Home , , � Mengubah Neraka Orangtua Menjadi Surga Nan Damai

Mengubah Neraka Orangtua Menjadi Surga Nan Damai


JUDUL BUKU : NANNY 911

PENULIS : Deborah Carrol dan Stella Reid

PENERBIT : Hikmah (PT Mizan Publika) Jakarta

CETAKAN : Austus 2008

TEBAL : xxiii + 349 Halaman

Peresensi : M. Zayd Alaydrus*

Inilah buku yang sangat ditunggu-tunggu oleh pencinta Nanny 911 yang biasanya kita saksikan di salah satu Stasiun TV Swasta setiap sore pada hari Sabtu dan Minggu. Bagi jutaan pemirsa yang menyaksikan acara ini, tentunya sangat bergembira dengan terbitnya buku Nanny 911. Disinilah jutaan pemirsa dapat menyaksikan bagaimana kedua nanny ini berkuasa dan mampu mengubah neraka orangtua menjadi surga nan damai hanya dalam waktu tujuh hari.

Mendidik dan mengasuh anak adalah tugas dan tanggung jawab besar yang diemban oleh setiap orangtua. Dalam perjalanannya banyak sekali tantangan dan cobaan yang akan dihadapi orangtua, salah satunya yang menyita waktu dan tenaga kita adalah kenakalan, kekacauan dan ketidakteraturan anak-anak di dalam suatu keluarga. Pada kondisi tersebut, orangtua membutuhkan panduan yang bisa mengatasi permasalahan tersebut sehingga impian orangtua agar anak-anak mereka tumbuh dengan bahagia, sehat, dan dcintai bisa tercapai dengan baik.

Salah satu panduan yang bisa menawarkan solusi dan terbukti ampuh bagi permasalahan anak-anak adalah panduan Nanny 911, ratusan keluarga yang merasakan sentuhan nanny mampu menyelamatkan keluarga mereka yang kacau balau menjadi keluarga yang teratur dan nyaman.

Di dalam buku ini, dua nanny profesional yang sudah berpengalaman selama bertahun-tahun mengasuh anak di Inggris dan Amerika, yaitu nanny Deb dan nanny Stella menawarkan nasehat dan panduan kepada publik luas, tentang cara menjawab berbagai pertanyaan dan isu yang dihadapi orangtua di seluruh dunia. Dalam buku ini juga para nanny berbagi langkah praktis dan terbukti ampuh, seperti cara berkomunikasi di antara orangtua sebagai satu tim, cara berkomunikasi dengan anak-anak, aturan rumah untuk kedisiplinan, aturan rumah untuk rutinitas, aturan rumah untuk saling menyanyangi dan panduan darurat di dalam dan di luar rumah.

Filosofi Nanny 911 adalah sederhana saja, yaitu anak nakal tidak dilahirkan, mereka dibentuk, dibentuk oleh orangtua yang tidak mampu berkata tidak, dibentuk oleh orangtua yang tidak pernah menindak lanjuti tingkah laku yang buruk dengan konsekuensi yang tegas, dan dipertegas oleh ketidakmampuan orangtua untuk berkomunikasi dengan tegas. Pola pengasuhan anak yang tegas, tidak berarti kejam, kasar atau tidak mencintai, akan tetapi adalah sebaliknya. Orangtua harus tahu bersikap tegas tidak berarti menjadi tiran. Kerusakan lebih besar disebabkan karena mereka membiarkan anak-anak mereka melakukan segala yang anak-anak mereka sukai, dan bukannya menentukan batasan dan aturan yang jelas di dalam rumah.

Kedua nanny ini mengajak orangtua untuk belajar bahwa mereka bukan hanya bisa mendidik dan mencintai anak mereka. Tetapi mereka juga bisa menjadi guru dan teladan untuk tingkah laku yang baik. Lagi pula, anak-anak belajar dari apa yang ada di hadapan mereka. Perlu dipahami juga bahwa pengasuhan ajaib yang membuat anak langsung bertingkah manis adalah harus adanya konsistensi, keteguhan hati, disiplin, dan mengakhiri tingkah laku yang malas.

Membangun komunikasi di dalam keluarga menjadi sebuah keharusan, pola pengasuhan nanny menekankan pentingnya komunikasi, karena tanpa komunikasi yang baik, tidak akan ada keluarga yang bahagia, tanpa orang tua yang bekerjasama sebagai satu tim, disiplin akan mustahil tercapai. Konsistensi adalah dasar komunikasi yang baik, bersikap konsisten adalah aturan nanny yang paling penting, dengan konsistensi akan membuat anak merasa aman, memberi anak batasan yang jelas. Bersikap konsisten adalah aturan terberat yang harus dihadapi oleh orangtua mana pun, ketika orangtua tidak siap bersikap konsisten maka anak-anak tidak akan mau mendengarkan atau percaya pada orangtua.

Pola pengasuhan nanny yang menjadi ciri khas adalah adanya time out. Time out adalah strategi favorit seorang nanny karena terbukti manjur yang efektif untuk menenangkan anak, membuat mereka sadar untuk bertanggung jawab atas tindakan mereka, dan mengajari mereka kalau kenakalan tidak akan ditoleransi. Pandanglah time out sebagai waktu bagi anak-anak untuk berpikir dan bernapas. Dengan melakukan ini, mereka akan belajar bersabar dan bertanggung jawab.

Inilah panduan buku yang wajib dibaca oleh siapa saja yang menginginkan perubahan yang lebih baik dalam pengasuhan anak-anak. Dengan membaca buku ini yang didalamnya berisi berbagai tips bijaksana tentang pengasuhan anak yang akan membantu memuluskan perjalanan sebagai orangtua, yang sering kali penuh tantangan dan pada akhirnya memberi imbalan yang sepadan. Dengan cinta dan keahlian yang ada di dalam buku ini, anda akan menapaki jalan Anda untuk membesarkan anak-anak yang bahagia dan matang seperti yang anda selalu impikan. Ingat, anak nakal tidak dilahirkan tetapi diciptakan.

*Peresensi adalah pemerhati perkembangan anak dan pendidik di SMP-SMA Al Ma’hadul Islami (YAPI) Bangil Pasuruan Jawa Timur.

0 comments to "Mengubah Neraka Orangtua Menjadi Surga Nan Damai"

Leave a comment