Home , , , , � Awas! Saudi Ubah Mekkah Jadi Las Vegas

Awas! Saudi Ubah Mekkah Jadi Las Vegas



Politik rezim Saudi dan juga paham Wahabisme yang berkuasa di negeri itu, pada akhirnya akan merusak seluruh warisan sejarah Islam di kota Mekkah. Satu-persatu situs-situs bersejarah di kota tuan rumah kiblat umat Islam itu akan dirusak dan digantikan dengan gedung-gedung pencakar langit dan pusat-pusat perbelanjaan sehingga masyarakat dapat menyebut kota suci ini "Las Vegas Saudi."

Berdasarkan laporan Fars News, berbagai pemberitaan menunjukkan bahwa situs-situs bersejarah kota Mekkah akan dijadikan tumbal program mega-mewah berkedok perluasan Masjidul Harram.

Program pembangunan kereta cepat Mekkah, dan pengembangan wilayah sekitar Majidul Haram, termasuk program rezim Riyadh yang hingga kini telah merusak banyak situs-situs bersejarah Islam di kota ini.

Menurut para pejabat dan sejumlah pangeran Saudi, program tersebut mendatangkan keuntungan sangat besar bagi pemerintah. Beberapa waktu lalu, Basmah binti Saud bin Abdul Aziz al-Saud, dalam sebuah artikelnya mengungkap aksi korupsi jutaan dolar dalam program pembangunan kereta cepat Mekkah dan menulis, "Tentang program pembangunan kereta cepat Mekkah itu, semua orang tahu berapa dana yang dikeluarkan, seperti apa perencanaannya, desain dari Jepang, teknologi dari Amerika, dan mengusung kenyamanan dari Perancis, dengan dana melangit. Akan tetapi milik budaya mana menara jam besar di atas kota Mekkah yang berarsitek Inggris dan dengan ukiran Allahu Akbar itu? Desain gedung-gedung [sekitar kota Mekkah] sama sekali tidak ada hubungannya dengan kesakralan Ka'bah... di Arab Saudi kita tengah tenggelam dalam pembangunan tempat-tempat hiburan megah."

Koran Independent terbitan Inggris melaporkan bahwa situs-situs bersejarah kota Mekkah akan dirusak untuk menyediakan lahan pembangunan hotel-hotel mewah dan pusat-pusat perbelanjaan.

Perubahan pemandangan seperti itu mencuatkan gumaman sembunyi-sembunyi warga Saudi yang menyebut kota Mekkah telah berubah menjadi Las Vegas Saudi. Karena dalam 10 tahun terakhir, banyak situs-situs suci dan bersejarah Islam yang telah dirusak.

Tidak hanya sebagai tuan rumah jutaan jemaah haji yang datang dari seluruh penjuru dunia, namun kini setiap tahunnya Mekkah juga menerima kehadiran pusat-pusat hiburan dan perbelanjaan mewah.

Bagi para penguasa Saudi, Mekkah adalah simbol kemajuan dan masa depan negara. Pencakar langit yang dibangun dengan pendapatan penjualan kekayaan minyak itu menjadi simbol kekuasaan dan kemegahan rezim al-Saud.

Setiap hari jumlah warga Saudi yang mengkhawatirkan politik keluarga kerajaan Saudi itu semakin bertambah, khususnya warga Mekkah dan Madinah yang menyaksikan langsung ketamakan rezim atas pembangunan gedung-gedung megah. Apalagi aksi tersebut didukung oleh para ulama Wahabi yang menentang pelestarian situs-situs bersejarah.

Pengembangan kota dijadikan alasan bagi rezim al-Saud yang ingin mengikis nilai-nilai sakral kota Mekkah dan Madinah. Namun di sisi lain banyak negara yang enggan menyuarakan protes atas aksi pemerintah Saudi itu. Selain Iran dan Turki, banyak negara yang lebih memilih bungkam daripada visa jemaah haji mereka dicabut.
(IRIB/MZ)

0 comments to "Awas! Saudi Ubah Mekkah Jadi Las Vegas"

Leave a comment