Home , , , , , � Revolusi Rakyat Menjalar ke Saudi?

Revolusi Rakyat Menjalar ke Saudi?

Revolusi Rakyat Menjalar ke Saudi?

Warga Syiah Saudi telah memulai aksi demonstrasi mereka. Mereka menuntut agar tahanan Syiah yang tidak terbukti bersalah segera dibebaskan. Akankah Saudi menyusul Bahrain?


Revolusi Rakyat Menjalar ke Saudi?

Menurut Kantor Berita ABNA, kemarin ribuan warga Saudi dari berbagai kota dibagian Timur Arab Saudi sebagaimana yang terjadi sampai saat ini di Bahrain, tumpah ruah di jalan-jalan utama. Para demonstran membawa foto-foto para tahanan Syiah yang sampai sekarang mendekam dalam penjara kerajaan tanpa melalui prosedur hukum yang jelas. Demonstran menuntut agar para tahanan dibebaskan.

Beberapa hari sebelumnya, juga telah turun ratusan orang warga Qutaif menuntut agar terjadi perubahan di negeri mereka. Oleh pihak keamanan Saudi, beberapa orang diantara mereka ditahan dengan dalih telah mengganggu keamanan dan membahayakan kedaulatan negara. Namun oleh desakan demonstran sehari setelahnya yang telah berjumlah sampai ribuan orang, pihak keamanan terpaksa membebaskan 3 orang diantaranya.

Untuk mencegah terjadinya demonstrasi yang lebih besar, raja Saudi Malik Abdullah menjanjikan kepada seluruh warganya bantuan keuangan yang totalnya 37 dolar AS yang akan diberikan kepada setiap warganya tanpa membedakan Sunni maupun Syiah. Namun janji tersebut tidak membuat warga Syiah bergeming untuk tetap turun ke jalan. Mereka menuntut agar seluruh tahanan Syiah dibebaskan, sebab kerajaan menangkap dan menahan mereka tanpa memberikan alasan yang jelas. Kantor Berita Reuters meramalkan, demonstrasi di Saudi saat ini bisa saja menjalar dan meluas sampai menuntut perubahan sistem pemerintahan di Saudi sebagaimana tuntutan rakyat Bahrain. Reuters memberitakan pula, 15% penduduk Saudi adalah warga Syiah, sementara pihak kerajaan Saudi memberitakan penduduk Saudi yang bermazhab Syiah tidak lebih dari 10 %.

mainsource:http://abna.ir/data.asp?lang=12&id=228488

0 comments to "Revolusi Rakyat Menjalar ke Saudi?"

Leave a comment