Home , � Pemerintahan Nicolas Sakozy di demo penentang perubahan sistem pensiun yang diterapkan Sarkozy

Pemerintahan Nicolas Sakozy di demo penentang perubahan sistem pensiun yang diterapkan Sarkozy

Lima Hari Sudah, Sarkozy Diprotes 3,8 Juta Warga

Aksi protes para penentang kebijakan ekonomi dan sosial pemerintah Nicolas Sakozy kemarin (Sabtu 16/10) digelar di berbagai kota Perancis. Aksi protes ini telah berjalan lima hari dan aksi kemarin berujung pada penangkapan empat puluh orang dengan dakwaan menganggu ketenteraman umum.

Para penentang pemerintah Sarkozy dan sumber-sumber pemerintahan menyebutkan bahwa ribuan pelajar juga ambil bagian dalam aksi protes ini. Menurut mereka peserta aksi unjuk rasa ini sekitar 3,8 juta orang.

Unjuk rasa Sabtu (16/10/2010) menurut media massa Perancis adalah untuk menentang perubahan sistem pensiun yang diterapkan Sarkozy. Sejumlah kelompok juga turut dalam aksi ini dengan tuntutan lain dan mereka berada dalam pengawasan ketat polisi. Di antara para demonstran juga terlihat warga bekas jajahan Perancis di Afrika yang tidak memiliki izin tinggal di negara ini dan mereka berunjuk rasa karena beratnya pekerjaan yang mereka jalani sementara upah yang diterima sangat sedikit.

Sejumlah warga yang menggelandang juga terlihat menyuarakan protesnya atas pengusiran warga pendatang Gipsi dari Romania dan Bulgaria, naiknya harga kebutuhan pokok dan kecondongan pemerintah Perancis ke arah kapitalisme.

Menurut sumber ini, aksi mogok yang dimulai sejak hari Selasa lalu di sektor public di Perancis telah berjalan lima hari dan diprediksikan para sopir truk besok (Senin 18/10/2010) akan bergabung dengan para demonstran.

Bertepatan dengan rencana ratifikasi draf baru sistem pensiun di Perancis pada hari Selasa (19/10/2010), warga untuk keenam kalinya akan turun ke jalan-jalan melakukan aksi protes. Rencana ini mendapat dukungan dari kubu oposisi pemerintah Paris. Kubu oposisi menuntut pembekuan ratifikasi draf ini di parlemen, namun pemerintah tidak mengindahkannya dan tetap memaksa proses ini dilanjutkan. (IRIB/IRNA/MF/17/10/2010)

PM Perancis: Tak Ada Konsesi Untuk Para Demonstran

Perdana Menteri Perancis, Francois Fillon mengatakan tidak akan memberi konsesi apapun kepada para demonstran yang menentang program baru sistem pensiun di negara itu. Kantor berita AFP melaporkan, PM Perancis dalam mereaksi demonstrasi besar-besaran para penentang program pensiun baru mengatakan, pemerintah tidak akan menyerah. Fillon lebih lanjut menuduh para demonstran mengerahkan anak-anak di bawah usia 15 untuk turun ke jalanan demi memaksa pemerintah membatalkan program pelenturan pensiun. Akibat demonstrasi besar-besaran aktivitas transportasi di negara itu lumpuh. Menurut pihak yang mengkoordinir aksi demo, sebanyak hampir tiga setengah juta orang hari Selasa (12/10) ikut serta dalam unjuk rasa menentang kebijakan pemerintah yang menaikkan usia pensiun dari 60 tahun menjadi 62 tahun. (IRIB/AHF/13/10/2010)

0 comments to "Pemerintahan Nicolas Sakozy di demo penentang perubahan sistem pensiun yang diterapkan Sarkozy"

Leave a comment