Home , , , , , , � Maslahat Umum, Prinsip Persatuan Umat

Maslahat Umum, Prinsip Persatuan Umat

mengenal metodologi dakwah nabi

maslahat umum, prinsip persatuan umatmengenal metodologi dakwah nabimengenal metodologi dakwah nabiTerjalinnya persatuan antara umat islam merupakan impian seluruh kaum Muslimin. Oleh karena itu, para ulama dan ilmuan dari berbagai mazhab senantiasa menyerukan umat kepada persatuan dan pendekatan antar mazhab. Pada dasarnya, misi dan ajakan ini tidak muncul begitu saja, akan tetapi ia memiliki akar yang kokoh baik berpijak kepada ayat dan riwayat maupun pada sebuah prinsip yang dibangun atas dasar kemaslahantan Islam dan kaum muslimin. Di antara akar dan fondasi yang menjadi pijakan bagi persatuan umat antara lain ialah:

1. Prinsip-prinsip yang menjadi kesepakatan

Tertentuknya beberapa mazhab dalam Islam menandakan adanya perbedaan pandangan di antara kaum Muslimin dalam permasalah akidah maupun fiqih. Perbedaan pandangan ini merupakan fenomena alami yang muncul dari kebebasan berijtihad dan perbedaan persepsi dalam memahami teks agama akibat pengaruh kondisi, prinsip dan pengetahuan yang berbeda. Akan tetapi, harus diingat bahwa meskipun terdapat perbedaan di antara kaum Muslimin, namun persamaan pendapat di antara mereka –baik dalam permasalahan akidah, fikih maupun akhlak- jauh lebih besar dari pada perbedaan yang ada. Sedemikian banyak dan besarnya persamaan ini sehingga sebagian ulama mengatakah bahwa persamaan pandangan umat Islam dalam permasalahan akidah dan fiqih mencapai 95 % dan dalam permasalahan akhlak mencapai 100 %. Artinya, dalam pandangan mereka, perbedaan pandangan di antara kaum Muslimin sangatlah miinin, dan itu pun hanya sebatas permasalahan akidah dan fikih, adapun dalam permasalah akhlak tidak ada perbedaan sama sekali di antara mereka.

Dalam permasalah akidah, banyak sekali prinsip-prinsip yang menjadi kesepakatan di antara kaum Muslimin, di antaranya ialah: Keimanan kepada Allah Swt yang Maha Esa dan sifat-sifat-Nya, iman terhadap para Rasul yang diutus-Nya dan Muhammad Saw adalah Nabi terakhir-Nya, iman akan kitab-kitab-Nya dan al-Quran sebagai kitab suci yang diturunkan kepada Rasul-Nya Muhammad Saw, iman akan hari kiamat dan kebangkitan, iman akan hari akherat, surga neraka dan pembalasan atas amal manusia , serta masih banyak lagi prinsip-prinsip akidah lainnya yang menjadi kesepakatan antar umat Islam.

Adapun dalam permasalah fiqih dan hukum syariat, banyak pula hukum-hukum yang menjadi kesepakatan kaum Muslimin, di antaranya ialah: Kewajiban shalat, menunaikan haji, puasa di bulan Ramadhan, menghadap kiblat saat shalat, membayar zakat dan melakukan amar makruh nahi munkar, dan banyak lagi hukum lainnya.

Jelas dalam seluruh permasalahan prinsipal di atas ini tidak ada perbedaan pendapat antara mazhab yang ada, yang menjadi perbedaan di antara mereka adalah permasalahan-permasalahan parsial yang merupakan cabang dari segala permasalahan di atas. Contohnya perbedaan mengenai pengertian sifat Allah Swt, batasan ishmah para Nabi as, anggota yang harus dibasuh dan diusap dalam berwudhu, perkara-perkara yang membatalkan wudhu dan shalat dan hal semacamnya.

Mengesampingkan perbedaan dalam permasalah yang parsial dan betumpu kepada kesepakatan dan persamaan pandangan dalam masalah-masalah prinsipal, merupakan pilar bagi terwujudnya persatuan Islan dan pendekatan antar mazhab.

2. Prinsip persatuan

Persatuan dan kesatuan antar umat Islam berakar dari al-Quran, sunah Nabawiyah dan sirah para Imam maksum. Banyak sekali ayat-ayat al-Quran dan juga hadis-hadis Rasul yang menyeru kaum Muslimin kepada persatuan dan menjauhi perpecahan, dimana dalam tulisan ini tidak perlu kita menyebutkannya kembali. Yang menjadi sorotan kami dalam tulisan singkat ini, ialah sirah para Imam Maksum keturunan Nabi Saw yang kami yakini bahwa prilaku dan sikap mereka adalah tauladan dan wajib diikuti.

Imam Ali bin Abi Thalib as selama beliau tidak menduduki kursi khilafah, meskipun beliau banyak memiliki perbedaan pandangan dengan para khalifah pada masa itu, namun belliau tidak pernah sekali-kali mengajak masyarakat untuk bangkit melawan khalifah. Bahkan saat Abu Sufyan mengajaknya untuk bangkit dan menjanjikan akan memberikan dukungan militer yang besar, dengan tegas Imam menolak tawarannya itu. Jelas, salah satu tujuan utama dari prilaku beliau ini adalah untuk menjaga persatuan dan kesatuan kaum Muslimin.

