Home , , � Potret Kemajuan Akademis Negara Islam

Potret Kemajuan Akademis Negara Islam

Menginjak usia ke-32 tahun, Republik Islam Iran berhasil mencapai kemajuan di berbagai bidang, salah satunya di bidang produksi ilmu pengetahun.

Kantor berita Perancis, AFP, Selasa (29/3) melaporkan bahwa Iran menorehkan sejarah baru sebagai negara paling pesat pertumbuhannya di bidang produksi paper ilmiah.

Produksi paper ilmiah di Iran meningkat pesat dari 736 paper pada tahun 1996 menjadi 13.238 paper pada tahun 2008. Di tahun 2009, Iran berhasil menorehkan rekor produksi ilmu dengan jumlah 20.228 paper ilmiah, sekaligus memperbaiki posisinya di deretan 22 dari 55 negara terdepan di bidang produksi ilmu pengetahuan.

Institute for Scientific Information (ISI) melaporkan, Iran menyabet peringkat pertama dari kategori umum laju pertumbuhan output paper ilmiah. ISI menegaskan, Saat ini, pertumbuhan ilmu pengetahuan di Iran 13 kali rata-rata tingkat dunia.

Jika dibandingkan produksi ilmu di Iran antara tahun 2010 dan sepuluh tahun lalu, maka kian jelas bahwa Tehran mengalami laju perkembangan pesat di bidang ekonomi, sains dan riset. Selain itu, perusahaan riset Kanada Science-Metrix tahun lalu menempatkan Iran di peringkat teratas dunia dalam hal pertumbuhan produktivitas karya ilmiah dengan indeks pertumbuhan 14,4.

Meski berhasil mengejar ketertinggalan di bidang produksi ilmu pengetahuan dan terus melesat maju, Iran semakin berbenah diri untuk mengejar target proyeksi pembangunan di bidang ilmiah pada tahun 2025, dengan memproduksi 2,15 juta paper ilmiah yang setara dengan 4,5 persen rata-rata di tingkat dunia.

Seiring perkembangan sains dan teknologi di dunia, berbagai negara berlomba meningkatkan produksi ilmu dan pengetahuannya. Demikian pula, Iran berupaya menjadikan negara ini sebagai garda depan di bidang sains dan teknologi di Timur Tengah.

Di bawah tekanan sanksi, Iran terus melaju mencapai berbagai kemajuan dengan kakinya sendiri.Tapa bantuan negara-negara maju Barat, Iran berhasil menjadi negara yang mandiri di bidang produksi ilmu pengetahuan dengan berpijak pada kemampuan putra bangsanya sendiri. Separuh buktinya kita saksikan saat ini!(IRIB/PH/30/3/2011)

0 comments to "Potret Kemajuan Akademis Negara Islam"

Leave a comment