Home , , , , � Game PC buatan negara Islam Mendunia...wowww...

Game PC buatan negara Islam Mendunia...wowww...




Bisnis PC Game Iran Rambah Pasar Global
Sebuah lembaga peneliti sektor industri hiburan memprediksikan tahun ini perputaran keuntungan game komputer sekitar 87 miliar dolar. Angka yang cukup besar ini menunjukkan pentingnya game pc dan pengaruh permainan ini di dunia saat ini. Industri hiburan game pc yang telah melewati usia lebih dari 40 tahun kini telah menjadi industri penting dan berpengaruh baik dari sisi ekonomi, budaya, politik dan lain-lain. Keuntungan yang dihasilkan dari industri ini tidak terbatas pada produksi dan penjualan game-game saja, tapi produsen masih tetap meraih keuntungan dengan memanfaatkan kandungannya hingga masa yang cukup lama.

Kini industri pc game telah membuka banyak lapangan. Sebagai contoh, dalam Guinness World Records hingga kini telah tercatat empat jilid buku mengenai rekor yang dicatat khusus terkait game pc. Dalam edisi terbaru rekor dunia tahun 2011 tentang game pc disebutkan bahwa saat ini manusia di setiap kelompok umur punya kecenderungan untuk memainkan game dan menonton video. Rekor termuda dari sisi usia dalam bidang game pc adalah seorang anak berusia 9 tahun berkebangsaan Jepang yang tinggal di Tokyo. Ia mampu memainkan game pc layaknya para gamer profesional lainnya. Sementara pemain game tertua yang dicatat adalah seorang lansia berusia 85 tahun. Penting untuk dicatat, rata-rata usia mereka yang bermain game adalah 37 tahun.

Namun tentu saja ini bukan seluruh kenyataan yang ada terkait game pc. Sekalipun permainan komputer mendapat sambutan yang luar biasa, tapi pada saat yang sama juga mendapat kritikan keras dari para pakar kesehatan di seluruh dunia. Para pakar kesehatan baik fisik maupun psikis banyak mejelaskan bahayanya permainan komputer. Oleh karena itu mereka menasihati setiap keluarga agar berusaha keras melawan fenomena ini.

Seorang pakar Iran mengatakan, "Ciri khas paling penting dari game pc adalah kemampuannya menunjukkan dunia yang menarik dari gambar yang bergerak dan terkesan hidup dengan suara menggelegar. Ciri khas ini punya dampak negatif bagi anak-anak. Karena hal ini sangat mempengaruhi mereka. Daya tarik pc game mampu menundukkan jiwa dan badan anak-anak dan menyeret mereka ke dunia khayalan. Dalam kondisi ini, anak-anak akan menganggap dirinya sebagai jagoan asli. Ketika merasa dirinya adalah pahlawan, maka permainan game menjadi sangat mengasyikkan bagi mereka. Di sini anak-anak bakal menerima apa saja yang ditawarkan game dan lambat laun terjadi ketidakseimbangan dalam jiwa mereka."

Pengaruh luar biasa game pc terhadap anak-anak dan bahkan orang dewasa membuatnya menjadi alat paling potensial untuk mendidik, berdakwah, mengiformasikan dan bahkan untuk tujuan-tujuan buruk. Itulah mengapa sebagian negara melarang game pc dengan alasan kemungkinan memprovokasi anak-anak dan remaja melakukan aksi kekerasan. Tapi kecemasan yang paling menonjol terkait permainan komputer kembali pada alur cerita, tokoh dan perilaku yang ditonjolkan berbeda jauh dengan tradisi dan keyakinan yang ada di tengah masyarakat. Game-game biasanya memberikan contoh budaya dan sosial yang tidak benar kepada anak-anak.