Imam Ali as selalu setia terhadap baiat dan sumpah yang beliau berikan kepada para khalifah, sedikit pun tidak terlintas dalam benak beliau untuk melanggar baiat yang telah beliau nyatakan tersebut. Beliau selalu menghendaki kebaikan untuk Islam dan kaum Muslimin. jika dibutuhkan atau melihat suatu kemaslahatan, beliau tidak segan-segan menasehati para khalifah, secara tulus bermusyawarah dan memberikan masukan kepada mereka, memerintahkan para sahabat dekatnya untuk turut andil dalam pemerintahan dengan menjabat dalam pos-pos tertentu. Semua ini menunjukkan bahwa beliau lebih mengedepankan maslahat umum Islam dan kaum Muslimin dari pada kepentingan lainnya.

Prilaku agung Imam Ali as ini terus dilanjutkan oleh para Imam, putera-putera beliau. Imam Hasan, Imam Husain[1], Imam Ali Zainal Abidin, Imam Muhammad al-Baqir dan para imam lainnya adalah para penerus misi yang dibawa sang ayah. Hal ini dapat kita lihat dalam doa Imam Sajjad as –yang disusun dalam kitab doa berharganya, Shahifah Sajadiyah- yang ditujukan kepada ahli tsughur, demikian pula bantuan yang diberikan Imam Baqir as kepada pemerintahan Umayyah saat hendak mencetak koin yang akan disebar ke seluruh pemerintahan Islam.

3. Prinsip persaudaraan antar umat Islam

Sikap yang ditunjukkan para imam maksum terhadap orang-orang yang memusuhi mereka dan juga arahan-arahan yang mereka berikan kepada para pengikut mereka agar berlaku baik dan menjaga ikatan persaudaraan, merupakan sebuah pedoman yang dapat dijadikan prinsip dalam menjalin persatuan antar umat Islam. Banyak sekali prilaku dan sirah mereka yang mengandung pesan ini yang di antaranya ialah beberapa riwayat di bawah ini:

- Dari Abu Abdillah (Imam Jakfar as) diriwayatkan bahwa ia berkata: “Barang siapa yang melakukan shalat bersama mereka di barisan pertama, maka ia bagaikan shalat di belakang Rasulullah Saw di barisan pertama[2].”

- Dari Abu Abdillah as, ia berkata: Aku wasiatkan kepada kalian agar bertakwa kepada Allah Swt dan janganlah kalian memikul masyarakat di atas bahu kalian (berbuat buruk kepada mereka), niscaya kalian akan menjadi hina! Sesungguhnya Allah Swt berfirman dalam kitab suci-Nya “dan katakanlah suatu kebaikan kepada manusia”. Imam melanjutkan: Jenguklah mereka yang sakit, ikut sertalah dalam pemakaman mereka, berikanlah kesaksian kepada dan atas mereka dan shalatlah di masjid-masjid mereka[3]!

- Dari Muawiyah bin Wahab, ia berkata: Aku berkata kepada beliau (Imam Shadiq as), apa yang harus kami perbuat terhadap apa-apa [yang terjadi] antara kami dan kaum kami dari masyarakat dan atas apa-apa yang bukan perkara kami? Imam berkata: “Hendaknya kalian melihat imam-imam kalian yang kalian ikuti, lakukanlah apa-apa yang mereka lakukan! Demi Allah, sesungguhnya mereka menjenguk orang-orang yang sakit dari mereka (masyarakat), menghadiri pemakaman mereka, memberikan kesaksian kepada dan atas mereka dan menjaga amanat yang mereka berikan.

Maslahat umum kaum Muslimin

Jelas bahwa prilaku dan sikap yang dilakukan Imam Ali as dan juga pesan-pesan yang disampaikan oleh para Imam suci as kepada para pengikut mereka adalah dalam rangka menjaga kesatuan dan persatuan umat. Seruan persatuan yang mereka kumandangkan ini selain berpijak kepada ayat-ayat al-Quran, ia pun bertumpu kepada kemaslahatan umum umat Islam. Mereka lebih mengedepankan maslahat Islam dan kaum mulimin dari para maslahat pribadi, kelompok bahkan mazhab sekalipun.

Pada masa ini, di saat musuh-musuh Islam sedang gencar-gencarnya melakukan propaganda terhadapat kaum Musimin di mana pun mereka berada, dari Asia Tenggara hingga barat Afrika bahkan minoritas Muslim di Amerika dan Eropa pun tidak luput dari propaganda busuk ini. Dengan strategi memecah belah barisan umat Islam, saat ini kekuatan musuh telah mengepung kita dari berbagai arah. Oleh karenanya, sangat tidak maslahat jika pada kondisi seperti ini kita tetap berselisih, justeru pada kondisi seperti ini yang kita butuhkan adalah persatuan, kesatuan, persaudaraan, solidaritas, kerjasama dan saling membantu di antara kita. Inilah yang sering disampaikan Imam Khomaini, pemimpin revolusi Islam Iran. Beliau selalu memesankan kepada umat Islam untuk menjaga persatuan. Hal ini dapat kita saksikan secara jelas dalam fatwa-fatwa beliau khususnya dalam permasalahan haji dan shalat jamaah.



