Home , , , , , , , , , � Kolam Renang Nuansa Islam dan tips kepantai memakai jilbab

Kolam Renang Nuansa Islam dan tips kepantai memakai jilbab



Ciherang Indah, Kolam Renang Nuansa Islam

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARAN – Mungkin banyak orang yang tak akrab mendengar istilah kolam renang islami. Tapi di desa Kamasan, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung, berdiri satu wisata air berkonsep Islam, yang mampu menjadi tempat alternatif dalam mengisi masa liburan sekolah.
Kolam Renang Islami Ciherang Indah, destinasi wisata yang berlokasi di Jalan Raya Banjaran-Soreang No. 152 ini menawarkan konsep islami kepada para pengunjungnya.
Konsep islami di sini ialah dipisahkannya kolam laki-laki dan perempuan. Jadi, bagi siapa saja pengunjung yang ingin berenang tanpa terlihat oleh lawan jenis, ia bisa meminta kepada pengelola untuk ditempatkan di kolam khusus wanita.
Sejarah munculnya gagasan konsep islami tersebut juga bukan tanpa alasan. Awal pendirian kolam renang ini muncul atas keprihatinan Uu Rukmana, mantan tokoh Jawa Barat selaku pemilik ini melihat tidak adanya kolam renang bernuansa islami. Menjadi sebuah keprihatinan baginya melihat Laki-laki dan perempuan yang bukan muhrim bercampur begitu saja. Padahal, kondisi tersebut merupakan hal yang sebenarnya dilarang Islam.
Selain itu, mengingat di kawasan tersebut merupakan kawasan religius dengan sejumlah pesantren di sekitarnya. Maka muncul banyak permintaan dari kalangan santri, khususnya santriwati agar disediakan kolam renang khusus wanita. Akhirnya, dibuatlah konsep kolam renang islami ini dengan nama Kolam Renang Islami Ciherang Indah.
Dari kabar tersebutlah kini banyak pengunjung dari sejumlah pesantren di dalam maupun luar Kabupaten Bandung. Pasalnya, menurut Totok Tarwendo, sang pengelola, konsep renang dengan nuansa Islam ini baru ada di Kolam Renang Ciherang Islami. "Maka tak jarang banyak santri-santri berkunjung ke tempat kami, bahkan ada yang sengaja datang dari Jawa Tengah," tuturnya.
Totok menambahkan, konsep Islam disini hanya berlaku untuk hari Senin hingga Jumat. Sebab, untuk hari Sabtu, Ahad, serta hari libur lainnya, Kolam Renang Ciherang Islami ini banyak kedatangan rombongan keluarga. "Biasanya mereka tak ingin dipisahkan antara anggota keluarganya, jadi sekat antara kolam pria dan wanita pun kita buka," tambahnya.
Kolam Renang Islami Ciherang Indah ini beroperasi dari pukul 08.00 pagi hingga pukul 17.00 sore. Dengan cukup membayar Rp 8.000, para penikmat wisata air dapat berenang sepuasnya. Dan pihak pengelola pun tak ragu memberikan diskon bagi pengunjung yang datang beserta rombongannya.(

