Home , � Festival Api

Festival Api

Imam Khamenei: Festival Api Tidak Islami


Menurut Ahlul Bayt News Agency (ABNA.ir), Pemimpin Revolusi Islam, Ayatullah Sayid Ali Khamenei, pada hari Minggu mendesak rakyat Iran untuk menghindari festival api Persia pekan depan karena acara yang tidak islami dan dapat menyebabkan “banyak kerugian”.

Tujuh orang dilaporkan menjadi korban menjelang festival, kata kantor berita ISNA, mengutip kepala kepolisian.

“Charshanbe Soori”, sebuah festival pagan kuno, diadakan pada malam Rabu terakhir dalam kalender Persia. Tahun ini, ritual jatuh pada malam 16 Maret 2010.

Ayatullah Khameneni menyatakan dalam situsnya bahwa Charshanbe Soori “tidak memiliki dasar dalam syariah dan menciptakan banyak kerugian dan kerusakan, (karena itu) pantas untuk dihindari.”

Festival ini merupakan awal Nowrouz, Tahun Baru Persia, yang akan dimulai pada tanggal 21 Maret dan menandai kedatangan musim semi.

Rakyat Iran merayakan festival api dengan menyalakan api unggun di tempat umum pada malam sebelum Rabu terakhir dan melompat di atas api.

Beberapa korban dilaporkan dari peristiwa setiap tahun dan banyak peserta terkena luka bakar, termasuk kecelakaan petasan yang terhubung dengan acara itu, saat mereka memulai di hari sebelumnya.

Wakil Kepala Polisi Iran, Ahmad Reza Radan, mengatakan bahwa “sejauh ini tujuh orang dilaporkan menjadi korban” ketika membuat petasan. ISNA melaporkan, bahwa sebagian besar petasan itu adalah hasil selundupan. Banyak orang melihat ritual ini sebagai penyembahan api.

sumber: ejajufri.wordpress.com

0 comments to "Festival Api"

Leave a comment