[1] Kebangkitan Imam Husain as adalah untuk menjaga kemaslahatan umat, karena kepemimpinan seorang seperti Yazid atas kaum muslimin jelas akan mendatangkan mudharat dan kerusakan besar terhadap mereka dan juga agama Islam.

[2] Wasâil as-Syî’ah, jld. 8, bab. 5, hlm: 299.

[3] Ibid, hlm 301.

mainsource:http://www.taghrib.ir/indonesia/index.php?option=com_content&view=article&id=853:maslahat-umum-prinsip-persatuan-umat&catid=65:vahdat-va-taghrib&Itemid=141/Senin, 11 Juli 2011 00:10

Mengenal Metodologi Dakwah Rasulullah Saw

mengenal metodologi dakwah nabiDunia modern adalah dunia informasi dan hubungan. Dewasa ini, informasi memainkan peran signifikan dalam perang antar ideologi. Ribuan stasiun dan pemancar radio serta televisi, puluhan satelit parabola, studio raksasa pembuatan film dan musik, ratusan situs internet dan ribuan buku serta majalah merupakan sarana perang antar ideologi.

Dakwah berarti menyampaikan sesuatu. Di istilah, dakwah memiliki arti upaya terencana untuk mempengaruhi ideologi atau perilaku seseorang guna menjamin terealisasinya tujuan yang diprogramkan sebelumnya. Setiap aliran dan ideologi memiliki pesan kepada masyarakat dan mengajak mereka untuk menerimanya. Dalam hal ini ditempuhlah berbagai metode yang sesuai dengan misi utama mereka untuk mensukseskan tujuan tersebut. Sejarah dakwah memiliki usia panjang, sepanjang usia kehidupan manusia di atas bumi. Dakwah juga menjadi program dan misi utama para nabi dalam menyampaikan risalah Ilahi. Dakwah di misi para nabi memiliki keistimewaan tersendiri. Memahami sisi dakwah para nabi sangat bermanfaat bagi kita semua.

Allah Swt dalam Surat an-Nahl ayat 36 berfirman, "Dan sungguhnya Kami telah mengutus rasul pada tiap-tiap umat (untuk menyerukan): "Sembahlah Allah (saja), dan jauhilah Thaghut itu", maka di antara umat itu ada orang-orang yang diberi petunjuk oleh Allah dan ada pula di antaranya orang-orang yang telah pasti kesesatan baginya. Maka berjalanlah kamu dimuka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang mendustakan (rasul-rasul)." Seluruh Nabi mulai dari Nabi Adam hingga Nabi Muhammad Saw diutus oleh Allah Swt untuk membimbing umat manusia agar menyembah Tuhan Yang Esa serta membawa mereka dari kegelapan ke cahaya Ilahi.

Dakwah para nabi bukan sesuatu yang ringan. Dalam perjalanannya ternyata mereka menemui banyak hambatan dan rintangan. Para nabi juga memiliki metode berbeda dengan yang lain saat menyampaikan ajaran Ilahi. Hal ini disebabkan setiap nabi diturunkan di waktu berbeda dan umat yang berbeda pula. Dakwah dalam pandangan agama terealisasi dengan semangat relijius dan memiliki tujuan untuk membimbing manusia. Menurut Islam, dakwah memiliki esensi pendidikan dan proses membantu manusia untuk mencapai derajat tinggi tidak seperti alat-alat propaganda Barat yang malah menyesatkan manusia.

Oleh karena itu, dakwah dalam pandangan Islam senantiasa dibarengi dengan sejumlah masalah, seperti nasehat untuk bertakwa dan membersihkan diri, belajar dan beramal baik serta mencegah kemungkaran. Tak hanya itu, dakwah dalam Islam biasanya dibarengi dengan nasehat-nasehat untuk berbuat baik. Tentunya dakwah seperti ini dapat terealisasi jika sumbernya berasal dari sang pemberi petunjuk itu sendiri (Allah Swt). Artinya, si pembawa pesan dan muballig telah mencapai tahap kesempurnaan manusia sehingga memungkinkannya menyampikan pesan Ilahi kepada manusia tanpa menambah atau menguranginya. Dengan kata lain, sang pembawa pesan harus sosok yang amanat dan jujur.

Allah Swt menyebut dakwah dan seruan para nabi sebagai sumber kehidupan manusia. Di surat al-Anfal ayat 24, Allah berfirman, "Hai orang-orang yang beriman, penuhilah seruan Allah dan seruan Rasul apabila Rasul menyeru kamu kepada suatu yang memberi kehidupan kepada kamu, ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah membatasi antara manusia dan hatinya dan sesungguhnya kepada-Nya-lah kamu akan dikumpulkan." Menurut al-Qur'an, memberi petunjuk satu manusia sama halnya dengan menghidupkan orang tersebut.

Rasulullah Saw saat menerangkan urgensitas dakwah kepada Imam Ali as bersabda, "Wahai Ali ! Jika Allah Swt melalui dirimu memberi hidayah kepada seseorang maka hal itu lebih mulia dari sinar matahari." (Majma al-Bayan, 1, hal, 807). Matahari adalah sumber kehidupan dan Rasulullah dalam hal ini memberikan perumpamaan indah, dakwah dan memberi petunjuk kepada manusia lebih mulia dari matahari yang menyinari alam semesta.

