Home , � Tunas Garuda Indonesia Menang 3-1 Atas Arsenal Inggris

Tunas Garuda Indonesia Menang 3-1 Atas Arsenal Inggris





tunas garuda di indonesiaproud wordpress com

Tim Sepakbola Tunas Garuda Menang 3-1 Atas Arsenal di London

Indonesia memiliki bibit-bibit pemain sepabola andal di masa depan. Hal ini antara lain ditandai dengan keberhasilan tim sepakbola Tunas Garuda menang 3-1 melawan tim Arsenal U15 pada laga persahabatan yang dilangsungkan di Market Road, London pada 26 Oktober 2011. Hasil 3-1 ini sangat membanggakan dan mendapat pujian para pelatih Arsenal Soccer School.

Ini adalah laga kedua Tunas Garuda melawan tim Arsenal. Pada laga pertama, Tunas Garuda berhadapan dengan tim Arsenal U17 yang rata-rata lebih tua setahun, dan kalah tipis 1-2.

Satu-satunya gol Tunas Garuda dibesut striker mungil andal asal Aceh, Nazarul Fahmi, yang berusia 15 tahun. “Ya memang lebih berat menghadapi yang U17 dibandingkan yang U15. Kami maunya tanding dengan yang U16, tapi karena gak ada ya kami berusaha semaksimal mungkin melawan siapa saja,” kata Fahmi, yang memang paling pintar bicara di tim Tunas Garuda.

Melawan tim Arsenal U15, Tunas Garuda bermain cemerlang. Mereka lebih banyak bermain di setengah lapangan karena Tunas Garuda menguasai bola. Kiper Rangga Pratama terlihat “menganggur” karena bola jarang mampir ke gawangnya.

Gol pertama dicetak Frengky Pare Kogoya, gelandang asal Papua. Sontak gol Frengky disambut penonton, termasuk Ketua DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum.

Sejumlah penonton dari warga setempat di London juga berdecak kagum dan sempat menanyakan apakah Tunas Garuda ini tim nasional Indonesia. Striker yang juga kapten Tunas Garuda, Ichsan Kurniawan, pada menit ke-37 kembali menjebol gawang Arsenal, dan kedudukan menjadi 2-0 di babak pertama.

Pada babak kedua, tim Arsenal U15 masih belum mampu mengembangkan permainan. Namun, ada sejumlah kesempatan pada serangan balik. Para pemain Arsenal beberapa melepas tembakan ke gawang Tunas Garuda meski gagal masuk.

Kiper Adek Edo Kurnia Caniago, yang masih berusia 14 tahun, sempat dibikin sibuk oleh bola-bola lawan. Gol ketiga Tunas Garuda dicetak gelandang Dani Raharjanto lewat tendangan jarak jauh yang tidak terduga.

Beberapa pemain Tunas Garuda, antara lain Fahmi dan Rizal Yulian Iman Fauzi, mencoba menembak langsung, tetapi gagal. Pada menit terakhir, Arsenal U15 mencetak satu gol.

Dani, Fahmi & Rangga Dipilih Arsenal

Melihat penampilan mereka yang menawan, 3 pemain Tunas Garuda Indonesia dipilih untuk bergabung dengan tim U15 Arsenal Development Centre, dan bertanding melawan tim Brighton FC di The Gore Stadium, Wymers Wood Road, Burnham, Bucks, London pada 28 Oktober 2011.

tunas garuda di indonesiaproud wordpress comKetiga pemain berusia 15 tahun itu adalah Dani Raharjanto, gelandang Tunas Garuda asal Semarang; Nazarul Fahmi, striker asal Aceh; dan Rangga Pratama, kiper asal Palembang.

Brighton FC adalah klub sepak bola di Inggris yang bermain untuk Divisi II, dan yang akan bertanding kali ini adalah tim U15.

“Kami memang ada jadwal sparring dengan Brighton, dan kebetulan ada Indonesia di sini. Kami lihat ada yang menonjol, lalu kami tawarkan tiga di antaranya untuk bergabung dengan kami,” kata Ben Corbyn, pelatih kepala Arsenal Development Centre.

Menurut Corbyn, semua pemain Tunas Garuda memiliki kemampuan lebih. Tidak ada yang buruk.“Namun di antara mereka tentu ada yang lebih baik sesuai kebutuhan. Ada beberapa orang,”ujarnya.

Beberapa nama yang disebut Corbyn antara lain Febry Hariyadi, pemain sayap kiri Tunas Garuda asal Bandung, lalu Ichsan Kurniawan, striker kelahiran Baturaja yang ikut audisi Palembang, dan Frengky Pare Kogoya, gelandang asal Wamena, Papua. “Semuanya tidak ada yang buruk, semuanya bagus sekali,” katanya.

Dani, Fahmi, dan Rangga merasa gembira meski merasa tidak percaya diberi kesempatan berbaur dengan pemain Arsenal. “Senang sekali, seperti mimpi saja,” kata Fahmi, yang bertubuh mungil dengan tinggi badan 157 sentimeter.

Bagi Dani, kesempatan ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. “Kami harus menunjukkan yang terbaik,” kata pelajar kelas dua SMA Negeri 11 Semarang bertinggi badan 170 sentimeter ini.

Rangga dipilih terakhir kali, dan ia pun kaget. “Semoga kami bisa melakukan yang terbaik, amin,” ujarnya.

Sumber: kompas.com/indonesianproud/28/10/2011

Tags: ,

0 comments to "Tunas Garuda Indonesia Menang 3-1 Atas Arsenal Inggris"

Leave a comment