, "Produksi dan penjualan game komputer yang dirancang berbasiskan pada legenda dan sejarah Iran makin bergeliat dan akan semakin banyak diproduksi. Beberapa contoh di antaranya adalah Faryade Azadi (Teriakan Kebebasan), Planet Meytra, Talae Siyah (Emas Hitam), Gandou, dan Asemane Dej (Langit Dej)".

Sebelumnya, Iran juga pernah membuat game komputer yang mengambil inspirasi dari legenda Shahnameh karya Ferdowsi, bertajuk Asre Pahlawanan, (Era Para Pahlawan).(irib/2/12/2010)

0 comments to "Ayo main Game !!!!!"

Leave a comment