Seperti yang diakui oleh mayoritas ahli sejarah, pengutusan Rasulullah di Semenanjung Arab merupakan kejadian spektakuler dan berpengaruh besar, karena setelah beliau diutus, bangsa Arab yang jahiliyah berubah menjadi bangsa mulia. Sejatinya Rasul dapat kita jadikan simbol muballig yang sukses. Dengan seorang diri beliau berhasil menyelamatkan umat yang jahil dan menyeret mereka dari kegelapan menuju cahaya kebenaran.

Rasulullah memiliki tugas yang sangat berat, karena berhadapan dengan sebuah masyarakat rusak dan bobrok. Apa yang diucapkan Imam Ali dan terhimpun dalam Nahjul Balaghah menunjukkan betapa berat dakwah Rasulullah. Imam Ali berkata, Allah swt mengutus Muhammad sebagai pemberi ingat dan pembawa wahyu Ilahi serta Kitab Suci al-Qur'an. Dan kalian, wahai kaum Arab, hidup bergelimang dengan kesesatan dan menempati daerah yang paling buruk. Kalian hidup di antara bebatuan dan ular. Kalian minum air yang keruh dan kotor serta memakan makanan menjijikkan seperti kadal. Tak hanya itu, kalian pun suka berperang dan menumpahkan darah sesama manusia sehingga meretakkan ikatan famili. Patung dan berhala berdiri megah di tengah-tengah kalian dan perbuatan dosa tidak pernah kalian hindari. (Nahjul Balaghah, khutbah ke 26)

Pemikiran Arab di saat Rasul diutus terkait Tuhan dan Hari Kiamat dipenuhi oleh mitos. Tidak terdapat tanda-tanda pemikiran yang membangun di tengah mereka dan kebanyakan mereka buta huruf. Perempuan tidak mendapat tempat sama sekali di mata kaum Arab saat itu. Oleh karena itu, tak segan-segan mereka mengubur hidup-hidup anak perempuan yang baru dilahirkan. Sebenarnya apa yang dilakukan Rasulullah sehingga beliau dapat melalui jalan yang sangat sulit ini untuk menaklukkan hati-hati yang keras bangsa Arab dalam tempo yang relatif singkat?

Sebelum kita menjelaskan metodologi dakwah Rasulullah, perlu bagi kita mengetahui hal-hal urgen dalam dakwah beliau. Pertama adalah pesan yang disampaikan oleh beliau. Jika kandungan pesan Rasul tidak memiliki kekhususan ini meski kondisi membantu tetap saja ajakan beliau akan gagal. Rasul menjelaskan ajaran dan pesan beliau dengan argumen yang rasional. Hal ini dibantu oleh pesan Ilahi yang keseluruhannya sangat rasional dan menghapus kegelapan dari setiap benak manusia.

Seruan Rasul berasaskan rasio dan oleh karena itu tidak ada akal sehat yang menolak ajakan beliau, kecuali mereka yang bodoh dan keras kepala. Di sisi lain, pesan Rasul yang mampu dibuktikan kebenarannya dengan sendirinya membuka peluang diterimanya ajakan beliau oleh masyarakat. Allah Swt di surat Yusuf ayat 108 berfirman, Katakanlah: "Inilah jalan (agama)ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujjah yang nyata, Maha Suci Allah, dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik." Ayat ini menyebutkan bahwa penerimaan agama bukan didasari atas taklid membabi buta dan Rasul dengan jelas mengajak manusia menyembah Allah Swt.

Keistimewaan lain dakwah Rasulullah adalah keselarasannya dengan nilai-nilai moral. Nabi sangat menekankan berbagai masalah seperti keadilan, persahabatan, kasih sayang dan pengorbanan. Rasul dalam dakwahnya senantiasa memperingatkan manusia untuk menjauhi kezaliman, bohong, iri hati dan permusuhan. Beliau menyadarkan fitrah manusia yang sebelumnya dilapisi debu kebodohan dan mitos.

Masyarakat dan audiens yang menjadi sasaran dakwah Rasulullah tidak asing dengan apa yang beliau sampaikan. Hal ini berarti terdapat keselarasan antara pesan agama dan kebutuhan fitrah manusia. Satu lagi, Rasulullah mengetahui dengan jelas kondisi masyarakatnya dan nilai serta keyakinan mereka. Dari sini, beliau mampu membuka peluang bagi ajaran yang akan disampaikan nantinya. Dengan demikian kita saksikan, metode beliau saat berdakwah memiliki beragam cara, tergantung dengan audiens yang dihadapinya. Misalnya saja, saat menghadapi Ahlul Kitab, beliau sangat menekankan hal-hal kolektif yang terdapat di antara agama samawi dan saat menghadapi kaum kafir beliau menekankan mereka untuk berfikir dan merenungkan ayat-ayat Tuhan.

Daya tarik Rasulullah dapat ditemukan pada ajaran yang beliau bawa seperti beriman kepada Tuhan dan Hari Akhir, petunjuk kepada manusia untuk memahami hidup sejati di dunia dan akhirat, menegakkan keadilan serta menyelesaikan friksi dan permusuhan antar golongan, memberantas kezaliman dan kefasadan serta diskriminasi.

