Home , , , , , , , � Mobil Listrik Indonesia yang "Hemat BBM" & Nama-nama berbahasa Indonesia "Rajai" Otomotif Dunia...wowwww!!!!!

Mobil Listrik Indonesia yang "Hemat BBM" & Nama-nama berbahasa Indonesia "Rajai" Otomotif Dunia...wowwww!!!!!

Semar-T: Mobil Listrik Universitas Sebelas Maret Solo

April 5, 2012

mobil Semar-T di indonesiaproud wordpress comDalam sebuah jumpa pers, Presiden SBY mengungkapkan keinginannya agar Indonesia memiliki rencana strategis pembuatan mobil/motor listrik yang diharapkan dapat meminimalkan konsumsi bahan bakar minyak.
Mobil listrik tersebut menggunakan motor yang digerakkan tenaga listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan lain. Karena itu, selain menekan konsumsi bahan bakar minyak, mobil listrik tidak menghasilkan gas sisa pembakaran yang merusak lingkungan.
Mobil semacam itu sebenarnya telah dikembangkan di beberapa universitas. Salah satunya adalah Universitas Sebelas Maret Solo.
Mobil listrik yang dikembangkan Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret (FT UNS) Solo itu diberi nama Semar-T (Sebelas Maret Teknologi). Riset mobil ini bertujuan agar tercipta mobil hemat energi dan ramah lingkungan.
Mobil itu menggunakan baterai 36 volt 100 ampere, yang menghasilkan tenaga 3 HP (horse power). Badan mobil didesain menggunakan material komposit. Pembuatan badan mobil dikerjakan secara manual.
Bobot total mobil diperkirakan hanya 300 kilogram. Pertimbangannya, makin berat bobot kendaraan, konsumsi energi makin besar.
”Tahun 2009 kami membuat desain mobil dan badannya. Tahun 2010 membuat prototipe dan 2011 menyempurnakan. Baru tahun ini kami memunculkan ke publik,” kata Prof Muh Nizam, Program Leader Semar-T di sela-sela Pameran Industri Kreatif yang digelar UNS Solo (12/3).
Ketika mesin dinyalakan, mobil langsung bisa digerakkan maju atau mundur dengan menginjak pedal gas. Hanya ada pedal gas dan rem karena transmisi yang digunakan otomatis.

Gunakan Aki
Baterai yang digunakan berupa aki yang diletakkan di bawah lantai di belakang kursi depan. Adapun charger diletakkan di bawah kap depan mobil.
Untuk mengisi kembali baterai, tinggal menghubungkan charger dengan stop kontak listrik. Kecepatan mobil maksimal 30 kilometer-40 kilometer per jam.
Mobil dirancang sebagai mobil perkotaan (city car). Mobil ini cocok untuk jalan datar atau jalan dengan tanjakan ringan.
”Jika kondisi baterai bagus dan normal, mobil dapat digunakan selama 1,5 jam-2 jam. Untuk mengisi baterai, dibutuhkan 3 jam-4 jam,” kata Nizam.
Pihaknya sedang mendesain sistem penyimpanan energi yang tahan lama. Mobil Semar-T saat ini masih menggunakan aki yang dijual di pasaran. Tempat penyimpanan ini dapat mengalami penurunan yang mengurangi daya tahan baterai.
”Baterai yang bagus dari material litium ion. Ada yang sudah dijual di pasaran, tetapi harga baterai itu untuk satu mobil masih mahal, Rp 20 juta. Hal semacam ini yang tengah kami kembangkan,” kata Nizam.
Koordinator Program Semar-T Muh Dimyadi mengatakan, pihaknya saat ini tengah menyempurnakan bagian control unit (kendali logika fuzzy) yang menggunakan sistem mikrokontroler.
Kendali ini mengatur penggunaan energi. Penggunaan energi diharapkan bisa semakin irit tanpa mengurangi daya mobil.
Menurut Dimyadi, mobil Semar-T melengkapi inovasi mobil Semar-G (Sebelas Maret Green) yang berbahan bakar bioetanol.
Sebelumnya, Prof Kuncoro Diharjo, Guru Besar Jurusan Teknik Mesin FT UNS, bekerja sama dengan PT INKA membuat badan kereta api dari material komposit.
Pembuatan badan kendaraan dari komposit lantas diterapkan untuk pembuatan badan mobil yang kemudian diberi nama Semar-G karena berbahan bakar bioetanol.
Pembuatan badan mobil dikerjakan oleh mahasiswa D-3 dan dikembangkan untuk pembuatan mobil bertenaga listrik.
Program ini akhirnya melibatkan semua elemen, mulai dari mahasiswa D-3, S-1, dan S-2, hingga Guru Besar Jurusan Teknik Mesin FT UNS.
Sumber: Koran Kompas

