Home , � Penobatan Pangeran Banjar, Ayo warga Banjar umpati !!!!!

Penobatan Pangeran Banjar, Ayo warga Banjar umpati !!!!!



example2
Foto:3.bp.blogspot.com
HG Khairul Saleh
*Jelang Penobatan Pangeran H Khairul Saleh
Keturunan Pangeran Suria Winata dari Belanda Pun Hadir

BANJARMASIN- PENOBATAN Pangeran H Khairul Saleh sebagai Raja Muda Kesultanan Banjar, Minggu (12/12/2010) lusa, bukan hanya mendapat sambutan antusias warga Banua. Perwakilan kerajaan senusantara dan para zuriat yang berada di luar negeri pun merespons positif.

Bahkan, salah seorang zuriat yang tinggal di Belanda, Dick Eysman --keturunan dari Pangeran Suria Winata (anak Sultan Adam)-- sudah menginjakkan kaki di Bumi Serambi Makkah sejak Rabu (8/12/2010). Kedatangan ke Banjar ini merupakan kali kedua setelah 1981.

"Saya merasa sangat terhormat diundang, bisa ketemu dengan kerabat dan keluarga kesultanan Banjar," ujar Eysman didampingi Budayawan Kalsel, Suryansyah yang membantu menterjemahkan ucapan Eysma yang terkadang menggunakan Bahasa Belanda, Kamis (9/12/2010).

Bagi Eysman, rangkaian kegiatan penobatan dan gelar budaya yang dilaksanakan ini merupakan sebuah wujud dari keragaman budaya di Indonesia."Fantastis. Saya juga merasa sangat menikmati keberadaan saya di sini. Sangat mengagumkan," katanya.

Selain mengikuti rangkaian acara penobatan, Eysman juga berziarah ke makam para leluhur. Salah satu yang sudah diziarahi adalah makam Sultan Sulaiman (ayah Sultan Adam).

"Ke makam Sultan Adam belum. Tapi pasti akan saya lakukan," katanya kepada BPost di sela-sela mengikuti jamuan makan siang sekaligus ramah tamah dengan Khairul Saleh dan panitia penobatan.

Tak hanya Eysman, banyak undangan dari luar Kalsel yang malam tadi tiba di Banjar. Di antaranya, Gusti Noor Yakin Mugeni dari Kesultanan Kota Waringin Barat. "Saya menyampaikan ke panitia bahwa Kesultanan Kota Waringin Barat kemungkinan datang pada Jumat (10/12/2010). Pangeran Mahyidinsyah dan Pangeran Arsadinsyah akan mewakili sultan yang kebetulan tidak bisa datang karena ada kesibukan di Solo," katanya.

Kordinator Umum Panitia, Nasrun Syah, mengungkapkan hampir semua undangan memastikan hadir. "Untuk besok (hari ini) yang datang antara lain Ketua Forum Silaturahmi Kesultanan Nusantara (FSKN) Pakubuwono XIII Tedjowulan bersama para perngurus FSKN. selain itu juga undangan dari Brunei Darussalam, Malaysia dan Singapura," ujarnya.

Berdasar pantauan BPost, panitia telah menyiapkan segala segala sarana prasarana untuk prosesi badudus (mandi-mandi), Jumat (10/12/2010) ini di Mahligai Sultan Adam, Martapura. Persiapan itu melibatkan sejumlah budayawan, seperti H Adjim Arijadi. Kemarin sore, geladi bersih pun dilakukan. "Sedangkan untuk geladi bersih penobatan akan digelar Sabtu (11/12/2010)," ujar Panitia Seksi Transportasi, Keamanan dan Pengerahan Massa, HG Syakhrin.

Mengenai kemungkinan pengalihan arus lalu lintas di Jalan A Yani selama prosesi berlangsung, Syakhrin mengatakan telah berkoordinasi dengan Polresta Banjar. "Kita lihat dulu seberapa banyak masyarakat yang datang. Kalau lalu lintas terhambat, maka kita akan lakukan pengalihan arus," ujarnya.

Kesibukan juga terjadi di Guest House Sultan Sulaiman yang menjadi tempat menginap para tamu. "Ada 24 kamar yang bisa digunakan untuk undangan. Sedangkan dua kamar digunakan untuk posko kesehatan dan sekretariat panitia," kata sang Manajer, Hj Noor Camelia.

(ofy)

Sumber: banjarmasin post/red: Didik Trio Marsidi

Tags: ,

0 comments to "Penobatan Pangeran Banjar, Ayo warga Banjar umpati !!!!!"

Leave a comment