Home , � Konferensi Iran-Afrika

Konferensi Iran-Afrika


Ahmadinejad Buka Konferensi Iran-Afrika

Tehran, IRIB News-Presiden Republik Islam Iran, Mahmoud Ahmadinejad menyinggung masa depan cerah dalam hubungan Iran-Afrika seraya menegaskan bahwa tidak ada batasan bagi perluasan dan kerjasama antara Tehran dan negara-negara Afrika.

Hal itu dikemukakan hari ini (14/9) oleh Ahmadinejad pada pembukaan Konferensi Iran-Afrika. Menurutnya, Iran dan Afrika memiliki prioritas kolektif.

"Kekayaan budaya, sejarah fluktuatif, dan sebuah aspirasi untuk masa depan lebih cerah bagi umat manusia adalah termasuk di antara prioritas Iran dan Afrika," kata Ahmadinejad.

Lebih lanjut Ahmadinejad menegaskan bahwa Iran dan Afrika sama-sama berkembang meski menghadapi sanksi, dan bahwa tidak ada batas untuk meningkatkan kerjasama timbal-balik hingga ke titik maksimal.

"Iran dan Afrika memiliki banyak kemampuan yang saling melengkapi, juga bahwa Iran siap untuk mentransfer pengalamannya kepada Afrika," ujarnya.

Menurut Ahmadinejad, Konferensi Iran-Afrika ini merupakan peluang kondusif dalam memperkokoh hubungan bilateral.

Presiden Iran ini juga menegaskan bahwa Iran dan negara-negara Afrika menyerukan sistem global yang berlandaskan pada prinsip keadilan dan penghormatan terhadap hak bangsa-bangsa, kemuliaan, dan persahabatan.

Konferensi Iran-Afrika berlangsung selama dua hari di Tehran. Konferensi ini dihadiri oleh delegasi dari pemerintah dan sektor swasta lebih dari 40 negara termasuk presiden Senegal dan Malawi. (IRIB/MZ/AR/14/9/2010)


30 Pemimpin Afrika Bertemu di Teheran

Presiden Republik Islam Iran Mahmoud Ahmadinejad mengatakan, kerjasama luas dan kokoh antara Iran dan Afrika akan mengubah percaturan dunia dan perimbangan kawasan.

Ahmadinejad, Selasa (14/9) di sela-sela Forum Iran-Afrika di Teheran, membahas mekanisme perluasan kerjasama bilateral dan regional dengan sejumlah pemimpin Afrika.

Seraya menyinggung besarnya kapasitas dan peluang untuk meningkatkan volume kerjasama Iran dan Afrika, Ahmadinejad menuturkan, Iran bertekad memanfaatkan semaksimal mungkin kapasitas yang ada bagi perluasan hubungan dengan negara-negara Afrika.

Dalam pertemuannya dengan sejumlah pemimpin Afrika di Teheran, Ahmadinejad menegaskan pentingnya keselarasan dan perluasan kerjasama dengan Iran dan Afrika. Ia juga menginginkan peningkatan lebih hubungan Iran dan Afrika di berbagai sektor.

Forum Iran-Afrika digelar di Tehran selama dua hari (Selasa-Rabu) dengan melibatkan 30 pemimpin Afrika. (IRIB/RM/PH/14/9/2010)

Ahmadinejad: Kerjasama Iran-Afrika Untungkan Dunia

Presiden Republik Islam Iran, Mahmoud Ahmadinejad menyebut pengokohan hubungan antara Iran dan negara-negara Afrika menguntungkan keamanan dan perdamaian negara kawasan dan dunia.

Hal ini dinyatakan Ahmadinejad saat menerima Menteri Luar Negeri Togo, Elliot Ohin di sela sela Forum Iran-Afrika Selasa (14/9). Presiden Iran menambahkan, Tehran dengan rasa persaudaraan berniat meningkatkan hubungannya dengan negara-negara Afrika.

Seraya mengisyaratkan pemanfaatan kapasitas yang dimiliki Iran dan Togo untuk meningkatkan hubungan bilateral, Ahmadinejad menambahkan, Republik Islam Iran tidak membatasi niatnya untuk meningkatkan hubungan dengan Togo diberbagai bidang.

Di sisi lain, seraya mengisyaratkan urgensitas Forum Iran-Afrika, Elliot Ohin menandaskan, forum ini merupakan kesempatan untuk mendalami kapasitas di Iran dan Afrika serta memanfaatkannya untuk meningkatkan kerjasama dan hubungan di berbagai sektor. (IRIB/MF/15/9/2010)

Tags: ,

0 comments to "Konferensi Iran-Afrika"

Leave a comment