Home , , , , , , , , , � Bagaimana Hukum Ikut dalam Kuis SMS dan kedudukan Hadiahnya?

Bagaimana Hukum Ikut dalam Kuis SMS dan kedudukan Hadiahnya?




Maraknya kuis-kuis melalui jaringan telepon selular, di televisi, radio ataupun internet yang melibatkan peserta dengan mengirim jawaban via SMS ataupun melalui telepon dan pihak penyelenggara memberikan hadiah sejumlah uang ataupun barang bagi jawaban yang benar menimbulkan tanda tanya, bagaimana hukum penyelenggaraan kuis-kuis semacam itu dalam pandangan Islam?. 


 Bagaimana Hukum Ikut dalam Kuis SMS dan kedudukan Hadiahnya?Menurut Kantor Berita ABNA, maraknya kuis-kuis melalui jaringan telepon selular, di televisi, radio ataupun internet yang melibatkan peserta dengan mengirim jawaban via SMS ataupun melalui telepon dan pihak penyelenggara memberikan hadiah sejumlah uang ataupun barang bagi jawaban yang benar menimbulkan tanda tanya, bagaimana hukum penyelenggaraan kuis-kuis semacam itu dalam pandangan Islam. Halalkah atau haram, bolehkah atau tidak?. Bagaimana dengan hadiahnya yang terkadang sampai jutaan diperoleh hanya dengan memilih salah satu jawaban dari yang disediakan penyelenggara yang terkadang pertanyaannya sangat mudah buat dijawab?.

Dinukil dari Kantor Berita Mehr, pertanyaan tersebut diajukan ke bebrapa ulama Marja Taqlid, dan berikut ini diantara pendapat mereka.
Pertanyaan: Bagaimana hukumnya ikut serta dalam penyelenggaraan kuis yang memberikan hadiah hanya melalui menjawab pertanyaan melalui SMS atau telepon?

Pendapat Ayatullah Al Uzhma Ali Khamanei:

Jika biaya SMS atau telepon untuk menjawab pertanyaan tersebut sebagaimana biaya biasanya (tidak menjadi lebih mahal, red) dan hadiahnya bukan dari biaya yang dikumpulkan dari peserta, maka hukumnya boleh. Namun bila biaya SMS dan telepon lebih mahal dari biasanya, dan hadiah yang disediakan penyelenggara berasal dari kelebihan biaya tersebut, maka hukumnya haram.

Ayatullah al Uzhma Wahid Khurasani:

Yang pertama mesti diketahui apa manfaat yang diperoleh dari pihak penyelenggara kuis? Jika penyelenggara adalah suatu yayasan agama ataupun budaya yang non profit yang dengan penyelenggaraan kuis tersebut bermaksud untuk menarik minat masyarakat untuk lebih mengetahui masalah-masalah keagamaan, budaya, sosial dan lain sebagainya yang hadiahnya diberikan oleh negara ataupun lembaga khusus maka hal ini tidak masalah. Dengan syarat kuis yang diselenggarakan bukan mengenai pendidikan yang salah ataupun hal-hal yang diharamkan, maka itu tidak masalah.

Bagaimana hukum mengirim SMS dukungan kepada tim atau pihak yang sedang melakukan perlombaan dan pihak Televisi menyelenggarakan kuis untuk itu?

Pendapat Ayatullah al Uzhma Wahid Khurasani:

Selama bukan memberikan dukungan untuk urusan yang batil dan haram, tidak masalah. Dan selama biaya yang mesti dikeluarkan peserta kuis tersebut tidak melebihi biaya standar sebagaimana umumnya tidak masalah. Namun jika biaya SMS yang dikeluarkan untuk ikut dalam kuis tersebut lebih mahal dari biaya normal pengiriman SMS, misalnya biaya SMS normal 500 namun untuk ikut kuis tersebut biaya SMS menjadi 5000 maka hukumnya haram karena tidak ubahnya lotere atau undian. (
http://www.abna.ir/data.asp?lang=12&id=327582)

0 comments to "Bagaimana Hukum Ikut dalam Kuis SMS dan kedudukan Hadiahnya?"

Leave a comment