Sebelumnya telah kami sebutkan urgensitas tablig dan dakwah dalam Islam dan telah kami paparkan pula sejumlah keutamaan pesan yang beliau sampaikan. Di antara sisi menonjol dari pesan yang beliau sampaikan adalah rasionalitas dan kesesuaiannya dengan fitrah manusia. Hal ini juga menjadi faktor keberhasilan dakwah Rasulullah. Sisi lain adalah pemahaman beliau soal audiens dan lapangan membantu dalam menyampaikan ajaran Ilahi kepada masyarakat serta menambah pengaruhnya pada hati manusia yang berakal.

Allah Swt dalam surat an-Nahl ayat 125 menjelaskan metodologi umum dakwah Rasulullah. Allah Swt berfirman, "Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk."

Hikmah, akal dan ideologi menjadi sasaran dalam berdakwah, karena langkah pertama mengajak seseorang untuk menerima kebenaran adalah menggunakan argumentasi yang benar guna membangunkan akal yang tengah terlelap. Langkah kedua adalah memanfaatkan nasehat guna membangkitkan sensitifitas dan perasaan manusia. Nasehat dan peringatan lebih condong ke arah perasaan serta menenangkan kalbu setiap manusia. Di ayat ini, Allah Swt mensyaratkan nasehat dengan kebaikan, artinya nasehat itu sendiri harus memuat kebaikan supaya dapat berpengaruh pada manusia.

Peringatan dan nasehat akan berpengaruh dikala tidak dibarengi dengan kekerasan, pemaksaan, sombong dan menghina lawan bicara serta tidak menimbulkan rasa antipati. Langkah ketiga dalam menyebarkan ajaran Ilahi adalah berdebat dengan sopan. Metode ini khusus di saat menghadapi orang yang penuh dengan pemikiran keliru dan hanya dengan debat kita dapat menguras informasi keliru dari benak orang tersebut guna mempersiapkannya menerima kebenaran. Tentu saja debat akan berguna dan menghasilkan ketika dilandasi kebenaran, keadilan dan kosong dari rasa ingin unggul dari orang lain. Rasulullah menyebarkan ajaran Ilahi dengan berlandaskan pada prinsip-prinsip tersebut.

Metode dakwah Nabi dapat kita cermati dalam dua hal. Pertama akhlak individu dan sosial nabi serta kedua adalah metode yang beliau pilih. Namun di sini peran akhlak beliau paling menonjol dalam menopang kesuksesan nabi dalam menyebarkan ajaran Islam. Allah Swt sendiri dalam al-Quran menyebut nabi sebagai teladan akhlak mulia. Artinya Rasul dijadikan Allah sebagai model praktis ajaran Islam. Hati Rasulullah dipenuhi keimanan dan keyakinan. Beliau tergolong orang yang paling taat terhadap ajaran Ilahi. Karakteristik nabi ini menumbuhkan kepercayaan umat dan membuktikan bahwa menjalankan ajaran Islam bukan hal yang sulit.

Akhlak mulia dan sikap penuh kasih sayang beliau termasuk faktor berpengaruh dalam dakwah nabi. Beliau menyampaikan pesan Ilahi dengan lembut dan sabar. Oleh karena itu, beliau mendapat sambutan luas dari masyarakat. Saat berpesan kepada Muadz bin Jabal yang dikirim ke Yaman untuk menyebarkan ajaran Islam, Nabi bersabda, berilah kabar gembira kepada rakyat dan jangan membuat mereka menjauhi dirimu, berilah kemudahan kepada masyarakat dan jangan mempersulit mereka.

Kesederhanaan hidup Nabi, satu lagi faktor kecintaan masyarakat kepada beliau. Hal ini membuat dakwah beliau semakin mudah. Dalam kehidupannya, nabi lebih memilih kehidupan sederhana dan menjauhi kemewahan. Bahkan di saat Islam berhasil menyebar ke penjuru dunia dan beliau mendirikan pemerintahan Islam di Madinah, kehidupan nabi tidak berubah. Sebagai seorang pemimpin, beliau tidak ingin bermewah-mewahan dan lebih memilih dekat dengan kehidupan orang-orang miskin. Dalam hal makanan, pakaian dan kebutuhan hidup lainnya, nabi senantiasa memperhatikan keseimbangan dan menempatkan dirinya setara dengan masyarakat, bahkan lebih rendah dari masyarakat umumnya.

Berwajah ramah dan murah senyum serta selalu menjaga sopan santun saat berinteraksi dengan masyarakat yang dimiliki nabi sangat terkenal di kalangan umat. Dalam menyebarkan ajaran Ilahi, nabi sangat berlapang dada. Terkadang kesabaran dan sikap memaafkan nabi membuat orang kafir rela memeluk Islam. Kelembutan dan kesabaran termasuk prinsip utama dakwah dan sejarah kehidupan nabi.

