Home , � Banjarmasin, Besok Haul Pencipta Kitab Sabilal Muhtadin

Banjarmasin, Besok Haul Pencipta Kitab Sabilal Muhtadin


example2
Foto:assobban.blogspot.com
Makam Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari.

MARTAPURA - Rabu (15/9/2010) yang bertepatan 6 Syawal 1431 Hijriah, merupakan hari wafat ke-204 tahun Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari atau dikenal sebagai Datu Kelampayan.

Ulama Banua yang mendunia lewat kitab Sabilal Muhtadin tersebut tutup usia pada 6 Syawal 1227 Hijriah atau 13 Oktober 1812.

Persiapan untuk haul di Masjid Tuhfatur Raghibin Dalam Pagar, Martapura, Kabupaten Banjar, besok pagi itu telah dilakukan sejak kemarin.

Puluhan tenda mulai dipasang, bahan makanan utama yang terdiri atas 300 blek beras (satu blek = 20 liter) dan 15 pikul daging sapi mulai diolah.

"Untuk konsumsi, kami akan menyuguhkan puluhan ribu kotakan berisi nasi samin dan kare daging," kata Ketua Panitia Haul, HM Syaifulloh Kasyfuddin kepada Metro, Senin (13/9/2010).

Disebutkannya, seperti tahun-tahun sebelumnya, haul bakal dihadiri sejumlah pejabat di Kalsel. Mulai dari wali kota/bupati dan wakil masing-masing, hingga Gubernur Kalsel Rudy Ariffin dan Wagub Rudy Resnawan.

"Bahkan Bupati Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau akan datang bersama 19 orang lainnya," tambah Syaifulloh.

Ditanyakan soal agenda haul kali, Syaifulloh, mengatakan tak ada perbedaan dibanding sebelumnya. Dimulai pembacaan Yasin, ditutup doa bersama.

Syekh Arsyad Al Banjari dilahirkan di Desa Lok Gabang, Astambul, Kabupaten Banjar, Kamis malam 15 Safar 1122 Hijriah atau 19 Maret 1770. Ayahnya bernama Abdullah, ibunya Aminah.

Dia memperdalam Islam selama 30 tahun di Makkah dan 25 kali menunaikan ibadah haji. Setelah itu dia belajar kepada ulamaulama besar, di antaranya Syekh Muhammad Seman Al Madani.

Arsyad Al Banjari kemudian kembali ke tanah kelahirannya dan melakukan dakwah selama sekitar 41 tahun.

Selain kitab Sabilal Muhtadin, karya lainnya kitab Tuhfatur Raghibin yang dijadikan nama masjid di Dalam Pagar, Martapura.

Disebutkan, Arsyad Al Banjari pernah membetulkan arah kiblat di Masjid Jembatan Lima, Betawi (Jakarta). Pernah juga dia mengacungkan telunjuk dan di bawah lengan bajunya tampak Kabah. Subhanallah.

(wid)


Agenda Haul ke-204 Datu Kelampayan Rabu (15/9):
- Pembacaan Yasin
- Tahlil
- Maulid Habsy
- Manakib
- Doa
- Penutup

(Banjarmasinpost.co.id - Selasa, 14 September 2010)

Tags: ,

0 comments to "Banjarmasin, Besok Haul Pencipta Kitab Sabilal Muhtadin"

Leave a comment