Home , � Obama VS Ahmadinejad

Obama VS Ahmadinejad

Obama Menerima Tantangan Ahmadinejad

Presiden Republik Islam Iran, Mahmoud Ahmadinejad, akhir-akhir ini menantang Presiden AS, Barack Obama untuk berdebat di depan media di Majelis Umum PBB yang akan digelar pada bulan September. Tantangan itu mendapat reaksi luas media-media massa dunia. Washington sendiri kewalahan menanggapi tantangan Ahmadinejad yang dikenal lugas dalam berbicara dan berdebat. Ahmadinejad dalam berbagai acara dialog dengan televisi-televisi Barat seringkali dijebak dan dipojokkan, tapi Presiden Iran ini selalu menemukan jawaban yang seringkali mengejutkan lawan-lawan bicara. Kali ini, Ahmadinejad menantang Obama yang juga dikenal orator di AS.

Presiden Iran dan AS sama-sama dikenal orator dalam menyampaikan pidato-pidatonya. Pidato Obama dalam kampanye-kampanyenya membuat masyarakat AS terkesima dan tersihir. Obama yang berkulit hitam menjadi pemenang dalam pemilu presiden AS karena kepiawaiannya dalam berpidato dan berbicara.

Ahmadinejad dalam pemilu presiden Iran, juga berhasil menyingkirkan rival-rivalnya dalam acara debat terbuka yang disiarkan langsung televisi lokal Iran. Kepiawaian Ahmadinejad membuat para pesaingnya diam seribu bahasa. Ahmadinejad sangat pandai mengangkat isu-isu menarik yang dibungkus dengan logika dan argumentasi gamblang tanpa bertele-tele. Hal inilah yang membuat isu-isu Ahmadinejad dapat ditangkap khalayak masyarakat dari berbagai kalangan.

Kini, Ahmadinejad menantang Obama untuk berdebat secara terbuka di depan kamera yang dihadiri para wartawan. Di depan masyarakat Provinsi Hamedan, Iran barat, hari Rabu (4/8), Ahmadinejad menyatakan, "Di akhir bulan September mendatang saya akan berkunjung ke AS untuk menghadiri sidang Majlis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), dan saya barharap Obama bersedia berdialog dengan saya secara langsung untuk membuktikan kinerja siapa yang layak dan unggul untuk mengatur dunia."

Menyusul tantangan tersebut, Presiden Barack Obama sebagaimana dilaporkan Koran Washington Post, dalam konferensi pers di Gedung Putih menyatakan siap berunding dengan Iran. Koran itu menyebutkan, pesan baru Obama itu disampaikan saat mendapat tekanan internasional dan sanksi PBB.

Akan tetapi pernyataan Obama itu bukan berarti menerima tantangan Ahmadinejad untuk debat di depan umum. Obama hanya menyatakan siap berunding, bukan berdebat.

Sebelum ini, Obama juga pernah menyatakan ingin berunding dengan Iran, tapi memberikan syarat kepada Iran supaya membangun kepercayaan. Obama dalam pesannya kepada Presiden Brazil menjelang Deklarasi Tehran, mengatakan, "Jika ada kesepakatan tentang pertukaran bahan bakar nuklir, Iran berarti melakukan langkah tersebut untuk membangun kepercayaan." Akan tetapi setelah ada kesepakatan Iran, Turki dan Brazil terkait pertukaran bahan bakar, Obama inkonsisten dengan pernyataanya, bahkan mengeluarkan sanksi baru terhadap Iran yang didukung DK PBB dan Uni Eropa.

Ahmadinejad bukanlah presiden yang bodoh untuk menghadapi pernyataan Presiden AS yang tidak dapat dipegang. Menurut Ahmadinejad, satu-satunya jalan menghadapi Obama adalah debat terbuka di depan media, sehingga akan diketahui siapakah yang mempunyai solusi tepat dalam menyelesaikan berbagai masalah dunia. (IRIB/Fars/AR/MF/5/8/2010)


0 comments to "Obama VS Ahmadinejad"

Leave a comment