Home , , , , , , , � Indonesia Libas Turkemnistan 4-3...wowww...VIVA Indonesia...!!!!

Indonesia Libas Turkemnistan 4-3...wowww...VIVA Indonesia...!!!!






Detiksport/Resha Pratama


Indonesia sepertinya akan memetik kemenangan mudah saat gantian menjamu Turkmenistan dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2014. Firman Utina cs sudah unggul 3-0 di paruh pertama.

Skor sempat berubah jadi 3-1, namun Indonesia kembali berada di atas angin setelah mampu mengubah skor menjadi 4-1 dan seorang pemain lawan dikartu merah di babak kedua. Namun dalam kondisi seperti itu gawang Feri Rotinsulu malah bobol dua kali, yang membuat kedudukan jadi 4-3.

Diakui pelatih Wim Rijsbergen, kondisi fisik skuadnya merosot drastis di 45 menit kedua. Ini membuat skema permainan jadi berantakan dan pemain lupa akan tugasnya masing-masing.

"Anda bisa lihat, saat orang mengalami kelelahan maka dia sulit berkonsentrasi dan lupa dengan tugas yang harus dia lakukan. Saya perlu memasukkan beberapa tenaga baru ke lapangan," sahut Rijsbergen saat ditanya soal penarikan Firman Utina dan merosotnya kualitas permainan tim.

"Saya sebenarnya ingin memasukkan penyerang baru, tapi sayangnya Ricardo cedera sehingga saya harus memasukkan seorang bek. Dengan kondisi tim yang lebih fit, mungkin kita bisa main dengan cara yang berbeda. Akhirnya saya menginstruksikan anak-anak main bola-bola panjang," lanjut dia dalam konferensi pers usai laga di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Dari laga yang sangat menegangkan di babak kedua tersebut, pelatih asal Belanda itu berharap banyak pelajaran yang bisa diambil timnas. Itu harus dilakukan mengingat perjuangan di Kualifikasi Piala Dunia masih sangat panjang.

"Dengan kebobolan dua gol saat lawan main dengan 10 pemain, para pemain butuh banyak belajar untuk menjadi pelatih bagi dirinya sendiri. Ini memang bukan sesuatu yang bisa dilakukan dalam sehari, tapi dalam waktu lama," tuntas mantan pelatih Ajax Amsterdam junior itu.
( din / roz/ Meylan Fredy Ismawan - detiksport/Kamis, 28/07/2011 23:06 WIB )


Selamati Indonesia, Turkmenistan Sanjung Suporter



Detiksport/Resha Pratama
Jakarta - Pelatih Turkmenistan, Yazguly Hojageldiyev, menyayangkan ketidakmampuan timnya mencetak gol keempat ke gawang Indonesia. Kalah dalam laga sengit, dia mengucap selamat buat Firman Utina dkk.

Turkmenistan sepertinya akan menderita kekalahan dengan skor telak setelah tertinggal 0-3 di babak pertama. Apalagi mereka kemudian dipaksa bermain hanya dengan 10 orang menyusul kartu merah yang didapat Bahtiyar Hojaahmedov.

Namun dalam kondisi tidak menguntungkan tersebut Turkmenistan justru mampu mengejutkan Indonesia dengan gol-golnya. Keunggulan 4-1 yang sudah didapat tuan rumah berhasil diperkecil menjadi 4-3.

Namun Turkmenistan akhirnya tetap tak mampu mencetak gol keempat untuk bisa meraih tiket ke babak selanjutnya dengan keunggulan agresivitas gol tandang. Skor 4-3 bertahan hingga laga usai.

"Selamat atas kemenangan Indonesia. Kami sebenarnya bisa menguasai permainan selama 90 menit. Tapi, sayangnya kami tak bisa mencetak gol keempat," sahut Yazguly Hojageldiyev usai pertandingan.

"Pada babak pertama, kami tak bisa menguasai lini tengah. Tapi terima kasih kepada anak-anak yang bisa menampilkan permainan bagus pada babak kedua dan main nothing to lose sehingga bisa membuat tiga gol," lanjut dia.

Satu hal yang diakui Hojageldiyev membuat Indonesia bermain sangat baik adalah dukungan dari puluhan ribu suporter yang memadati Stadion Utama Gelora Bung Karno. Dukungan tanpa henti sepanjang laga menjadi suntikan semangat buat Firman Utina cs.

"Indonesia main di depan pendukungnya sendiri dan itu mungkin membuat mereka main bagus. Suporter adalah pemain ke-12 mereka," tuntas Hojageldiyev.
( din / roz/Meylan Fredy Ismawan - detiksport/Kamis, 28/07/2011 22:06 WIB )


Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia
Singapura dan Thailand Temani Indonesia


Jakarta - Tiga negara ASEAN berhasil lolos ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Asia. Selain Indonesia, sukses serupa didapat Singapura yang mendepak Malaysia dan Thailand yang meyingkirkan Palestina.

Leg kedua babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2014 Zona Asia digelar serentak pada Kamis (28/7/2011) malam WIB. Sebanyak 15 tim berhasil lolos ke babak berikutnya untuk dipertemukan dengan lima tim lain yang lolos otomatis. Nantinya semua akan diundi untuk masuk ke dalam lima grup yang masing-masing terdiri dari empat tim.