Rasulullah dengan perintah Allah, memulai dakwahnya secara rahasia dan hanya disampaikan dikalangan keluarga serta famili. Keluarga dan famili dapat menjadi pelindung nabi dalam berdakwah, khususnya di masyarakat yang menganut sistem kesukuan seperti di Arab. Allah Swt dalam surat as-Syu'ara ayat 214 dan 215 memerintahkan nabi untuk tawadhu. "Dan berilah peringatan kepada kerabat-kerabatmu yang terdekat, dan rendahkanlah dirimu terhadap orang-orang yang mengikutimu, yaitu orang-orang yang beriman."

Tak pelak lagi, menjahui sifat egois dan keras kepala termasuk metode terpenting dakwah. Saat berdakwah secara rahasia, nabi mendapat dua penolong yaitu Imam Ali dan Khadijah. Setelah berdakwah secara sembunyi-sembunyi selama tiga tahun, beliau mulai melakukan dakwah secara terbuka dan terang-terangan. Hal ini menunjukkan bahwa nabi dalam berdakwah menerapkan metode bertahap dan merupakan strategi lain beliau saat menyebarkan Islam.

Ketika berdakwah secara terang-terangan, nabi giat melakukan pendekatan kepada individu maupun kelompok. Setiap terbuka sebuah kesempatan untuk mengislamkan seseorang atau kelompok, nabi tidak membiarkannya terlewat. Ketika masih berdakwah di Mekkah, nabi juga kerap menggelar pertemuan dengan para pelancong, jemaah haji, pedagang dan tokoh berpengaruh. Selama masa dakwah terbuka, nabi juga aktif berkunjung ke berbagai kabilah dan mengajak mereka memeluk Islam. Dakwah beliau saat berkunjung ke kabilah adalah mengajak mereka menyembah Tuhan Yang Esa dan mengimani kenabian beliau.

Nabi dalam dakwahnya tersebut menekankan kesamaan ajaran yang dibawanya dengan para nabi terdahulu. Ahlul Kitab banyak terdapat di Semenanjung Arab, khususnya di Madinah. Mengajak ulama dan pemimpin Ahlul Kitab untuk memeluk Islam dapat menarik pengikutnya untuk menerima Islam pula. Hijrah merupakan strategi dan metode lain dakwah Nabi. Di saat aksi kekerasan dan penyiksaan kaum Quraisy Mekkah kian meningkat, nabi mengirim sekelompok umat Islam dengan dipimpim Jakfar bin Abi Thalib ke Habasyah.

Jakfar saat berdialog dengan Raja Habasyah lebih banyak membicarakan sisi persamaan antara Islam dan Kristen. Ia pun membacakan ayat-ayat suci al-Qur'an tentang Maryam, ibu Nabi Isa as. Dengan demikian, Jakfar berhasil menarik simpati raja terhadap Islam. Hijrahnya Nabi ke Madinah dari Mekkah merupakan strategi lain untuk menyebarkan Islam di Semenanjung Arab.

Metode dakwah lain nabi adalah mengirim utusan dan mubaligh ke sejumlah negara. Saat melepas mereka, nabi menekankan untuk menjaga nilai-nilai moral dan menghormati manusia. Sejumlah mubaligh yang dikirim nabi berhasil mencapai kesuksesan menyebarkan agama Islam dan sebagian lain masuk ke dalam makar musuh. Nabi juga menulis surat kepada sejumlah pemimpin negara termasuk Raja Mesir, Romawi dan Iran. Ini juga termasuk metode dakwah nabi yang dapat kita saksikan dalam sejarah perjalanan hidup beliau.

Isi surat Nabi ke pemimpin negara lain menunjukkan kedaulatan dan kekuatan Islam. Di sisi lain, surat tersebut tidak terkesan arogan. Teks surat itu menunjukkan itikad baik nabi dan simpati beliau serta tekad kuat untuk menunjukkan jalan yang benar. Sejarah dakwah nabi menunjukkan bahwa penyebaran ajaran Ilahi harus menggabungkan antara politik dan rahmat serta dorongan, bukannya dengan kekerasan dan tipu daya. (IRIB/taghrib.ir/Sabtu, 09 Juli 2011 14:20 )

5 comments to "Maslahat Umum, Prinsip Persatuan Umat"

  1. Anonymous says:

    Persatuan ummat ? hanya utopia. pemimpin islam sekaliber Ali bin Abi Thalib saja tidak mampu menyatukan ummat. Justru pada jaman beliau muncul kelompok kelompok pecahan islam seperti khawarij, syiah, , kelompok a'isyah dan kelompok mu'awiyah. Apalagi sekarang....? tidak usah bersatulah kalau untuk saling curiga, mendingan masing masing beribadah kepada Allah sebaik baiknya memohon rida Allah dan beketemu di surga...

  2. Hamba yang faqir dihadapan Allah Swt says:

    Hanya waktu di zaman khalifah 'Ali bin Abi Thalib pemilihan dikehendaki oleh semua rakyat ( walaupun itu tidak menjadi acuan karena yg memillih menjadi pemimpin/Imam telah ditentukan di Ghadirkum oleh Allah Swt ).
    Kalau Islam tidak bersatu, tentu gampang di adu domba oleh para Zionis berbaju agama..... Ingatlah 'Untuk merubah suatu kaum, hendaklah kaum itu sendiri yang merubahnya', bukan orang lain, jadi adanya kelompok Khawarij, kelompok A'isyah adalah kelompok dadakan yg dihendaki kaum itu sendiri, sedangkan tentang Syi'ah, Sunni dan Wahabi anda harus mempelajari sejarahnya dulu sebelum mengambil kesimpulan...karena Tetap Persatuan itu penting demi maslahat ummat...Salam Damai dan Persatuan...