Chris Lesmana: Mobil VW Hasil Desainnya Terpilih Jadi Mobil Terbaik Dunia 2012

April 7, 2012
chris lesmana di indonesiaproud wordpress comSetelah melalui proses seleksi yang ketat akhirnya mobil kecil Volkswagen Up! terpilih menjadi 2012 World Car of The Year atau mobil terbaik dunia tahun ini.
Pengumuman mobil terbaik ini digelar di sela-sela New York International Auto Show yang diselenggarakan pada 6-15 April 2012.
Ini merupakan kali ketiga Volkswagen dinobatkan sebagai mobil terbaik. Sebelumnya Volkswagen Polo merengkuh mahkota ini pada 2010 lalu, kemudian VW Golf MK VI menang di 2009.
Indonesia patut berbangga soalnya mobil ini dirancang oleh desainer VW yang merupakan kelahiran Bandung, yakni Chris Lesmana.
Chris menggarap VW Up! bersama dengan Klaus Bischoff, dan Marco Antonio Pavone. Desain patennya terdaftar di Amerika Serikat pada 2008 lalu.

Volkswagen Up! dipilih oleh 64 juri yang merupakan jurnalis otomotif dari seluruh dunia. Total ada 34 mobil yang dinominasikan tahun ini.
Tahun ini Volkswagen Up ! mengalahkan pesaingnya yang merupakan ‘mobil raksasa’ seperti BMW Seri 3 dan Porsche 911.
VW up 2012 di indonesiaproud wordpress com“Penghargaan ini menunjukkan kalau desainer dan insinyur VW Up! sudah menciptakan mobil dengan ditel terbaik. Mobil yang menetapkan standar di kelasnya untuk konsumsi BBM, keamanan, kenyamanan berkendara dan ramah lingkungan,” ujar CEO VW Martin Winterkorn dalam siaran pers.
Apa alasan juri memilih VW Up!? Si mungil Volkswagen Up! sudah memenuhi semua aspek yang diharapkan dari segmen mobil perkotaan.
Pengemudiannya responsif, suspensi yang canggih, mesin yang efisien, dan kualitas material yang bagus. “Belum ada kendaraan di kelas ini yang menawarkan pembelinya sesuatu yang mewah,” demikian pernyataan juri.
Sumber: oto.detik.com, autoshowny.com

Ketika Produsen Mobil Dunia Mulai Adopsi Nama Indonesia

April 7, 2012

Porsche Macan di indonesiaproud wordpress comNama-nama dari Indonesia mulai diminati oleh para produsen mobil di Eropa dan Jepang. Selain mudah diingat dan terdengar bagus, nama dari bahasa Indonesia dinilai cocok untuk mewakili karakter mobil.
Produsen mobil asal Jerman, Porsche, menggunakan nama Macan untuk mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV) terbarunya.
Awalnya Porsche memberikan nama baru untuk versi Cayenne ‘Junior’ mereka dengan nama Cajun. Namun, mereka mengganti nama itu dengan menggunakan nama dari bahasa Indonesia, Macan.
“Macan memadukan karakteristik mobil sport dengan kelebihan semua SUV. Jadi ini adalah mobil Porsche sejati,” kata Bernhard Maier, Executive Vice President Sales and Marketing Porsche AG.

