Home , , , , � Dilelang, Mobil Bekas Ahmadinejad Sudah Ditawar Rp9 M

Dilelang, Mobil Bekas Ahmadinejad Sudah Ditawar Rp9 M


Teheran - Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad menjual mobil miliknya berusia 33 tahun untuk mengumpulkan dana bagi badan amal yang mendanai proyek perumahan bagi kaum muda.

Ahmadinejad sering terlihat dengan Peugeot 504 putihnya ketika ia menjabat sebagai Wali Kota Teheran, namun jarang menggunakannya sejak menjadi presiden pada tahun 2005.

Mobil itu akan dilelang pada bulan Februari di kota Abadan.

Para pejabat berharap mobil itu akan terjual lebih dari US$ 2,000 (Rp 18 juta), harga pasaran di Iran.

Kepala zona perdagangan bebas Abadan, Asghar Parhizkar, mengatakan kepada kantor berita Irna lelang itu akan berlangsung selama pameran mobil klasik di sana.

Dana yang terkumpul akan dialokasikan untuk Dana Perumahan Mehr, katanya.

Penjualan tersebut dilakukan pada saat pemerintahan Presiden Ahmadinejad telah memotong subsidi pangan dan energi, yang meningkatkan biaya hidup secara substansial.

Iran membayar sekitar US$ 100 miliar (Rp 900 triliun) untuk subsidi setiap tahun, tetapi ekonomi Iran yang tergantung pada minyak telah terpukul oleh empat sanksi PBB terkait program nuklirnya.

Sumber : Tempo/Red : Enoz Trapfosi/alqoimkaltim


Dilelang, Mobil Bekas Ahmadinejad Sudah Ditawar Rp9 M


President Ahmadinejad's Peugeot 504, undated photo.

TEHERAN - Mobil bekas milik Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad, Peugeot 504 tahun 1977, telah mendapatkan penawaran satu juta dolar AS (Rp.9 miliar). Kendaraan tersebut didaftarkan dalam lelang internasional pada Sabtu (1/1) menurut laporan media negeri.



Kantor berita resmi Iran IRNA mengutip kepala Organisasi Kesejahteraan Iran Ahmad Esfandiari, mengatakan penawaran tersebut datang dari negara Arab. Ia tidak memberikan penjelasan lebih lanjut.

Ahmadinejad pada Sabtu membuka jejaring (www.ahmadinejad-car.com) untuk mengundang penawaran internasional atas mobil bekasnya. Hasil penjualan akan diteruskan ke proyek pembangunan 60.000 rumah untuk orang cacat dan perempuan miskin yang harus menghidupi keluarganya.

Jejaring tersebut akan menerima tawaran dalam jangka waktu satu bulan, menurut laporan tersebut.

Ahmadinejad selalu membangun citranya sebagai "orang yang merakyat" dan kawan kaum miskin.
Dalam periode pertama sebagai presiden sejak terpilih pada 2005, ia secara hukum diharuskan mengumumkan asetnya dan mendaftar rumah yang berusia lebih dari 40 tahun seluas 175 meter persegi di kawasan kelas bawah-tengah di Teheran, jumlah isi dalam dua rekening bank dan mobil Peugeot tua berwarna putih itu.

Setelah kontroversi terpilih ulang pada tahun lalu, ia berjanji akan mengutamakan "perumahan, tenaga kerja dan reformasi ekonomi" dalam agendanya setelah harga rumah menjulang selama periode pertama jabatannya.

Sumber : Republika/Red : Enoz Trapfosi/alqoimkaltim

1 comments to "Dilelang, Mobil Bekas Ahmadinejad Sudah Ditawar Rp9 M"

Leave a comment