Home , , , , , � Mantan Dubes Indonesia: Setiap Negara Independen Harus Mencontoh Republik Islam Iran

Mantan Dubes Indonesia: Setiap Negara Independen Harus Mencontoh Republik Islam Iran


Prof. Basri bersama Ahmadinejad

Mantan duta besar Indonesia untuk Iran, Prof. Dr. Basri Hasanuddin, memuji resistensi Republik Islam Iran di hadapan tuntutan tidak wajar negara-negara Barat, dan menyatakan bahwa resistensi Iran itu telah mematahkan boikot Barat.

Dalam wawancaranya dengan kantor berita IRNA hari ini, Senin (15/8), Prof. Basri menegaskan bahwa setiap negara independen harus mempertahankan hak-hak internasionalnya seperti yang dilakukan Iran.

Menurutnya, dewasa ini negara-negara Barat khususnya Amerika Serikat telah menyadari bahwa sanksi dan represi tidak dapat menyimpangkan sebuah bangsa dari jalan yang telah dipilih dan proyek pemberlakuan sanksi anti-Iran yang pasti akan menjadi pelajaran besar bagi kekuatan-kekuatan Barat untuk tidak berinteraksi dengan bangsa-bangsa dengan ancaman dan represi.

Menyinggung kapasitas besar Republik Islam Iran, Prof. Basri mengatakan, "Negara-negara dunia melihat hubungan dengan negara-negara lain melalui jendela kepentingannya dan yang pasti tidak akan tunduk pada tuntutan Amerika Serikat dan sejumlah negara Barat."

Lebih lanjut dijelaskannya bahwa meski menghadapi sanksi Barat, namun Republik Islam Iran cukup berhasil dalam transaksi perdagangan energi khususnya gas alam, dan ini menunjukkan bahwa sanksi Barat tidak berpengaruh pada hubungan perdagangan Iran dengan berbagai negara.

Prof. Basri menjelaskan bahwa seluruh upaya para pejabat Iran adalah agar bangsa ini menggapai teknologi mutakhir dan berdasarkannya membangun masa depan yang lebih cerah. Perjuangan tersebut hingga kini telah membuahkan hasil.

Seraya memuji kemajuan yang dicapai Iran di bidang teknologi nuklir, Prof. Basri menekankan bahwa komitmen Iran untuk menyelesaikan masalah nuklirnya melalui jalur perundingan merupakan peluang bagi negara-negara terkait untuk memanfaatkannya. Alih-alih melontarkan berbagai tuduhan terhadap Iran, mereka seharusnya mengajukan bukti kongkret atas klaim mereka di meja perundingan dan menunjukkan komitmen untuk menyelesaikan masalah tersebut.
(IRIB/MZ/SL/15/8/2011)

0 comments to "Mantan Dubes Indonesia: Setiap Negara Independen Harus Mencontoh Republik Islam Iran"

Leave a comment