  3. Anonymous says:

    SEBAB2 UMAT ISLAM SEDUNIA SEJAK ABAD KE-7 HINGGA SEKARANG TIDAK BISA BERSATU :
    1. FANATISME MAZAB/SEKTE/ALIRAN/KELOMPOK
    Secara realita disebabkan oleh :
    a. Pola pikir pemimpin kelompok tidak proporsional & tidak seragam.
    b. Sikap paling benar & ingin menang sendiri, merasa pendapat mazhab atau kelompok/sekte-nya paling dan pasti benar sedangkan pendapat mazhab atau kelompok lain pasti salah.
    c. Berkembangnya budaya jahiliyah, debat, saling hujat, melecehkan, menyesatkan, mengkafirkan semua pendapat yang berbeda dengan pendapat mazhab atau kelompoknya.
    d. Dinamika kelompok islam berkembang luarbiasa ribuan jumlahnya sulit untuk disatukan, tiap kelompok memiliki sekte/aliran. Islam semakin berkembang sekaligus semakin terpecah karena dg perbedaan sekte/aliran sudah rapuh kropos didalam.
    e. Rendahnya kemampuan & wawasan manajemen umat dari tiap pemimpin kelompok. Karena hanya melulu belajar ilmu agama dan mengesampingkan ilmu pengetahuan teknologi yg berkembang pesat.

    SETELAH RASULLULLAH WAFAT, ISLAM SEJAK ABAD KE-7 SAMPAI SEKARANG TIDAK BISA KOMPAK DAN SUDAH HANCUR SENDIRI DARI DALAM KARENA EGOISME PARA TOKOH AGAMA ISLAM MEMBUAT ALIRAN/MAZAB/SEKTE, SEAKAN ADA SUB-RASUL/NABI DIDALAM AGAMA ISLAM. AL-QUR’AN ADALAH FIRMAN ALLAH YG SEHARUSNYA MENJADI PEDOMAN PERSATUAN AKAN TETAPI MENJADI MULTI-TAFSIR , DEBAT, PERANG DINGIN & PERANG BERDARAH SESAMA UMAT ISLAM DAN BERIMBAS PADA UMAT AGAMA LAIN. ISLAM TELAH BERKEMBANG LUAR BIASA MENJADI RAKSASA MENGGURITA PECAHBELAH MISTERIUS TIDAK KOMPAK. RINDU MENANTIKAN NABI ISA ALMASIH DAN IMAM MAHDI (RATU ADIL) TURUN KE BUMI MENYATUKAN UMAT MANUSIA, APAKAH INI BERARTI MUHAMMAD BUKAN NABI AKHIR JAMAN DAN TUGASNYA BELUM SELESAI KARENA UMATNYA TERPECAHBELAH?.

    2.Lanjutan...

  4. Anonymous says:

    2. TUMBUH KEMBANGNYA NASIONALISME DITIAP NEGARA DIDUNIA
    Tumbuhnya nasionalisme ditiap Negara, penyebabya adalah :
    a. Islam memiliki ribuan sekte/kelompok dan tidak pernah bisa bersatu. Merupakan bom waktu ancaman perpecahan bangsa Negara. Dominasi islam telah disalahgunakan menghancurkan memecahbelah persatuan/nasionalisme bangsa Negara, seperti Negara India terpecah belah oleh islam menjadi Pakistan dan Bangladesh.
    b. Islam masuk ke suatu Negara dengan mengubah dan menghancurkan budaya nasional bangsa suatu Negara. Menggantinya dengan budaya islam yg nyata2 sejak abad ke-7 hingga sekarang tidak pernah bisa bersatu. Islam menjadi jahiliyah terhadap bangsa negara lain yg telah berbudaya lebih baik.
    c. Islam selalu turut campur dalam ranah politik Negara. Merebut dan mengubah Negara/kerajaan menjadi kerajaan/Negara islam, secara nyata islam adalah jahiliyah imperialism terhadap persatuan bangsa Negara lain. Contoh: Negara konfederasi/persatuan Nusantara Sriwijaya, Majapahit dan Pamalayu. Didalam konfederasi Nusantara terdapat kerajaan2 kecil yg dirubah oleh para paderi dan wali islam menjadi kerajaan islam, secara bertahap hancurlah Konfederasi/Persatuan Nasionalisme Nusantara.
    d. Islam adalah agama multi tafsir/sekte/aliran sering membuat bencana social saling mengkafirkan antar islam sendiri atau dengan agama lain dinegara orang.
    e. Sikap frontal anarkis sebagian umat islam melakukan jihad paderi/militer tidak resmi, pembalasan dendam menciptakan perang horizontal sesama bangsa sendiri. Tumbuhnya kartel2 organisasi laskar jihad tentara muslim yg bertindak inkonstitusional disuatu Negara, menjadi biang bencana tragedi kemanusiaan. Membuat resah dan kesal suatu bangsa yg ingin hidup rukun damai.
    f. Keliruisme islam mengkompalin Nasionalisme produk penjajah barat. Sebelum datang islam & penjajah barat tiap bangsa Negara telah memiliki budaya persatuan/nasionalisme. Kedatangan islam secara nyata telah menjajah merubah budaya persatuan/nasionalisme suatu bangsa diganti dengan budaya islamisme yg pecahbelah, kondisi bangsa yg pecahbelah dimanfaatkan oleh bangsa barat dengan mengadudomba (devide et impera). Islamisme pecahbelah di Nusantara telah membuka pintu lebar2 bagi penjajah barat merampas sumberdaya ekonomi bangsa Nusantara, apakah ini kebetulan ataukah pentahapan scenario duet para imperialis budaya & ekonomi?. Jika hal ini benar terbukti maka islam dan penjajah barat adalah satu team dengan dua wajah. Jika terbukti mereka satu team, ini dapatkah diartikan bahwa islam yg masuk ke Indonesia adalah islam palsu pecahbelah scenario bangsa asing?. Karena keduanya sama2 penjajah imperialis dibumi Nusantara. Bangsa asing dan imperialismenya tidak berani masuk ketika Nusantara dijaga oleh konfederasi nasional Sriwijaya, Majapahit dan Pamalayu. Lengkaplah sudah bangsa Indonesia dijajah secara budaya dan ekonomi. Bangsa Indonesia menjadi korban budaya pecahbelah oleh islam palsu dan perampasan sumberdaya ekonomi oleh bangsa asing kapitalisme barat. Imperialis islam palsu dan imperialis barat tidak pernah mengajarkan paham Nasionalisme kebangsaan Nusantara. Nasionalisme/persatuan bangsa lahir karena budaya menyatukan perbedaan sebagai BHINEKATUNGGALIKA sudah ada sebelum islam masuk, kenyataannya justeru islam telah menghancurkan nasionalisme Nusantara dan imperialis barat mengadudomba.