Selain Indonesia yang berhasil menyingkirkan Turkmenistan, sukses serupa didapat Thailand yang pada pertandingan kedua bermain imbang 2-2 dalam lawatan ke Palestina. Hasil tersebut cukup meloloskan 'Tim Gajah Putih' karena pada pertandingan pertama menang 1-0.

Sementara itu dari National Stadium Bukit Jalil, Malaysia cuma bisa bermain imbang saat menjamu Singapura dengan skor 1-1. Mohd Safee Mohd Sali sempat membawa tuan rumah unggul di menit 58, namun di menit 73 Shi Jiayi berhasil menyamakan kedudukan. Hasil tersebut membuat juara Piala AFF 2010 itu tersingkir dengan agregat 4-6, setelah pada laga pertama kalah 3-5.

Indonesia, Thailand dan Singapura pun menjadi wakil Asia Tenggara yang lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2014. Di pertandingan lainnya Filipina menyerah 1-2 atas Kuwait( kalah agregat 1-5), sedangkan Vietnam kalah agregat 2-4 meski pada pertandingan kedua unggul 2-1 atas Qatar.

Juga lolos ke babak ketiga adalah tim kuat China. Setelah pada pertandingan pertama menang 7-2 atas Laos, China kembali memberondong lawannya itu dengan skor besar 6-1. Secara agregat China unggul mutlak 13-3.

Salah satu kekuatan utama Asia, Iran, juga melaju mulus ke babak ketiga ini. Iran menang agregat 5-0 atas Maladewa setelah pada pertandingan keduanya menang 1-0 atas Maladewa lewat gol yang dilesakkan Mohammad Reza Khalatbari.

Berikut 20 tim yang akan berlaga di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2014 Zona Asia

Jepang*
Australia*
Korea Selatan*
Bahrain*
Korea Utara*
Iran
China
Uzbekistan
Qatar
Jordania
Arab Saudi
Kuwait
Bahrain
Syria
Oman
Irak
Uni Emirat Arab
Thailand
Singapura
Indonesia
Lebanon

*Lolos langsung ke babak ketiga
( din / roz/ Doni Wahyudi - detiksport/Jumat, 29/07/2011 02:53 WIB )


Ditunggu Lawan Tangguh, Menpora Minta Timnas Terus Bersiap


Detiksport/Resha Pratama
Jakarta - Kemenangan atas Turkmenistan dianggap bisa menjadi awal langkah Indonesia berbicara di pentas Asia. Dengan ada banyak lawan tangguh menunggu di babak berikutnya, Firman Utina dkk diminta terus bersiap.

"Luar Biasa. Pengurus baru, semangat baru. Mudah-mudahan ini menjadi awal kebangkitan sepakbola Indonesia," ungkap Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng dalam pesan singkatnya pada detikSport.

Indonesia memetik kemenangan 4-3 atas Turkmenistan di pertemuan kedua babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2014. Hasil tersebut meloloskan Indonesia ke babak berikutnya, di mana berpeluang berhadapan dengan raksasa-raksasa Asia seperti Australia, Jepang, Korea Selatan dan Iran.

Sebelum menghadapi tim-tim tangguh tersebut Andi meminta skuad timnas mempersiapkan diri dengan maksimal. Enam laga yang menunggu di babak berikutnya akan menjadi pertandingan yang berat.

"Dengan ini Indonesia maju ke babak berikutnya dan akan bertemu dengan tim-tim yang lebih tangguh. Paling tidak akan ada enam pertandingan lagi di babak berikutnya (home & away). Mari kita dukung Timnas kita dlm pertandingan-pertandingan selanjutnya."

"Masih ada waktu untuk berbenah lagi. Dengan dukungan seluruh pecinta bola di tanah air, Insya Allah Indonesia bisa kembali tampil di tingkat Asia," lanjut Andi yang saat ini tengah berada di Swedia untuk menghadiri Jambore Pramuka Dunia.

Kemenangan di Kualifikasi Piala Dunia juga diharapkan bisa memberi inspirasi untuk meraih hasil terbaik di SEA Games 2011 mendatang. Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin sempat menargetkan meraih emas dalam event yang digelar di Indonesia itu.

"Mudah-mudahan hasil ini juga memberi inspirasi bagi Timnas SEA Games utk memberi yang terbaik," tuntas dia.
( din / roz/ Doni Wahyudi - detiksport/Jumat, 29/07/2011 00:33 WIB )


Lolos ke Fase Grup, Timnas Masih Punya Banyak PR


Detiksport/Resha Pratama

Setelah menyingkirkan Turkmenistan, maka Indonesia akan masuk ke babak 20 besar. Di sini ada lima grup yang masing-masing berisi empat negara. Dari masing-masing grup, dua peringkat teratas akan melaju ke putaran keempat.

"Fase berikutnya akan sangat sulit. Dengan berisi empat negara tiap grupnya, kalau ingin lolos kita harus menempati posisi pertama atau kedua," kata pelatih Indonesia, Wim Rijsbergen, Kamis (28/7/2011).

