Home , � Kapal Induk AS di protes Warga Turki...hingga...PM Korsel Resmi Mengundurkan Diri...???!!!!...

Kapal Induk AS di protes Warga Turki...hingga...PM Korsel Resmi Mengundurkan Diri...???!!!!...

Warga Turki Protes Masuknya Kapal Induk AS

Sejumlah warga Turki menggelar aksi demo memprotes masuknya kapal induk USS Eisenhower ke pelabuhan Antalya. Para pengunjuk rasa mengecam kebijakan AS di dunia.

Aksi demo yang digelar hari Rabu (7/7/2010) itu diiringi dengan slogan-slogan anti kebijakan militerisme AS di dunia. Selain itu para pengunjuk rasa juga mengecam perilaku amoral para serdadu AS di Antalya.

Seperti diberitakan oleh berbagai sumber, kapal induk USS Eisenhower dengan sekitar lima ribu personilnya telah memasuki pelabuhan Antalya. Warga Turki umumnya mengecam kebijakan AS yang membela rezim zionis Israel bahkan setelah terjadinya indisen serangan ke kapal Mavi Marmara yang menewaskan sejumlah aktivis Turki dan melukai puluhan lainnya. (IRIB/AHF/8/7/2010)

PM Korsel Resmi Mengundurkan Diri

Perdana Menteri Korea Selatan, Chung Un-chan yang juga pejabat senior Partai Nasional Raya menyatakan mengundurkan diri dari jabatannya pada hari Kamis (8/7). Sebagaimana dilaporkan Kantor Berita Xinhua, Presiden Korea Selatan, Lee Myung-bak menyepakati pengunduran diri Chung dari jabatan perdana menteri. Padahal sebelumnya, Lee menentang pengunduran diri itu.

Menurut KBS hari Selasa, Chung mengatakan Presiden Lee Myung-bak berusaha membujuk dirinya untuk mengurungkan pengunduran diri itu. Setelah pengunduran diri tersebut, sejumlah nama menteri disebut-sebut sebagai pengganti Chung. Dilaporkan, Menteri Tenaga Kerja Yim Tae-hee termasuk kandidat kuat yang akan menggantikan posisi Chung Un-chan.

Dalam sistem pemerintahan Korea Selatan, perdana menteri bukan sebagai pemimpin eksekutif tertinggi. Akan tetapi perdana menteri akan menjalankan tugas badan eksekutif bila presiden tidak mampu.

Agenda pemerintah sebelumnya adalah memindahkan separoh dari 15 departemen Korea Selatan ke sebuah kota yang jaraknya adalah sekitar 160 km dari ibukota Seoul. Akan tetapi pemerintah saat ini menilai agenda itu sebagai langkah yang menyebabkan departemen-departemen di negara ini tidak efektif, dan bahkan membuang-buang uang negara.(IRIB/AR/SL/8/7/2010)

Tags: ,

0 comments to "Kapal Induk AS di protes Warga Turki...hingga...PM Korsel Resmi Mengundurkan Diri...???!!!!..."

Leave a comment