Kembali pada pembicaraan sebelumnya dimana game pc juga punya manfaat dalam memperbaiki dan memperkuat daya ingat anak. Sebagian pakar malah percaya bahwa anak-anak ketika bermain game, mereka dapat mengeluarkan energi berlebihan yang dimilikinya. Selain itu banyak juga permainan komputer yang sukses dan memberikan pengalaman positif kepada pemainnya. Game-game ini justru meningkatkan kecerdasan dan kemampuan anak-anak dalam menemukan metode baru. Bahkan ada game yang direkomendasikan kepada sebagian penderita penyakit jiwa.

Behrouz Minai, Ketua Lembaga Nasional Permainan Komputer Iran berkeyakinan selama beberapa tahun terakhir telah diambil langkah-langkah strategis guna memproduksi game komputer di Iran. Sebagian dari aktivitas lembaga ini adalah memproduksi puluhan game komputer dan telepon genggam serta mempersiapkan sejumlah game yang telah sampai pada tahap akhir produksi. Minai juga mengatakan bahwa game-game yang diproduksi tidak hanya dijual di dalam negeri, tapi juga akan bersaing di pasar global. Karena kualitas game-game Iran juga dapat menarik gamer internasional.

Even terbaru di bidang permainan komputer menjadi bukti bahwa game pc Iran ternyata mendapat perhatian khusus mengingat kemajuan industri game pcnya baik dari sisi kuantitas maupun kualitas. Pameran Internasional Games Com 2011 yang berlangsung bulan Agustus lalu di Jeman telah menjadi ajang produsen game pc Iran untuk unjuk kemampuan memamerkan produk-produk terbarunya. Dalam pameran ini Iran meluncurkan sejumlah game Iran yang kemudian disambut antusias para distributor game dunia.

Pameran ini diselenggarakan dalam dua bidang; bisnis dan hiburan. Selama pameran, game-game komputer menemukan pembelinya untuk didistribusikan ke negara-negara lain. Republik Islam Iran dalam pameran ini membawa sejumlah nama game terkenal Iran seperti Mir Mahna, Ganje Penhan, Dastan Jazireh, Kouhnavard, Tala-ye Siah, Ghalb-e Simourgh dan Mazraeh Royai. Para distributor negara-negara Inggris, Jerman, Italia, Rumania dan Perancis menyatakan keinginan mereka mendistribusikan game-game Iran di negaranya. Sebagian distributor Asia bahkan menyatakan siap mendistribusikan game-game produksi Iran, sekalipun belum melihat hasilnya. Karena menurut mereka, kualitas dan kandungannya tidak punya masalah bila dijual di negara mereka.

Tapi yang menarik untuk dipertanyakan adalah apa rahasia keberhasilan permainan komputer Iran? Padahal investasi di sektor ini masih terbilang belum lama dilakukan, tapi disambut baik oleh para pakar bisnis hiburan dan gamer dunia.

Poin pertama kembali pada pemanfaatan teknologi baru dalam produksi dan menjaring para pemuda Iran yang mumpuni. Saat ini ada puluhan perusahaan yang bekerja di bidang produksi game-game di Iran. Seluruh pekerjanya berasal dari Iran dan lulusan negara ini.

Poin kedua yang patut diperhitungkan adalah kandungan game-game yang diproduksi Iran. Kebanyakan permainan komputer yang diproduksi di Iran mengambil seting legenda atau peristiwa sejarah kontemporer Iran. Dalam game-game ini tidak akan ditemukan aksi-aksi kekerasan yang melampaui batas, apalagi kasus-kasus amoral. Oleh karenanya, setiap game Iran yang diproduksi diperuntukkan bagi segala umur. Dengan demikian, orang tua dengan perasaan tenang melihat anak-anaknya memainkan game komputer Iran yang memang diperuntukkan buat mereka. Dari sisi ini, Iran masih melihat peluang besar di sektor industri game pc, terutama dari sisi kandungan dan moral. (IRIB/SL/NA/10/9/2011)

1 comments to "Game PC buatan negara Islam Mendunia...wowww..."

  1. Cara Reset Password Akun Blackberry =D

    >> Klik Disini <<

Leave a comment