Home , , � Solusi Pendidikan dunia : "Sang Mutiara dari Sidoarjo"..Siapakah Munif Chatib?

Solusi Pendidikan dunia : "Sang Mutiara dari Sidoarjo"..Siapakah Munif Chatib?

Wawancara Lengkap dengan Pakar Pendidikan Munif Chatib

Pasti ada sesuatu yang istimewa hingga seorang Neno Warisman memberi julukan kepadanya "Sang Mutiara dari Sidoarjo".

"Alhamdulillah akhirnya saya bertemu dengan seseorang yang akan membawa paradigma baru pendidikan di negeri ini. Ayo Pak Munif ... kita bersama untuk terus berupaya mencerdaskan bangsa yang tengah terpuruk di segala bidang ini ..., " ceramah Bunda Neno Warisman dengan semangat mengebu-gebu di SMP YIMI Gresik depan 600 masyarakat Gresik.

Siapakah Munif Chatib? Bagaimana banyak orang terpana mendengar ide-ide barunya tentang pendidikan? Dan yang cukup mengejutkan, dengan tangan dinginnya mampu mendisain sebuah sekolah yang terbelakang dan bermutu rendah dalam waktu singkat berubah menjadi sekolah yang unggul dan mendapat kepercayaan masyarakat.

Dalam rangka mengenang kesyahidan Imam Jafar Shadiq as, wartawan IRIB mendapat kesempatan berharga untuk mewawancarai pakar pendidikan yang juga penggagas sistem pendidikan baru Multiple Intelligence (MI) di nusantara. Dia adalah Munif Chatib.

Dalam wawancara ini, Munif Chatib berbicara tentang sosok agung manusia Imam Jafaar Shadiq yang mempunyai banyak murid seperti Abu Hanifah, Malik bin Anas, Jabir bin Hayyan (pakar kimia), Hisyam bin Hakkam (pakar teolog).

Selain itu, pakar pendidikan ini juga menjelaskan hubungan pendidikan dengan dengan agama. Ia juga mengkritik sistem SBI (Sekolah Berstandar Internasional).

Di penghujung wawancara, Munif Chatib menjelaskan konsep Multiple Intelligence (MI) yang dikembangkannya dalam sepuluh tahun terakhir ini. Ia juga menjabarkan program-programnya selama ini yang sudah berhasil menetaskan sekolah-sekolah unggul dari keterpurukan.
Selanjutnya, Anda dapat mendengar wawancara lengkap dengan Munif Chatib melalui file suara berikut ini;

JavaScript is disabled!
To display this content, you need a JavaScript capable browser.

Last Updated ( Tuesday, 05 October 2010 12:53 )

0 comments to "Solusi Pendidikan dunia : "Sang Mutiara dari Sidoarjo"..Siapakah Munif Chatib?"

Leave a comment