Porsche Macan akan menggunakan platform Audi Q5. Kemungkinan menggunakan dua jenis bahan bakar seperti Q5, yakni bensin dan diesel sebagai sumber tenaganya.
Saat ini memang belum ketahuan detailnya, hanya baru berupa sketsa. Rencananya akan diproduksi di pabrik Porsche di Leipzig, Jerman pada 2013 dan mulai dijual 2014. Macan akan menjadi target penjualan Porsche yang mencapai 200 ribu unit hingga tahun 2018.
Suzuki Ertiga di indonesiaproud wordpress comNama mobil lainnya yang ternyata terinspirasi dari bahasa Indonesia adalah Suzuki Ertiga.
Suzuki Motor Corporation (SMC) Jepang mengatakan dahulu ketika masih dalam bentuk konsep, mobil jenis Multi Porpose Vehicle (MOV) dinamakan dengan nama rIII yang bila disebut dalam bahasa Indonesia akan berbunyi Ertiga.
Nama Ertiga dinilai cocok untuk mewakili karakter mobil tersebut. Er (huruf R) berarti Row (baris), tiga angka 3, kalau diartikan mobil dengan 3 baris tempat duduk. Ini sesuai dengan tagline Suzuki untuk menghadirkan mobil dengan 3 baris tempat duduk yang lapang.
Jelas suatu kehormatan, karena umumnya produk global menggunakan bahasa Latin, Spanyol, Jepang dan lainnya.
Suzuki Ertiga telah lebih dulu diluncurkan di India, dan menyusul di Indonesia pada bulan depan.
lamborghini madura di indonesiaproud wordpress comNama lain yang cukup membuat Indonesia bangga adalah Madura. Nama pulau itu digunakan oleh produsen supercar asal Italia, Lamborghini.
Mahasiswa Munich University, Slavche Tanevsky berkolaborasi dengan desainer Lamborghini dan Audi membuat Lamborghini Madura.
Madura diambil dari nama pulau yang terkenal dengan budaya karapan sapi, cocok dengan mobil yang berlambang banteng ini. Madura akan jadi mobil hybrid pertama Lamborghini pada 2016.
Sumber: Caradvice, Automotto (vivanews.com)



S

 

ECU IQUT Tech-e: Karburator Mesin 4 Tak Hemat BBM Karya ITS

April 6, 2012

ECU IQUT Tech-e di indonesiaproud wordpress comRencana pemerintah menghadapi kenaikan harga bahan bakar minyak disikapi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dengan cara khas. Para mahasiswa dan dosen di kampus ini meluncurkan alat penghemat penggunaan BBM pada kendaraan roda empat dan roda dua.
Alat penghemat BBM itu diberi nama ECU IQUT Tech-e. Alat ini berfungsi sebagai karburator mesin kendaraan empat tak.
Menurut Muhammad Nur Yuniarto, dosen pengajar ITS, ECU IQUT Tech-e bisa mengkontrol penggunaan BBM lebih maksimal. Tidak ada istilah ada BBM yang tidak terbakar.
“Pembakarannya sempurna. Hemat 30 persen dibandingkan menggunakan karburator biasa,” kata dia di Gedung Robotika ITS, pada 16 Maret 2012.

“Selama ini, pemakaian BBM boros karena pembakaran mesin di mesin empat tak tidak maksimal”
Yuniarto memaparkan, alat ini juga membuat emisi kendaraan lebih baik sehingga polutan berkurang. Terdiri dari mikroprosessor yang diprogram oleh komputer, alat ini dibuat sejak akhir 2010 bersama sembilan mahasiswa teknis mesin lainnya.
“Saat ini kami masih melakukan uji coba seberapa lama umur alat ini jika digunakan untuk kendaraan,” ujarnya.
Yuniarto menerangkan alat ini akan dijual kurang lebih sebesar Rp. 3 juta jika nanti menjadi produk jadi yang siap dikomersialkan.
Menteri Riset dan Teknologi, Gusti Muhammad Hatta mengatakan produk seperti ini akan mudah diterima pasar. Selama inidia banyak temuan yang kurang diterima pasar.
“Kami akan mengundang investor agar produk-produk seperti ini bisa dikembangkan,” ujarnya.
Sumber:  tempo.co

2 comments to "Mobil Listrik Indonesia yang "Hemat BBM" & Nama-nama berbahasa Indonesia "Rajai" Otomotif Dunia...wowwww!!!!!"

  1. terima kasih atas informasinya..
    semoga bermanfaat bagi kita semua mobil cepat

    sukses selalu

  2. harga mobil bekas suzuki says:

    Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga

    kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
    keep update!Harga mobil Bekas Suzuki

Leave a comment