    3.Lanjutan....

  5. Anonymous says:

    3. PESIMISME/PASRAH KEADAAN PERPECAHAN ISLAM
    Hal ini disebabkan oleh :
    a. Pesimis, pasrah, putus asa dengan kondisi perpecahan umat islam sejak abad ke-7 sampai sekarang. Apakah ini hukuman sekaligus kutukan Allah SWT karena agama islam diselewengkan dijadikan kedok kendaraan politik kekuasaan dan imperialism oleh para tokoh pemuka islam yg sepanjang sejarah menimbulkan tragedy kemanusiaan?
    b. Umat Islam tidak memiliki motivasi semangat untuk mewujudkan persatuan umat. Upaya menyatukan lebih sering berakibat menuai bencana tragedy kemanusiaan saling bunuh diantara umat islam. Karena aqidah dan keimanannya sudah melenceng dari petunjuk firman Allah.
    c. Pejuang Islam mengambil sikap pragmatis, kompromi dengan cara diluar Islam. Pendekatan dilakukan dengan menggunakan media sisa2 puing2 budaya setempat dan menyusup kedalam system otoritas Negara, padahal budaya setempat sudah dihancurkan oleh islam. Realita kondisi empiris dijadikan kedok pembenaran untuk mengambil langkah pragmatis kompromis, meski menyimpang dari agama Islam. Langkah persatuan dualism ini berisiko menjauhkan umat Islam dari yang murni, suatu ketika terkoreksi kembali saling hujat mengkafirkan menjadi bom waktu bencana tragedy kemanusiaan terulang tiada henti.

    4. HADIS-HADIS PALSU PENYEBAB PERPECAHAN ISLAM
    Hadis2 palsu yg dibuat oleh para jahiliyah penyusup perusak agama islam, yg dipelajari dan dipedomani oleh umat menciptakan perpecahan umat islam kedalam ribuan sekte/aliran/kelompok dikarenakan diantaranya sbb:
    a. Dogmatis
    Dominasi metode belajar agama secara dogmatis menelan semua ajaran selalu benar, yg terbawa terus menghasilkan budaya kepribadian dan tingkah laku yg kaku bahkan cenderung aneh nyentrik lain dari yg lain.

    b. Logika terbatas
    Mazab dan berkembangnya hadis palsu dipelajari oleh orang yg terbatas logika dan ilmu pengetahuannya akan menjadi semakin dangkal pemahaman agama bahkan cenderung terjerumus menyimpang dari Al-Qur’an. Jika kelak dia memiliki murid atau pengikut maka semakin lebih dalam dan berkembang luar biasa beranak cucu buyut.

    c. Kultus individu dan otoriterian aliran/sekte/kelompok
    Pemimpin sekte/aliran agama selalu benar. Bertentangan dengan pimpinan sekte dianggap kafir, terancam hukuman kelompok & fisik.

    5. BUDAYA PERANG DALAM SEJARAH ISLAM
    Budaya perang/jihad dan saling mengkafirkan dlm ribuan aliran/sekte menjadikan islam kacau terpecahbelah dari dalam sendiri secara sistemik. Bagai berjuta jenis virus dlm incubator yg berkembang & saling memangsa saudara2nya sendiri secara luarbiasa.

Leave a comment