Home , � Soal CPNS Di Bakar !!!!!

Soal CPNS Di Bakar !!!!!



example2
Foto:dok bpost
CPNS Kalsel

BARABAI - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), memusnahkan sebanyak 2.000 lembar soal ujian calon pegawai negeri sipil (CPNS) periode 2010 setelah digunakan untuk ujian tes CPNS tahun 2010 di muka halaman Kantor BPLH Barabai.

Pembakaran soal dilakukan oleh Kepala BKD Akhyar Akhrani, Kepala Inspektorat Nurul Fauzi, Sekretaris BKD Hasbi Syamdan dua orang dari BKD Propinsi serta beberapa orang staf BKD HST.

"Soal ini harus dibakar guna menghindari dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab," ujar Akhyar Akhrani di Lokasi pembakaran soal.

Akhyar mengatakan, pembakaran soal CPNS yang setelah digunakan merupakan mekanisme yang telah diatur dalam penerimaan calon pegawai negeri sipil.

"Sudah aturannya, soal ujian CPNS yang sudah dipakai tidak diperbolehkan disimpan namun harus dimusnahkan dengan metode dibakar," katanya. Menurut dia, dikhawatirkan soal ujian pada penerimaan CPNS pada periode 2010 berpotensi menjadi soal CPNS periode berikutnya sehingga diharapkan dengan dimusnahkan, ujian CPNS 2011 nantinya dapat berjalan secara murni.

"Besar kemungkinan, soal ujian pada periode sekarang ini memiliki kesamaan dengan soal pada periode berikutnya walaupun secara pribadi saya tidak pernah melihat soal CPNS," katanya. Ia mengatakan, bila memiliki kesamaan, maka dikhawatirkan akan timbul ketidakadilan bagi seluruh masyarakat karena hanya segelintir orang yang dapat mengambil manfaat dari soal tersebut.

"Bila disimpan, dikhawatirkan ada oknum yang memanfaatkan untuk kepentingannya sehingga merugikan peserta lainnya pada saat ujian penerimaan CPNS nantinya," katanya.Menurut dia, sejak diselenggarakannya CPNS di HST beberapa tahun yang lewat, pihaknya selalu membakar soal CPNS setelah ujian CPNS diselenggarakan. "Kami selalu membakar pada saat selesai pelaksanaan tes CPNS, maka pembakaran dilakukan pada hari ini usai dilaksanakan tes,"katanya.

(khairil rahim)

Sumber: khairil rahim/red: Didik Trio Marsidi/Banjarmasinpost.co.id - Senin, 29 November 2010


Bersaing Secara Sehat
Oleh: Aditiya Rina Aulia, Mahasiswi S1 Akuntansi FE Unlam

MENJADI seorang PNS kini menjadi dambaan sebagian besar orang. Mendapatkan gaji yang tetap lengkap dengan fasilitas dan jaminan hari tua menjadi harapan mayoritas masyarakat untuk dapat bekerja sebagai abdi Negara itu. Tak heran, hampir setiap ada seleksi penerimaan CPNS setiap kali itu peserta membludak. Persaingan ketat pun tak dapat diindahkan lagi.

Harapan semua peserta seleksi adalah bersaing secara sehat sesuai dengan kemampuan dan kapabilitas yang dimiliki peserta. Namun, tak dapat dipungkiri apabila dalam pelaksanaannya terdapat indikasi kecurangan, baik kecurangan saat pelaksaan tes sedang berlangsung, calo, titipan ataupun Nepostisme.

Hal inilah yang seharusnya menjadi perhatian semua pihak terutama pihak yang berkompeten. Indikasi-indikasi yang terjadi itulah yang seharusnya diantisipasi oleh penyelenggara. Apabila praktik-praktik semacam itu masih mengakar pada penerimaan CPNS tak mustahil apabila CPNS yang diterima nantinya tidak sesuai dengan kemampuan dan kapabilitas yang seharusnya dimiliki. Dampaknya adalah pada kinerja dan perilaku aparatur di masa mendatang.

Mental seorang CPNS yang sudah diawali dengan cara untuk mendapatkan sebuah pekerjaan dengan cara yang tidak baik maka mental KKN pun akan muncul. Inilah yang harus diantisipasi. Seorang CPNS bukan hanya sebagai status tetapi perlu dipahami bahwa CPNS akan menjadi abdi Negara yang melayani kepentingan masyarakat.

(*/Banjarmasinpost.co.id - Selasa, 30 November 2010 )

Tags: ,

0 comments to "Soal CPNS Di Bakar !!!!!"

Leave a comment