Nyaman ke Pantai dengan Hijab

Main-main di pantai itu memang seru. Sekedar berenang, snorkeling, leyeh-leyeh, atau malah cuma mau narsisan foto-foto saja.. Siapa yang bisa menolak jika pemandangan yang ditawarkan cukup menarik? Apalagi sekarang banyak Holiday Organizer yang menawarkan paket jalan-jalan keliling pulau dengan harga yang murah.
Main-main ke pulau, sudah pasti main-main di laut dan pantainya. Pantai memang panas dan cenderung lengket. Buat yang nonhijabers, tinggal memakai celana pendek/bermuda yang dipadupadankan dengan t-shirt atau tanktop agar tetap nyaman.
Nah, kalau buat Hijabers? Jangan takut acara jalan-jalan ke pantai jadi ribet di urusan outfit. Kalian tetap bisa tampil nyaman, cantik, fashionable dan bisa menikmati pantai kalau tahu trik-trik memadupadankan busana.
Berikut tips-tips berbusana ke pantai ala Hijabers yang tanpa ribet namun tetap nyaman dan cantik:
Do:
1. Kalau kebetulan ngetrip ala backpacker, bawalah sleeping bag. Meskipun kita dapat kamar, namun biasanya trip ala backpacker menyediakan akomodasi untuk bersama-sama dalam satu penginapan, baik laki2 maupun perempuan. Sleeping bag membuat kita nyaman tidur karena tidak perlu khawatir apabila pakaian tersingkap. Sleeping bag aman melindungi aurat kita saat kita terlelap tidur.
2. Gunakan T shirt/kaos yang nyaman dan berbahan lembut.
T shirt yang nyaman adalah yang berbahan katun dan mampu menyerap keringat. Agar lebih oke saat di foto, jangan ragu memakai warna-warna yang cerah
3. Gunakan tanktop sebelum mengenakan kaos/t shirt. Tanktop ini berfungsi melindungi tubuh kita yang lebih terlihat ‘bentuknya’ dalam keadaan pakaian basah, juga melindungi aurat kita jika kaos yang kita kenakan tersingkap di dalam air. Pilih tanktop yang berbahan halus, nyaman, tanpa motif dan mempunyai warna netral agar (putih, coklat, hitam)
4. Gunakan kerudung langsung pakai (bergo) untuk menghindari posisi hijab berubah/bergeser. Atau untuk lebih nyaman lagi gunakan dive hood. Dive hood adaah semacam penutup kepala hingga leher yg terbuat dari bahan elastis yang jika dalam keadaan basah akan merekat dikulit. Bahannya sama seperti wetsuit, tersedia dalam ukuran S,M,L. Dive hood bisa kita kenakan saat snorkeling/ diving.
5. Kenakan legging berwarna gelap. Legging cukup simpel dan nyaman digunakan, baik dalam keadaan basah maupun kering. Manfaatkan kain pantai sebagai penutup jika sedang tidak di dalam air. Kain pantai terlihat fashionable jika dipadupadankan dengan kaos polos warna apa saja
6. Celana pendek colourfull juga bisa dipadupadankan dengan legging. Yang penting PD! Pilih celana pendek/hotpant yang tidak ketat agar tetap nyaman.
7. Ingin tetap terlihat keren saat foto di pantai? Jangan ragu mengenakan flower dress wrana cerah! Jika kita pandai memadupadankan  pakaian yang kita kenakan, kesan summer akan semakin nyata dalam perjalanan kamu :)

Don’t ( Yang jangan dilakukan.....)
1. Mengenakan jins saat ke pantai. Selain berat, ga nyaman, jins juga membuat tas kita ‘penuh’. Saat jins basah, kita menjadi tidak nyaman bergerak karena jins terasa berat dibadan
2. Menggunakan kerudung yang harus direkatkan dengan beberapa peniti. Selain kerudungmu akan bergeser sana-sini, peniti juga akan jadi berkarat. Akibatnya, peniti bisa rusak dan noda karatnya bisa saja menempel di kerudungmu
3. Memakai kaos yang tipis/super longgar/warna putih tanpa di dobel dengan tanktop. Ups, bisa ‘nyiplak’ sana-sini. Kaos yang terlalu longgar akan mudah tersingkap saat kita gunakan untuk berenang
4. Memakai rok, celana training, kemeja, atau pakaian dari bahan chiffon
5. Mengenakan baju renang muslim tanpa di rangkap dengan kain pantai. Meskipun baju renang muslim menutup seluruh aurat, tetap saja baju renang tersebut ketat dan menempel di badan. Saat jalan-jalan di pantai dan tidak sedang beraktifitas renang, rangkap/tutup dengan kain pantai
So, sudah siap mantai??? enggak ribet kaann??? (

0 comments to "Kolam Renang Nuansa Islam dan tips kepantai memakai jilbab"

Leave a comment