"Yang pertama akan kita lakukan adalah mengetahui negara-negara mana saja yang akan kita hadapi, kemudian kita akan melakukan segala hal untuk mengumpulkan informasi tentang lawan," lanjut pria asal Belanda itu.

Di putaran ketiga ini, tim 'Merah Putih' berpotensi bertemu negara-negara Asia dengan tradisi sepakbola kuat semacam Jepang, Korea Selatan, Iran, Australia, atau China. Rijsbergen menganggap hal ini sebagai keuntungan karena para pemainnya punya kesempatan untuk beradu kekuatan dengan lawan berkelas.

"Ini bagus untuk pemain karena mereka bisa meningkatkan pengalaman bertandingnya. Ini bagus untuk masa depan dan perkembangan mereka," ujarnya.

Rijsbergen berharap kelemahan-kelemahan dalam laga kontra Turkmenistan bisa segera ditambal dan timnas akan makin tangguh saat bertarung di fase berikutnya.

"Kita akan melihat video pertandingan dan mendiskusikannya dengan para pemain. Dari hal ini, mereka harus belajar dan tak mengulangi kesalahan. Kami masih punya banyak pekerjaan," simpulnya.
( mfi / din/ Meylan Fredy Ismawan - detiksport/Jumat, 29/07/2011 06:30 WIB )


Jalan Indonesia Masih Panjang


Detiksport/Resha Pratama

Keberhasilan Indonesia menekuk Turkmenistan 4-3 dalam laga leg II Babak Kedua, Kamis (29/7/2011) sudah cukup memberikan tiket tersebut. Firman Utina cs lolos dengan agregat total 5-4, setelah bermain imbang 1-1 di laga pertama.

Hasil yang dicapai semalam jadi awal yang manis bagi kepengurusan baru PSSI di bawah pimpinan Djohar Arifin Hussin, setelah terbentuk awal bulan ini.

Selain tentunya kesan pertama yang mengesankan sudah diperlihatkan pelatih baru asal Belanda, Wim Risjbergen, yang menggantikan posisi Alfred Rield dengan proses yang cukup kontroversial dan (mengaku) sudah dikontrak untuk dua tahun ke depan.

Tapi dari itu semua pastinya kemenangan ini membawa asa baru bagi pecinta sepakbola di Tanah Air bahwa timnas Indonesia masih punya peluang bangkit dan berprestasi ke depannya, setelah polemik berkepanjangan pada rezim Nurdin Halid.

Apapun harapan tentunya pasti ada dan dibarengi usaha keras serta kuasa Tuhan, bukan tak mungkin empat tahun lagi kita akan melihat lagu Indonesia Raya berkumandang bersama 31 negara peserta Piala Dunia lainnya.

Namun demikian harus diingat jalan menuju ke sana masihlah panjang, karena setelah lolos dari hadangan Turkmenistan, 'Pasukan Garuda' harus berjibaku dengan 19 negara Asia lainnya di babak ketiga yang menggunakan sistem grup.

Dengan peringkat FIFA terakhir yakni 137, Indonesia berada di Pot 4 bersama Korea Utara, Thailand, Singapura dan Lebanon. Dari undian yang akan dilaksanakan di Rio De Janiero, 31 Juli besok, Indonesia punya kans berada satu grup dengan raksasa-raksasa Asia.

Di Pot 1 ada Jepang, Australia, Korea Selatan, Iran dan China. Sementara di Pot 2 ada Uzbekistan, Qatar, Jordania dan Arab Saudi. Sementara itu di Pot 3 ada Bahrain, Suriah, Oman, Irak dan Uni Emirat Arab.

Babak ketiga kualifikasi PD 2014 Zona Asia akan dimulai pada 2 September hingga 29 Februari 2012 dan Indonesia akan menjalani enam laga yang berat. Dari lima grup yang ada, hanya juara serta runner up yang berhak melaju ke fase keempat alias yang "saringan" terakhir peserta dari 'Benua Kuning'.

Jika Indonesia lolos ke babak keempat (yang hanya bisa didapat dengan menjadi juara atau runner up grup), maka bakal ada lagi fase grup yang harus dijalani mereka, sejak tanggal 3 Juni 2012 hingga 18 Juni 2013. Juara dan runner up dari dua grup yang ada berhak lolos langsung ke putaran final, sementara untuk peringkat ketiga grup akan menjalani empat laga di fase playoff.

Melihat secara garis besar dua fase tersebut, tentu bukit terjal harus didaki para arjuna untuk mencapai impiannya bermain di pesta sepakbola dunia empat tahunan itu. Apalagi ke depannya masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan Risjbergen dkk untuk membentuk tim yang kuat

Namun sebelum kickoff pada 12 Juni 2014, seluruh masyarakat Indonesia boleh berharap timnas bisa berbicara banyak di sana. Semoga!
( mrp / din/ Mohammad Resha Pratama - detiksport/Jumat, 29/07/2011 07:51 WIB )

0 comments to "Indonesia Libas Turkemnistan 4-3...wowww...VIVA Indonesia...!!!!"

Leave a comment