Home , , � Persiapkan Haul Datu Pamulutan di Kalimantan Selatan

Persiapkan Haul Datu Pamulutan di Kalimantan Selatan



Uniknya Pulau Datu
            Saat aku dan teman-teman bertandang ke pantai Labuan Pelaihari,mata kami tertuju pada sebuah pulau kecil di seberang sana.Pulau itu Nampak dikelilingi bebatuan gersang hitam.Hati kecilku bertanya-tanya,pulau apakah itu? Ternyata nama pulau itu adalah Pulau Datu.Dan tepat di tengah-tengah pulau itu berdiri sebuah makam Wali’Ullah yang bernama Datu Pamulutan.
            Sungguh unik bukan? Konon makam itu awalnya menyatu dengan pinggir pantai.Tapi karena keramat beliau,lama-kelamaan makam itu berpisah sendirinya dengan pantai dan menuju ke tengah lautan! Dan anehnya pula di sekeliling pulau makam itu terdapat bebatuan hitam.
            Pulau yang dihuni oleh makam seorang Wali’Ullah itu sampai sekarang sering dikunjungi oleh orang-orang yang ingin berziarah ke makam tersebut.Karena makam itu sudah direnovasi berbentuk bangunan bertangga disetiap empat sudut,agar mudah untuk diziarahi.Cukup bilang kepada para nelayan di pinngir pantai yang menawarkan jasa pulang pergi ke pulau tersebut,tapi harus membayar uang transport juga…
            Setelah anda sampai di Pulau datu tersebut,anda akan merasakan betapa besarnya kekuasaan Tuhan.Telusurilah sekeliling pulau itu,karena dapat menghilangkan seluruh penat dalam pikiran anda,serta anginnya juga sangat sejuk.Dan sempatkanlah berfoto-foto untuk mengambil kenang-kenangan di pulau ini.Namun yang paling penting anda jangan sampai lupa untuk berziarah dan menghadiahkan pahala untuk Datu Pamulutan tersebut.
             Kalimantan Selatan sangat banyak memiliki aset wisata yang tidak ada salahnya untuk anda kunjungi beserta keluarga atau teman dekat.Pulau Datu salah satunya.Pulau ini terdapat di Kecamatan Batakan,Pelaihari Tanah Laut Kal-Sel.Percayalah,anda tidak akan menyesal berkunjung ke tempat ini.


Pulau Datu tampak dari jauh

Dikelilingi oleh bebatuan gersang
Menatap laut dan keindahan pelangi
Awan yang indah mendukung suasana sore yang sejuk
Tak kami lupakan untuk ziarah ke makam Datu Pamulutan

Berfose di atas batu karang

Tangga yang terdapat empat sudut di Pulau Datu

Batu karang besar yang sangat fantastis

Pulau Datu tampak dari barat

Sempat saja ada yang membaca puisi ^_^

Keindahan Pulau datu yang tak dapat diungkapkan
sumber:

SABTU, 11 FEBRUARI 2012 - 17:41 WITA 
 BANJARMASIN-  Warga Desa Tanjungdewa dan Desa Batakan Kecamatan Panyipatan, Sabtu (11/2/2012) hari ini sibuk mempersiapkan sarana prasarana untuk acara haulan Datu Pamulutan, Minggu besok.
  
Sebagian panitia haulan pagi tadi berkeliling kampung menggunakan mobil pikap. Melaluipengeras suara, panitia menginformasikan kepada warga agar menghadiri haulan besok hari dan mengulurkan tangan demi kelancaran acara.
  
"Seperti tahun lalu, haulan kali ini juga digelar di masjid di Tanjungdewa," tutur Muin, warga Tanjungdewa. Datu Pamulutan adalah ulama/tokoh besar di Bumi Antasari ratusan tahun silam. Selain melakukan misi dakwah (siar Islam), Datu Pamulutan juga melakukan perlawanan mengusir penjajah.
( Edi Nugroho / BPostonline )
Sumber: idda royani/bpost online

0 comments to "Persiapkan Haul Datu Pamulutan di Kalimantan Selatan"

Leave a comment